Magical Doremi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ojamajo Doremi
[[Berkas:Ojamajo Doremi DVD vol 1.jpg|250px]]
Cover dari video DVD volume pertama
おジャ魔女どれみ
(Ojamajo Doremi)
Genre Magical girl, Comedy
Seri anime TV
Sutradara  Junichi Sato
Takuya Igarashi
Penulis  Takashi Yamada
Studio Toei Animation
Pelisensi  4Kids Entertainment (2005-2008)
Pelisensi  lainnya 4Kids Entertainment (2005-2008)
Jaringan TV Asahi (1999-2000)
Animax
Jaringan bahasa Inggris
4Kids TV (2005-2008)
Tayang perdana February 7, 1999January 30, 2000
Episode 51 (Daftar episode)
Seri anime TV
Ojamajo Doremi #
Sutradara  Shigeyasu Yamauchi
Takuya Igarashi
Penulis  Takashi Yamada
Studio Toei Animation
Jaringan TV Asahi (2000-2001)
Animax
Tayang perdana February 6, 2000January 28, 2001
Episode 49 (Daftar episode)
Film anime
Ojamajo Doremi #: The Movie
Sutradara  Takuya Igarashi
Penulis  Takashi Yamada
Penggubah  Keiichi Oku
Studio Toei Animation
Rilis July 8, 2000
Durasi 30 minutes
Manga
Pengarang  Izumi Todo
Ilustrator  Shizue Takanashi
Penerbit  Kodansha
Demografi Shōjo
Majalah Nakayoshi
Tanggal Terbit October 2000December 2000
Volume 3
Seri anime TV
Mo~tto! Ojamajo Doremi
Sutradara  Takuya Igarashi
Penulis  Takashi Yamada
Studio Toei Animation
Jaringan TV Asahi (2001-2002)
Animax
Tayang perdana February 4, 2001January 27, 2002
Episode 50 (Daftar episode)
Film anime
Motto! Ojamajo Doremi: Secret of the Frog Stone
Sutradara  Shigeyasu Yamauchi
Penulis  Midori Kuriyama
Penggubah  Keichi Oku
Studio Toei Animation
Rilis July 14, 2001
Durasi 30 minutes
Manga
Mo~tto! Ojamajo Doremi
Pengarang  Izumi Todo
Ilustrator  Shizue Takanashi
Penerbit  Kodansha
Demografi Shōjo
Majalah Nakayoshi
Tanggal Terbit December 2001
Seri anime TV
Ojamajo Doremi Dokka~n!
Sutradara  Takuya Igarashi
Penulis  Takashi Yamada
Studio Toei Animation
Jaringan TV Asahi (2001-2002)
Animax
Tayang perdana February 3, 2002January 26, 2003
Episode 51 (Daftar episode)
Original video animation
Ojamajo Doremi Na-i-sho
Penulis  Takashi Yamada
Penggubah  Keiichi Oku
Studio Toei Animation
Rilis June 26, 2004December 11, 2004
Episode 13 (Daftar episode)
Novel ringan
Ojamajo Doremi 16 / Ojamajo Doremi 17
Pengarang  Midori Kiriyama
Ilustrator  Yoshihiko Umakoshi
Penerbit  Kodansha
Demografi Male
Imprint Kodansha Light Novel
Tanggal Terbit December 2, 2011 – sekarang
Volume 5
Portal Anime dan Manga

Magical Doremi (di Amerika dikenal sebagai Magical DoReMi), juga dikenal sebagai Ojamajo Doremi (おジャ魔女どれみ Ojamajo Doremi) dalam versi Jepang, adalah sebuah anime bergenre gadis sihir. Ceritanya difokuskan pada beberapa orang siswi SD yang menjadi calon penyihir. Dipimpin oleh Harukaze Doremi, mereka harus menyimpan identitas mereka sebagai calon penyihir sebagai rahasia.

Pertama kali diproduksi pada tahun 1999 oleh Toei Animation, Ojamajo Doremi memiliki 3 sekuel terkait, sampai sekuel terakhir yang selesai pada tahun 2003. Di sepanjang serial TV-nya, anime ini juga memiliki 2 film spesial berdurasi 26 menit yang dirilis di teater.

