School Rumble

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
School Rumble
School Rumble cast.png
School Rumble logo
Genre Komedi, Romantis, Shōnen
Manga
Pengarang  Jin Kobayashi
Penerbit  Bendera Jepang Kodansha
Penerbit lainnya

Bendera Kanada Bendera Amerika Serikat Del Rey Manga

Bendera Republik Tiongkok Bendera Hong Kong Tongli Comics
Bendera Singapura Chuang Yi Comics (bahasa Mandarin)
Bendera Swedia Schibsted Forlagene
Bendera Korea Selatan Haksan publish
Bendera Jerman Tokyopop
Bendera Indonesia Elex Media Komputindo
Bendera Thailand Vibulkij
Bendera Inggris Tanoshimi
Anime
Sutradara  Shinji Takamatsu
Studio Studio Comet
Original video animation
Sutradara  Shinji Takamatsu
Studio Studio Comet
Rilis 22 Desember 2005
Anime
School Rumble - Second Term
スクールランブル ニ学期
Sutradara  Shinji Takamatsu
Studio Studio Comet
Portal Anime dan Manga

School Rumble (Katakana: スクールランブル) merupakan manga dan anime percintaan dan komedi yang bercerita tentang kisah cinta anak SMU di suatu sekolah. Sekilas memang merupakan jenis cerita yang umum dan terdengan kurang menarik, tapi Jin Kobayashi —pencipta manga ini— mengemasnya dengan alur komedi yang benar-benar mengocok perut.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

School Rumble berkisah tentang kehidupan sehari-hari siswa SMA Yagami. Tokoh utama cerita ini adalah Tenma Tsukamoto, seorang murid kelas 2 SMA yang mengidamkan Ooji Karasuma, seorang cowok pendiam dan dingin. Tenma mengalami kesulitan dalam mengungkapkan perasaan cintanya. Di saat yang sama, Kenji Harima, jagoan di SMA tersebut malah mencintai Tenma namun ia —seperti Tenma— mengalami kesulitan dalam mengungkapkannya. Perjuangan kedua tokoh tersebut menjadi masalah utama dalam cerita ini.

Dalam perkembangannya, cerita berkembang dan lebih menyorot hubungan antara Kenji dan teman dekat Tenma, Eri Sawachika, salah seorang perempuan yang populer di sekolah. Cerita —dibumbui dengan kekonyolan-kekonyolan— berputar pada kisah mereka.

Ada juga cerita dimana Kenji bekerja sebagai mangaka, dibantu oleh adik perempuan Tenma yang bernama Yakumo Tsukamoto. Karena Kenji merahasiakan pekerjaannya, Tenma menganggap bahwa Kenji dan adiknya itu berpacaran. Cerita kemudian berputar pada usaha-usaha Kenji untuk meyakinkan Tenma bahwa ia tidak berpacaran —bahkan, tidak tertarik— dengan adiknya.

Keadaan menjadi semakin rumit ketika Harima semakin merasa bahwa dirinya mencintai Tenma; hubungan antara Tenma dan Ooji semakin dekat; dan semakin menguatnya ikatan perasaan antara Eri dan Yakumo dengan Kenji.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Tokoh utama dalam cerita ini, gadis murid SMA sedikit ceroboh dan tidak ahli dalam apapun. Jatuh cinta pada Karasuma Ooji dan sangat menyayangi adiknya Tsukamoto Yakumo. Disaat Tenma menjalin hubungan dengan Karasuma diam-diam ada cowok yang jatuh cinta padanya yaitu Harima Kenji tapi dasar Tenma perasaannya kurang peka dia tidak bisa mengerti bagaimana Harima sangat menyukainya malahan dia pikir Harima menyukai Tsukamoto Yakumo atau Sawachika Eri adik dan teman karibnya. Dalam episode awal Tenma sepertinya memiliki kemampuan Telekenetis yang mampu membengkokan sendok hanya dengan pikirannya. Tsukamoto Tenma berkelakuan seperti anak junior sehingga dianggap seperti anak kecil tidak mandiri (payah dalam memasak, olah raga bahkan juga pelajaran) inilah yang membedakan dengan adiknya Tsukamoto Yakumo.

