Animaniacs

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Animaniacs
Animaniacs opening title.jpg
Telop Animaniacs
Nama lain Steven Spielberg Presents Animaniacs
Genre Animasi komedi/ Variasi
Format Kartun
Pembuat Tom Ruegger
Pengisi suara Rob Paulsen
Jess Harnell
Tress MacNeille
John Mariano
Dee Bradley Baker
Maurice LaMarche
Frank Welker
Bernadette Peters
Nancy Cartwright
Julie Brown
Mary Kay Bergman
Sherri Stoner
Nathan Ruegger
Luke Ruegger
Cody Ruegger
Jim Cummings
Tom Bodett
Komposer lagu tema Richard Stone
Lagu pembuka "Animaniacs" (vokal)
Lagu penutup "Animaniacs" (instrumental)
Komposer Richard Stone
Steve Bernstein
Julie Bernstein
Gordon Goodwin
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Jumlah musim 5
Jumlah episode 99 (Daftar episode)
Produksi
Produser eksekutif Steven Spielberg
Produser Tom Ruegger
Rich Arons
Sherri Stoner
Rusty Mills
Peter Hastings
Durasi 22 menit
Rumah produksi Warner Bros.
Amblin Entertainment
Distributor Warner Bros. Television Distribution
Siaran
Saluran asli ABC (ABC Kids) (1993–1995)
The WB (lewat acara Kids' WB) (1995–2008)
Cartoon Network (1998-2009)
Format gambar 480i (SDTV)
Format audio Stereo
Periode siaran 11 September 1993 (1993-9-11)–14 November 1998 (1998-11-14)
Kronologi
Tayangan terkait Pinky and the Brain
Freakazoid!
Tiny Toon Adventures


Animaniacs adalah acara kartun yang bersifat kmoedi yang dicipta oleh Steven Spielberg. Diproduksi oleh Warner Bros. Animation dan Amblin Entertainment, acara ini sukses di antara pemirsa yang lebih muda, dan menarik sejumlah besar pemirsa dewasa.

Tom Ruegger, animator acara ini menggunakan pengalaman yang diperoleh dari seri sebelumnya untuk menciptakan karakter animasi baru yang merupakan hasil keluaran karya Chuck Jones dan Tex Avery.[1]

Serial kartun ini adalah campuran luas tampilan kuno, dagelan, budaya pop referensi, dan kartun kekerasan dan keedanan. Acara ini menampilkan sejumlah segmen pendidikan komedi yang meliputi mata pelajaran seperti sejarah, matematika, geografi, ilmu astronomi, dan ilmu-ilmu sosial, sering kali dalam bentuk musik. Animaniacs itu sendiri adalah sebuah variety show, dengan drama komedi pendek yang menampilkan tokoh besar karakter. Sementara pertunjukan tidak ditetapkan format, struktur episode bervariasi sesuai dengan kebutuhan dari segmen termasuk; episode mayoritas terdiri dari tiga mini-episode pendek, masing-masing dibintangi yang berbeda karakter, dan menjembatani segmen.

Acara ini memiliki sebuah film yakni Wakko's Wish. Animaniacs disiarkan untuk pertama kalinya di ABC dari tahun 1993 hingga 1995 dan kemudian muncul pada The WB antara tahun 1995-1999 sebagai bagian dari blok acara Kids' WB. Total episode ini berjumlah 99. Kartun ini juga disiarkan di Cartoon Network untuk sementara waktu dengan intro yang sedikit diubah, tapi dipotong pendek.

Premis[sunting | sunting sumber]

Tiga tokoh utama trio Warner serta karakter lainnya tinggal di Burbank, California.[2] Namun, karakter dari serial memiliki episode di berbagai tempat dan waktu yang lama. Karakter Animaniacs berinteraksi dengan orang-orang terkenal dan pencipta masa lalu dan masa kini serta mitologi karakter dan karakter dari televisi modern. Menurut Andrea Romano, pengisi suara dalam acara ini, trio Warner berfungsi untuk "bekerja bersama-sama," oleh segmen dengan karakter lain.[3]

Acara ini terdiri dari 2 atau 3 sub-episode.[4] Episode Animaniacs berkisar pada waktunya, dari segmen bridging kurang dari satu menit dari lama waktu untuk episode acara yang mencakup lama waktu; seperti yang dikatakan Peter Hastings, beragam episode panjang memberi menunjukkan "sketsa komedi" suasana. Mereka saat ini hidup, karena telah terkunci, di menara air Warner Bros..[5]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Tokoh-tokoh yang terlibat dalam acara ini adalah:

Episode[sunting | sunting sumber]

Kalimat khas[sunting | sunting sumber]

Yang termasuk ucapan terkenal ialah:

  • "Goodnight, everybody!" (Yakko)
  • "Faboo!" (Wakko)
  • "It's just a little thing I do" (Dot)
  • "Hello-o-o, nurse!" (Yakko/Wakko/Dot)
  • "Are you pondering what I’m pondering?" (Pinky)
  • "Gee Brain, what do you want to do tonight?" (Pinky)
    "The same thing we do every night, Pinky... try to take over the world!" (Brain)[6]
  • "Spew!" (Skippy)
  • "Now that's comedy!" (Slappy)[7]

DVD dan VHS[sunting | sunting sumber]

Episode dari acara ini telah dirilis dalam bentuk DVD dan VHS selama dan setelah seri ditayangkan.