Di Indonesia, anime ini disiarkan oleh SCTV pada tahun 2004-2005, Spacetoon (season 1) dan Indosiar pada tahun 2009-2010 (Ojamajo Doremi Sharp), sedangkan Mo~tto! Ojamajo Doremi dan Ojamajo Doremi Dokka~n! belum pernah disiarkan.

Judul[sunting | sunting sumber]

"Ojamajo" (Bahasa Jepang: おジャ魔女) dalam Ojamajo Doremi adalah singkatan dari "ojama" dan "majo", sedangkan "Doremi" berasal dari nama sang tokoh utama, Harukaze Doremi. Sementara itu, judul versi dub yang diberikan oleh pihak 4kids di Amerika, "Magical DoReMi", bukan hanya berasal dari satu tokoh, melainkan dari tiga tokoh utamanya, yaitu Dorie Goodwyn (Harukaze Doremi), Reanne Griffith (Fujiwara Hazuki), & Mirabelle P. Haywood (Senoo Aiko).

Beberapa versi dub di beberapa negara juga mengusung judul "Magical Doremi", yang kesemuanya berasal dari nama sang tokoh utama.

Plot[sunting | sunting sumber]

Ojamajo Doremi[sunting | sunting sumber]

Bercerita tentang seorang anak berumur 8 tahun bernama Harukaze Doremi, yang ingin sekali menggunakan sihir untuk mendapatkan keberanian untuk mengakui perasaannya kepada anak laki-laki yang disukainya. Suatu hari, tanpa sengaja ia mendatangi sebuah toko milik seorang penyihir. Ketika ia menemukan identitas si pemilik toko sebagai seorang penyihir dan meneriakkan hal tersebut, sang pemilik toko kemudian berubah bentuk menjadi Kodok Sihir, dan untuk mengubahnya kembali menjadi seperti semula, Majorika, sang penyihir, harus membimbing Doremi menjadi seorang penyihir.

Dalam perkembangannya, Doremi bergabung dengan kedua sahabatnya, Fujiwara Hazuki dan Senoo Aiko, juga dengan adiknya, Harukaze Pop (Poppu). Di sepanjang seri, mereka menggunakan sihir yang mereka miliki untuk menolong teman-teman sekelas mereka memecahkan masalah, juga untuk menghadapi musuh Majorika, Majoruka, yang juga memiliki seorang calon penyihir bernama Segawa Onpu.

Ujian Penyihir[sunting | sunting sumber]

Untuk menjadi penyihir, Doremi dan kawan-kawan harus mengikuti sembilan ujian penyihir. Delapan ujian sihir pertama dilaksanakan malam hari, di dunia penyihir, sedangkan ujian terakhir dilaksanakan siang hari, di dunia manusia.

Pada ujian terakhir, identitas mereka akhirnya terbongkar. Onpu kemudian menggunakan sihir terlarang untuk menyelamatkan rahasia mereka, namun setelah itu, sebagai hukumannya, ia harus tidur selama seratus tahun. Doremi, Hazuki, Aiko, dan Pop lalu menggunakan sihir mereka untuk membangunkan Onpu, namun pada akhirnya, mereka harus berhenti menjadi penyihir.

Ojamajo Doremi Sharp[sunting | sunting sumber]

Pada hari pengambilan rapor Doremi dan kawan-kawan (yang juga merupakan hari perpisahan mereka dengan Majorika dan perinya, Lala), Doremi dan kawan-kawan tanpa sengaja menemukan seorang bayi penyihir yang baru lahir dari bunga mawar Witch Queen di taman kerajaan penyihir. Berdasarkan peraturan yang berlaku di dunia penyihir, mereka harus merawat bayi itu selama satu tahun. Mereka lalu kembali menjadi calon penyihir dan merawat bayi tersebut di dunia manusia. Oleh Doremi, bayi tersebut diberi nama Hana, yang dalam bahasa Jepang berarti bunga.