Tokoh utama selain Tsukamoto Tenma dalam cerita ini, latar belakang Harima adalah anak nakal yang gemar berkelahi; tidak banyak pria yang sanggup mengimbangi kekuatannya. Di sekolahnya, dia ditakuti dan dianggap sebagai penguasa sekolah. Tapi pada awal cerita Harima telah jatuh cinta pada Tsukamoto Tenma hingga dia bersedia mengubah hidupnya dengan menjadi siswa SMU Yagami dan bersedia menjadi orang yang lembut di mata Tenma. Memiliki kemampuan berbicara dengan binatang dan punya jurus keren yang dinamakan Tendangan Angin Puyuh (Huricane Kick). Meskipun perawakannya seperti anak kasar banyak perempuan lain yang tertarik padanya seperti Sawachika Eri dan Tsukamoto Yakumo.

Pada episode 10 Harima tidak sengaja mengucapkan cinta pada Eri yang sebenarnya ditujukan pada Tenma. Dari sinilah kunci cinta segitiga Eri melibatkan Yakumo. Pada episode akhir dan berlanjut di semester 2 Yakumo sepertinya menaruh perasaan pada Harima dimana sebagai mitra Harima. Tapi Yakumo tidak mengakuinya.Terlihat kurang bersemangat saat mengetahui Tenma jatuh cinta pada Karasuma Ooji.

Pria yang dijuluki manusia kura-kura senang memakai jas hujan berbentuk Kappa, perawakannya pendiam dan sering diangkat ketua asosiasi olahraga bahkan jadi pelatih olahraga. Memimpin perusahaan Manga dan Anime. Karasuma Ooji oleh Harima dianggap musuh berbuyutan karena merupakan saingan cinta terhadap Tsukamoto Tenma tapi walaupun Tsukamoto Tenma sangat mencintainya karasuma lebih mencintai Curry daripada Tenma inilah yang membuat Harima marah dan sering digambar Harima dimanga sebagai tokoh musuh Harima. Pada awal episode Karasuma Ooji memiliki kemampuan mengayuh sepeda lebih cepat dari mobil balap dan menaiki lereng gunung dengan sepedanya. Meskipun tahu Tenma mencintainya tapi Karasuma tahu Harima lebih mencintai Tenma maka dari itulah Karasuma tidak tertarik untuk menjalin hubungan cinta dengan Tenma dan membiarkan kesempatan pada Harima untuk menjalin hubungan pada Tenma.

Gadis pirang keturunan eropa dimana ayahnya adalah pengusaha Inggris kaya dan ibunya adalah orang Jepang asli. Teman dekat Mikoto, Tenma dan Akira. Merasa menjadi seorang putri beberapa kali menolak pria yang mengejarnya. Membenci huruf Kanji sehingga kesulitan dalam menerjemahkan bahasa Jepang tingkat tinggi dan olahragawan. Pada episode 8 ayahnya pergi keluar negeri meninggalkan dan membuatnya sedih dan berhujan-hujan. Harima yang merasa kasihan mengantarkannya pulang. Pada Episode 10 mendadak Harima menyatakan Cinta padanya tanpa disengaja. Pada episode 21 - 23 Eri tanpa sengaja memotong jenggot Harima dimana Harima sengaja menumbuhkan jenggot agar Tenma menyukainya. Pada episode 19 Eri bermusuhan dengan Mikoto Sou dan berbaikan kembali. Dan diakhir episode terlihat Sawachika Eri menaruh perasaan pada Harima karena keseringan mengerjai Harima. Eri cemburu melihat Yakumo dan Mikoto melirik Harima walaupun hanya sekilas teman dengan penuh salah pengertian.

