Space Invaders

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Space Invaders
Tampilan Space Invaders
PublikasiJuni 1978
GenreShoot'em up
Karakteristik teknis
Sistem operasiiOS
PlatformNintendo 64, Game Boy Advance, Atari 2600, Atari 5200, ZX Spectrum, Windows, DOS, Nintendo Entertainment System, Super Nintendo Entertainment System, MSX, PlayStation, Commodore 64, PlayStation Portable, Game Boy, Game Boy Color, SG-1000, iOS, permainan arkade, Atari 8-bit, handheld electronic game (en), dedicated console (en), jam tangan, mesin hitung, WonderSwan, Pelican VG Pocket (en) dan permainan piranti bergerak
ModePermainan video pemain tunggal dan permainan video multipemain
Metode inputtombol dan layar sentuh
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PembuatTomohiro Nishikado (en)
PengembangTaito Corporation
PenyuntingTaito
Midway Games (en)
DesainerTomohiro Nishikado
PenerbitMidway
Informasi tambahan
Situs webspaceinvaders.net (Inggris)
MobyGamesspace-invaders________
IMDB: tt0294282 Archive.org: Space_Invaders_1985_Sega_Taito
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Space Invaders (スペースインベーダー Supēsu Inbēdā) adalah sebuah permainan arkade yang didesain oleh Tomohiro Nishikado, dan di rilis pada tahun 1978. Permainan ini awalnya dibuat dan dijual oleh Taito di Jepang, dan kemudian di lisensi kan di Amerika Serikat oleh Midway yang merupakan anak perusahaan Bally. Space Invaders adalah salah satu permainan tembak-menembak pertama dan menampilkan grafik 2D. Tujuan dari permainan adalah menembak seluruh alien dengan meriam laser dan membuat skor setinggi mungkin. Dalam membuat permainan, Nishikado ter inspirasi dengan permainan arkade lainnya: Breakout, The War of the Worlds, dan Star Wars. Untuk membuatnya, ia membuat perangkat keras dan alat pembuatan kostum.

Walaupun sangat sederhana untuk sekarang, ia adalah salah satu permainan video paling berpengaruh dan membuat industri permainan video dari barang baru menjadi sebuah industri global. Ketika di rilis untuk pertama kali-nya, Space Invaders sangat sukses, permainan ini membuat koin 100-Yen menjadi langka di Jepang, dan sejak tahun 2007 Taito telah mengumpulkan penghasilan sebesar 500 juta dolar Amerika. Guinness World Records meletakkan permainan ini sebagai permainan arkade paling populer.

Permainan ini telah menjadi inspirasi permainan video lain, dan dirilis di platform permainan video, yang kemudian merilis sekuel. Pada tahun 1980, Space Invaders versi Atari 2600 melipatgandakan penjualannya dan menjadikan "aplikasi pembunuh" bagi konsol permainan video. Alien musuh piksel telah menjadi salah satu ikon permainan video.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]