Dewi Karin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dewi Karin
かみちゃまかりん
Genre Magical girl, Romance, comedy, Drama
Manga
Pengarang  Koge-Donbo
Penerbit  Bendera Jepang Kodansha
Bendera Kanada Bendera Amerika Serikat Tokyopop
Demografi Shōjo
Majalah Bendera Jepang Nakayoshi
Tanggal Terbit January 2003October 2005
Volume 7
Seri anime TV
Sutradara  Takashi Anno
Studio Satelight
Jaringan Bendera Jepang TV Tokyo
Jaringan bahasa Indonesia Bendera Indonesia TV Anak Spacetoon
Tayang perdana April 6, 2007September 29, 2007
Episode 26 (Daftar episode)
Manga
Dewi Karin Chu
Pengarang  Koge-Donbo
Penerbit  Bendera Jepang Kodansha
Bendera Amerika Serikat Del Rey Manga
Bendera Indonesia Elex Media Komputindo
Demografi Shōjo
Majalah Nakayoshi
Tanggal Terbit 6 April 2007 6 Juni 2006April 2008
Volume 7
Portal Anime dan Manga

Kamichama Karin (Bahasa Jepang: かみちゃまかりん Dewi Cilik Karin) adalah manga shōjo romantis karya Koge-Donbo. Manga ini diterbitkan di Jepang pada tahun 2005 oleh Kodansha dan dipublikasikan di majalah komik Nakayoshi. Di Indonesia, manga ini dikenal dengan judul Dewi Karin dan dipublikasikan oleh Elex Media Komputindo.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Dewi Karin seri ke-1[sunting | sunting sumber]

Karin adalah gadis yatim piatu yang tidak cerdas. Selama ini dia tidak pernah mendapat nilai bagus dan selalu dimarahi bibinya. Namun Karin tetap semangat jika bersama dengan kucingnya, Shi. Sayangnya, pada saat Karin akan lulus SD, Shi mati. Karin benar-benar terpukul dan merasa sendirian di dunia ini.

Saat Karin sedang terpuruk, Karin bertemu dengan Kazune seorang anak laki-laki tampan tetapi tidak ramah. Karena Kazune mengejek Karin, Karin memukulnya dan Karin benci setengah mati dengan Kazune.

Sampai pada esok harinya ia bertemu gadis manis bernama Himeka. Pertemuan mereka tidak sengaja, karena waktu itu Karin menabrak Himeka. Lalu Karin membereskan barang Himeka yang jatuh karena merasa bersalah. Karena kagum dengan aksesoris Himeka yang banyak dan lucu, Karin memujinya. Himeka lalu mendandani Karin sehingga Karin jadi terlihat lebih modis. Pertemuannya dengan Himeka membuat Karin bertemu lagi dengan Kazune.

Kazune sadar kalau Karin ternyata memiliki cincin yang sama dengannya. Karin rupanya jelmaan dari dewi Athena. Sedangkan Kazune sendiri jelmaan dari dewa Apollo. Untuk mengetahui itu adalah Karin, ia memasangkan cicin di tangan Karin, atau yang lebih sering di sebut sebagai cincin dewa. Sekarang mereka berjuang untuk menyelamatkan Himeka dari Kirio dan Kirika, karena kakak beradik Karasuma itu mengincar kekuatan yang ada di dalam tubuh Himeka. Jadi Karin dan Kazune harus menggabungkan kekuatannya untuk melindungi Himeka yaitu anak mereka sendiri.

Pada saat itu Karin belum mengetahui bahwa ia dan Kazune ialah seorang sepasang suami istri pada masa saat mereka menjadi dewa dan dewi, sedangkan Himeka adalah anak mereka.walau sebenarnya kazune yg telah membuat karin menjadi anak bayi dan telah menghapus ingatan ketika Karin bersama Kazune.

Dewi Karin seri ke-2[sunting | sunting sumber]

Setelah berhasil menghancurkan cincin Zeus dan menyelamatkan kedua orang Himeka, Kazune memutuskan untuk pergi ke inggris bersama Michiru untuk meneliti tempat penelitian di Inggris.