Kesalahpahaman terjadi pada saat raja penyihir laki-laki menginginkan agar Hana dibawa ke dunia penyihir laki-laki. Pengawal raja menganggap bahwa raja ingin agar ia menculik Hana, padahal sebenarnya tidak. Raja hanya memerlukan bantuan Hana untuk mengembalikannya menjadi seperti semula.

Mo~tto! Ojamajo Doremi[sunting | sunting sumber]

Setelah kehilangan kristal sihir pertama mereka untuk memastikan pertumbuhan Hana, Doremi dan kawan-kawan diberi kesempatan lain untuk menjadi calon penyihir dan mendapatkan kristal sihir baru, dengan cara mengikuti ujian membuat penganan manis untuk enam penyihir senior yang bertindak sebagai juri. Karena mereka belum pernah membuat penganan manis sebelumnya (dengan kata lain, mereka belum pernah tahu cara memanggang kue, membuat permen, dan lain-lain), maka ratu sihir kemudian memperkenalkan mereka dengan Asuka Momoko, seorang calon penyihir yang baru kembali dari Amerika, untuk kemudian bergabung dengan mereka dan mengajari mereka membuat kue, permen, coklat dan penganan manis lainnya.

Dalam keseharian mereka, Momoko adalah teman sekelas baru Doremi, namun karena ia tinggal di New York dalam waktu yang sangat lama, ia tidak dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Jepang saat tidak menggunakan kostum penyihir. Doremi dan kawan-kawan lalu mengajarkannya bahasa Jepang dan juga kebudayaan Jepang.

Di samping harus menghadapi para penyihir senior dalam ujian, mereka juga dituntut untuk menyembuhkan Hana, yang pada saat itu dikutuk oleh mantan ratu untuk membenci sayuran, di mana sebenarnya, sayuran sangat penting untuk Hana untuk meningkatkan kekuatan sihirnya, juga bagi kesehatannya.

Ojamajo Doremi Dokka~n![sunting | sunting sumber]

Hana yang merindukan Doremi dan kawan-kawan sebagai ibunya pergi ke dunia manusia dan menyamar menjadi seorang anak berumur 11 tahun. Ia lalu bertemu dengan Doremi dan kawan-kawan di sana dan juga, menjadi murid baru di kelas Doremi!

Di saat yang bersamaan, tugas baru menunggu mereka. Mereka dituntut untuk membuat beberapa aksesori yang pernah dibuat oleh Majotourbillon untuk keenam cucunya, agar ia dapat terbangun dari tidurnya dan menghapus kutukan-kutukan yang dibuatnya.

Ojamajo Doremi Na-i-sho[sunting | sunting sumber]

Satu tahun setelah penayangan Ojamajo Doremi Dokka~n!, Toei Animation menyatukan kembali para staf serial ini dan memproduksi seri OVA-nya yang berjudul Ojamajo Doremi Na-i-sho. Ceritanya mengambil plot waktu yang sama dengan Mo~tto! Ojamajo Doremi, yang terdiri dari 13 episode yang mengisahkan tentang rahasia para ojamajo, juga teman-teman di sekitar mereka.

Light Novel: Ojamajo Doremi 16 & Ojamajo Doremi 17[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 2 Desember 2011, Kodansha telah meluncurkan volume pertama Light Novel dari serial anime ini yang berjudul Ojamajo Doremi 16, yang mengisahkan tentang petualangan Doremi dkk saat mereka bersekolah di SMA.

Pada tanggal 2 Mei 2012, Kodansha meluncurkan volume kedua dari Light Novel ini, yang berjudul Ojamajo Doremi 16 Naive, dan pada tanggal 30 November 2012, volume ketiga dari Light Novel ini juga telah diluncurkan dan berjudul Ojamajo Doremi 16 Turning Point.

