Mobile Suit Gundam SEED

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo opening Mobile Suit Gundam SEED, dengan Freedom sebagai latar belakangnya

Mobile Suit Gundam SEED (disingkat menjadi Gundam SEED) atau Kidou Senshi Gundam Shiido adalah salah satu anime Gundam yang bersetting di dalam kurun waktu Cosmic Era. Anime yang berjumlah 50 episode ini dibuat Bandai Visual dan Sunrise Inc. dan ditayangkan di Jepang sejak tahun 2002 di MBS, TBS, dan Animax, sementara di Indonesia, ditayangkan oleh Indosiar pada sekitar tahun 2004-an mulai tanggal 4 September 2004 hingga 13 Agustus 2005, dan sekarang diputar lagi pada stasiun televisi yang sama pada hari Minggu jam 6:00, dimulai pada tanggal 11 Juni 2006 hingga selesai pada hari minggu tanggal 20 Mei 2007. Pada 2011, MNCTV akan menayangkan ulang anime tersebut.

Plot cerita[sunting | sunting sumber]

Alur cerita Gundam SEED adalah alur cerita yang sebenarnya cukup sederhana, tapi karena banyak karakter yang terlibat, menjadi cukup rumit untuk diikuti. Cerita dimulai pada tahun Cosmic Era 70, di saat perang antara pihak Bumi (Earth Alliance/OMNI Enforcer) dengan PLANT (ZAFT) memuncak akibat serangan yang dilakukan pasukan Bumi terhadap sebuah PLANT, Junius Seven dengan menggunakan misil berhulu ledak nuklir. Bumi merupakan tempat hidup manusia yang dilahirkan tanpa modifikasi genetika, yang disebut dengan Natural, sementara PLANT merupakan tempat hidup manusia yang dilahirkan dengan modifikasi genetika, yang disebut dengan Coordinator. Sehingga, sebenarnya perang yang disebut sebagai Bloody Valentine War (Chi no Valentine/Perang Valentine Berdarah Pertama) ini adalah perang antara Natural dengan Coordinator.

Seperti halnya serial Gundam lainnya, terdapat beberapa robot yang menjadi "karakter utama" (selain tentunya manusia), yang dapat dipiloti oleh manusia (Natural ataupun Coordinator dapat mengendarainya), yang disebut sebagai Mobile Suit. Pihak ZAFT (organisasi militer koloni luar angkasa/PLANT), yang terdiri atas orang-orang yang memiliki gen yang dimodifikasi sehingga memiliki otak yang lebih cerdas, fisik yang lebih kuat, serta tidak memiliki penyakit bawaan, memiliki banyak mobile suit. Sementara, pasukan Bumi hanya memiliki pesawat tempur saja, yang disebut sebagai Mobile Armor.

Cerita diawali dengan pencurian beberapa prototipe dari mobile suit yang dikembangkan oleh prajurit Bumi oleh pasukan ZAFT, yang secara diam-diam dilakukan di dalam sebuah koloni luar angkasa yang dimiliki oleh negara netral Orb, Heliopolis. Heliopolis memiliki sebuah pabrik yang disebut dengan Morganraete Inc., yang mampu memproduksi banyak perangkat tempur serta perangkat berat, meski tidak digunakan untuk bertempur. Mobile Suit yang diproduksi oleh pasukan Bumi itu, disebut juga dengan G-Armament: G, singkatan dari Genesis atau juga dapat berarti Genocide[1], karena memang semua mobile suit (berjumlah 5 buah prototipe) tersebut dimulai dengan kode G, yakni GAT-X102 Duel Gundam, GAT-X103 Buster Gundam, GAT-X105 Strike Gundam, GAT-X207 Blitz Gundam, serta GAT-X303 Aegis Gundam. Semua prototipe mobile suit tersebut menggunakan sistem operasi yang disebut dengan "General Unilateral Neuro-Link Dispersive Autonomic Maneuver Synthesis System", yang oleh karakter utama dalam cerita ini (Kira Yamato), disingkat menjadi Gundam. Fisik mobile suit memang telah jadi dan sempurna, tapi tidak dengan sistem operasinya yang masih dalam tahap pengembangan. Dari sinilah cerita bermula.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Beberapa karakter di dalam dunia Gundam SEED adalah sebagai berikut:

  • Pihak Earth Alliance/OMNI Enforcer:
    • Kira Yamato (pilot GAT-X105 Strike Gundam, pilot ZMGF-X10A Freedom Gundam, kru Archangel)
      Kira Yamato adalah seorang Coordinator pemurung dan pendiam, sejak peristiwa serangan ZAFT di Heliopolis. Baginya bertempur adalah melindungi teman, tidak peduli siapapun musuhnya. Dan bila gagal, dia akan menangis sejadi-jadinya. Awalnya, Kira yang Coordinator tidak begitu diterima di Archangel (karena memang kondisi perang antara Natural dan Coordinator tidak memungkinkan), namun kemampuannya menggunakan GAT-X105 Strike Gundam mungkin salah-satu alasan dia dibiarkan ikut dengan pesawat tempur OMNI itu. Dia bersahabat baik dengan Athrun Zala, namun menjadi musuh saat mereka bertemu sebagai pilot Aegis dan Strike. Pertengkaran semakin memanas ketika Kira tak sengaja membunuh Nicol Amalfi, sahabat Athrun sekaligus juniornya.
