MÄR

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
MÄR
Genre Petualangan, perlawanan
Manga
Pengarang  Nobuyuki Anzai
Penerbit  Bendera Indonesia Elex Media
Anime
Sutradara  Masaharu Okuwaki
Studio SynergySP
Portal Anime dan Manga

MÄR (メル, Meru), yang merupakan singkatan dari Märchen Awakens Romance adalah manga dan anime yang ditulis oleh Nobuyuki Anzai. Kelanjutan dari MÄR, berjudul MÄR Omega, yang diterbitkan pada September 2006 yang ditulis oleh Kōichiro Hoshino. Di Indonesia, versi animenya ditayangkan oleh Global TV.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Ginta adalah seorang anak SMP yang mempunyai tubuh yang tidak kuat dalam berolahraga, senang dengan cerita dongeng dan selalu mengimpikan dapat pergi ke negeri dongeng. Hampir semua temannya sudah bosan dengan cerita dongeng yang diceritakan Ginta, tapi ada satu orang gadis (teman sekelas Ginta) bernama Koyuki yang sangat menyukai cerita-cerita Ginta. Suatu hari muncul monster berbentuk pintu besar dalam kelas Ginta mengajak Ginta untuk ikut ke negeri dongeng bernama MAR Heaven, tapi tidak ada jaminan kalau Ginta bisa kembali lagi kedunia yang sebenarnya. Ginta merasa telah menemukan dunia dalam mimpinya dimana dia bisa menjadi orang lain. Setelah tiba di negeri MAR Heaven, Ginta menjadi lebih kuat dibandingkan di dunianya, yang disebabkan oleh rendahnya tingkat gravitasi MAR Heaven. Di MAR Heaven, Ginta bertemu dengan penyihir cantik misterius bernama Dorothy, yang tertarik dengan Ginta yang masih polos. Dorothy mengenalkan Ginta tentang benda ajaib yang berupa accessories bernama "ÄRM" (diucapkan ar-mu).

Dorothy berencana untuk mendapatkan ÄRM bernama Babbo yang misterius, dan mengajak Ginta untuk ikut bersamanya. Babbo adalah ÄRM yang sangat istimewa; dia bisa berubah ke beberapa bentuk tergantung dengan daya imajinasi dan kekuatan dari yang memilikinya. Babbo kehilangan ingatannya dan menyebut dirinya sendiri "gentleman". Setelah menyelamatkan Dorothy dari penjaga Babbo, Ginta menjadi pemilik baru Babbo, yang ternyata dulunya adalah ARM milik Phantom.

Ginta melanjutkan perjalanannya, menjelajah dunia dongeng, tapi dia ternyata juga merindukan dunianya sendiri. Akhirnya Ginta berfikir untuk mencari jalan kembali kedunianya sambil menikmati perjalanannya di MAR Heaven selama mungkin. Kemudian Ginta berteman dengan Jack yang tinggal bersama ibunya. Dia menolong Jack dari penjahat yang menginginkan tanah pertanian milik keluarganya. Jack yang merasa berhutang budi ikut bersama Ginta untuk menemukan kembali dunia Ginta. Ginta menyadari bahwa dunia MAR Heaven tidaklah sedamai yang dia kira, dia diserang beberapa pencuri yang memperebutkan Babbo (yang diinginkan prajurit Chess). Tidak lama berselang Ginta bertemu dengan Alviss, orang yang membawa Ginta ke MÄR-Heaven menggunakan ARM Gatekeeper Pierrot, dan telah ikut andil dalam peperangan sebelumnya dengan prajurit Chess. Mulanya Alviss bersikap dingin dan tidak mempercayai Ginta yang bodoh, tapi dia bertaruh demi kemenangan MAR Heaven melawan prajurit Chess dan menyadari kekuatan Ginta yang tersembunyi. Prajurit Chess bertujuan untuk menghancurkan perdamaian MÄR Heaven. Ginta juga menyadari bahwa ayahnya telah menjadi pahlawan di MAR heaven. Kemudian dia mengetahui bahwa ayahnya tewas dalam pertarungan melawan Phantom dan memutuskan untuk menolong MAR Heaven dari kejahatan Phantom dkk.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

  • Tim MAR

Ginta Seorang anak lelaki yang dipanggil ke MAR Heaven dengan ARM Dimensi<Gate Keeper Pierrot> olah Alviss. Ginta kemudian melepaskan ARM Babbo dari segel dan bertarung bersamanya.