Gadis tomboy yang selalu bersemangat. Karate sabuk hitam dan merupakan teman dekat dari Tenma, Akira dan Eri. Sahabat masa kecil Haruki Hanai. Aktif dalam latihan karatenya. Berharap bisa lulus dan masuk Universitas bersama Kozuo, tutornya sejak SMP. Tapi pada episode 19, Kozuo diketahui telah memiliki kekasih. Mikoto yang patah hati lantas merasakan keputus-asaan yang semakin dalam, setelah dituduh memiliki hubungan tersembunyi dengan Kenji Harima oleh Eri Sawachika, sahabatnya sendiri. Imadori sangat menyukai Mikoto sejak kejadian di pantai yang melibatkan mereka berdua. Tapi ia tidak mengambil pusing soal Imadori. Alasannya adalah karena Imadori lebih tertarik pada payudaranya yang besar. Belakangan diketahui bahwa Imadori berani dan rela berkorban demi Mikoto. Pada semester dua, Mikoto nampak memiliki hubungan dengan Asou Hiroyoshi, teman sekelasnya. Hingga dipercaya mereka sudah resmi berpacaran. Mikoto adalah satu-satunya siswi Yagami yang tidak pernah kelihatan mengenakan dasi pada seragamnya...

Gadis misterius yang katanya dia adalah agen mata-mata Italia yang bersembunyi di [[Jepang] dan juga sahabat Tenma, Eri dan Mikoto. Profesinya tidak diketahui oleh sahabatnya. Misi rahasiannya adalah melindungi anak kecil dari incaran mafia Italia. Dia hebat dalam segala mengintai dan cepat sekali membaca situasi, jago tembak dengan insting yang mirip seperti karakter Mission Impossible atau karakter dari John Woo. Tapi anehnya mata-mata professional ini tidak bisa berenang. Ketua klub teh sangat koporatif dengan teman wanitanya, Akira tahu Harima mencintai Tenma tapi dia tutup mulut. Sering menipu Hanai Haruki demi melindungi Tsukamoto Yakumo. Pada semester 2 episode 7 akhirnya semua tahu kalau dia adalah agen rahasia dimana sedang bertugas.

Ketua kelas 2-C, betul-betul tipe pria yang serius dan cerdas. Teman Mikoto sejak kecil sabuk Hitam karate dan pelatih berdisiplin tinggi. Tapi mendadak berubah menjadi idiot yang disebabkan karena jatuh cinta pada Tsukamoto Yakumo anak kelas 1-D adik Tsukamoto Tenma. Pandangan pertama pada Yakumo membuat repot sebagian karakter di School Rumble. Pada episode 5 demi menghindari kelas Yakumo bersusah payah membersihkan kolam renang, Hanai mengerjai satu kelas 2-C untuk gantikan kelas 1-D membersihkan kolam renang. Walaupun berkali-kali ditolak Yakumo, Hanai yakin dia bisa mendapat hati Yakumo bila dia berusaha untuk layaknya orang yang berhasil.Hanai cemburu pada Harima karena mengira Yakumo menyukainya. Dia perduli dengan perkembangan kelas 2-C dan mengusahakan kelas 2-C yang terbaik. Pada akhir episode terlihat ada konflik antara Hanai dan Harima Kenji, pernah terlibat perkelahian sengit antara mereka berdua karena salah pengertian melibatkan Mikoto Suo dan Yakumo.

Gadis ini adiknya Tsukamoto Tenma. Kelas 1-D yang sangat populer, kalau Sawachika Eri dikira Populer namun Yakumo lebih populer lagi. Pada episode 3 dikatakan Eri pernah dilamar laki-laki 5 kali tapi Yakumo dilamar 8 kali dan semua ditolaknya termasuk Hanai Haruki. Hanai terlihat sangat menyukai Yakumo, tapi Yakumo mengabaikannya. Yakumo memiliki semua kelebihan dibanding kakaknya seperti lebih mandiri, juara delapan disekolah SMU, bahkan bisa membaca pikiran orang dan berkomunikasi dengan hantu. Satu-satunya orang yang tidak bisa dibaca pikirannya adalah Harima Kenji, Yakumo terkesan dengan kelebihan Harima saat berbicara dengan binatang, menjadi mitra Manga Harima dan menyebabkan perkelahian antara Harima dan Hanai dengan kesalahpahaman. Pada episode 1 semester dua Yakumo didorong Tenma kakaknya dengan memberikan kotak makan berisi nasi berbentuk Hati pada Harima moment ini menyebabkan Hanai shock berat dan berteriak histeris. Cinta segitiga lain antara Harima dan Hanai. Dan juga cinta segitiga antara Harima dan Eri. Yakumo sangat baik pada anak-anak di bawah umur terutama pada Harima Shuji adiknya Harima Kenji dan Tenouji Mio adiknya Tenouji Noburo.