      Ketika Strike dihancurkan oleh Aegis, dia diselamatkan oleh Lacus Clyne dan dirawat di koloni luar angkasa (PLANT) setelah dibawa oleh Pendeta Malchio. Kira memiliki hubungan khusus dengan Fllay Alster, tanpa tahu kalau dia hanya dimanfaatkan untuk membunuh semua musuhnya yang berupa Coordinator.
    • Murrue Ramius (kapten Archangel, Natural, membelot ke Orb)
      Kapten Archangel yang sangat disiplin dan sigap dalam kondisi bahaya, namun sangat baik hati dan ramah di luar kondisi itu. Murrue lebih terlihat seperti ibu bagi kru Archangel yang mayoritas masih remaja. Murrue punya hubungan khusus dengan Mwu La Fllaga, namun hanya beberapa waktu saja hubungan mereka jelas terlihat.
      Peristiwa JOSH-A telah membuka matanya, dia memutuskan bahwa Archangel akan mundur dari medan tempur dan selanjutnya bergabung dengan Orb. Agaknya ada sedikit persaingan dalam beberapa hal dengan Natarle Badrgiruel.
    • Mwu La Fllaga (pilot Moebius Zero Mobile Armor, pilot GAT-X105 Strike Gundam, kru Archangel, membelot ke Orb, Natural)
      Komandan yang 'Easy going' dan ceria ini sudah seperti kakak senior bagi Kira, tapi lupakan kalau dia sudah ada di dalam kokpit kendaraaan tempur. Mwu memiliki kemampuan hebat yang menurut para Coordinator, terlalu hebat untuk Natural. Mwu punya hubungan khusus dengan atasannya, Murrue Ramius. Mwu mungkin adalah pembawa keceriaan bagi Murrue, yang kadang stress dalam menjalankan tugasnya. Mwu tewas ketika menahan Lohengrin dari Dominion yang ditembakan Azrael untuk melindungi Archangel dengan Strike Gundam yang dalam keadaan kritis setelah berduel dengan Le Klueze yang menggunakan ZGMF-X13A Providence Gundam.
    • Flay Allster (kru Archangel, menjadi kru Dominion, Natural)
      Gadis penakut ini menaruh dendam pada Coordinator, karena mereka menyerang kapal sipil yang menyebabkan ayahnya, George Allster, tewas. Awalnya, baginya Kira hanya 'mainan' atau bodyguard baginya. Namun seiring berjalannya waktu, dia malah semakin terikat dengan Kira.
      Mantan pacar Sai Argyle ini sebenarnya hanya takut, takut akan kematian. Dia selalu merindukan orang yang bisa melindunginya, salah-satunya mungkin Kira. Pada akhirnya, dia bisa membulatkan tekadnya sendiri sebelum saat kematiannya.
    • Natarle Badgiruel (wakil kapten Archangel, menjadi kapten Dominion, Natural)
      Wakil kapten Archangel ini kadang malah terlihat lebih tegas dan keras dibanding Murrue sendiri, tak peduli hal itu salah secara nurani, dia tetap menjalankan tugas yang diembannya.
