Buster Bunny dan Babs Bunny

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Babs dan Buster Bunny

Buster dan Babs Bunny adalah karakter fiksi dari serial animasi Warner Bros, Tiny Toon Adventures. Mereka adalah bintang utama dari serial ini—mereka muncul dalam logo Tiny Toon, dan serial ini biasanya diawali serta diakhiri dengan lelucon mereka. Buster disuarai oleh Charlie Adler dalam sebagian besar episode, dan kemudian digantikan oleh John Kassir dalam beberapa episode di musim ketiga. Babs disuarai oleh Tress MacNeille. Buster adalah seekor kelinci jantan muda berwarna biru-putih yang mengenakan kaus merah tangan panjang dan sarung tangan putih. Babs adalah kelinci betina muda berwarna pink-putih yang mengenakan blus kuning dan rok ungu, serta pita berwarna ungu (terkadang biru) di kedua ujung telinganya; dia terkadang memakai sarung tangan putih. Mereka bersekolah di Acme Looniversity dan tinggal di Acme Acres.

Buster dan Babs diciptakan berdasarkan karakter Bugs Bunny, yang menjadi penasihat dan guru favorit bagi mereka berdua, walaupun dalam episode “Fields of Honey”, Babs mencari penasihat wanita, untuk ia jadikan penasihat sejati bagi dirinya seorang (ia merasa Bugs terlihat lebih cocok menjadi penasihat Buster karena sifat dan gender mereka yang sama). Ia pun menemukan Honey, salah satu karakter yang terlupakan dari kartun Looney Tunes klasik, Bosko and Honey. Bagaimanapun, Buster dan Babs memiliki kesamaan dengan Bugs dari aspek yang berbeda. Babs dan Bugs sama-sama memiliki sifat ramai dan memiliki kemampuan berganti pakaian dan suara dalam waktu singkat, sementara persamaan Buster dan Bugs adalah tenang dan kalem. Sebagian karakter Babs juga berdasarkan kekasih lama Bugs, Honey Bunny. Mereka berdua mirip dengan Bugs Bunny dilihat dari tingkah polah mereka yang dibuat-buat, rasa percaya diri mereka, dan kecapakan mereka dalam bekerja sama dengan karakter utama yang lain. Mereka tidak mirip dengan Bugs Bunny dilihat dari kenaifan mereka, mungkin dikarenakan usia mereka yang masih muda. Juga, mereka lebih suka berburu petualangan dibandingkan menunggu petualangan itu datang kepada mereka; mereka juga cenderung suka menolong yang lain (biasanya teman-teman dekat mereka); dan mereka terlihat menyadari bahwa audiens sedang menonton.

Nama mereka mencerminkan ketentuan penamaan lama dalam kartun. Seringkali setiap kali memperkenalkan diri, mereka mengakhirinya dengan “no relation” (tak ada hubungan) kepada siapapun, tak terkecuali Bugs Bunny. Meski demikian, interaksi mereka terlihat seperti hubungan kakak-adik. Babs dan Buster sama-sama berusia 14 tahun (Babs memberitahu usianya dalam “The Looney Beginning”). Seperti karakter Tiny Toon yang lainnya, mereka bersekolah di Acme Looniversity di mana para instrukturnya adalah karakter-karakter Warner Bros klasik, seperti Bugs Bunny, Daffy Duck, dan Porky Pig, dan lain-lain. Sahabat mereka antara lain Plucky Duck, Hamton J. Pig, Shirley the Loon, Dizzy Devil, Fifi La Fume, Calamity Coyote, Little Beeper, Fowlmouth, Gogo Dodo, dan Furrball. Musuh mereka antara lain Montana Max, Elmyra Duff, alumni Perfecto Prep, dan Arnold the Pitbull. Buster dan Babs memiliki dua end tag atau kalimat yang diucapkan di akhir episode:

  1. Buster: “Say goodnight, Babs (Ucapkan selamat malam, Babs).”

Babs: “Goodnight, Babs!”

