Fruits Basket

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Fruits Basket atau yang sering disingkat furuba adalah salah satu manga karangan Natsuki Takaya yang pertama kali dipublikasikan tahun 2002 dan dijadikan versi anime-nya di TV Tokyo sebanyak 26 episode. Fruits Basket juga dibuat versi komiknya dan di Jepang telah tamat. Baik manga ataupun anime-nya mendapat sambutan yang baik.



Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Manga ini mengisahkan seorang gadis SMU bernama Honda Tohru yang yatim piatu karena baru saja ibunya meninggal setelah mengalami kecelakaan mobil. Touru tinggal bersama kakeknya, tetapi ketika keluarganya pindah dan merenovasi rumahnya, Touru terpaksa tinggal di tenda dengan tidak memberi tahu sahabatnya dan bekerja untuk menghidupi dirinya.

Suatu hari, Tohru tiba di rumah yang dikelilingi pohon-pohon yang ternyata rumah Yuki Sohma, siswa populer di sekolahnya, dan Shigure Sohma, sepupu Yuki. Ketika keluarga Sohma mengetahui Tohru sebenarnya tinggal di tenda, mereka terkejut. Tohru tetap ingin tinggal di tenda sehingga menawarkan akan membayar sewa tanah yang digunakannya karena seluruh area tersebut milik keluarga Sohma. Merasa kasihan, Sohma mengizinkan Tohru untuk tinggal di rumah mereka dan sebagai balasannya Tohru bersedia mengurus rumah dan memasak.

Pada suatu hari, Kyo Sohma, sepupu Yuki, datang ke rumah mereka dan menantang Yuki bertengkar. Tetapi, tidak sengaja Kyo memeluk Tohru dan berubah menjadi kucing. Shigure dan Yuki yang tidak sengaja memeluk Tohru juga berubah menjadi anjing dan tikus. Dan akhirnya Tohru mengetahui rahasia keluarga Sohma, yaitu, 13 anggota keluarga Sohma dapat berubah menjadi binatang-binatang dalam dalam Shio Cina. Kemudian, kisah tentang Tohru yang mengetahui rahasia keluarga Sohma pun tersebar di keluarga Sohma. Lama-kelamaan, Tohru mengenal dan mengetahui keadaan para anggota keluarga Sohma, dan disukai banyak anggota keluarga Sohma. Bahkan dia bisa meluluhkan hati sang dewa "Akito".

Juunishi[sunting | sunting sumber]

  • 12 Shio

Dalam legenda terdapat 13 binatang, yaitu tikus, anjing, ular, naga, kelinci, kerbau (sapi), kambing, ayam (burung), kuda, babi, macan, monyet, dan kucing. Pada zaman dahulu kala ada seorang dewa yang memiliki kekuatan yang sangat luar biasa, namun sang dewa merasa kesepian. Akhirnya,sang Dewa mendapat ide untuk mengadakan jamuan makan untuk 13 binatang itu (yang nantinya akan menjadi Shio). Dewa berkata kepada 13 binatang itu "hari ini aku akan mengadakan pesta, kalian harap datang" lalu sang tikus yang jahil itu berkata kepada sang kucing "wahai kucing besok lusa akan diadakan pesta kau harap datang ya" sang kucing yang polos itu hanya menjawab iya pada malam hari sang tikus menyelinap ke tubuh kerbau untuk datang ke pesta yang dijanjikan dewa mereka pun akhirnya bersenang-senang kecuali sang kucing yang tidur lelap menantikan pesta yang tidak ada.

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Honda Tohru

Tohru adalah seorang gadis yang lugu, optimis, dan baik hati. Ia selalu berusaha untuk mandiri dan tidak mengandalkan orang lain. Sewaktu kecil, ayahnya, Honda Katsuya, meninggal karena pneumonia. Tohru sangat dekat dengan ibunya, Honda Kyoko, yang dulunya adalah seorang preman. Kata-kata yang Tohru ucapkan seringkali memberi semangat dan dorongan pada anggota keluarga Sohma yang lain, dan kata-kata itu banyak ia ambil dari Kyoko. Tohru sangat disayangi anggota keluarga Sohma yang lain, dan sering membantu mereka. Pada awalnya, Tohru tampak sedikit tertarik pada Yuki, tetapi, akhirnya ia menyadari kalau ia mencintai Kyo. Tohru sudah dianggap Yuki sebagai ibunya, karena Yuki tidak pernah mendapat kasih sayang tulus.

  • Sohma Yuki

Lelaki yang paling populer di sekolahnya sampai-sampai ada yang membentuk klub penggemar Yuki. Dia sering disebut "Pangeran". Jabatannya tinggi sebagai ketua OSIS sehingga membuatnya sangat populer. Lelaki ini "terkutuk" menjadi juunishi tikus. Wajahnya yang cantik sangat berbeda dengan dirinya, seorang lelaki yang tangguh. Masa kecilnya sangat memprihatinkan. Dia menjadi boneka bagi keluarganya untuk mendekati sang dewa "Akito". Ia sangat menyayangi Tohru dan menganggap Tohru sebagai ibunya. Setelah menjadi Ketua OSIS, ia mengenal Machi dan akhirnya menjadi sepasang kekasih, walau hubungan mereka aneh karena Machi orangnya tidak bisa jujur pada Yuki. Kelebihan Yuki adalah kekuatannya dalam bertarung akan lebih besar jika dia sedang diserang Kyo waktu dia sedang tidur.

  • Sohma Kyo

Lelaki yang berambut oranye yang sangat membenci Yuki. Dia berubah wujud menjadi kucing. Wujudnya ada dua, satu sebagai kucing dengan bulu berwarna oranye, kedua, sosok monster yang mengerikan dan berbau busuk. Sosok ini hanya muncul apabila gelang yang dipakainya lepas dari tangannya. Konon, gelang itu berwarna merah darah dan putih ketuaan karena warna merah adalah darah dan warna putih itu adalah tulang manusia. Gelang itu secara turun-temurun diberikan kepada juunishi kucing. Kyo selalu berusaha mengalahkan Yuki karena dengan begitu dia bisa menjadi anggota juunishi. Masa lalunya begitu kelam, ibunya dikabarkan bunuh diri karena dirinya. Ayah kyo sangat membencinya karena dia dianggap sebagai pembawa sial.

  • Sohma Shigure

Pria yang mempunyai rumah yang kini ditinggali Yuki, Kyo, dan Tohru. Juunishinya adalah anjing. Shigure adalah seorang novelis dan dipanggil Hatsuharu "sensei". Dia orang yang aneh, dan tidak tahu apa yang ada di pikirannya. Akito menyukainya, dan tampaknya perasaan itu terbalas.

  • Sohma Ayame

Kakak Yuki yang merasa sangat bersalah dengan Yuki karena dulu membenci Yuki dan mengacuhkan Yuki. dia mempunyai pecaya diri yang sangat luar biasa. Yuki tidak begitu menyukai kakaknya (namun sebenarnya menyukai juga) karena begitu merepotkan. Juunishi-nya adalah ular. dia bersahabat dengan Shigure dan Hatori sejak SMA dan disebut Mabudachi Trio. Orang yang berambut panjang ini mempunyai butik dan suka memakaikan baju wanita pada Yuki.

  • Sohma Akito

Dewa dari para Juunishi. Orang yang mempunyai Ikatan dengan para Juunishi. Akito orangnya temperamental, gampang marah, dan stress. Karena dialah Yuki menderita trauma yang parah. Awalnya Akito dikira seorang laki-laki, namun ternyata, setelah penjelasan dari Kureno, terungkap bahwa Akito adalah perempuan. Akito mempunyai favorit di antara para Juunishi, yaitu Kureno. Kureno tidak diperbolehkan meninggalkan sisi Akito. Akito juga orang yang menyebabkan semua Juunishi menderita, seperti Hatsuharu dan Isuzu, Kisa dan Hiro, bahkan Hatori dan mantan kekasihnya. Menyukai Shigure.

  • Sohma Hatsuharu

Juunishi sapi ini berkepribadian ganda, meski jarang muncul. Hatsuharu adalah orang yang sangat baik dan perhatian. Dialah yang meminta Shigure mengambil Yuki supaya Yuki tidak disakiti lagi oleh Akito. Hatsuharu adalah kekasih Isuzu, namun mereka putus setelah hubungannya ketahuan Akito. Saat ketahuan, Akito marah besar dan menyakiti Isuzu. Hatsuharu masih mencintai Isuzu dan berharap Isuzu bisa kembali padanya.

  • Uotani Arisa

Sahabat baik Tohru yang dulunya juga Yankee (preman) yang sangat menghormati ibu Tohru. Arisa yang dipanggil Uo-chan ini dulu menganggap hidupnya tidak enak karena ayahnya hanya mabuk-mabukkan dan tidak mau bekerja. Setelah kenal dengan Tohru dan ibunya, ia mulai memberikan perhatian bagi sang ayah, sehingga hubungan mereka membaik. Arisa juga mengurusi rumahnya sendiri. Arisa menyukai salah satu Juunishi yang bernama Kureno. Arisa sangat ingin bertemu Kureno sekali lagi. Orang yang suka bekerja keras.

  • Hanajima Saki

Sahabat baik Tohru juga. Saki saat kecil dibenci karena dianggap penyihir, padahal itu hanya kelebihannya, yaitu dia bisa merasakan "gelombang" perasaan manusia. Setelah dicap penyihir, Saki tidak pernah berteman dengan siapa-siapa lagi hingga akhirnya bertemu Tohru dan Arisa. Saki ini suka pada ayah angkatnya Kyo. Orang yang sangat protektif pada Tohru.

  • Sohma Momiji

Salah satu dari 12 Juunishi ber 'jenis' kelinci yang sangat menyukai Tohru. Keturunan campuran Jepang & Jerman. Masa lalunya sangat menyedihkan karena tidak mendapatkan kasih sayang dari ibunya yang memperlihatkan sikap tidak dapat menerima anak yang dapat berubah menjadi binatang. Dia tinggal di lingkungan rumah besar Sohma bersama ayahnya, berdekatan dengan rumah Hatori.