      Setelah Archangel dikabarkan hilang dalam peristiwa penghancuran pangkalan militer JOSH-A di Alaska, Natarle berangkat bersama Multa Azrael menuju pangkalan militer di bulan dan bergabung dengan Kapal kembaran Archangel, Dominion.
      Natarle terjebak dalam keputusan sulit saat menemukan Archangel adalah sekutu Orb, musuh OMNI. Dalam situasi seperti itu dia sering beradu mulut dengan Azrael yang dalam statusnya adalah atasan Natarle. Natarle agaknya cemburu dengan hubungan antara Mwu dan Murrue, namun sikapnya sendiri membuatnya sulit manunjukkan perasaannya.
    • Sai Argyle (kru Archangel, Warga Helopolis/Orb, Natural)
      Pacar Flay Allster, agaknya ia shock saat mengetahui bahwa Flay menyukai Kira.
    • Miriallia Haww (kru Archangel, Warga Heliopolis/Orb, sebagai CIC/Combat Information Center, Natural)
    • Tolle Koenig (kru Archangel, Natural, Warga Heliopolis/Orb, meninggal akibat terkena perisai GAT-X303 Aegis Gundam milik Athrun Zala saat menaiki pesawat tempur FX-550 Sky Grasper)
    • Kuzzey Buskirk (kru Archangel, Natural, mengundurkan diri dari Archangel saat Orb diserang oleh Earth Alliance)
      Salah satu orang sipil Heliopolis (dan teman Kira Yamato) yang mendaftarkan dirinya ke Archangel, sebagai Combat Information Center (CIC). Pada saat awal-awal cerita Gundam SEED, Kuzzey hidup secara damai di Heliopolis dengan semua keluarganya, dan teman-temannya (Kira, Tolle, Miriallia, dan Ssigh). Tapi, kehidupannya yang tenang tersebut terganggu saat koloni tempatnya berdiam diserang oleh pasukan ZAFT untuk mencuri mobile suit milik Earth Alliance yang secara diam-diam dikembangkan di sana. Ketika Kira menjadi pilot GAT-X105 Strike Gundam, Kuzzey dan teman-temannya pun membantu Archangel menjadi operator workstation di situ. Ia adalah orang yang kurang percaya diri dan kadang terkesan penakut, apalagi ketika terjadi serangan terhadap Archangel. Akhirnya, setelah Archangel keluar dari Earth Alliance, ia pun keluar dari Archangel, meskipun Orb, negaranya sendiri, diserang oleh pasukan Earth Alliance.
    • Kojiro Murdoch (kru Archangel, kepala mekanik Archangel, membelot ke Orb, Natural)
      Kojiro Murdoch adalah seorang mekanik yang sangat ahli, dan bertindak sebagai kepala engineer di dalam Archangel yang bertugas untuk menyuplai baterai untuk mobile suit dan tentu saja kerusakan Archangel akibat serangan musuh. Orang ini, karena sudah berumur tua, memiliki figur kebapakan. Dia juga sering bercanda untuk mengurangi ketegangan yang terjadi akibat perang yang berlangsung, apalagi ketika Archangel diserang musuh. Ia juga terkesan protektif terhadap perangkat perang yang terdapat di dalam Archangel (khususnya FX-550 Skygrasper), dan sering memarahi orang yang belum berpengalaman yang mengendarainya (seperti Tolle Koenig atau Cagalli Yula Athha).
    • Jacky Tonomura (kru Archangel, membelot ke Orb, Natural)
    • Arnold Neumann (kru Archangel, membelot ke Orb, pilot Archangel, Natural)
      Merupakan orang yang bertanggung jawab dalam mempiloti Archangel. Pada saat perang kedua berlangsung, ia kembali lagi menjadi pilot Archangel.
    • Dalida Lolaha Chandra II (kru Archangel, membelot ke Orb, Natural)
      Chandra bekerja sama dengan Ssigh Argyle di dalam Archangel menjadi Combat Information Center (CIC), untuk mengatur salah satu workstation di dalmnya. Selain itu, ia juga bertanggung jawab untuk mengatur para sukarelawan yang mau membantu Archangel.
