Sailor Moon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sailor Moon
Sailor Senshi2.png
The major characters of Sailor Moon (anime)
Genre Romantis, Komedi, Shojo
Manga
Pretty Soldier Sailor Moon
Pengarang  Naoko Takeuchi
Penerbit  Bendera JepangKodansha
Bendera Amerika SerikatTokyopop
Penerbit lainnya Bendera IndonesiaElex Media Komputindo
Bendera PerancisEditions Montjoie and Glenat
Bendera Hongaria Semic Interprint
Bendera JermanEgmont Manga & Anime
Bendera PolandiaJaponica Polonica Fantastica (JPF)
Anime
Pretty Soldier Sailor Moon (SM, SM:R, SM:S, SM:Super S, SM:Sailor Stars)
Sutradara  Jun'ichi Satoh, Kunihiko Ikuhara, Takuya Igarashi
Studio Toei Animation
Film
Portal Anime dan Manga

Sailor Moon (美少女戦士セーラームーン Bishōjo Senshi Sērā Mūn?, dikenal juga dengan nama Pretty Soldier Sailor Moon) adalah judul sebuah franchise terkenal yang diciptakan oleh seniman manga Jepang Naoko Takeuchi. Bercerita tentang kepahlawanan 5 gadis dengan kekuatan super dari elemen-elemen alam dan tata surya melawan berbagai musuh dari kegelapan. Mereka memiliki misi mencari sang putri bulan dan Kristal Perak.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Bishojo Senshi Sailor Moon atau Pasukan Cantik Sailor Moon atau Pretty Soldier Sailor Moon berawal dari manga yang kemudian dibuat dalam bentuk anime. Kesuksesan serial ini membawanya ke layar lebar walau masih berupa anime. Terakhir dibuat dalam bentuk tokusatsu.

Manga[sunting | sunting sumber]

Seorang gadis berpakaian sailor (sera fuku, seragam sekolah atau seifuku untuk siswi Jepang yang diadaptasi dari seragam pelaut) mengejar seorang lelaki bertuksedo dan memakai topeng. Keduanya bertarung untuk mencari Kristal Perak (Silver Crystal) yang ternyata tidak ada di tangan sang pemuda.

Usagi yang terinspirasi akan kepahlawanan Sailor-V, berniat menjadi pahlawan seperti jagoannya. Hal itu terkabul saat bertemu dengan seekor kucing yang bisa berbicara bernama Luna serta membuat Usagi berubah menjadi Sailor Moon. Perjuangan melawan pasukan kejahatan tidak sendiri, perlahan Usagi menemukan teman baru yang juga termasuk pengawal kerajaan Bulan. Pada awalnya Sailor Moon memiliki empat teman termasuk Sailor-V yang ternyata adalah Sailor Venus, kepala pengawal kerajaan. Perlahan-lahan sejalan dengan cerita, dia bertemu dengan "Sailor" lainnya hingga bertemu dengan anaknya pada masa depan, Chibiusa (pada versi Sailormoon Super).

Setelah berbagai pertempuran hingga membangkitkan kekuatan bintang mereka, Sailor Moon bertemu dengan "Sailor" dari galaksi lain.

Hampir semua musuh yang dilawan berbasis pada nama bulan seperti Half Moon, Dark Moon, Death Moon, dan lain sebagainya. Musuh-musuh yang dilawan pasukan "Sailor" tersebut berasal dari semua kekuatan kejahatan yang mengincar Kristal Perak, yang diduga memiliki kekuatan tak terhingga.

Anime[sunting | sunting sumber]

Hampir tak ada perbedaan antara manga dan anime, kecuali kehadiran musuh yang tidak ada di manga. Perbedaan yang lain hanya di saat Sailor Stars, yang seharusnya semua Sailor Senshi muncul kembali tapi tidak terjadi di versi anime (mereka muncul secara sekilas). Selain itu, penggambaran hubungan asmara Usagi dan Mamoru dikisahkan lebih dewasa dan romantis dalam manga daripada dalam anime-nya.