Rencananya, selain tiga volume yang sudah terbit, akan ada volume keempat dari serial Light Novel ini, yang akan mulai memakai judul Ojamajo Doremi 17, yang akan mulai diluncurkan di musim panas tahun 2013 ini beserta dengan CD Drama dari volume pertama Ojamajo Doremi 16

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Ojamajo (Tokoh Utama)[sunting | sunting sumber]

Harukaze Doremi[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara oleh: Chiemi Chiba

Harukaze Doremi (春風どれみ Harukaze Doremi), juga dikenal sebagai Dorie Goodwyn dalam versi Amerika, adalah sang protagonis. Sangat ceroboh dan selalu ingin tahu tentang apapun yang terjadi di sekitarnya. Selalu memproklamasikan diri sebagai "gadis cantik paling malang sedunia". Pada dua seri pertama, ia terlihat menyukai beberapa orang anak laki-laki. Makanan favoritnya adalah steak (yang sayangnya tidak dapat ia makan di sepanjang seri). Namanya berasal dari tiga nada pertama dalam not balok: Do, Re, dan Mi. Ia memiliki peri bernama Dodo, yang juga memiliki sifat yang sama dengannya. Warna temanya adalah pink dan kristal sihirnya berbentuk kacang merah muda. Doremi berulang tahun pada tanggal 30 Juli. Mantra tunggalnya adalah "Pirika Pirirara Poporina Peperuto", sedangkan mantra Magical Stage-nya yaitu "Pirika Pirirara Nobiyakani".

Fujiwara Hazuki[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara oleh: Tomoko Akiya

Fujiwara Hazuki (藤原はづき Fujiwara Hazuki), juga dikenal sebagai Reanne Griffith dalam versi Amerika, adalah sahabat Doremi sejak masih di TK. Pintar dan kalem, cendrung pemalu. Sangat peduli dengan keluarganya yang kaya, terutama ibunya, namun ini juga yang membuatnya jarang memutuskan semuanya sendiri. Di beberapa episode, Hazuki terlihat menyukai sahabat kecilnya yang bernama Yada Masaru, dan terlihat juga bahwa Masaru juga menyukainya. Di sekolah, Hazuki termasuk murid yang terpandai. Sangat penakut. Untuk mengatasi ketakutannya, ia selalu meneriakkan nama Majorika, sesuai saran Aiko. Pada akhirnya, ia dapat membuat keputusan sendiri dengan masuk SMP khusus wanita, walaupun itu juga menyebabkannya tidak dapat satu sekolah lagi dengan Doremi. Perinya bernama Rere, yang sangat peduli dengan Hazuki. Warna temanya adalah orange, dan kristalnya berbentuk hati orange. Hazuki berulang tahun di hari valentine, pada 14 Februari. Mantra tunggalnya adalah "Paipai Ponpoi Puwapuwapu", sedangkan mantra Magical Stage-nya yaitu "Paipai Ponpoi Shinayakani".

Senoo Aiko[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara oleh: Yuki Matsuoka

Senoo Aiko (妹尾あいこ Senoo Aiko), juga dikenal sebagai Mirabelle P. Haywood dalam versi Amerika, adalah murid pindahan dari Osaka yang pindah ke sekolah Doremi dan Hazuki saat mereka duduk di kelas 3, di semester 1, dan berbicara menggunakan logat Osaka (lebih dikenal dengan sebutan Kansai-ben). Kedua orangtuanya bercerai, dan sejak saat itu ia tinggal dengan ayahnya, seorang sopir taksi. Sedangkan, ibunya tinggal di Osaka dan bekerja sebagai seorang perawat di sebuah panti jompo. Aiko sangat menyayangi kedua orangtuanya dan berharap suatu saat mereka akan bersatu kembali, bahkan sampai-sampai hampir menggunakan sihir terlarang untuk dapat mewujudkan impiannya tersebut. Di sekolah, ia menyukai pelajaran olahraga. Terkadang pemarah. Pada akhirnya, orangtuanya rujuk kembali, lalu mereka kembali tinggal di Osaka bersama kakeknya (ayah dari ibunya). Perinya bernama Mimi. Warna temanya adalah biru, dan kristalnya berbentuk wajik biru. Aiko berulang tahun pada tanggal 14 November, dan ia adalah satu-satunya yang ulang tahunnya tidak pernah diceritakan di episode manapun. Mantra tunggalnya adalah "Pameruku Raruku Rarirori Poppun", sedangkan mantra Magical Stage-nya yaitu "Pameruku Raruku Takarakani".