  • Kyosuke Imadori (今鳥 恭介 Imadori Kyosuke?)

Terkenal sebagai playboy dan mata keranjang dari kelas 2-C. Imadori dikenal pula sebagai salah satu dari lima jenderal macan (Five Great Tiger General), yang memiliki julukan 'Humming Bird'. Dia bisa mengukur payudara gadis hanya dengan melihat dan dapat menerka ukuran Cup mereka melalui analisis kasar. Sering dihajar oleh Mikoto Suō dan Lala Gonzales (kelas 2-D) karena dianggap maniak seks. Di lain pihak, dia cukup ditaksir gadis-gadis. Tapi ia lebih memilih gadis dengan ukuran payudara D-Cup atau lebih. Pada suatu kesempatan diketahui bahwa Ichijou Karen menyukainya. Tapi sayang bagi Ichijou, ia tidak cukup mendapat perhatian lebih dari Imadori sendiri. Pada episode 13 Imadori mengajarkan renang pada Mikoto. Tapi karena berenang terlalu jauh, itu mengakibatkan mereka terdampar di pulau tak berpenghuni. Dari sinilah Imadori mulai berusaha menjalin hubungan dengan Mikoto. Memang sekilas ia hanya tertarik pada kedua payudara Mikoto, tapi Imadori menunjukkan sikap kesatrianya saat menyelamatkan Mikoto pada saat festival olahraga dari terjangan Harry McKenzie. Saat Mikoto menunjukkan perhatian lebihnya, Imadori malah merusak mood dengan bertingkah mesum lagi. Dan terus berulang seperti itu...

Tokoh minor[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah daftar tokoh-tokoh minor di manga dan anime School Rumble:

  • Nara Kentarou
Anak yang kurang dikenal, perawakannya seperti anak pria SMA biasa, kelihatan menyukai Tsukamoto Tenma namun setiap Nara mendekatinya selalu saja dipelototi Harima Kenji. Membuatnya putus asa tapi tetap tidak menyerah. Pada Episode 11 Nara dikenal baik oleh Tenma tapi tidak jelas apakah Tenma akan menjalin hubungan dengannya. Punya visi ingin disukai anak-anak perempuan dan membenci anak nakal.
  • Ichijou Karen
Gadis manis dan imut, tapi penampilannya tidak sesuai dengan keaktifannya sebagai pegulat junior. Dia memiliki kekuatan 10 orang pria bahkan lebih tidak masuk akal. Pada episode pertengahan Ichijou Karen diperkenalkan saat Harima Kenji, Hanai Haruki dan Imadori Kyosuke berkompetisi siapa yang bisa mengangkut barang paling berat tapi semua terkejut saat Ichijou mengangkat barang sendiri yang tak mungkin laki-laki biasa bisa mengangkut piano seorang diri.
Pada saat itu Imadori Kyosuke melantur berbicara sendiri mengatakan akan mengajak kencan Ichijou. Ihcijou mengira kalau Imadori menyukainya dan berusaha untuk menjalin hubungan dengan Imadori. Sempat juga kencan walau sebenarnya kelihatan terpaksa, Imadori bukannya tidak suka pada Ichijou dua hal pertama Ichijou karen bukan D-Cup(Dasar mata keranjang) kedua Imadori takut pada kekuatan Ichijou. Pada semester dua akhirnya Imadori terkesan dengan Ichijou pada saat festival kebudayaan, Ichijou menyanyikan sebuah lagu indah yang membuat hadirin terpesona termasuk Imadori.
  • Asou Hiroyoshi
Pria SMU atletis dan punya banyak teman di kelas, sedikit misterius tapi memiliki kesan elegan dan sporty. Dia bekerja di restoran tionghoa bersama Sara Aedimus. Pada semester dua, ia terlihat menjalin hubungan dengan mikoto. Pada episode 5 saat kompetisi hoki Asou membantu tim Harima dan menolong Mikoto menggagalkan sepak terjang Hanai. Pada semester 2 episode 2 saat kompetisi bersenjata antar Theater dan maid cafe. Asou berhasil menggagalkan serangan mendadak Harima dengan menembak balik dan menyelamatkan anggota Maid Cafe lainnya terbunuh seketika. Tidak banyak informasi mengenainya tapi dia cukup dikenal oleh teman-temannya.
  • Yoshidayama Jirou
Anak nakal nomor dua dikelas 2-C, dia punya keinginan menyingkirkan Harima Kenji karena dia punya visi ingin menguasai kelas 2-C. Tapi sayangnya dia terlalu takut pada Harima Kenji sehingga terpaksa jadi pengasuh yang penuh dendam pada Harima. Pada Ova episode 1 dan 2 diperkenalkan dirinya. Dia ingin bangkit dan mengalahkan Harima kenji.
  • Fuyuki Takeichi
Satu dari lima Five Elite Tiger sering memotret maksiat, dengan memfoto gadis-gadis kemudian menjualnya. Fuyuki adalah karakter yang lucu dengan perawakan yang menggemaskan saat dia berusaha mengambil foto pose gadis cantik dia tidak pernah menyia-nyiakan kesempatan. Semua gadis cantik disekolah telah difotonya. Hasil foto juga dijadikan data rahasia untuk organisasi Five Elite Tiger.
  • Nishimoto Tanjuri
Dijuluki budha kelas 2-C. Memimpin five elite tiger (bahkan dijuluki ero sommalier) dan anggota klub sumo. Ia memiliki koleksi film mesum berrak-rak di kamarnya
  • Sara Aedimus
Teman dekat Tsukamoto Yakumo. Kelas 1-D trasferan dari inggris, Sara Aedimus adalah karakter gadis yang manis dan baik. Pada OVA episode 1 Sara prihatin pada Yakumo yang menyendiri tidak punya teman, Sara menyelamatkan Yakumo dari anjing galak dimana Yakumo melindungi kucing kesayangannya Iori waktu itu Sara juga seorang diri. Anggota klub teh dan gereja Katolik. Bekerja di restoran tionghoa bersama Asou Hiroyoshi, tidak jelas apakah punya hubungan cinta dengan pria lain tapi komunitas mengatakan akan ada hubungan cinta dengan Asou Hiroyoshi yang akan menjadi cinta segitiga Asou dan Mikoto Suo.
  • Harry McKenzie
Murid kelas 2-D yang keren berkacamata merah, teman dekat Tougou Masakazu dan Lala Gonzales, murid transferan dari Irlandia punya kekuatan yang sama dengan Harima Kenji, telah diperkenalkan pada episode 22 dimana Hanai Haruki mengira Harry McKenzie adalah Harima Kenji(pengucapan namanya sama) terlibat perkelahian dengan Harima dan Hanai tapi tak jelas siapa yang lebih kuat. Pada awalnya Harry menyesal telah ditranfer ke jepang karena dia memandang enteng orang jepang, tapi setelah berkompetisi pada festival olahraga Harry terkesan dengan kekuatan Hanai.
  • Tougou Masakazu
