Hai, Miiko!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Hai, Miiko! (juga dikenal sebagai Kocchi Muite! Miiko) adalah manga seri karya seorang mangaka Jepang, Ono Eriko. Menceritakan tentang gadis kelas 5 SD yang bernama Yamada Miiko beserta dengan teman-temannya. Di Inggris dikenal dengan Hi, Michelle! Sebenarnya ada versi terdahulu dari Hai, Miiko! berudul Namaku Miiko! yang berjumlah 4 jilid. Seri ini menceritakan tentang Miiko dan kawan-kawan saat kelas 4 SD. Saat ini komik Hai, Miiko! sudah mencampai jilid 27, menceritakan Miiko yang telah duduk di kelas 5 SD.

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Yamada Miiko (山田 みい子 Yamada Miiko) adalah pemeran utama di komik ini. Tingginya 122 cm. Dia lahir tanggal 5 Mei di Tokyo. Miiko kini duduk di kelas 5-3 SD Suginoki. Miiko adalah anak yang energik dan supel. Sifatnya yang polos membuat ia tidak pernah sadar kalau Tappei dan Yoshida menyukainya. Sepertinya Miiko menyukai Tappei. Dimasa depan ia terlihat menjadi guru di tempat penitipan anak. Nama Inggrisnya adalah Michelle Yocelyn.
  • Eguchi Tappei adalah teman sekelas Miiko. Ia termasuk anak yang tinggi di kelasnya (154 cm). Ia agak kasar, tapi sebetulnya baik hati tapi tak pernah bisa bicara dengan tulus. Tappei termasuk anak yang disukai cewek-cewek di kelasnya. Tappei termasuk anak yang atletis, ia sering tampak bermain baseball dan sepak bola. Ia juga tertarik menjadi fotografer. Sahabat dekatnya adalah Kenta. Ia adalah teman Miiko sejak masih kecil. Disalah satu cerita, Tappei tampak akan menjadi pacar Miiko di masa depan. Punya kucing yang dinamai Miiko. Nama Inggrisnya adalah Trevor Eggleson.
  • Shimura Mari adalah sahabat Miiko dan Yukko, ia lebih tinggi 8 cm dari Miiko tapi ia lebih gemuk. Keras kepala, tak mau kalah, ngomongnya blak-blakan tapi setia kawan. Mari mempunyai kepribadian yang teguh pendirian. Mari bercita-cita menjadi komikus. Ia sering mengikuti kelas komik, kelas paling tingginya adalah kelas B. Mari adalah anak bungsu dari 3 bersaudara. Suka mengikuti pakaian yang dipakai kakaknya. Nama Inggrisnya adalah Marie Selena. Ia lahir tanggal 1 Agustus.
  • Ogawa Yuuko (nama panggilan Yukko) adalah sahabat Miiko dan Mari. Yukko baik, pintar, pendiam, sabar, penuh perhatian, terkadang ia sedikit sensitif. Yukko termasuk anak yang dewasa bagi gadis seumurnya. Ia terampil membuat kerajinan tangan dan pintar memasak. Pacaran adalah Kenta. Nama Inggrisnya adalah Yvonne Olivia. Ia lahir tanggal 14 Maret.
  • Satou Kenta adalah teman sekelas Miiko. Anak pemilik Satou Bakery. Ia adalah pacar Yukko. Miiko dan Kenta berada di tempat penitipan yang sama saat TK. Kenta anak yang humoris dan baik, terkadang suka iseng. Kenta adalah sahabat dekat Tappei dan suka berusaha mendekatkan Miiko dan Tappei. Cita-citanya membuat toko roti bersama Yukko. Nama Inggrisnya adalah Kenneth Sean. Lahir tanggal 3 Februari.
  • Yoshida Ikuya adalah teman sekelas Miiko yang sangat menyukai Miiko. Ia adalah murid teladan di kelas. Yoshida orang yang pendiam, sangat pintar, dan berasal dari keluarga terhormat. Kelemahannya di pelajaran olahraga. Terkadang ia tampak dekat dengan Mari. Yoshida menganggap Tappei sebagai rivalnya dalam merebut cinta dan perhatian Miiko. Nama Inggrisnya adalah Yoseph Ivander.