Babbo Arm legendaris yang dipakai Ginta sekarang. Versionnya: 1. Hammer arm 1-b. Dagger arm 2. Bubble Launcher 3. Gargoyle 4. Alice 5. Cushion Jelly 6. Puss in Boot 7. (dalam komik) Union. (dalam anime) Hidupkan kawanku yang dibunuh ORB 8. (dalam komik) Gate Keeper Pierrot pembalik. Dalam anime tak ada.

Alviss Seorang pemuda 16 tahun yang tampak dingin dan selalu tenang. Ia adalah orang yang menggunakan ARM Dimensi dan memanggil Ginta ke MAR Heaven. Kekuatan utamanya adalah sebuah ARM yang mampu menciptakan 13 Totem Pole. Alviss mendapatkan Tato Zombie dari Phantom saat masih kecil dan kini harus berusaha mengalahkan Phantom sebelum tato itu menyebar ke seluruh tubuhnya.

Jack Seorang anak lelaki yang tinggal bersama ibunya di sebuah ladang. Ia menggunakan ARM berbentuk Cangkul yang mampu menciptakan Gelombang tanah dan menumbuhkan bibit ajaib yang tumbuh besar dalam sekelip mata.

Snow Seorang gadis yang mirip dengan teman sekelas Ginta di dunianya. Ia adalah puteri dari kerajaan Restava yang terperangkap dalam salju dan kemudian dibebaskan oleh Ginta. Snow menggunakan sebuah ARM yang berbentuk manusia salju dan diberi nama Yuki-chan.

Dorothy Seorang gadis penyihir yang tahu banyak tentang ARM dan berusaha mengumpulkan ARM di seluruh MAR Heaven. Ia adalah orang pertama yang bertemu dengan Ginta saat Ginta tiba di MAR Heaven. Dorothy menggunakan banyak jenis ARM dalam pertarungan. Gadis yang sangat tertarik pada Ginta ini sebenarnya berasal dari negeri sihir bernama Caldea dan diberi tugas untuk membunuh kakaknya sendiri 'Diana' yang merupakan Queen Chess Piece.

Nanashi seorang pemuda yang merupakan ketua perampok Ruberia dan sangat tergila-gila pada para wanita. Bisa juga diandalkan dan dipercaya. Mendendam kepada Peta dan akan balas dendam.

Aran Seorang veteran perang MAR Heaven 6 tahun lalu. Ia terkena sihir kutukan yang mengakibatkan tubuhnya bersatu dengan seekor anjing bernama Edward.

  • Chess Piece

Phantom Ksatria terkuat dari Chess Piece. Ia dibangkitkan kembali setelah terbunuh dalam pertarungan perang melawan Danna 6 tahun lalu. Phantom memiliki Tato Zombie yang membuatnya tidak bisa mati. Ia lalu memberikan tato yang sama pada 3 orang yaitu, Alviss, Rolan dan Peta. ARM 6 tahun lalunya adalah Babbo yang dirasuki ORB. Dulu ia adalah seseorang yang baik. Dicuci otak oleh ORB. Berasal dari Caldea.

Peta Mayor chess piece. Sahabat Phantom, salah satu orang dari 2 orang yang dipercaya Phantom. Bertugas sebagai penasihat zodiac knight. Orang yang pendiam dan jutek, namun kejam juga. Menerima zombie tatoo. Ialah yang memberi tugas kepada Ruberia untuk menagkap Babbo, dan juga yang membunuh orang Ruberia.

Rolan Seorang pemuda yang sangat dekat dengan Phantom dan mengaguminya. Ia menerima Tato zombie dari Phantom dan bertarung sebagai Ksatria Chess Piece. Rolan memiliki sifat yang kekanak-kanakkan tapi mengerikan saat ia serius. Sama seperti Candice, Rolan juga menjaga Phantom. Menyayangi Phantom karena Phantom-lah yang telah memberinya kebahagiaan saat kecil.

Candice Seorang gadis yang sangat mencintai Phantom. Ia memutuskan bergabung dengan Chess Piece setelah dikalahkan oleh Phantom. Selalu menjaga Phantom dan menginginkan Phantom melihat dirinya. Tidak pernah menyerah dalam menjaga Phantom, walau ia tahu bahwa Phantom kadang tak membutuhkan dirinya.

Chimera Seorang gadis desa yang menendam kepada dunia karena membunuh tunangannya, Marco. Disiksa habis-habisan oleh penduduk desa yang benci Chess. Berhasil kabur lalu kehilangan sisi wanitanya. Bertemu Peta dan masuk Chess. Anggota zodiac, nama aslinya adalah IRENE. Menghukum Gid.