  1. Keduanya: “ALOHA!” (Merujuk pada “Buster and Babs Go Hawaiian”)

Selama perkenalan, mereka berdua akan mengklaim, “No relation (tak ada hubungan)!” dan Babs akan menyela ucapan Buster, biasanya dengan cara merayu, yang terasa mengganggu bagi Buster.

Buster Bunny[sunting | sunting sumber]

Buster Bunny

Buster Bunny (disuarai Charlie Adler, dan terakhir oleh John Kassir dan Billy West) adalah pemimpin geng Tiny Toon, seekor kelinci jantan berbulu biru-putih yang cerdas yang suka menentang kurikulum sekolah yang sulit, intrik dan penindasan dari si anak kaya Montana Max, dan kegilaan dari si pecinta binatang Elmyra Duff. Seperti Babs, ia juga senang melawak dan melakukan apapun untuk memancing tawa, meskipun ia secara garis besar terlihat lebih waras dan kalem dibanding teman wanitanya.

Orangtua Buster, seperti layaknya karakter lain, tidak pernah muncul di layar. Hanya diketahui bahwa Buster tinggal bersama ibunya, terlihat dalam salah satu iklan Tiny Toon, ia berbicara dengan ibunya melalui telepon, di mana ibunya memberi tahu bahwa dirinya sedang dalam perjalanan pulang ketika Buster mengadakan pesta di rumah.

Buster memiliki kekaguman besar terhadap Bugs dalam hal menirukan apapun yang dilakukan penasihatnya tersebut, seperti menggunakan teknik “slap dance” ala Bugs dalam episode Looney Tunes “Bully for Bugs” (meski akhirnya tidak begitu sukses). Meskipun mereka bersifat sama, ada kalanya kelakuan Buster membantu karakter lainnya, atau sialnya menyebabkan kecelakaan bagi dirinya sendiri, berbeda dengan Bugs Bunny yang selalu menang dalam permainannya sendiri.

Dalam episode “Buster and Babs Go Hawaiian”, terlihat bahwa Buster tidak suka menaiki pesawat karena ia menderita mabuk udara. Kemudian ia mencoba membujuk si penulis skenario untuk menulis ulang dengan alasan ketidaksukaannya pada perjalanan udara. Namun karena mereka menolak, ia tak punya pilihan lain selain menerimanya.

Buster telah banyak memparodikan dan menirukan karakter dan aktor, mulai dari Superman hingga Chico Marx dari Marx Brothers. Perlengkapan luar Buster hanya kaus merah dan sarung tangan putih, terlihat mirip dengan penampilan luar Reader Rabbit. Ia tidak mengenakan celana, seperti terlihat dalam “The Looney Beginning” ketika ia meminta pakaian kepada kreatornya “untuk sensor”. Tubuhnya berwarna biru muda dan putih.

Seperti rekan dewasanya (Bugs), Buster (dan terkadang bersama Babs) memulai setiap aksi mereka terhadap kejahatan dengan, “Of course you realize, this means war (Tentu saja kau sadar, ini berarti perang).” Bagaimanapun, untuk membuat batasannya sendiri, Buster kemudian menambahkan, “Buster (and Babs style (gaya Buster [dan Babs])!”

End tag Buster secara solo (tanpa Babs) adalah: “And that’s a wrap!”