Tokusatsu[sunting | sunting sumber]

Ceritanya hampir mendekati cerita di anime season pertama. Perbedaan yang mencolok adalah rambut para pahlawan "Sailor" tidak seperti di anime (berwarna-warni) tetapi rambut mereka berwarna layaknya rambut wanita Jepang pada umumnya. Di saat berubah, rambut mereka barulah berbeda.

Super-Vilains[sunting | sunting sumber]

Diurutkan dari yang pertama hingga terakhir, lawan Sailor Moon adalah:

  • Dark Kingdom
  • Makaiju Aliens (Anime)
  • Black Moon
  • Death Busters
  • Dead Moon Circus
  • Shadow Galactica & Chaos

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Sailor Uranus & Sailor Neptune muncul dalam kabut Sailor Uranus & Sailor Neptune muncul dalam kabut

Tokoh utama[sunting | sunting sumber]

Sailor moon ani.gif Usagi Tsukino (月野 うさぎ Tsukino Usagi?)
Usagi adalah seorang gadis yang ceroboh dan cengeng, tapi bila berubah menjadi Sailor moon, ia menjadi pahlawan pembela cinta, kebenaran, dan keadilan. Pada awalnya, Usagi tidak suka menjadi Sailor Moon, ia ingin sekali menjadi gadis normal, namun setelah melihat teman-temannya melindunginya, serta menyadari seberapa pentingkah teman-teman yang harus ia lindungi, maka Usagi pun berubah, dan ia pun menyadari ia harus menjadi Sailor Moon.
  • Sailor Moon. Pahlawan no. 2 yang muncul setelah Sailor-V, pada awalnya bentuk dan kostum Sailor Moon mirip dengan Sailor-V, tetapi setelah proses perubahan dan peningkatan kekuatan, kostumnya menjadi sama seperti di anime. Level atau tingkatan dari Sailor Moon dapat dilihat dari brosnya, pada awalnya berbentuk bulat, perlahan berbentuk hati, dan terakhir menjadi bintang.
  • Princess Serenity (lampau). Selalu penasaran dengan hal baru membuat dia tak sengaja bertatapan dengan seorang pria. Pria yang menggetarkan hatinya. Tetapi para pengawalnya memperingati Serenity akan tugasnya. Mendadak terjadi pemberontakan ketika Endimion yang berada di pihak Bumi hendak menyerang Bulan. Tetapi Endimion tidak hadir untuk menyerang atau menghancurkan Bulan melainkan untuk menyelamatkan sang putri dan berakhir tewas. Serenity yang melihat tak kuat menerima cintanya mati pun turut bersama Endimion.
Mamoru Chiba (地場 衛 Chiba Mamoru?)
Mamoru adalah seorang pemuda tampan berambut hitam yang pada awal seri sering menggoda Usagi dengan mengomentari nilainya jatuh dan kepribadian menjengkelkan lain miliknya, meskipun sebagai waktu berlalu mereka menjadi lebih dan lebih terikat satu sama lain. Hal ini terungkap kemudian di seri bahwa ia sebenarnya misterius Tuxedo Mask yang membantu Sailor Moon melawan kekuatan jahat. Dalam kehidupan masa lalunya Mamoru adalah putra mahkota Golden Millenium (sebuah kerajaan di Bumi), Endymion, yang jatuh cinta dengan putri Serenity. Kasih ini melewati lanjut ke inkarnasi saat ini mereka juga.
  • Topeng Tuxedo (Tuksedo Bertopeng). Wujud yang mendekati ke bentuk Endimion. Memakai tuksedo perlente dan jubah hitam yang melambai di kegelapan malam. Tokoh ini mengawali kemunculannya dengan mencuri permata-permata yang dia duga sebagai Kristal Perak. Tetapi Sailor-V berusaha mencegahnya di salah satu aksinya.
  • Endimion (lampau). Jatuh cinta pada seorang gadis dari bulan bernama Serenity membawanya pada kisah Romeo dan Juliet. Perang terjadi antara Bulan dan Bumi karena pengaruh jahat membuat kedua kekasih ini kebingungan akan cintanya. Tak terduga Endimion tewas di tangan pasukannya sendiri yang dikuasai kejahatan. Pengawalnya terkejut dan tak dapat berbuat apa-apa, berikutnya ingatan Endimion dikunci hingga dirinya kembali berada di kondisi hampir mati, sama saat dirinya menyelamatkan Serenity.

