Square Enix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Square Enix Co., Ltd.
Jenis Terbuka (TYO: 9684)
Industri/jasa Permainan komputer dan video
Buku dan majalah (hanya di Jepang)
Didirikan 1 April 2003 (merger antara Square Co., Ltd. dan Enix)
Kantor pusat Tokyo, Jepang
Tokoh penting Yasuhiro Fukushima, Ketua Umum Kehormatan
Yoichi Wada, Presiden dan CEO
Keiji Honda, Wakil Presiden Eksekutif
Produk Seri Final Fantasy
Seri Dragon Quest
Pendapatan $598,3 juta USD (Green up.png227% FY '03 hingga '04)
Karyawan 3.050 (per 31 Maret 2006)
Situs web www.square-enix.com

Square Enix (Bahasa Jepang: スクウェア・エニックス Sukuuea Enikkusu) adalah sebuah produsen permainan video dan manga Jepang. Square Enix sangat dikenal untuk seri permainan role-playing gamenya, termasuk seri Final Fantasy dan seri Dragon Quest (awalnya dikenal dengan Dragon Warrior di Amerika Utara).

Square Enix adalah hasil dari bergabungnya perusahaan Square Co., Ltd. dan Enix pada tanggal 1 April 2003. Secara resmi Enix menarik Square, di mana para pemegang saham Square menerima 0,81 bagian saham dalam perusahaan baru ini sedangkan para pemegang saham Enix menerima bagian satu-banding-satu. Akan tetapi, posisi-posisi pimpinan dalam struktural perusahaan baru ini diduduki oleh pejabat-pejabat tinggi dari Square, termasuk presiden Square Yoichi Wada, yang ditunjuk sebagai presiden perusahaan yang baru.

Perkembangan Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Square Enix beroperasi perdaerah, termasuk Square Enix, Inc. (untuk semua Amerika Utara) dan Square Enix Ltd (untuk Eropa dan daerah lainnya yang menggunakan sistem televisi-PAL). Pada Juli 2003, Square Enix memindahkan kantor utamanya ke Yoyogi, Shibuya-ku, Tokyo. Pada Maret 2004, Square Enix mendapatkan UIEvolution, Inc. untuk menguatkan pasar wirelesssnya. Pada 22 Agustus 2005 Square Enix mengumumkan pengakuisisian Taito Corporation, yang dikenal dengan permainan arkade, Space Invaders dan seri Bubble Bobble.Pada September 28, 2005, Square Enix menguasai Taito secara keseluruhan. Pada Januari 2005, perusahaan melebarkan operasi ke Beijing, Cina dengan mendirikan Square Enix (China) Co., Ltd sebagai Cabang yang berdiri sendiri.

Perusahaan tersebut juga mempunyai kendali bisnis di Community Network Software Engine of Beijing, China yang memfokuskan pada jaringan middleware untuk permainan.

Properti[sunting | sunting sumber]

Komputer dan permainan video[sunting | sunting sumber]

Artikel Utama: Daftar permainan Square Enix:Square Enix

Sejauh ini, Properti permainan video Square Enix adalah aset yang paling berharga. Square Enix Dragon Quest diduga adalah ser permainan terpopuler kedua dijepang setelah Pokemon, dan setiap pengeluaran terbaru dari seri ini, penjualannya mencapai rekor tingkat penjualan tertinggi di Jepang. Dragon Quest telah terjual lebih dari 40 Juta unit diseluruh dunia dengan sekitar 39 jutanya dari Jepang. Tapi bagaimanapun Final Fantasy dapat disebut sebagai aset paling berharga milik Square Enix, dengan total penjualan diseluruh dunia melebihi dari 68 juta unit. [1]. Yang Terbaru dari Square Enix adalah Kingdom Hearts (pengembangan dilakukan bersama dengan Disney Buena Vista Games) telah menjadi populer diseluruh dunia dan menambahkan lagi aset berharga bagi perusahaan

Pada Mei 2004, Square Enix mengumumkan kerja sama dengan Sony Online Entertainment untuk hak penerbitan di Jepang untuk EverQuest II. Pada 2006, Square Enix telah memproduksi permainan untuk Sony PlayStation 2, Nintendo GameCube, dan Microsoft Xbox 360 video game consoles, begitu juga untuk Nintendo Game Boy Advance, Nintendo DS dan PlayStation Portable(PSP) handheld game console. Perusahaan telah mengumumkan judul-judul permainan yang akan datan untuk PlayStation 3, dan Wii, begitu juga untuk Xbox 360. Untuk Tambahan, mereka juga telah menerbitkan permainan untuk Microsoft Windows berbasis personal computer, dan untuk macam-macam model Telepon genggam. Permainan telepon genggam Square Enix ada pada jaringan Vodafone yang berada dibeberapa negara Eropa, termasuk Britania Raya, Spanyol, dan Perancis. Dua puluh lima permainan video Square Enix dimasukkan kedalam jajaran peringkat 100 besar permainan video pada majalah Famitsu, dengan tujuh diantaranya masuk pada 10 peringkat teratas [2]. Dimana kebanyakan adalah permainan Final Fantasy dan Dragon Quest. Final Fantasy adalah permainan tersukses buatan Square Enix yang diikuti oleh Dragon Quest pada peringkat kedua.

Belum lama, Michihiro Sasaki, wakil president senior dari Square Enix, berbicara mengenai PlayStation 3 yang akan datang, dia berbicara "Kami tidak mau PlayStation 3 menjadi terburuk, jadi kami ingin membantunya, tetapi kami juga tidak ingin menjadikan mereka yang terbaik, jadi kami juga tidak dapat membantunya terlalu banyak."[3]

Square-Enix telah membeberkan sebuah game engine generasi ketujuh yang bernama White Engine yang akan digunakan pada Final Fantasy XIII dan permainan PS3 lainnya dimasa depan. Asalnya engine tersebut dikembangkan untuk PlayStation 2, tetapi dipindahkan ke PlayStation 3 setelah para pengembang menyadari kekuatan dari mesin itu.

Franchise Square Enix[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Final Fantasy VII: Advent Children adalah animasi-CGI movie berdasarkan permainan Squaresoft yang sukses di PlayStation yakni permainan Final Fantasy VII dimana cerita ini terjadi 2 tahun setelah cerita dipermainan.

Manga[sunting | sunting sumber]

Perusahaan ini juga mempunyai divisi penerbitan manga dijepang (berasal dari Enix) yang disebut Gangan Comics. Mereka hanya menerbitkan untuk pasaran jepang. Mereka juga menerbitkan manga anthologi jepang terkenal yang bernama Monthly Shonen Gangan. Judul-judul yang diterbitkan oleh Gangan Comics adalah Papuwa, Pani Poni, Spiral, Star Ocean: Blue Sphere, Star Ocean: The Second Story (manga), Star Ocean: Till the End of Time, dan Fullmetal Alchemist. Termasuk juga adaptasi manga dari Enix, dan permainan Square-Enix yang akan datang, seperti Kingdom Hearts.

Fullmetal Alchemist dilisensi untuk diterbitkan di Amerika Utara oleh Viz Media, sedangkan Kingdom Hearts dan Spiral dilisensi oleh Tokyopop.

Pani Poni Dash! seri anime dibuat berdasarkan Pani Poni manga yang telah dilisensi di Amerika Utara oleh ADV Films

Studios[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Daftar permainan Square Enix

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]