Lalu tanpa disadari esok paginya muncul bernama Suzune yaitu anak yang mencari ibunya dengan menembus waktu. Saat itu ia menjelaskan bahwa ia adalah anak dari Karin dan Kazune setelah mereka menikah lagi setelah itu suzune memberikan cincin dewa kepada Karin dan Kazune.

Kazune pun bertanya mengapa Suzune memberikan cincin ini. Kemudian ia menjelaskan bahwa masa depan sedang terancam hancur karena bibit chaos yang diciptakan Kirio dari masa depan saat dia dan Kazune melakukan percobaan pembuatan cincin dewa yang baru. Lalu Himeka dari masa depan yang dijaga oleh Kirio dan Kirika dari masa depan muncul dan memberi Kirio bibit chaos untuk menghidupkan kembali cincin Ares.

Pada masa ini ia berusaha untuk menghidupkan cincin Zeus kembali dan berusaha menghancurkan cincin yang baru. Namun itu semua tidak akan terjadi jika 4 dewa dengan cincin yang baru berhasil dikumpulkan yaitu Karin sebagai dewi cinta dan kecantikan Aphrodite, Kazune sebagai dewa penguasa langit Uranus, Michiru sebagai dewa penguasa laut Poseidon dan Jin Kuga sebagai dewa penguasa dunia kematian Hades. Namun sayang, Jin yang sebenarnya adalah reinkarnasi dari ayah Kirio, ingatan masa lalunya telah dipulihkan oleh Rika yang sebenarnya ialah Himeka Karasuma dari masa depan.

Jin yang berubah karena bibit chaos membuat situasi semakin buruk, meskipun perlawanan dibantu oleh Yuki Sakurai, teman SMP Kazune yang dapat menggunakan cincin Zeus. Namun keadaan kembali semula ketika Karin dari masa depan datang menemui karin dan memintanya untuk terus berusaha. Karin yang tergerak hatinya pun dapat mengeluarkan kekuatannya dan membalik keadaan.

Jin pun tersadar dan melakukan evolusi cinta dengan Karin dan mengalahkan Himeka karasuma dari kirio dan melanjutkan pertempuran.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karin Hanazono (花園 花鈴, Hanazono Karin)

Gadis manis yang menjadi tokoh utama dalam cerita ini. Tipe gadis yang kesepian dan juga tidak cerdas dalam mata pelajaran apapun. Jelmaan dari dewi Athena dan bertransformasi menjadi dewi Aphrodite. Ia sangat bersemangat dan sangat mengerti perasaan orang lain yang sedang kesusahan. Sebelumnya ia menyukai Kirika. Tetapi setelah mengetahui Kirika adalah perempuan, ia jatuh hati kepada Kazune.

  • Kazune Kujyou (九条 和音, Kujō Kazune)

Jelmaan dari dewa Apollo bertransformasi menjadi dewa Uranus. Walau tampan tetapi orangnya tidak ramah. Walaupun begitu, sebenarnya dia menyukai Karin karena dia adalah suami Karin. kazune merupakan kloning dari profesor Kujo. Populer di sekolah sampai-sampai ada fans clubnya bernama Kazuners. Kazune paling benci sama serangga.

  • Himeka Kujyou (九条 姫香, Kujō Himeka)

Himeka nasibnya sama seperti Karin dan Kazune yang kehilangan orangtuanya sejak kecil. Himeka akrab dengan Kazune sejak TK. Karena begitu akrab dengan Kazune, dia jadi menyukai Kazune. Walau lembut, Himeka suka sekali dengan serangga. Himeka mempunyai kunci untuk membuka cincin Zeus.

  • Suzune (鈴音, Suzune)

Anak dari Kazune dan Karin pada masa depan.

  • Nyake (ニャケ, Nyake)

Kucing peliharaan Karin bernama Shi yang sudah mati. Sekarang ia dirasuki oleh roh jelmaan dewa Nike yang selalu menyertai dewi Athena dan dewa Apollo berperang zaman dahulu. Walau ketika pertama kali Karin bertemu denganya ia megira adalah arwah Shi yang bergentayangan, sehingga Karin selalu melemparnya.

