Industri permainan video

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Industri permainan video (sering disebut hiburan interaktif) adalah sektor ekonomi yang terlibat dengan pengembangan, pemasaran, dan penjualan permainan video. Sektor ini mencakup banyak disiplin pekerjaan dan mempekerjakan ribuan orang di seluruh dunia.[1]

Disiplin[sunting | sunting sumber]

Industri permainan mempekerjakan orang-orang yang berpengalaman pada bisnis tradisional lain, namun beberapa di antaranya punya pengalaman yang berkaitan dengan industri permainan. Misalnya, banyak perekrut menargetkan profesional industri permainan saja.[rujukan?] Sejumlah disiplin yang spesifik terhadap industri permainan yaitu: programer permainan, desainer permainan, desainer level, produser permainan, seniman permainan, dan penguji permainan. Banyak pula penggemar yang membuat permainan komputer dan menjualnya secara komersial.[rujukan?] Para pengembang permainan juga mempekerjakan orang-orang yang sangat berpengalaman di komunitas modifikasi permainan (mod).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zackariasson, P. and Wilson, T.L. eds. (2012). The Video Game Industry: Formation, Present State, and Future. New York: Routledge.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]