Video VHS di Amerika Serikat dan di Britania Raya. Semua video tersebut dari produksi, namun masih tersedia di penjual online. Episode menampilkan secara acak yang tercampur dan tidak dalam urutan tertentu dengan seri. Setiap video yang ditampilkan untuk empat lima episode masing-masing dan didampingi oleh segelintir drama komedi pendek, dengan lama waktu sekitar 45 menit.

Dimulai pada tanggal 25 Juli 2006, Warner Home Video mulai merilis volume DVD set Animaniacs episode dalam urutan episode asli. Volume 1 Animaniacs dijual sangat baik; lebih dari setengah produk yang dijual di minggu pertama membuatnya menjadi salah satu yang tercepat animasi menjual set DVD bahwa Warner Home Video sering memperdagangkan video ini. Sejauh ini, set DVD ini tersedia hanya di Amerika Serikat dan Kanada. Penjualan di luar negeri masih belum dapat dikonfirmasi.

  • Animaniacs Volume 1: dikeluarkan pada tanggal 25 Juli 2006 dan mencakup 25 episode pertama.
  • Animaniacs Volume 2: dikeluarkan pada tanggal 5 Desember 2006 dan mencakup 25 episode lainnya di sesi 1.
  • Animaniacs Volume 3: dikeluarkan pada tanggal 5 Desember 2006 dan mencakup 15 episode terakhir di sesi 1, 4 episode di sesi 2, dan 6 episode pertama sesi 3.

Dinding keempat[sunting | sunting sumber]

Tayangan ini cukup sering merusak dinding keempat, dan sering membuat lelucon, dengan karakter baik membuat wajah pada atau berbicara dengan para penonton. Terutama, Dot sering kali menjelaskan lelucon yang lebih kompleks, sering membuat Yakko jabs di plot, dan Slappy sering mengeluh tentang hal-hal dalam segmen. Lelucon lain adalah bahwa karakter akan muncul dalam salah satu segmen lain. Sementara satu set karakter yang akan pindah bersama-sama dalam sinopsis episode mereka, set karakter lain akan membuat penampilan singkat, sering kali baik untuk beberapa detik atau di latar belakang, dan kadang-kadang menunjukkan bahwa mereka tidak di episode yang benar. Animaniacs bahkan mencurahkan seluruh episode untuk karakter dan segmen yang dipindahkan di sekitar acara ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Carugati, Anna (October 2006). "Interviews: Steven Spielberg". World Screen. WSN Inc.. http://www.worldscreen.com/interviewscurrent.php?filename=Spielberg1006.htm. Diakses Selasa, 8 Mei 2007.
  2. ^ "Newsreel of the Stars". Animaniacs. ABC. 1993-09-11. No. 1, season 1.
  3. ^ Maurice LaMarche, et al.. (2006). Steven Spielberg Presents Animaniacs: Volume 1. Special Features: Animaniacs Live!. [DVD]. Warner Home Video.
  4. ^ Lenburg, p. 520. Diakses pada Minggu, 29 April 2007
  5. ^ Maurice LaMarche, Tom Ruegger, et al.. (2006). Steven Spielberg Presents Animaniacs: Volume 2. Special Features:The Writers Flipped They Have No Script.. [DVD]. Warner Home Video.
  6. ^ "Win Big". Animaniacs. Fox Kids. 1993-09-14. No. 2, season 1.
  7. ^ "Slappy Goes Walnuts". Animaniacs. Fox Kids. 1993-09-15. No. 3, season 1.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Sandler, Kevin (1998). Reading the Rabbit: Explorations in Warner Bros. Animation. New Brunswick, New Jersey: Rutgers University Press. ISBN 0-8135-2538-1. 
  • Lenburg, Jeff (1999). "Animaniacs [Theatrical Short]". The Encyclopedia of Animated Cartoons (ed. Second). New York, New York: Checkmark Books. hlm. 51. ISBN 0-8160-3831-7. 
  • Lenburg, Jeff (1999). "Steven Spielberg Presents Animaniacs [Television Series]". The Encyclopedia of Animated Cartoons (ed. Second). New York, New York: Checkmark Books. hlm. 520. ISBN 0-8160-3831-7. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]