Keluarga Yamada[sunting | sunting sumber]

  • Yamada Kousuke adalah ayah Miiko. Bekerja sebagai wartawan tabloid mingguan. Sangat menyayangi keluarganya.
  • Yamada Rie adalah ibu Miiko. Sangat sering memarahi Miiko tapi sebenarnya ia sangat menyayangi Miiko. Bekerja sebagai editor komik Ocha.
  • Yamada Mamoru adalah adik Miiko yang lebih muda 1 tahun. Pacarnya adalah Yuka-chan. Sebagai adik, Mamoru lebih dewasa ketimbang Miiko, ialah yang lebih sering mengurus rumah saat ibu mereka bekerja. Nama Inggrisnya adalah Matthew Johannes. Dia lahir tanggal 9 November.
  • Yamada Momo adalah anak ketiga keluarga Yamada. Lahir pada 9 Januari (Hai! Miiko vol. 19). Momo anak yang manis dan menjadi kesayangan keluarga. Nama Inggrisnya adalah Monica Yoanna

Keluarga Eguchi[sunting | sunting sumber]

  • Eguchi Ryouhei adalah ayah Tappei. Bekerja sebagai kameramen. Dulu pernah hampir bercerai dengan Makiko, tapi tidak jadi. Nama Inggrisnya Randall Eggleson
  • Eguchi Makiko adalah ibu Tappei yang punya toko kelontong bernama Lazy Moon. Dikenal di Inggris Maria Eggleson
  • Eguchi Miko adalah kucing peliharaan Tappei. Kucing terlantar yang di temukan Miiko. Nama "Miko" pada kucing itu diberikan oleh Ibu Tappei. Dikenal di Inggris Mikaela

Tokoh lain[sunting | sunting sumber]