Ketua kelas 2-D teman dekat Harry McKenzie dan Lala Gonzales sering membuat perhitungan dengan kelas 2-C dimana ingin mengadu siapa yang terbaik dalam bidang olahraga atau kebudayaan. Merupakan saingan Hanai Haruki karena sesama ketua kelas yang ingin kelasnya berhasil. Sering kali mencuri dialog yang akan diucapkan Hanai dan sering menyebut Harry dengan "partner" atau "buddy"
  • Lala Gonzales
Gadis murid kelas 2-D teman dekat Harry McKenzie dan Tougou Masakazu seperti Harry, Lala juga transferan dari Meksiko, prihatin dengan ayahnya karena ibunya meninggalkan mereka, ayahnya mengajarkan seni gulat meksiko. Lala membenci orang dengan nama Karen, karena Karen adalah ibunya yang sangat dicintai ayahnya. Tapi kebetulan Ichijou Karen punya nama yang sama dengan ibunya dan memutuskan untuk mengalahkannya di kompetisi olah raga. Anggota klub gulat yang punya kekuatan sama seperti Ichijou. Bukan cuma Ichijou Lala juga ingin membuat perhitungan dengan Mikoto Suo karate sabuk hitam. Imadori menyukainya karena D-Cup makanya sering dihajar oleh Lala. Akhir kompetisi Olahraga Lala dikalahkan Ichijou dan berakhir satu dengan Ichijou pada pekerjaan di sebuah kedai Hamburger.
  • Umedzu Shigeo
Murid kelas 2-C diperkenalkan pada episode 23 Shigeo sudah menjalin hubungan cinta dengan Kido Madoka. Shigeo mengambil peran sebagai pelari 100 meter tetapi terjadi kecelakaan disebabkan seekor babi, menyebabkan terluka dan dibawa ke ruang medis, Madoka merawatnya dan memberikan ciuman pertama.
  • Kido Madoka
Pacarnya Umedzu Shigeo dan sekelas tidak banyak informasi mengenainya Pada semester 2 Episode 3 Madoka menembak (arti sebenarnya) Shigeo pacarnya sendiri karena Madoka ingin tim Maid Cafe menang.
  • Tani Hayato
Guru bahasa Inggris dan wali kelas 2-C. Tani Hayato mengerti Harima Kenji ingin menjadi orang baik oleh karena itulah Tani mendukung sepenuhnya pada Harima, punya affair dengan Anegasaki Tae. Dan sangat mengharapkan kelas 2-C menang kompetisi olahraga agar bisa membuat perhitungan dengan Katao Kyoji wali kelas 2-D.
  • Osakabe Itoko
Guru fisika dan juga sepupu Harima Kenji. Harima tidak takut pada siapapun kecuali Itoko, Itoko tahu rahasia Harima yang menyukai Tsukamoto Tenma, Itoko mendukungnya karena dia tidak ingin Harima seperti dirinya masa muda yang tidak punya pacar. Wali klub teh dan wali Maid Cafe (semester 2) Itoko membiarkan Harima tinggal dirumahnya karena Harima tidak punya pilihan lain.
  • Anegasaki Tae
Perawat sekolah Yagami. Teman lama Osakabe Itoko dan Harima Kenji. Telihat Anegasaki mencintai Harima tapi Harima mengabaikannya terjadi kesalahpahaman pada Sawachika Eri karena Eri cemburu padanya. Eri menolak Anegasaki mengobatinya sehingga menyebabkan Eri terjatuh pada lomba estafet. Pada pertengahan episode di semester 1, Harima tinggal dirumahnya(tapi tidak terjadi apa apa).
  • Shuga Ryuuhei
Teman baik Asou Hiroyoshi karakternya adalah cowok cool, memakai anting telinga, pernah berpastisipasi dalam festival olah-raga kemunculannya sering di semester 2.
  • Sagano Megumi
Teman baik Ichijou Karen dan juga sekaligus dan juga aktif berolahraga jago main basket, belum jelas mengenai karakter ini tapi kemunculannya akan sering pada semester 2.
  • Tawaraya Satsuki
Teman sekelas Tsukamoto Yakumo dan Sara Aedimus, diperkenalkan pada episode 8 semester 2. Satsuki adalah murid aktif dan jago main basket tapi sayangnya ia terlalu pendek, menaruh perasaan pula pada Asou Hiroyoshi bahkan pernah menyatakan cinta pada Asou.
  • Tumugi Yuki
Murid kelas 2-C berkacamata, tampaknya hanya dia satu-satunya gadis yang mengenakan kacamata, pada episode 3 semester 2 Yuki menggunakan katapel untuk memenangkan band faction pada survival game.
  • Mihara Kozue
Murid kelas 2-C gadis seksi dan juga menjadi image bagi D-Cup. Belum jelas mengenai karakter ini.
  • Otsuka Mai
Wakil ketua kelas 2-C, cerewet dan kurang sabaran tapi aktif dan representatif dalam mengurus kelasnya lebih sering memperhatikan para gadis dikelas 2-C daripada pria.Dalam musyawarah, lebih memilih cara suara terbanyak daripada cara lain.
  • Harima Shuji
Adik Harima Kenji murid SMP terkesan dengan Tsukamoto Yakumo.
  • Tennouji Mio
Adik Tennouji Noburo yang menyukai Harima Shuji.Pada festifal sekolah, ia salah mengenali Tsukamoto yang Shuuji sukai (yakumo) dengan Tsukamoto bertopeng Dojibiron Pink (Tenma)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]