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Buster adalah karakter yang pengisi suaranya dipilih terakhir dan paling ketat. Suara asli Buster diisi oleh Charlie Adler, yang mana sang produser Tom Ruegger berkata, “Sewaktu-waktu dia terlalu serak dan berlebihan, tapi membawa energi yang bagus dalam perannya!” Produser eksekutif, Steven Spielberg dan produser lain merasa keberatan terhadap terpilihnya Adler, namun Ruegger dan sutradara casting Andrea Romano merekomendasikannya. Ketika Adler terpilih untuk peran itu, ia berkata dalam wawancara, “Ini pertama kali dari 30 serial yang kusuarai, aku memiliki waktu terhebat dalam pekerjaanku.” Selama musim ketiga, ketika mereka memulai produksi Animaniacs, Adler merasa kecewa karena ia tidak memperoleh peran dalam acara baru tersebut, sementara pengisi suara Tiny Toon yang minor seperti Rob Paulsen dan Frank Welker mendapatkannya. Adler mengirimkan surat kemarahan kepada Ruegger dan produser lain, mengungkapkan bahwa perlakuan mereka “kotor” dan ia ingin meninggalkan acara itu (Tiny Toon). Ketika Adler mengundurkan diri, studio itu masih memiliki segenggam episode untuk direkam, jadi mereka merekam ulang suara Buster Bunny dengan John Kassir. Suara Kassir sedikit berbeda dengan Adler: Suara Adler lebih kasar dan parau, sementara suara Kassir lebih lembut. Kassir menyelesaikan 10% tugas Adler dalam “The Horror of Slumber Party Mountain”. Dia mempertunjukkan suara Buster dalam “The Return of Batduck” dan “It’s A Wonderful Tiny Toons Christmas Special” pada tahun 1992; pada 1994 dan 1995 ia mengisi ulang suara Buster dalam “Night Ghoulery” dan “Tiny Toons Spring Break Special”. Untuk kepentingan promosi dalam Kids WB, Buster dimainkan oleh beberapa pengisi suara lain, seperti Billy West.

Babs Bunny[sunting | sunting sumber]

Babs Bunny

Barbara Ann “Babs” Bunny (disuarai Tress MacNeille) adalah kelinci betina muda berbulu pink lavender. Ia adalah pelawak yang mau melakukan apapun untuk memancing gelak tawa. Dia berbakat dalam komedi improvisasional, dan merupakan impresionis komedi seperti halnya Robin Williams. Babs banyak menirukan dan memparodikan aktor dan karakter fiksional, seperti Joan Rivers, Jessica Rabbit, Mae West, Elmer Fudd, Pete Puma, Grouncho Marx, Wonder Woman, dan Madonna. Dalam “Born to be Riled”, teman-temanya menjadi terganggu oleh tingkahnya yang menirukan tingkah dan sifat mereka dan mereka membalas dendam dengan menirukan perilakunya. Seperti Buster, Babs biasanya rela melakukan apapun untuk menolong temannya, seperti misalnya ia menyabotase kawanan angsa penari balet yang mencoba menggagalkan debut Shirley dalam resital balet pertamanya. Dia juga mampu berganti pakaian dengan secepat kilat, biasanya diperlihatkan dengan putaran cepat. Babs juga bisa berbicara dalam suara yang dalam, pengap, biasanya untuk menggoda Buster. Dia jelas-jelas benci dipanggil “Barbara Ann”, lebih senang hanya dipanggil “Babs”.

Ibunya (yang juga disuarai oleh Tress MacNeille), bisa terdengar suaranya namun yang ditampilkan hanya dari pinggang ke bawah (mirip penampilan Nanny dalam serial animasi Muppet Babies dan karakter Mom dan Dad dalam Cow and Chicken). Ia memiliki seorang ayah (yang juga hanya terlihat pinggang ke bawah) yang muncul dalam salah satu episode sebagai pria besar yang tangguh yang mengintimidasi Buster saat ia mengencani Babs. Bagaimanapun, dalam episode lain (“Love Disconnection”) di mana ia membiarkan Babs dan kawan-kawannya dalam sebuah pesta, ayah Babs diperlihatkan berbeda sebagai pria bodoh yang memunculkan jalan keluar bagi putrinya. Walaupun Babs pernah terlihat bersama lusinan saudara kandungnya, hanya satu yang pernah terungkap namanya: Mortimer.