Para Sailor[sunting | sunting sumber]

Sailor mercury ani.gif Ami Mizuno (水野亜美 Mizuno Ami?)
Sailor Mercury. Sailor berelemental air yang genius dan baik hati. Ia adalah putri dari Saeko Mizuno, sedangkan ayahnya sudah lama bercerai dari ibunya. Ia ingin menjadi dokter hebat seperti ibunya, jadi ia selalu belajar dengan keras. IQ nya adalah 200, dan ia adalah murid terpintar di SMP Juuban, namun karena ia sangat pemalu, orang-orang mengomentarinya sebagai gadis sombong, namun Usagi yang baik hati pun menjadi teman pertamanya. Ami bisa keras bila teman-temannya malas belajar, namun setelah itu ia selalu meminta maaf. Di anime, Ami terilhat menyukai seorang cowok sekelasnya bernama Ryo Urawa, yang merupakan reinkarnasi dari monster. Walau hubungan mereka terlihat tidak begitu romantis, Ami sangat peduli dengannya. Di Manga Stars / Season terakhir, Ami juga terlihat dekat dengan Kou Taiki, Sailor Star Healer, yang memiliki kepribadian yang mirip, pendiam, dewasa dan cerdas. Namun hal ini tidak resmi.
Sailor mars ani.gif Rei Hino (火野レイ Hino Rei?)
Sailor Mars Sailor berelemental api yang memiliki persona yang berbeda di anime dan manga. Dia adalah pendeta wanita di kuil Hikawa, tinggal bersama kakeknya. Ibunya meninggal saat ia masih kecil, sedangkan ayah tidak peduli dengannya, oleh karena itu ia sangat menyayangi kakeknya yang genit itu. Di Anime, Rei adalah gadis galak, pemarah, dan sangat ingin menjadi idola terkenal yang memiliki pacar ganteng, ini semua ditunjukan kalau ia ingin berpacaran dengan Mamoru di awal episode. Di manga, ia adalah gadis pendiam, dingin, yang cocok dengan perannya sebagai pendeta wanita. Di PGSM ia juga lebih mirip dalam sosok manganya, dekat dengan Sailor Venus/Ai Minako. Sedangkan peran musikalnya lebih cenderung ke anime.
Sailor jupiter ani.gif Makoto Kino (木野まこと Kino Makoto?)
* Sailor Jupiter. Sailor berelemental listrik dan tumbuhan. Ia adalah gadis tangguh, tomboy dan keras, namun ia bisa genit dan peduli dengan penampilannya, bila ia bertemu cowok yang mirip dengan mantan pacarnya, seorang kakak kelas. Ia bisa olahraga, karate, tetapi juga suka memasak, bersih-bersih dan segala aktitivitas feminin. Ia memiliki banyak cowok yang ditaksir dalam anime dan manga, salah satunya adalah Motoki Furuhata, sahabat Mamoru yang dulunya disukai Usagi dan Ai.
Sailor venus ani.gif Aino Minako (愛野美奈子 Aino Minako?)

Pemimpin Inner Senshi. Dalam kehidupannya di bumi, ia adalah gadis periang yang agak tomboy bernama Aino Minako. Walau tidak tomboy di gaya, ia bisa tomboy dengan cara memarahi orang-orang, dan kadang berlagak sok keren. Ia mirip dengan Usagi, rambut pirangnya, sifatnya, namun Minako bisa bahasa Inggris dan pintar dalam olahraga voli, menunjukan ia lebih hebat daripada Usagi. Sebelumnya, ia bertugas menjadi Sailor V, untuk membuat Dark Kingdom curiga bahwa dia adalah Putri Serenity. Di Anime, dia langsung menyatakan bahwa dia bukanlah Putri, sedangkan di manga dan PGSM dia berpura-pura menjadi putri sampai akhirnya tanda putri itu berpindah ke Usagi. Dalam PGSM dia adalah idola kesukaan Usagi dan Ami, sedangkan dalam anime dan manga dia adalah gadis yang ingin sekali menjadi penyanyi terkenal.