    • Multa Azrael (Pemimpin Blue Cosmos, kru Dominion, Natural)
      Pemimpin dari kelompok anti-coordinator , Blue Cosmos. Tewas terbunuh bersama Natarle Badgiruel di kapal perang Dominion
    • Clotho Buer (kru Dominion, pilot GAT-X370 Raider Gundam, Natural/Extended)
    • Shani Andras (kru Dominion, pilot GAT-X252 Forbidden Gundam, Natural/Extended)
    • Orga Sabnak (kru Dominion, pilot GAT-X131 Calamity Gundam, Natural/Extended)
  • Pihak ZAFT:
    • Athrun Zala (pilot GAT-X303 Aegis Gundam, pilot ZMGF-X09A Justice Gundam, pasukan Jas Merah ZAFT, membelot ke Orb, Coordinator)
      Athrun yang kelihatan lebih cool, malah lebih 'panas' dari Kira. Athrun berperang dengan tujuan mengabdi pada negara, dan mungkin membalas dendam atas kehancuran Junius Seven yang turut menewaskan ibunya, Lenora Zala. Sahabat Kira ini langsung marah ketika tahu Kira memihak pasukan bumi, dan saat setelah kematian Nicol Amalfi, dia membunuh Tolle Koenig dan membuat Kira marah.
      Statusnya sendiri adalah tunangan Lacus Clyne, dan mereka merencanakan akan menikah. Tapi hubungan ini sepertinya terlihat casual dan lebih seperti sahabat, bahkan Athrun tidak cemburu melihat kedekatan Lacus dengan Kira. Athrun malah menyukai Cagalli Yula Attha sejak saat itu.
    • Aisha (wakil kapten ZAFT, pacar Andrew Waltfeld, Coordinator)
    • Andrew Waltfeld (kapten ZAFT, pilot TMF/A-803 LaGOWE, menjadi kapten kapal Eternal serta membelot ke Orb setelah merebut kapal Eternal dan dikalahkan Kira Yamato, Coordinator)
      Dijuluki sebagai "Harimau Padang Pasir "(砂漠の虎 Sabaku no Tora), karena keahliannya menggunakan mobile suit yang berbentuk harimau.
    • Dearka Elthman (pilot GAT-X103 Buster Gundam, membelot ke Orb, pasukan Jas Merah ZAFT, Coordinator)
    • Martin DaCosta (pasukan kepercayaan Andrew Waltfeld, pasukan jas hijau ZAFT, Coordinator)
    • Lacus Clyne (bukan pasukan ZAFT, Coordinator, membelot ke Orb setelah merebut kapal Eternal)
      Gadis ini adalah seorang diva pop, putri Siegel Clyne (pendiri Zodiac Alliance, bersamaan dengan Patrick Zala), dan tunangan Athrun Zala. Selalu berjuang atas nama perdamaian dan berusaha mengajak agar peperangan ini diakhiri saja. Polos dan lugu, kadang tak bisa membedakan teman dan 'orang khusus'. Bisa dibilang, pengaruhnya sangat kuat bagi PLANT.
      Meski merupakan tunangan Athrun Zala, Lacus malah menyukai Kira, dan selalu berusaha mengobati luka hati Kira akibat perang. Lacus juga yang secara tidak langsung memberitahu Kira siapa yang sebenarnya Musuh dan harus mereka perangi. Lacus berkhianat pada ZAFT dengan memberikan ZGMF-X10A Freedom Gundam pada Kira dan mencuri kapal tempur Eternal.
    • Nicol Amalfi (pilot GAT-X207 Blitz Gundam, pasukan Jas Merah ZAFT, meninggal tertebas Sword Strike Gundam, Coordinator)
    • Miguel Aiman (teman Athrun Zala, Dearka Elthman, Yzak Jule dan Nicol Amalfi, Coordinator)
    • Patrick Zala (Presiden ZAFT, ayah Athrun Zala, Coordinator)
    • Raww Le Klueze (kapten ZAFT, musuh utama, pilot ZGMF-X13A Providence Gundam, Kloning dari Al-Da Fllaga (ayah dari Mwu la Fllaga))
    • Yzak Jule (pilot GAT-X102 Duel Gundam, pasukan Jas Merah ZAFT, Coordinator)
  • Pihak Orb:
    • Ledonir Kisaka (bodyguard Cagalli Yula Athha, menjadi kapten Kusanagi, Natural)
      Adalah seorang perwira militer Orb, yang merupakan orang dari suku Tatsil yang dibantu oleh Archangel saat bertempur di padang gurun pasir dalam memerangi Andrew Waltfeld yang masih merupakan kapten ZAFT.