Segawa Onpu[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara oleh: Rumi Shishido

Segawa Onpu (瀬川おんぷ Segawa Onpu), juga dikenal sebagai Ellie Craft dalam versi Amerika, adalah seorang idola terkenal yang juga merupakan calon penyihir didikan Majoruka, saingan Majorika. Dia sangat dikagumi oleh banyak anak laki-laki. Pada awalnya, ia dingin dan cenderung tidak mempedulikan keadaan di sekitarnya, namun pada akhirnya, sifat baiknya muncul ketika ia bergabung dengan Doremi, Hazuki, dan Aiko. Ia menjadi idola atas keinginan ibunya, yang dulunya juga pernah menjadi idola saat masih kecil (sebelum sebuah kecelakaan memaksanya berhenti). Makanan yang paling ia benci yaitu paprika. Ayahnya adalah seorang masinis, dan jarang pulang ke rumah. Perinya bernama Roro, yang baru muncul di Ojamajo Doremi Sharp. Warna temanya adalah ungu, dan kristalnya berbentuk tetes air mata ungu. Onpu berulang tahun pada tanggal 3 Maret, dan merupakan yang termuda di antara ojamajo yang lainnya (terkecuali Hana). Mantra tunggalnya adalah "Pururun Purun Famifamifa", sedangkan mantra Magical Stage-nya yaitu "Pururun Purun Suzuyakani".

Asuka Momoko[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara oleh: Nami Miyahara

Asuka Momoko (飛鳥ももこ Asuka Momoko) adalah murid pindahan dari New York yang pindah ke sekolah Doremi dan menjadi teman sekelasnya di kelas 5, dan juga merupakan calon penyihir didikan alm. Majomonroe, yang meninggal sebelum wujudnya dikembalikan menjadi seperti semula. Ayahnya adalah seorang arsitek, sedangkan ibunya adalah seorang fotografer. Momoko bergabung dengan yang lain sejak Mo~tto! Ojamajo Doremi, dan mengajarkan Doremi, Hazuki, Aiko dan Onpu cara membuat penganan manis, juga bahasa Inggris. Sebaliknya, Doremi, Hazuki, Aiko dan Onpu mengajarinya bahasa dan kebudayaan Jepang. Benda yang dianggapnya berharga adalah sebuah anting pemberian dari Majomonroe sebelum ia meninggal dunia. Momoko sangat menyayangi Majomonroe, bahkan hampir berhasil menggunakan sihir terlarang untuk membuatnya hidup kembali, sampai akhirnya kristal sihirnya hancur. Pada akhirnya, ia kembali ke New York dan tinggal di sana. Perinya bernama Nini, yang juga dapat berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris saat berubah menjadi peri dewasa. Warna temanya adalah kuning. Momoko berulang tahun pada tanggal 6 Mei, dan merupakan yang tertua di antara ojamajo yang lainnya. Mantra tunggalnya adalah "Perutan Petton Pararira Pon", sedangkan mantra Magical Stage-nya yaitu "Perutan Petton Sawayakani".

Makihatayama Hana[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara oleh: Ikue Ohtani

Makihatayama Hana (巻機山花 Makihatayama Hana) adalah bayi penyihir yang lahir dari mawar Witch Queen, jenis mawar berwarna biru yang akan melahirkan calon ratu penyihir selama seratus tahun sekali. Ratu mempercayakan Doremi sebagai ibu Hana, dan memintanya untuk merawat Hana selama satu tahun. Di Ojamajo Doremi Dokka~n!, ia menyamar menjadi seorang anak berumur 11 tahun, sehingga ia dapat bersekolah dengan para 'ibu'-nya. Dari semua 'ibu' Hana, Doremi adalah yang paling dekat dengannya. Pada akhirnya, ia kembali ke dunia penyihir bersama Majorika yang sudah kembali ke wujud semula, juga bersama para peri. Perinya bernama Toto, yang juga periang seperti Hana. Warna temanya adalah putih, dan kristalnya berbentuk bola. Hana berulang tahun pada tanggal 25 Maret. Sebagai penyihir asli, Hana sebenarnya tidak memerlukan mantra untuk menggunakan sihir. Iapun tidak ikut terlibat dalam Magical Stage. Walaupun begitu, ia membuat mantra sihirnya sendiri, yaitu "Pororin Pyuarin Hanahanapii".

Tokoh lain[sunting | sunting sumber]

Harukaze Pop[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara oleh: Sawa Ishige

Harukaze Pop (春風ぽっぷ Harukaze Poppu), juga dikenal sebagai Caitlyn Goodwyn dalam versi Amerika, adalah adik Doremi. Dia bersekolah di TK Sonatine di 2 seri pertama, lalu masuk SD Misora sejak Mo~tto! Ojamajo Doremi. Secara tidak sengaja, Pop menemukan rahasia Doremi, Hazuki dan Aiko sebagai calon penyihir lalu kemudian ikut bergabung menjadi calon penyihir. Usianya yang masih kecil membuatnya susah terjaga di tengah malam untuk mengikuti ujian penyihir. Di awal seri, ia sering membuat Doremi jengkel. Ia bertingkah lebih tua dari umurnya, juga lebih bertanggung jawab daripada kakaknya. Namun di dalam hati, ia tetap anak kecil yang diam-diam mengagumi Doremi. Perinya bernama Fafa, yang agak pemalu dan memiliki hubungan persaudaraan dengan Dodo, peri Doremi. Warna temanya adalah merah. Pop berulang tahun pada tanggal 9 September. Mantra tunggalnya adalah "Pipitto Puritto Puritan Peperuto", sedangkan mantra Magical Stage-nya yaitu "Pipitto Puritto Hogarakani".

Majorika[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara oleh: Naomi Nagasawa

Majorika (マジョリカ Majorika), juga dikenal sebagai Patina dalam versi Amerika, adalah seorang penyihir yang juga pemilik dari toko Maho (Maho-dou). Ia tidak berhasil mengelola toko Maho dengan baik. Penyihir asli ini menyamar menjadi manusia dengan menggunakan nama samaran Makihatayama Rika (巻機山リカ Makihatayama Rika) dan tinggal di dunia manusia. Karena rahasianya sebagai penyihir terbongkar oleh Doremi, Majorika lalu terkena kutukan dan akhirnya berubah menjadi kodok sihir. Dari waktu ke waktu, calon penyihir didikan Majorika semakin bertambah, namun ia menganggap bahwa kesemua calon penyihirnya terkadang membuatnya sebal, dan akhirnya membuatnya memanggil mereka (terutama Doremi) dengan sebutan Ojamajo. Kenyataanya, ia peduli dengan mereka dan menganggap mereka seperti anaknya sendiri. Pada akhirnya, ia pulang ke dunia sihir bersama Hana dan para peri.

Lala[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara oleh: Megumi Takamura

Lala (ララ Rara), juga dikenal sebagai Laralie dalam versi Amerika, adalah peri dari Majorika. Tidak seperti pemiliknya, Lala sangat ramah, dewasa, dan suka menolong. Di dunia manusia, ia dapat menyamar menjadi seekor kucing putih.

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

Selain tokoh yang disebutkan di atas, masih banyak tokoh-tokoh lain dalam anime ini, seperti teman-teman seangkatan Doremi dan kawan-kawan di sekolah, para penyihir di dunia sihir (termasuk di antaranya ratu dan pendahulunya juga para penyihir senior), para penyihir laki-laki (sang raja, Oyajide, Ojijide, dan FLAT 4), keluarga Doremi dan kawan-kawan (terdiri dari orangtua Doremi dkk, kakek & nenek Doremi & Pop, Baaya, kakek Aiko, dan juga Fami, cucu Doremi dari masa depan yang hanya muncul sekali di episode terakhir Ojamajo Doremi Na-i-sho), guru Doremi dan kawan-kawan di sekolah (termasuk di antaranya kepala sekolah dan wakilnya, para senior Doremi dan kawan-kawan di SD Misora, dan lain-lain.