Setsuna Meiou (冥王せつな Meiō Setsuna?)

Penjaga pintu waktu, namun pada Season S dia menyamar menjadi seorang mahasiswi bernama Setsuna Meioh. Ia sangat baik, berbicara sangat halus, dan ia sangat peduli kepada Chibiusa, memanggilnya "Small Lady", layaknya orangtua Chibiusa di masa depan. Ia dekat dengan Haruka Tenoh dan Michiru Kaioh, saat di Season S, mereka bertiga ingin Hotaru segera binasa. Namun pada Season Stars, mereka pindah rumah dan tinggal bersama Hotaru, merawat mereka.


Chibiusa (ちびうさ?)

Anak masa depan Usagi dan Mamoru, dalam versi Amerika biasa dianggap Rini. Dimasa depan ia dipanggil Small Lady oleh para prajurit serta orangtuanya. Ia pertama kali muncul dalam Sailor Moon R, sebagai anak kecil nakal yang ingin membuat Usagi dan Mamoru berpisah, serta mengambil kristal perak dari Usagi. Namun setelah melihat Usagi berubah menjadi Sailor Moon dan rela dirinya tersiksa melindungi Chibiusa, Chibiusa pun akhirnya menyesal. Ia juga kaget melihat Usagi berubah menjadi Neo Queen Serenity, ibunya. Dalam Sailor Moon S, dia kembali sebagai Sailor Chibi Moon, ia juga sering bercanda dengan Usagi dan Shingo.

Haruka Tenou (天王はるか Tenō Haruka?)

Gadis kelas 10 Mugen Gakuen, memiliki cara pandang maskulin serta bersikap, berpakaian, dan berbicara layaknya pria. Ia kelihatannya memiliki hubungan spesial dengan Michiru, ia berlagak sebagai pria sedangkan Michiru wanita. ia suka mengecoh para gadis kalau ia adalah lelaki, seperti halnya Usagi dan Ai. Haruka sangat keras sebagai Sailor Uranus, dimana ia sangat menentang kebaikan Sailor Moon. Namun akhirnya mereka pun bergabung di Season Stars.

Michiru Kaioh (海王みちる Kaiō Michiru?)

Teman dekat Haruka, juga sekelas dengannya. Michiru dan Haruka bahkan digambarkan memiliki "hubungan istimewa" yang lebih dari sekadar sahabat, hal ini dibuktikan melalui petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh Naoko Takeuchi dalam beberapa kesempatan pada manga maupun anime-nya. Michiru pintar bermain biola dan melukis, dan ia berharap menjadi pemain biola di masa depan.

Hotaru Tomoe (土萠ほたる Tomoe Hotaru?)

Hotaru adalah sahabat Chibiusa. Diawal cerita, dia adalah gadis berusia 12 tahun yang masih kelas 7 SMP di SMP Mugen Gakuen, satu yayasan dengan Haruka dan Michiru yang sudah kelas 10 SMA. Ibunya sudah meninggal disaat usianya yang masih sangat kecil, dan ia diasuh oleh ayahnya. Saat kecil ada ledakan di laboratorium ayahnya dan Hotaru pun meninggal. Ayahnya yang pasrah pun akhirnya rela menjadi jahat asalkan Hotaru kembali hidup. Dalam Anime dia masih manusia biasa sedangkan dalam manga ia sudah menjadi cyborg (manusia setengah mesin). Kekuatan jahat Death Busters tersebut beradu kekuatan dengan kekuatannya sebagai Sailor Saturn, maka tubuh Hotaru sangat lemah, dan ia bisa menyembuhkan luka dengan kekuatan ajaib. Dengan Pure Heart Chibiusa ia pun menjadi penyihir jahat Mistress 9, namun akhirnya dengan Hotaru menyadari seberapa pedulinya ChibiUsa kepadanya, maka ia pun berubah menjadi Sailor Saturn dan mengembalikan Pure Heart Chibiusa. Di akhir S, dia lahir kembali menjadi bayi. Dalam season stars, ayahnya masih hidup namun ia dibawa oleh Setsuna, Haruka dan Michiru untuk sementara, namun tidak dijelaskan apabila ia kembali ke ayahnya. Dalam Stars, ia berusia sekitar 10 tahun keatas, dan proses pengembangan umurnya sangat cepat.