Diana Penyihir dari negeri sihir Caldea yang kabur dan menghianati kota kelahirannya untuk menguasai M.A.R Heaven.Dia telah menjadi Ratu di Restava sekaligus ibu tiri Snow yg sekarang menjadi Queen Chess Piece bersama Phantom sebagai Ksatria yang dia percayai. Kebaikkannya selama menjadi Ratu hanyalah tipuan. Sebenarnya ia sangat menyayangi Dorothy.

King Sosok yang sangat misterius, setelah Ginta dkk bertemu Diana, mereka dapat bertemu King yang ternyata adalah perwujudan dari seluruh rasa kebencian manusia di M.A.R Heaven yang disebut dengan ORB. ORB menggunakan tubuh Danna, ayah ginta yang telah meninggal saat War Game 6 tahun lalu. 6 tahun lalu ORB berada dalam tubuh Babbo yang menjadi sangan jahat karenanya.

Zonnens Anggota chess yang akan membunuh MAR team saat latihan. Nama-nama anggotanya bernama bintang.

Ghost chess Dibuat untuk Phantom. Mau memberikan ghost arm untuk Phantom agar ia tak memiliki perasaan, tetapi gagal. Semua anggota nya memakai ghost arm.

Hallowen Teman masa kecil Aran. Kelas knight yang cacat mental. Berelemen api. Nama aslinya adalah Pump.

Giromu, Kouga, & Pinoccion Tiga orang yang ingin balas dendam. Giromu balas dendam kepada Ginta, karena kakaknya, Kouga balas dendam ke Alviss karena membuatnya makin jelek, dan Pinoccion yang dibuat Diana, menginginkan Dorothy. Tiga orang pemberontak yang tersesat dalam pengejaran ke Ginta, Alviss dan Dorothy.

Magical Roe Bawahan Diana yang sebenarnya tak tega menangkap Snow. Menyayangi Snow layaknya adiknya sendiri. Anggota zodiac. Sebenarnya berhati baik dan melakukan suatu hal dengan terpaksa. Dapat bermain sulap.

Rapunzeru Cewek yang suka membunuh dan histeris. Anggota zodiac. Paling pemberontak di antara yang lain. Tak ada yang bisa mencegahnya, termasuk Phantom. Phantom saja sampai kewalahan menanganinya. Dibakar Ian, dan Ian menjadi zodiac. Kakak Giromu.

ORB Segala keburukkan yang disegel oleh Caldea dan diletakkan di tempat terkunci di Caldea. Namun, entah mengapa Phantom dapat membuka pintu dengan mudahnya. Mencuci otak Phantom dan Diana. Merasuki Babbo yang lalu dipakai Phantom 6 tahun lalu. Sebenarnya ia adalah King yang merasuki tubuh Danna. Memiliki guardian ARM yang berbahaya, phoenix, yang membakar teman Ginta di dalam anime.

  • Lainnya

Alma Pacar Phantom yang menentangnya menerima zombie tatoo. Terkena kutukan di Vestory, lalu meminta Ginta menghentikan Phantom. Salah satu dari 2 orang yang dipercaya Phantom.

Pozun dan Porin Pozun, anggota chess yang menjadi reporter. Memiliki hati yang lemah, penakut. Memberikan andarta untuk menolong Snow. Porin, adik Pozun yang selalu menunggu kakaknya itu.

Ibu Ginta Sangat menyesali perbuatannya setelah kepergian Ginta. Ia kehilangan 2 orang penting, yaitu Danna (ayah) dan Ginta. Setelah mendengar cerita dari Koyuki, ia mulai percaya adanya dunia lain.

Koyuki Teman masa kecil Ginta. Gadis yang mempercayai Ginta dan mendengarkan cerita mimpi Ginta dengan sungguh-sungguh. Berhubungan dengan Snow. Snow adalah kloning dari Koyuki. Bila Koyuki tak ada, tak ada Snow. Apa yang terjadi pada Snow di sana kadang terjadi padanya juga.

Lilis Gadis anggota cross guard. Mengacaukan latihan MAR team menjelang war game terakhir. Keluarganya dibunuh chess, lalu ia shock berat. Karenanya, ia memakai dimension arm lalu kembali ke masa damai tanpa chess. Berhianat kepada cross guard.

Garian Bekas bos Ruberia yang berhianat pada Ruberia. Masuk ke chess, melawan Nanashi lalu kalah. Setelah mendengar Nanashi akan bertarung melawan Peta, ia menguji Nanashi karena tak ingin lelaki itu mati.

