Cinta segitiga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Gianciotto Memergoki Paolo dan Francesca" oleh Jean Auguste Dominique Ingres; di dalam lukisan ini ada salinan Komedi Agung.

Suatu cinta segitiga adalah sebuah hubungan romantis yang melibatkan tiga orang. Istilah ini dapat mengarah pada dua orang yang berbeda terhubung secara romantis dengan orang ketiga, selain itu juga berarti bahwa masing-masing orang memiliki hubungan sejenis dengan dua orang lainnya. Hubungan ini bisa berupa persahabatan, cinta, keluarga (biasanya saudara kandung), atau bahkan kebencian antar individu.

Istilah "cinta segitiga" berarti hubungan yang kurang bisa diterima oleh satu atau beberapa orang yang terlibat. Seseorang biasanya akan merasa dikhianati pada akhirnya. Hubungan yang bisa diterima oleh setiap orang yang terlibat disebut triad, sejenis poliamori, namun poliamori biasanya mengarah pada hubungan seks. Dalam hal monogami, cinta segitiga sangat tidak stabil. Cinta tidak terbalaskan dan kecemburuan adalah hal yang umum dalam cinta segitiga. Meski jarang, cinta segitiga dianggap mampu mendorong terjadinya pembunuhan atau bunuh diri yang dilakukan oleh orang-orang yang ditolak cintanya.

Cinta segitiga adalah tema populer dalam dunia hiburan, terutama fiksi romansa yang meliputi opera, novel romansa, opera sabun, komedi romantis, manga dan musik pop.

Cinta segitiga tidak sama dengan ménage à trois, hubungan tiga cara ketika semua orang yang terlibat saling mencintai satu sama lain dan tidak ada konflik di antara mereka.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]