  • Makorin adalah anak yang meninggal setahun sebelum ia lulus SD (Hai! Miiko vol. 10). Gentayangan karena mencari sahabatnya yang juga bernama Miiko. Miiko pernah bertemu saat sedang menjalankan piket. Makorin sering dikuncir dua. Makorin bertemu Miiko yang salah.
  • Morimoto Nozomi adalah teman sekelas Miiko yang jago gambar tapi kena penyakit kanker. Berkat dukungan Miiko, Yukko dan Mari-chan, Nozomi akhirnya sembuh dan kembali ke sekolah. Nozomi mempunyai adik bernama Kurumi. Nama Inggrisnya adalah Mousgatte Niabella
  • Matsumoto Kaoru adalah teman sekelas Miiko, ia hanya tinggal dengan ayahnya. Bermasalah dengan ukuran badannya yang besar, untung saja ia berhasil mengatasinya dengan bantuan Miiko.
  • Morimoto Kurumi (panggilan Kurumi-chan) adalah murid kelas 1 yang tak punya teman, berkat dukungan Miiko, akhirnya ia punya teman. Ia adalah adik Nozomi.
  • Takahashi Yasuko (panggilan Yakko) adalah teman sekelas Miiko yang selalu bicara terus terang, kadang membuat beberapa orang marah. Dia dipanggil Ya-chan di jilid pertama. Nama Inggrisnya adalah Yosephine Jessica Tabitha
  • Akane Tatsuya adalah teman sekelas Miiko, muncul di Hai Miiko jilid 19, 22 dan jilid 25. Nama Inggrisnya adalah Aline Theresa.
  • Hayato adalah kakak sepupu Miiko yang tinggal di Oita. Ia pertama kali muncil di jilid 23 pada "Musim Panas yang Romantis" (Romantic Summer). Ia datang ke Tokyo karena ingin kuliah di sana.
  • Tanimura Miho teman sekelas Miiko yang sangat menyukai Tappei. Ia iri dengan kedekatan Miiko dan Tappei yang membuatnya tidak terlalu suka dengan Miiko. Miho orang yang sangat feminin dan modis. Ia selalu berusaha mendekati Tappei. Tapi Tappei tidak punya perasaan apa-apa terhadap Miho. Nama Inggrisnya adalah Millie Tatiana
  • Nomura Yoshiki adalah teman sekelas Miiko, ia bercita-cita jadi sutradara film. Ia menyukai Miho dan berjuang agar Miho bisa mendekati Tappei hanya untuk melihatnya tersenyum. Yoshiki agak kasar tapi orangnya serius. Nama Inggrisnya adalah Joseph Justin Norman Raphael Yehezkiel atau Norman Yehezkiel.
  • Kobayashi Yuka adalah pacarnya Mamoru, orangnya sangat feminin dan modis. Pernah berubah penampilan menjadi tomboy gara - gara ingin menjadi seperti Miiko. Nama Inggrisnya adalah Katelyn Yessiah
  • Oonishi Sensei adalah wali kelas Miiko, tegas tapi penyayang. Suka kerajinan keramik. Nama Inggrisnya Mr. Orland
  • Uranai adalah teman sekelas Miiko yang suka meramal dan semua ramalannya benar-benar terjadi. Lemah dalam olahraga dan sangat yakin kalah saat ikut lomba "Essahoisa", tapi Miiko meyakinkan dia bahwa dia bisa 'mengubah nasib' dengan berusaha. Nama Inggrisnya adalah Ursula.
  • Chiharu adalah teman sekelas Miiko yang menyukai Kenta selain Yukko. Ia muncul pertama kali di jilid 23 dalam "Krisis Kenta dan Yukko" ("The Crisis of Kenneth and Yvonne" dalam Inggris). Namun akhirnya ia berpacaran dengan Suzuki, anak kelas 5-2. Nama lengkap Inggrisnya adalah Chantal Valentina.
  • Izawa adalah Teman sekelas Miiko, ia juga jago gambar. sedikit ketus dan pernah mempunyai masalah dengan Yoshiki tetapi sebenarnya baik.
  • Aoyama adalah teman sekelas Miiko yang pernah disukai Mari di jilid 1. Tapi ia pindah ke Amerika. Nama Inggrisnya Aaron
  • Watanabe Hiroshi adalah teman sekelas Miiko, suka mengejek teman-teman sekelasnya. Kompak dengan Nasu, temannya. Nama Inggrisnya adalah William Sabastian.
  • Lahir 9 Januari. adalah teman sekelas Miiko yang paling berisik dan suka mengejek teman-teman sekelasnya. Kompak dengan Watanabe, temannya. Nama Inggrisnya adalah Nigel Miguel Raymundo de Thiago atau Nigel de Thiago.
  • Nakazawa Takuto adalah anak klub komik yang seumur dengan Miiko, ia menyukai komik Mari dan berambisi menjadi asistennya kelak. Tidak tertarik pada olahraga. Nama Inggrisnya adalah Nazario Tacitus. Nama lengkapnya adalah Nazario Nakazawa Takuto Ottavio Tacitus.
  • Mizuki adalah teman sekelas Miiko yang pandai bermain piano. Ia ikut berpartisipasi dalam membuat pertunjukkan musik. Ia pertama kali muncul di jilid 22. Nama Inggrisnya adalah Julia Mizuno Patricia Renata Kinoshita.
  • Ootomo Takaaki adalah atlit lari kelas 6 yang awalnya malas-malasan ikut lomba lari estafet. Karena Miiko, ia memenangkan lomba. Muncul di Hai Miiko jilid 4.
  • Takashi Shouma adalah murid kelas 2 SD, jago olahraga. Ia sombong dan kasar, tapi sebenarnya baik. Adiknya satu tempa penitipan dengan Momo.
  • Sakamoto Haruna adalah murid pindahan dari Fukushima, akibat terkena dampak nuklir. Haruna anak yang pintar, baik dan terus terang. Dia cepat berteman baik dengan Miiko dan teman-temannya. Haruna pertama muncul di komik jilid 25 dalam "Taman fantasi Haruna" ("Helena's Fantasy Park" dalam Inggris). Ia menyukai Yoshida. Nama Inggrisnya adalah Helena Sarmento.
  • Miyashita Tomomi adalah teman sekelas Miiko yang pandai menganyam. Ia terkena alergi dan tak mau masuk sekolah. Tapi akhirnya ia masuk sekolah berkat bantuan Miiko dan kawan-kawan. Hanya muncul di Namaku Miiko pada cerita 'Gelang Janji Tomo-chan (Volume 4) dan 'Jangan Menyerah,Tomo-chan' (Volume 4)dan juga muncul di cerita 'Tappei Pergi' yang dimuat di Hai,Miiko volume 1 (Sebenarnya cerita ini termasuk Namaku Miiko tapi masuk ke dalam Hai,Miiko volume 1). setelah itu Tomo-chan tak pernah terlihat di komik Hai,Miiko. hanya pernah terlihat sedang bersama anak-anak kelas 5-3 yang lain. Pernah jadi cameo di volume 2 (Buu ,Buu,Buu! (di sana ia terlihat mengecat properti untuk panggung bersama Watanabe) dan pada cerita Aku Pulang (di sana mendengarkan cerita hantu Mari-chan bersama Miiko,Yukko,dan Ya-chan).
  • Hono Heriko adalah komikus misterius yang sering menjadi cameo. Sering muncul di mana saja. Ciri khasnya adalah mempunyai kantong mata yang besar dan selalu membawa buku sketsanya. Pernah mengajar Mari-chan dan Miiko cara membuat komik (jilid 21 "Kelas komik Mari-chan"). Hono Heriko diambil dari karakter Ono Eriko sendiri.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]