Dalam “Fields of Honey”, Babs mencari penasihat wanita, karena seluruh karakter utama Looney Tunes klasik adalah pria. Dalam waktu singkat ia menemukan satu: Honey, seorang karakter yang terlupakan dari kartun Warner Bros klasik di era 1930-an, Bosko. Saat itu, Bugs tidak memiliki rekan wanita yang tetap; Honey Bunny tidak dimunculkan secara resmi dalam kartun-kartun Looney Tunes sampai Lola Bunny diciptakan tahun 1996 dalam debutnya di film layar lebar “Space Jam”. Hubungan Bugs dan Lola sangat mirip dengan Buster dan Babs, sehingga meski Babs Bunny diciptakan jauh sebelum Lola, Lola Bunny bisa dibilang adalah rekan dewasa Babs saat ini. Karena kartun Tiny Toon terakhir dan Space Jam diproduksi dalam waktu yang kurang lebih bersamaan, memungkinkan Lola hidup sezaman dengan Babs dalam bagian-bagian terakhir dalam serial Tiny Toon, namun sebagai karakter yang tak terlihat.

Penampilan luar resminya mencakup blus kuning dan rok ungu, yang senada dengan pita di kedua ujung telinganya, dan warna tubuhnya adalah pink dan putih. Tidak seperti Bugs dan Buster, dia tidak mengenakan sarung tangan putih dalam sebagian besar episode, namun untuk beberapa penyamarannya, seperti dalam “The Vanderbunnys”, “SuperBabs”, “Strange Tales of Weird Science”, “The Acme Acres Zone”, dan lain-lain, ia mengenakan sarung tangan putih. Seperti Buster, Babs memiliki tanda besar dalam tubuh bagian depannya, biasanya tampak ketika ia tidak memakai pakaiannya yang biasa, seperti pakaian renang; ia juga memiliki ekor halus berwarna pink dan putih.

Kalimat khasnya adalah, “I just can’t help myself!” yang merujuk pada ketidakmampuannya untuk mengontrol dirinya, yang akhirnya membawa masalah bagi dirinya sendiri, Buster, dan/atau siapapun di sekitarnya.

Percintaan[sunting | sunting sumber]

Babs seringkali diperlihatkan memendam rasa kepada Buster; sewaktu-waktu Buster dengan gugup menghindari ajakannya, terkadang ia juga membalas kasih sayang Babs, dan terkadang ia bahkan berlebihan dalam mengimpresi Babs. Di samping mengajak Babs ke pesta dansa dalam salah satu episode, hingga akhir serial ini, dalam episode “Thirteen Something”, dia terlihat memiliki perasaan yang dalam terhadap Babs, di mana ia baru menyadarinya ketika Babs meninggalkan Acme; Buster menyelamatkan Babs dan menyambut kecupan darinya dalam akhir episode. Dalam episode “Love Disconnection” ketika Buster (sebagai presenter) mewawancarai Babs tentang pacar idealnya, Buster dengan malu-malu menerangkan kepada para penonton “as if we don’t already know (seakan-akan kita tidak siap untuk tahu)” (menandakan bahwa ia tahu Babs naksir padanya). Sejak awal serial ini, Buster diperlihatkan secara mudah tertarik pada Babs ketika Babs melakukan kebiasaannya sehari-hari (seperti menirukan Jessica Rabbit dalam “The Looney Beginning”) atau merombak dirinya untuk terlihat lebih baik (menggunakan gaun dan lain-lain untuk pesta dansa dalam “Prom-ise Her Anything”). Dalam episode terakhir, “It’s a Wonderful Tiny Toons Christimas Special”, Babs berkata bahwa Buster benar-benar pacarnya ketika ia bernyanyi bersama Cher; Buster menemukan bahwa kehidupan Babs akan hambar dan tak tenang tanpanya, dan di akhir episode, ia dengan sepenuh hati memberikan kecupan dan menghargai pentingnya mereka memiliki satu sama lain. Agaknya setelah ini, ia takkan lagi menghindari Babs. Dalam kesempatan lain, saingan mereka di Perfecto Prep, Roderick and Rhubella Rat (yang juga disuarai oleh Adler dan MacNeille), menyebut Buster dan Babs sebagai “Mr. No Money Bunny… dan kekasihnya, No Money Bunny Honey”, menandakan karakter lain menganggap Buster dan Babs sebagai pasangan. Dalam “The Looney Beginning” dan di tempat lain, Buster memanggil Babs dengan sebutan Babsy, menandakan ia menahan perasaan cinta terhadap Babs.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]