Chibi Maruko-chan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Chibi Maruko-chan
Chibi maruko-chan comic no 1 cover.jpg
ちびまる子ちゃん
Genre Slice of life story
Manga
Pengarang  Momoko Sakura
Penerbit  Bendera Jepang Shueisha
Penerbit lainnya Bendera Malaysia Comics House
Bendera Indonesia Elex Media Komputindo
Demografi Shōjo
Majalah Ribon
Tanggal Terbit Agustus 1986Juni 1996
Anime
Sutradara  Yumiko Suda
Tsutomu Shibayama
Studio Nippon Animation
Rilis 7 Januari 199027 September 1992
Film anime
Chibi Maruko-chan: My Favorite Song
Rilis Bendera Jepang 19 Desember 1992
Bendera Amerika Serikat 15 Januari 1993
Bendera Britania Raya Bendera Eropa
Durasi 93 menit
Anime
Chibi Maruko-chan TV 2
Studio Nippon Animation
Rilis 8 Januari 1995 – sekarang
Drama TV
Chibi Maruko-chan (live-action special)
Jaringan Bendera Jepang Fuji TV
Tayang perdana 18 April 2006, 19 April 2007 – sekarang
Episode 3
Drama TV
Marumaru Maruko-chan
Jaringan Bendera Jepang Fuji TV
Tayang perdana 19 April 200728 Februari 2008
Episode 3
Portal Anime dan Manga

Chibi Maruko-chan (ちびまる子ちゃん?) adalah serial anime yang diangkat dari manga populer yang dikarang Momoko Sakura, dan juga nama panggilan untuk tokoh utama berupa anak perempuan berusia 9 tahun kelas 3 sekolah dasar. Kisahnya bertemakan komedi kehidupan sehari-hari anak SD berdasarkan pengalaman masa kecil pengarangnya. Chibi Maruko-chan juga dijadikan serial drama dengan pemeran cilik Ei Morisako (generasi pertama) dan Ayaka Itoh (generasi kedua). Serial anime ini pernah ditayangkan di RCTI dan Spacetoon.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Suatu hari Hiroshi (ayah Maruko) memenangkan undian berhadiah mobil, dan ia mengajak sekeluarga jalan-jalan tetapi hanya ibu yang tidak ikut karena ia mabuk darat. Hanya mereka berempat (ayah, kakak, maruko, kakek) yang ikut, dalam perjalanan mobil yang dikendarai sang ayah selalu nyaris menabrak, mereka merasa jantung mereka mau copot akibat insiden tersebut. Terutama kakek yang sesekali mengingat masa mudanya, dan melakukan tes kesamaan banyaknya detak jantung dan nadi yang dipercaya jika sama banyak antara detak keduanya maka yang di tes akan masih hidup sampai 24 jam kemudian. Biarpun hampir menabrak, akhirnya sampai juga di daerah pecinaan, tapi sungguh menyedihkan sudah jauh-jauh sampai pecinaan yang dilahap hanyalah mie, sehingga kakak Maruko syok sekali sampai pulang. Sesampainya di rumah, seperti biasa urusan Maruko sudah pasti ke toilet. Setiap kali kakak Maruko ditanya oleh ibu tentang pengalaman yang baru saja dialaminya, jawabnya hanyalah mie. Sejak saat itu, mobil itu hanya digunakan Hiroshi pergi memancing saja.