Movie[sunting | sunting sumber]

Ojamajo Doremi #: The Movie[sunting | sunting sumber]

Bercerita tentang Pop yang lulus ujian sihir level 5. Saat itu, Hana mengikuti Pop ke dunia penyihir. Sebelum pulang ke dunia manusia, mereka sempat memasuki taman kerajaan dan menemukan setangkai bunga yang memiliki mahkota bunga berbentuk hati berwarna putih. Mereka kemudian membawa bunga itu pulang ke dunia manusia.

Sesampainya di dunia manusia, Doremi yang tidak mengetahui kalau Hana mengikuti Pop mengira kalau Pop sengaja membawa Hana ke dunia penyihir tanpa memberitahunya. Ia bahkan memarahi Pop dan tidak peduli pada keberhasilan Pop mengikuti ujian level 5-nya. Merasa kesal karena dimarahi, Pop kemudian lari dari toko Maho dengan membawa bunga yang ia temukan di taman kerajaan. Ia lalu berucap "lebih baik Doremi menjadi seekor tikus daripada seorang penyihir", yang kemudian menyebabkan bunga yang dibawanya berubah warna dan mengabulkan permintaanya: Doremi berubah menjadi seekor tikus dan secara tidak sengaja ditendang keluar dari toko Maho oleh Majorika. Bunga tersebut lalu pergi meninggalkan Pop dan membuat ulah di kota Misora.

Pop yang ketakutan lalu memberitahu Hazuki, Aiko, Onpu dan Majorika tentang bunga tersebut. Saat itulah Majorika menjelaskan bahwa bunga itu adalah bunga Witch Queen Heart yang dapat mengabulkan permintaan. Jika permintaan itu bersifat baik, warna bunga itu akan tetap putih, tapi jika tidak, warna bunga itu akan berubah. Saat Pop mengatakan keinginannya, Majorika lalu menyadari kalau tikus yang ditendangnya adalah Doremi. Hazuki, Aiko dan Onpu kemudian mencari bunga itu. Pop tidak mau tinggal diam. Ia bersama Hana mencari Doremi, dan akhirnya menemukannya. Merekapun lalu berbaikan.

Cerita dari film ini mengambil waktu di antara episode 16 dan 37 dari seri reguler, dan cuplikannya juga dapat dilihat di episode 37 dan 40.

Mo~tto! Ojamajo Doremi: Rahasia Batu Kodok/Kaeru Ishi no Himitsu[sunting | sunting sumber]

Bercerita tentang petualangan Doremi dan kawan-kawan saat berlibur musim panas di Fukuyama, tempat tinggal kakek dan nenek Doremi dan Pop. Di sana terdapat sebuah legenda yang tragis di zaman Edo tentang sepasang kekasih bernama Mayuri dan Zenjuro, di mana Zenjuro dihukum penggal karena membantu para tahanan pada zaman itu, lalu Mayuri yang mengetahui hal itu memutuskan untuk bunuh diri. Orang-orang yang menemukan jasad Mayuri juga menemukan sosok aneh seperti seekor kodok yang menangis di dekat jasad Mayuri. Untuk mengenang kejadian tersebut, mereka lalu membuat sebuah batu yang disebut dengan batu kodok (kaeru ishi).

Doremi dan kawan-kawan yang ingin tahu lebih banyak tentang legenda tersebut memutuskan untuk mendaki gunung tempat terdapatnya batu kodok tersebut. Di sana, mereka menemukan bahwa Mayuri adalah seorang penyihir dan sosok aneh yang menyerupai kodok itu adalah seekor kodok sihir, yang juga merupakan ibu dari Mayuri.

Dalam film ini juga diceritakan tentang Aiko yang pada awalnya merasa takut dengan kakek Doremi. Ini dikarenakan oleh sesuatu yang terjadi padanya saat berumur 3 tahun, di mana ia bersama kedua orangtuanya yang belum bercerai mengunjungi makam nenek Aiko dan bertemu dengan kakek Aiko di sana. Kakek Aiko dengan kasar mengusir ibu Aiko dan menyalahkannya atas kematian istrinya, dan hal itu meninggalkan trauma yang dalam di hati Aiko.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]