    • Cagalli Yula Athha (putri angkat pemimpin Orb, menjadi wakil kapten Kusanagi, saudara kembar Kira Yamato, Natural)
      Gadis tomboi dan keras ini memiliki harapan yang besar dalam mengakhiri peperangan dengan caranya sendiri, dia selalu ingin bisa merasa berguna dan bisa membantu orang lain, sekalipun dia tak akan mampu melakukannya. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan keberanian yang luar biasa untuk seorang gadis seusianya, kurang peduli pada penampilan. Sempat menaruh perhatian pada Kira, namun mungkin berakhir ketika dia mengetahui kebenaran bahwa dia bukan anak Uzumi dan dia adalah kembaran Kira.
      Selanjutnya, Seiring perkembangan hubungan antar tokoh, Cagalli terlihat lebih pendiam dan bijak, namun percaya diri dan kecerobohannya tidak ada yang berubah. Selanjutnya, dia menyukai Athrun Zala.
    • Erica Simmons (pemimpin riset dalam Morgan Raete, Coordinator)
      Seorang engineer yang bekerja di Morganraete, yang bertanggung jawab dalam mengembangkan beberapa Mobile Suit, termasuk di antaranya adalah G Armament milik Earth Alliance (Strike, Duel, Buster, Aegis serta Blitz) dan MBF-M1 M1 Astray. Meskipun ia seorang Coordinator, ia menyembunyikan hal ini.
      Ia gagal dalam mengembangkan sistem operasi yang mengizinkan Natural untuk menggunakan mobile suit sebaik Coordinator, hingga kedatangan Kira Yamato dan Archangel yang membantunya meningkatkan kinerja sistem operasi tersebut, untuk M1 Astray.
      Setelah Strike dihancurkan oleh fungsi self-destruct-nya Aegis, ia kemudian merekonstruksi ulang Strike, tapi menggunakan sistem operasi yang dibuat olehnya, hingga Strike pun dapat digunakan oleh Natural dan kemudian Mwu La Fllaga pun terjun menjadi pilotnya. Ia juga membuat Strike Rouge di atas Kusanagi sebelum perang berakhir, dengan menyatukan beberapa spare-part untuk kemudian digunakan oleh Cagalli Yula Athha. Ia adalah salah satu orang yang loyal terhadap Cagalli dan ayahnya, Uzumi Nala Athha.
    • Uzumi Nala Athha (pemimpin Orb, ayah asuh Cagalli Yula Athha, meninggal setelah membakar Orb, Natural)
      Seorang pemimpin bangsa yang sangat idealis. Untuk mencegah para pasukan Earth Alliance memperoleh mass driver milik Orb, orang ini rela kehilangan nyawanya dengan membakar dirinya dan menghancurkan mass driver (ia takut, jika mass driver tersebut diambil alih oleh musuh, mass driver tersebut digunakan untuk mengirimkan pasukan besar-besaran untuk menyerang PLANT). Setelah menghancurkan mass driver Orb, pasukan Earth Alliance pun tidak menyerang Orb lagi, karena memang pasukan Earth Alliance menghendaki untuk memiliki mass driver, dan sebagai alternatifnya, mereka pun menyerang pangkalan militer Victoria yang juga memiliki mass driver.
    • Asagi Caldwell (pilot MBF-M1 M1 Astray, Natural, warga Orb)
      Pemimpin dari skuadron M1 Astray di dalam kapal perang luar angkasa Kusanagi. Ia juga salah satu pilot penguji M1 Astray, yang menggunakan sistem operasi natural yang oleh Kira dikembangkan menjadi lebih baik. Pada saat akhir perang Valentine Berdarah pertama, 26 September CE 71, ia terbunuh di Jachin Due.
    • Mayura Labatt (pilot MBF-M1 M1 Astray, Natural, warga Orb)
      Salah satu pilot dan pilot penguji mobile suit M1 Astray di dalam kapal perang Kusanagi. Pada saat akhir perang Valentine Berdarah pertama, 26 September CE 71, ia terbunuh oleh ZMGF-600 GuAIZ di Jachin Due.
    • