Fruits Basket

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fruits Basket
Gambar sampul manga Fruits Basket volume pertama
GenreFantasi, romantis[1]
Manga
PengarangNatsuki Takaya
PenerbitHakusensha
Penerbit bahasa Inggris
Penerbit bahasa IndonesiaElex Media Komputindo
MajalahHana to Yume
Majalah bahasa IndonesiaHanaLala
DemografiShōjo
TerbitJuli 1998November 2006
Volume23 (Daftar volume)
Seri anime
SutradaraAkitaro Daichi
SkenarioHiguchi Tachibana
StudioStudio Deen
PelisensiFunimation
Saluran
asli
TV Tokyo
Saluran bahasa Inggris
Tayang 5 Juli 2001 27 Desember 2001
Episode26 (Daftar episode)
Manga
Fruits Basket another
PengarangNatsuki Takaya
PenerbitHakusensha
Penerbit bahasa Inggris
MajalahHanaLaLa online
DemografiShōjo
Terbit4 September 201520 Maret 2019
Volume3 (Daftar volume)
Seri anime
SutradaraYoshihide Ibata
SkenarioTaku Kishimoto
MusikMasaru Yokoyama
StudioTMS/8PAN
PelisensiCrunchyroll
Funimation
Saluran
asli
TV Tokyo, TVO, TVA, AT-X
Tayang 6 April 2019 21 September 2019
Episode25 (Daftar episode)
 Portal anime dan manga

Fruits Basket (Jepang: フルーツバスケット, Hepburn: Furūtsu Basuketto), sering kali disingkat menjadi Furuba (フルバ), adalah sebuah seri manga shōjo asal Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Natsuki Takaya. Manga ini dimuat berseri dalam majalah semibulanan bertajuk Hana to Yume terbitan Hakusensha sejak tahun 1998 hingga 2006. Manga ini juga diadaptasi menjadi seri anime sebanyak 26 episode, yang disutradarai oleh Akitaro Daichi.

Manga ini mengisahkan tentang seorang gadis yatim bernama Tohru Honda, yang setelah bertemu dengan Yuki, Kyou, dan Shigure Soma, mengetahui bahwa dua belas anggota keluarga Soma telah dirasuki oleh hewan-hewan dari zodiak Tiongkok (十二支, Jūnishi) dan dikutuk untuk berubah menjadi bentuk hewan ketika mereka sedang lemah, stres, atau ketika tubuh mereka dipeluk oleh lawan jenis siapa pun itu yang tidak dirasuki oleh roh zodiak. Judul manga ini terinspirasi dari sebuah permainan populer yang dimainkan di sekolah-sekolah dasar di Jepang, yang juga turut disinggung dalam seri ini.

Fruits Basket mendapatkan adaptasi anime baru yang diproduksi oleh TMS Entertainment dan disutradarai oleh Yoshihide Ibata, ditayangkan sejak bulan April 2019. Seri anime tersebut telah dilisensi di Amerika Utara melalui kerja sama antara Crunchyroll dan Funimation.[2]

Plot[sunting | sunting sumber]

Ketika ibunya meninggal dalam kecelakaan mobil, siswi sekolah menengah atas bernama Tohru Honda memutuskan untuk tinggal bersama kakeknya. Renovasi rumah serta ketidakramahan anggota keluarga yang lain menyebabkan dia pindah lagi dari rumah kakeknya, dan—karena dia tidak punya tempat lain untuk pergi—mulai tinggal di tenda dan menghidupi dirinya sendiri. Keadaan ini berlangsung sampai dia menemukan rumah di tempat tak lazim yang dihuni oleh teman sekelasnya yang populer bernama Yuki Soma dan sepupunya, Shigure. Pada hari pertama Tohru pindah ke rumah keluarga Soma, seorang remaja berambut oranye merusak atap kamar barunya dan mulai menyerang Yuki. Orang tersebut adalah sepupu Yuki dan Shigure yang kerap kali bertindak agresif, Kyou. Yuki menundukkan Kyou dengan cepat. Ketika Kyou akan menyerang lagi, Tohru mencoba untuk menghentikannya, tetapi tubuhnya tergelincir di atas sebuah pakaian—membuatnya jatuh ke punggung Kyou. Ketika ini terjadi, Tohru menyadari suatu fakta yang besar tentang keluarga Soma.

Keluarga Soma hidup dengan kutukan. Dua belas anggota keluarga (tidak termasuk Kyou, yang sebenarnya merupakan kucing) dirasuki oleh roh-roh zodiak Tiongkok dan berubah bentuk menjadi hewan zodiak saat mereka sedang lemah, stres, malu, atau ketika dipeluk oleh seseorang yang merupakan lawan jenis mereka.

Setelah Tohru mengetahui rahasia keluarga Soma, dia berjanji untuk tidak memberi tahu orang lain dan diizinkan untuk tetap tinggal bersama mereka. Meskipun kutukan keluarga Soma lebih dalam dan lebih gelap daripada yang disadari Tohru, kehadiran dan keramahannya terhadap mereka menjadi pengaruh besar dan positif pada mereka yang dirasuki oleh zodiak. Dia kemudian berusaha untuk memecahkan kutukan tersebut dan—dalam prosesnya—bertemu dengan roh zodiak keluarga Soma yang pendendam. Masing-masing memiliki kepribadian yang berbeda, sama seperti hewan dalam zodiak Tiongkok. Satu demi satu, keberadaan Tohru mengubah hidup keluarga Soma untuk selamanya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Fruits Basket Collector's Edition, Vol. 1". Yen Press. Diakses tanggal 2 Juni 2018. [pranala nonaktif permanen]
  2. ^ "Crunchyroll Adds New Fruits Basket Anime". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-04. Diakses tanggal 3 April 2019. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Manga

Anime