Keluarga Sakura[sunting | sunting sumber]

  • Momoko "Maruko" Sakura (さくらももこ Sakura Momoko?)
Tokoh utama pada komik dan anime Chibimaruko-chan, nama aslinya adalah Momoko Sakura seperti nama pengarangnya. Ia adalah anak kelas 3 sekolah dasar yang dibesarkan oleh keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah. Dia pemalas, suka bikin berantakan, nilainya sering buruk dan sering terlambat ke sekolah sehingga sering menyusahkan ibunya terutama untuk membangunkannya. Sifatnya bertentangan dengan kakak perempuannya yang rajin, pandai serta perpendirian tenang. Seperti kebanyakan anak seusianya, ia tidak senang bila diberi pekerjaan rumah dan sering memilih-milih makanan. Selain itu, ia merupakan cucu kesayangan kakeknya. Ia bercita-cita menjadi seorang pengarang manga ketika besar nanti.
  • Hiroshi Sakura (さくらひろし Sakura Hiroshi?)
Ayah Maruko, orang yang egois dan berbicara dengan kata-kata yang pedas sesuka hatinya, pernah terjadi cekcok dengan Maruko karena masalah Natto. Ceritanya, ayahnya mengecap Maruko yang tidak suka adalah memalukan Jepang saja, anggota keluarga lain menganggap perkataan ayah terlalu kelewatan. Selain itu masih banyak hal-hal yang menyebabkan Maruko atau anggota keluarga lainmya terlibat cekcok dengannya. Hobinya adalah memancing dan minum minuman keras. Ia pernah memenangkan undian sebuah mobil dan mengajak anggota keluarganya jalan-jalan, karena sering hampir menabrak membuat yang lainnya kapok jalan-jalan kalau ayah yang menyetir.
  • Sumire Sakura (さくらすみれ Sakura Sumire?)
Ibu Maruko, ia sering memarahi Maruko karena kenakalannya. Ia adalah seorang ibu yang disiplin tetapi tolerir. Dia sangat fokus terhadap pengeluaran keluarga dan berusaha mendapatkan barang kebutuhan dengan harga serendah mungkin. Nama gadisnya adalah Kobayashi Sumire.
  • Sakiko Sakura (さくらさきこ Sakura Sakiko?)
Adalah kakak perempuan dari Maruko, berbeda dengan Maruko yang pemalas, bandel, sering mendapat nilai buruk. Ia adalah orang yang rajin, tenang, dan pandai. Ia sering mendapat perhatian dari ibunya yang membuat Maruko menjadi iri. Ia adalah anak kelas 6 sekolah dasar di sekolah yang sama dengan Maruko.
  • Tomozou Sakura (さくら友蔵 Sakura Tomozō?)
Kakek Maruko, Maruko adalah cucu kesayangannya. Ia sering sekali terlihat bersama Maruko saat menonton TV atau jalan-jalan. Ia memiliki sifat yang cenderung dramatis ketika menanggapi sesuatu dan mudah termakan omongan orang.

Teman Maruko[sunting | sunting sumber]

  • Tamae Honami ( 穂波 たまえ Honami Tamae?)
Sahabat Maruko. Dia cerdas dan ikut campur dengan kegiatan yang Maruko jalani. Dia dipanggil Tama-chan oleh Maruko.
  • Kazuhiko Hanawa ( 花 轮 和 彦 Hanawa Kazuhiko?)
Seorang anak kaya raya di kelas Maruko yang tinggal sementara di rumah pengasuhnya, Kakek Hediji. Ibunya sering jalan-jalan keluar kota atau keluar negeri sehingga ia jarang bertemu dengan ibunya. Dia diantar-jemput dengan limusin setiap hari.
  • Sueo Maruo ( 丸 尾 末 男 Maruo Sueo?)
Maruo adalah salah satu teman sekelas Maruko yang menjabat sebagai ketua kelas. Ia selalu ingin dikagumi oleh orang lain. Ia memakai kacamata yang sangat tebal karena ia terlalu sering membaca buku dan belajar. Garis hitam selalu muncul di wajahnya hampir sepanjang waktu, terutama ketika ia tampak gembira, sehingga tampak menakutkan bagi teman-temannya. Dia sangat ketakutan kalau ada yang merebut posisinya sebagai ketua kelas dan sering mendekati teman sekelas yang menonjol dan selalu bersikap baik dengannya agar tak menjatuhkannya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]