  • Sohma Hatori

Mempunyai kemampuan "menghapus memori" yang diwarisi dari ayahnya. Dialah yang menghapus memori teman-teman Yuki pada saat sosok juunishi Yuki ketahuan, juga ibu Momiji yang lebih suka melupakan ia memiliki anak Juunishi, bahkan mantan kekasihnya sendiri yaitu Kana. Sebelah mata Hatori buta karena kemarahan Akito waktu Hatori meminta izin untuk menikahi kekasihnya. Hatori malu dengan wujud juunishi sendiri yaitu kuda laut (seharusnya naga).

  • Sohma Kagura

Juunishinya adalah babi hutan, sangat menyukai Kyo. Salah satu dari 3 wanita di juunishi. Orang yang sangat lembut tetapi punya cara yang aneh untuk menunjukkan kasih sayangnya. Akhirnya Kagura harus menerima kenyataan bahwa Kyo lebih menyukai orang lain dari pada dirinya.

  • Sohma Ritsu

Ritsu sangat tidak percaya pada kemampuan diri sendiri dan suka berpakaian perempuan, karena wajahnya yang cantik sering disangka wanita. Orang yang suka bilang Maaf . Sangat kaku dan kikuk dalam bergaul, mempunyai juunishi monyet. Akhirnya pertemuan dengan Tohru dapat memberikan harapan kecil bagi Ritsu, mempunyai hubungan istimewa dengan editor Shigure.

  • Sohma Kisa

Juunishi termuda & sangat cantik, pada awal kemunculan dalam cerita ini dia sudah berubah menjadi juunishi macan karena kondisi fisiknya yang lemah & tidak mau bicara akibat masalah di sekolah. Akhirnya karena kedekatannya dengan Tohru ia lebih percaya diri.

  • Sohma Hiro

Walaupun umurnya masih muda, tetapi di antara Juunishi yang lain Hiro lah yang paling berpikiran dewasa. Berlidah tajam. Mempunyai ibu yang sangat manis dan menyayanginya. Hiro cemburu dengan kehadiran Tohru di sisi Kisa yang membuat dia merasa tidak diperlukan lagi. Juunishinya domba.

  • Sohma Isuzu

Adalah kekasih Hatsuharu, walaupun lebih tua 2 tahun. Penyendiri dan acuh. Kesamaan antara Yuki dan dia adalah karena sama-sama membutuhkan kasih sayang seorang ibu. Berusaha keras untuk dapat menghilangkan kutukan juunishi agar Hatsuharu bahagia tanpa kutukan tersebut. Isuzu biasanya dipanggil Rin. Juunishinya adalah Kuda.

  • Sohma Kureno

Asisten pribadi kesayangan Akito, selalu ada di samping Akito. Jarang sekali keluar dari rumah besar Sohma. pernah bertemu dengan Uotani Arisa (teman sekolah Tohru) dan jatuh cinta padanya, sayangnya Kureno tidak lagi berkeinginan untuk bertemu dengannya lagi demi Akito. Juunishinya adalah Ayam (burung. Satu-satunya orang yang sudah terbebas dari kutukan Ikatan dengan Akito.

  • Hanajima Megumi

Adik laki-laki dari Saki ini mempunyai kelebihan. Perangai dan wajahnya mirip dengan Saki. Hanya dengan mengetahui nama seseorang ia bisa langsung mengutuknya. Sangat sayang pada kakaknya.

  • Kyoko Honda

Dia adalah ibu dari Tohru Honda, sebelumnya dia adalah gadis preman, tidak seorang pun yang menyeganinya. Namun pertemuannya pada Katsuya Honda (Ayah Tohru)sebagai guru baru membuatnya berubah menjadi gadis yang rajin dan mulai menghilangkan kebiasaan buruknya yang dulu. Kyoko dan Katsuya menikah setelah Kyoko lulus SMA. Ketika Katsuya dipanggil Sang Maha Kuasa, Kyoko sering mengabaikan Tohru dan merasa hidupnya benar-benar sudah tamat. Namun, dari dalam lubuk hatinya dia menyadari masih ada seseorang yang "membutuhkannya". Dia pernah bertemu dengan Kyo di saat Kyo masih kecil, maupun saat detik-detik terakhirnya sebelum menutup mata.

  • Katsuya Honda

Sosok pria yang tenang dan memberikan perhatian dengan tulus, dia adalah seorang guru baru yang bertugas mengajar di sekolah yang ditempati oleh Kyoko. Kisah cinta mereka pun dimulai, dari awalnya mengajari Kyoko tentang pelajaran sampai mereka benar-benar terjebak dalam kisah cinta. Dia adalah sosok ayah yang penuh kasih sayang, namun sayangnya Tohru belum merasakan lamanya di dalam dekapan sang ayah.