Sailor Stars
Sailor ini berasal dari luar angkasa/galaksi lain. Datang untuk mencari Sailor Moon dan memperingatkan dia tentang serangan dari galaksi lain. Walau lawannya itu sendiri juga memakai titel Sailor, yang dibahas adalah Sailor yang membantu para Prajurit Cantik saja.
  • Sailor Star Maker
  • Sailor Star Healer
  • Sailor Star Fighter

Tokoh lain[sunting | sunting sumber]

Luna, Artemis, dan Diana
Luna adalah kucing hitam, sedangkan Artemis kucing putih. Mereka berasal dari Planet Mau, dan mereka berdua adalah kucing-kucing yang bertugas melindungi Putri Serenity dan Ratu Serenity di Kerajaan Bulan. Mereka pun lahir kembali, dan Luna memberi bros spesial untuk Usagi, dan menemukan Ami, Rei dan Makoto sebagai Pretty Soldier disaat mereka berusia 14 tahun. Sedangkan Artemis bertemu Ai yang masih berusia 13 tahun/7 SMP, dan ia membuat Ai menjadi Sailor V dulu, nantinya akan menjadi Sailor Venus. Sedangkan Diana adalah anak masa depan Artemis dan Luna di masa depan, Diana tinggal di Crystal Tokyo bersama Chibiusa, King Endymion dan Neo-Queen Serenity
Luna-P
Boneka yang selalu dibawa ke mana-mana oleh sang putri cilik (Chibiusa) Pada Super S, boneka ini pun digantikan dengan Diana.
Ikuko & Kenji Tsukino
Orangtua dari Usagi Tsukino. Kenji adalah pria yang merupakan ilustrator majalah, ia sangat baik hati, walau ketika ia mendengar Usagi menyukai cowok, ia bisa heboh, bilang kalau Usagi adalah anak nakal. Berbeda dengan Ikuko, ibu rumah tangga yang baik serta mengerti perasaan Usagi yang menyukai Mamoru. Walau terkadang Ikuko juga bisa kesal dengan nilai-nilai jelek Usagi.
Naru Osaka
Naru adalah sahabat Usagi. Dia adalah gadis periang, baik dan kadang-kadang bisa pemarah. Awalnya ia menyukai Nephrite yang menyamar menjadi Masato Sanjoin, namun walau ia menemukan bahwa Pak Sanjoin adalah orang jahat, ia tetap saja mencintainya. Ia sangat dendam kepada Zoisite yang membunuh Nephrite, pada episode 26 ia memakaikan Umino sebuah ikat tangan yang ia pernah pakaikan ke Nephrite, membuat Umino menyukainya. Pada Sailor Moon R, Umino pun akhirnya menjadi pacar Naru. Naru tidak pernah terlihat lagi setelah Sailor Moon Super S, walau di manga ia tetap satu sekolah dengan Usagi di SMA Juuban hingga akhirnya pergi ke pernikahan Usagi.

Karakter pendukung[sunting | sunting sumber]

Dalam manga, ada beberapa karakter yang hanya muncul sekali kemudian langsung menghilang. Ada yang tetap ada dan menjadi pusat cerita seperti Helios.

  • Super-S
    • Helios. Unicorn yang mencari-cari putri yang memiliki mimpi indah dan melihat semua itu pada Chibiusa.

Karakter seputar Super-Vilains[sunting | sunting sumber]

  • Des Bastard/Death Buster.
    • Master Pharaoh 90
    • Mistress 9
  • Dead Moon
    • Zirconia
    • Amazoness Trio & Amazoness Quartet
    • Ratu Nehelenia

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Muncul di sailor R
  2. ^ Muncul di sailor R
  3. ^ Muncul di sailor S
  4. ^ Muncul di sailor S
  5. ^ Muncul di sailor S