Animasi video asli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Animasi video asli (bahasa Inggris: Original Video Animation (OVA)) yaitu sebuah istilah di Jepang untuk menyebut sebuah atau serangkaian anime yang dipublikasikan langsung ke dalam format video tanpa didahului penyiaran di televisi ataupun bioskop.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada saat VCR menjadi populer dan mudah ditemui di rumah-rumah di Jepang, Industri anime pun berkembang pesat. Keinginan akan anime pun membanjir, dan konsumen sangat berkeinginan untuk membeli langsung dari toko video. Hal ini menyebabkan banyak serial yang diproduksi langsung ke dalam format video.

Produksi OVA ini telah muncul pada akhir 1970-an. Seri OVA pertama (yang dijual sekitar seribu hingga dua ribu yen) pada tahun 1983 berjudul Dallos, disutradarai oleh Mamoru Oshii dan dirilis oleh Bandai. Perusahaan lain pun segera mengikuti jalan tersebut pada pertengahan tahun 80-an, pasar telah dibanjiri oleh OVA. Tidak seperti serial televisi yang harus disesuaikan jumlah episode dan sesinya, OVA dapat diproduksi dengan panjang seberapapun banyaknya.

Pada saat ekonomi di Jepang memburuk pada tahun 1990, peredaran OVA turut terimbas juga. Beberapa OVA masih dibuat, tetapi dengan kualitas lebih rendah dari OVA pada umumnya.