Robin Williams

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Robin Williams
Robin Williams 2011a (2).jpg
Williams di premier Happy Feet Two pada tahun 2011
Nama lahir Robin McLaurin Williams
Lahir 21 Juli 1951
Chicago, Illinois, Amerika Serikat
Meninggal 11 Agustus 2014 (umur 63)
Daerah Marin, California, Amerika Serikat
Sebab meninggal Asfiksia karena gantung diri
Media Komedi tunggal, film, televisi
Kebangsaan Amerika Serikat
Tahun aktif 1972–2014
Genre Komedi karakter, komedi fisik, komedi improvisasi, satire/sindiran politik, komedi observasional, komedi biru
Dipengaruhi Peter Sellers, Richard Pryor, Jonathan Winters, George Carlin, Chuck Jones, Spike Milligan
Memengaruhi Conan O'Brien, Frank Caliendo,[1] Dat Phan, Jo Koy, Gabriel Iglesias, Alexei Sayle, Eddie Murphy[2]
Suami/istri (Valerie Velardi, 1978-1988; bercerai)
(Marsha Garces Williams, 1989-2008; bercerai)
(Susan Schneider, 2011-2014; kematiannya)
Anak 3

Robin McLaurin Williams (lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, 21 Juli 1951 – meninggal di Daerah Marin, California, Amerika Serikat, 11 Agustus 2014 pada umur 63 tahun) adalah seorang aktor dan komedian Amerika Serikat. Ia lahir di Chicago, Illinois dan dibesarkan di Bloomfield Hills, Michigan. Awal kariernya diperhatikan publik sejak aksi melawak solonya di San Francisco. Robin mengawali karier aktingnya dengan berperan sebagai alien Mork dalam serial TV Mork & Mindy (1978–1982), diikuti oleh film layar lebar seperti Good Morning, Vietnam (1987), Awakenings (1990), Jumanji (1995), serta pengisi suara dalam film animasi Aladdin (1992). Ia telah dinominasikan dalam tiga ajang Academy Awards dan meraih piala Oscar untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik dalam film Good Will Hunting (1997).

Biografi[sunting | sunting sumber]

Robin Williams memulai film pertama ketika berakting di Popeye dan The World According to Garp yang termasuk film gagal, tapi ketika di Good Morning, Vietnam dia mulai memantapkan diri di mata penggemarnya. Kebanyakan perannya adalah komikal (seperti The Birdcage dan Mrs. Doubtfire). Perannya sebagai pengisi suara karakter Jin di film animasi Aladdin adalah tonggak utama pentingnya pengisi suara dalam film. Dia juga membintangi film serius seperti dalam Awakenings , What Dreams May Come, dan pada 1998 dia memenangi Penghargaan Oscar untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik atas perannya sebagai psikolog dalam Good Will Hunting. Pada tahun 2000-an, pilihan perannya dalam film drama menuai kritikan karena dikatakan terlalu sentimental, khususnya di Patch Adams, yang juga diikuti film berikutnya Insomnia dan One Hour Photo.

Dia sangat dikenal dalam bakat improvisasi dan sulih suaranya. Dia juga berbakat dalam mengubah mimik wajahnya dan dapat berganti karakter dalam waktu yang sangat cepat. Robin Williams dan istrinya Marsha Garces Williams mendirikan Windfall Foundation, sebuah lembaga penggalangan dana untuk banyak lembaga amal. Robin banyak menyumbang waktu dan energinya untuk amal, termasuk di Comic Relief dan usaha penggalangan dana lainnya.

Williams menderita depresi sepanjang hidupnya, dan juga berjuang mengatasi kecanduan obat-obatan terlarang dan alkohol. Pada tanggal 11 Agustus 2014, ia ditemukan tewas gantung diri di rumahnya di Paradise Cay, dekat kota Tiburon, California.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Cuba Gooding, Jr.
untuk film Jerry Maguire
Aktor Pendukung Terbaik (Oscar)
1997
untuk film Good Will Hunting
Diteruskan oleh:
James Coburn
untuk film Affliction

Pranala luar[sunting | sunting sumber]