Snoopy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Snoopy
Berkas:Snoopy Peanuts.png
Informasi
Jenis kelaminJantan
KeluargaKakak/adik: Spike, Andy, Olaf
4 ekor anjing lainnya
pemilik: Charlie Brown

Snoopy adalah sebuah tokoh fiksi berupa anjing jenis beagle peliharaan Charlie Brown dalam strip komik Peanuts karya Charles M. Schulz. Pada dua tahun pertama kemunculannya, tokoh Snoopy hanya digambarkan sekadar sebagai seekor anjing biasa, tetapi perlahan-lahan Snoopy dijadikan karakter yang bisa "berbicara". Balon teks Snoopy berisi hal-hal yang "sedang dipikirkannya", sehingga Snoopy bisa berkomunikasi.

Anjing peliharaan Schulz sewaktu masih kecil, Snooky dan Spike dijadikan model untuk tokoh Snoopy.[1] Produser animasi Bill Melendez mengisi suara Snoopy dan juga Woodstock dalam film animasi yang dibuat untuk acara spesial di televisi dari tahun 1965 hingga 2006.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Snoopy pertama kali dimunculkan tanggal 4 Oktober 1950 (hari ke-3 pemuatan perdana strip komik Peanuts). Namun, Snoopy baru diberi nama pada 10 November bulan berikutnya. Pada mulanya, Schulz ingin menamakannya "Sniffy",[2] tetapi tidak jadi karena nama tersebut sudah dipakai strip komik lain. Selama dua tahun pertama, Snoopy digambarkan sebagai karakter yang tidak berbicara. Baru pada tanggal 27 Mei 1952 Snoopy digambarkan berikut balon teks yang berisi hal-hal yang sedang dipikirkannya. Teknik tersebut terus digunakan Schulz agar pendapat dan keinginan Snoopy diketahui pembaca. Tokoh-tokoh lain dalam strip komik Peanuts juga bagaikan memiliki kemampuan khusus membaca pikiran dan menanggapi keinginan Snoopy.

Dalam film animasi, hal-hal yang sedang dipikirkan Snoopy tidak diungkapkan dengan kata, melainkan geraman, ratapan, atau tawa, bagaikan sebuah pantomim. Film spesial You're a Good Man, Charlie Brown and Snoopy!!! The Musical merupakan pengecualian. Dalam dua film tersebut, Snoopy bisa berbicara dengan pengisi suara Robert Towers dan Cam Clarke.

Identitas Snoopy sebagai anjing beagle pertama kali diungkap dalam strip komik tanggal 5 Desember 1960. Ketika Snooopy sedang tertidur, Charlie Brown mengulang perkataan Gertrude Stein: "Beagles on the grass, alas. (Beagle di atas rumput, huh)." Snoopy membalas, "I ain't no stupid beagle (Aku bukan beagle bodoh)."

Di antara gambar Snoopy yang banyak dikenang orang adalah ketika Snoopy sedang melamun menjadi seorang penulis. Kata pembuka yang selalu digunakan untuk novel yang sedang ditulisnya berbunyi, "It was a dark and stormy night... (Malam itu gelap dan sedang turun badai." Kalimat tersebut merupakan cuplikan dari novel tahun 1930-an karya Edward George Bulwer-Lytton yang berjudul Paul Clifford. Humor strip komik Peanuts berasal dari perbedaan kontras antara keberadaan Snoopy di alam mimpi dan perannya di alam nyata sebagai anjing peliharaan Charlie Brown.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Tokoh Snoopy sering digambarkan suka meniru binatang-binatang lain. Pada 9 Agustus 1951, Snoopy menyaru menjadi seekor burung. Selanjutnya (mulai 17 November 1955), Snoopy menyamar sebagai Violet, burung pelikan, Lucy, rusa besar, Beethoven, dan Miki Tikus. Selain itu, berbagai binatang lain juga berusaha ditirunya, termasuk ular, badak, dan burung bangkai. Puncak kegemarannya meniru-niru adalah berjalan dengan dua kaki seperti manusia yang pertama kali dilakukannya pada 5 Januari 1956. Sejak itu pula, Snoopy menjadi sering berjalan dengan dua kaki. Begitu seringnya sehingga orang jarang lagi memperhatikannya, karena Snoopy mengembangkan sejumlah alter ego seperti tokoh fiksi Walter Mitty. Perubahan Snoopy menjadi tokoh yang berjalan dengan dua kaki disertai dengan moncongnya yang semakin besar dan panjang badan yang bertambah.

Alter ego Snoopy yang paling terkenal adalah lamunan Snoopy menjadi pilot tempur Perang Dunia I. Ia sering terlihat bertempur dengan musuh imajinernya, pilot jagoan Red Baron. Dalam adegan tempurnya, Snoopy duduk di atas rumah anjing tempat tinggalnya dengan memakai kacamata penerbang, dan syal yang melilit di leher. Maksudnya agar kelihatan seperti pilot pesawat tempur di Perang Dunia I. Snoopy menyebut pesawatnya dengan nama Sopwith Camel seperti nama pesawat bersayap ganda yang diterbangkan Arthur "Roy" Brown sewaktu menembak jatuh Red Baron dalam Perang Dunia I. Secara kebetulan, Charlie Brown majikan Snoopy dan Arthur "Roy" Brown sama-sama memiliki nama keluarga Brown. Seperti halnya tokoh orang dewasa dalam strip komik Peanuts, sosok tokoh Red Baron tidak pernah dimunculkan dalam gambar. Kehadirannya digambarkan dalam bentuk rumah Snoopy yang tampak berlubang-lubang bekas peluru "tembakan" Red Baron. Snoopy memakinya dengan penuh kemarahan, "Terkutuk kau, Red Baron!" sambil mengepalkan tinjunya. Dalam I Want a Dog for Christmas, Charlie Brown, adik Charlie Brown yang bernama Sally Brown ikut "terbang" bersama Snoopy.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Moliterni, Claude (2003). Snoopy, Charlie Brown et les autres: L'album de famille de Schulz. ISBN 978-27-3242-681-5. 
  2. ^ Moliterni, Claude (1975). Peanuts Jubilee: My Life and Art With Charlie Brown and Others. Henry Holt & Co. hlm. 20. ISBN 0-0301-5081-7. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]