  • Michiru Nishikiori (錦織 みちる, Nishikiori Michiru)

Cowok yang suka memeluk orang ini warna bola matanya berbeda satu sama lain, karena sebelah matanya yang buta karena kecelakaan itu digantikan oleh mata ayah Kazune. Sejak saat itu, Michiru merasa berhutang budi pada profesor. Dia sangat populer sehingga dibuat fans club bernama Michirian. Cincin Michi yang diberikan profesor lebih besar kekuatannya dari cincin yang lain. Di awal cerita, ia belum bisa berubah wujud, meskipun ia bisa melihat dewa. Di Dewi Karin Chu, ia dapat bertransformasi menjadi Dewa Neptunus.

  • Ami (愛美)

Teman Michiru sejak kecil yang jutek sama Karin dan Kazune. Suka manggil Karin dengan sebutan pembantu jorok .

  • Miyon Yi (李 美永 I Miyon)

Teman sekelas Karin, Kazune, Michiru, dan Himeka. Anak keturunan Korea-Jepang ini jago membuat naskah drama.

  • Yuki Sakurai (桜井 優生, Sakurai Yūki)

Cowok ini selalu bersama-sama Miyon. Jago main biola dan sedang berusaha belajar main piano. Bisa membuat cincin Kirio bercahaya.

  • Kirio Karasuma (烏丸 キリオ, Karasuma Kirio)

Ketua OSIS SMP Sakura tempat Karin bersekolah. Dia adalah karakter yang jahat. Anak dari sahabat baik ayah Kazune. Suka mengincar Karin karena menginginkan cincinnya. Jelmaan Dewa Ares.

  • Kirika Karasuma (烏丸 キリカ, Karasuma Kirika)

Adik perempuan Kirio. Tapi di sekolah ia menyamar menjadi laki-laki. Walau Kirika punya hubungan darah dengan Kirio, Kirika berada di pihak Karin. Jelmaan Dewi Nyx. Karin jatuh cinta terhadap Kirika sebelum mengetahui yang sebenarnya.

  • Himeka Karasuma (烏丸 妃路, Karasuma Himeka)

Belahan lain dari dalam diri Himeka Kujyou yang berada di pihak Karasuma. Kalau Himeka Kujyou terlihat sehat, maka Himeka akan melemah, begitu juga sebaliknya. Di Dewi Karin Chu, nama lainnya ialah Rika Karasuma.

  • Kazuto Kujyou (九条 和人, Kujō Kazuto)

Ia adalah ilmuwan yang meninggal pada usia sekitar 40 tahun karena kecelakaan pada saat percobaannya. Sering dipanggil Professor Kujyou atau Kazuto-kun. Jiwanya ada di dalam diri Kazune.

  • Suzuka Kujyou

Suzuka adalah orang yang sangat cerdas, sopan dan baik. Dia juga sangat pengertian, seperti saat suaminya, Kazuto Kujyou, mengatakan bahwa ia akan menghapus kenangannya untuk melindunginya. Dia tidak bingung soal itu sama sekali, tapi dia tersenyum dan tidak akan melupakan Kazuto. Sifatnya yang juga lembut cukup berlawanan dengan Karin walaupun ia sebenarnya adalah kehidupan masa lalu Karin.

  • Kirihiko Karasuma

Ayah yang mengadopsi Kirio dan Kirika. Di seri pertama, ia merasuki Kirika dan berusaha menjebak Karin melalui cincin Zeus. Kemudian ia merasuki Kirio dan berusaha merampas cincin yang tersisa. Ia juga kehidupan masa lalu dari Jin Kuga.

Anime[sunting | sunting sumber]

Serial anime Kamichama Karin pertama kali tayang di Jepang pada tanggal 6 April 2007. Hanya seri pertama saja yang dibuat adaptasinya, namun terdapat kilas balik dari manga Dewi Karin Chu yang terhubung dari episode awal dan akhir. Di Indonesia, Kamichama Karin pernah ditayangkan di TV Anak Spacetoon.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]