Gaira Kakek yang ikut war game 6 tahun lalu. Dijuluki Gaira the third man. Karena tak ikut war game, ia menjadi pelatih MAR team.

Loco dan Chaton Roco, anggota chess yang paling dekat dengan Hallowen. Gadis yang berumur 32 tahun ini cukup dekat dengan Chaton. Tapi baginya Chaton peganggu hidupnya. Namun, saat Chaton akan diinjak mati oleh Ghost Chess, ia berfikir akan selamanya sendirian dan menggunakan darkness arm sehingga menjadi bayi. Chaton, orang yang menyukai Aran dan dekat dengannya, menggangap Roco sahabatnya. Sangat sedih saat Roco menjadi bayi.

Ian dan Gid Bekas chess piece. Ian yang tadinya mendendam kepada Ginta dan menjadi zodiac, setelah 1 hari menjadi zodiac lalu keluar. Membuntuti Chimera untuk balas dendam. Gid, gadis yang menerima hukuman atas nama Ian ini sangat sabar menunggu Ian. Akhirnya mereka berdua hidup damai.

Radokin family Pano, cewek chess yang dihipnotis Jack, saat hipnotisnya hilang, entah mengapa masih menyukai Jack. Reno, adik Pano yang malu atas kelakuan kakaknya, akhirnya mendukungnya. Garron, ayah Pano & Reno, pertama kali yang melawan Ginta.

Reginrave Hime(Princess) Putri Reginrave yang berpidato mulainya war game. Tadinya ialah yang mengocok dadu, tapi saat war game ke-4 dan seterusnya Pozun-lah yang mengocok dadu. Sangat mengharapkan MAR team menang.

Sesepuh Caldea Kakek yang tinggal di istana Caldea. Tahu segala a.r.m dan peraturan Caldea. Ada di masa Phantom, yaitu 20 thn lalu.

Pirun-chan Anggota Ruberia yang tewas dibunuh Peta. Gadis kecil yang mengganggap Nanashi sebagai kakaknya dan memanggilnya Nanashi-Onii-chan. Diberi arm oleh Nanashi, yaitu legendary holy arm, Aegis.

Mock, Stanly dan Chap Anggota Ruberia yang mendukung sang bos, Nanashi. Chap yang masih kecil juga cukup sedih atas kematian teman-teman Ruberia termasuk Pirun. Ketiga orang inilah yang pernah juga mencoba mencuri Babbo.

Ibu Jack Ibu Jack, yang mengetahui bahwa suaminya, Jake, pun ikut dalam war game 6 tahun lalu. Mendukung anaknya dan berdoa agar Jack selamat.

Danna & Jake Dua orang yang meninggal di war game terakhir. Danna adalah ayah Ginta termasuk pahlawan, sedangkan Jake adalah ayah Jack yang juga ikut war game 6 thn lalu.

Bell & Edward Bell, peri yang ikut bersama Alviss ini memiliki harga diri yang tinggi. Selalu mendukung Alviss dan membanggakannya. Kesal bila Alviss tidak mengajaknya dan kesal saat war game, karena tidak bisa ikut Alviss. Edward, anjing penjaga Snow, saat war game 6 tahun lalu anjing ini ada di kursi penonton. Saat Hallowen vs Aran, lalu terjadi kehancuran besar, Hallowen yang kesal karena seri menggunakan Darkness ARM, Igneal dan memasukkan Aran ke dalam Ed. Hal ini sudah pasti membuat Ed kesal kepada Hallowen, dan takut hal itu terjadi lagi.

Tom Penduduk Vestory yang membantu Ginta saat di dalam gua. Tom yang sebenarnya Phantom ini pernah berakting dengan Peta, membuat Ginta benci kepada Chess Piece. Tidak pernah meremehkan Ginta maupun Danna. Menginginkan adanya kejaadian seru seperti war game 6 tahun lalu.

Ash Anggota zodiac yang "paling aneh". Menyukai anak-anak dan tak mau membunuh anak-anak. Mengasihani MAR karena anak-anak semua. Mengalah dari Ginta dan mempercayai Ginta untuk senyum para anak kecil. Keluar dari Chess lalu membantu sebuah desa.

Meriro & Bumoru Kedua guardian Aran di Gate of Traning. Meriro, guardian baik dan manis yang tak pernah memaksa tuannya. Ada bila ada Snow di gate of traning milik Aran. Bumoru, guardian yang menyeramkan. Bertubuh besar dan akan menghajar tuannya bila mengintip, berhenti latihan dan salah latihan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]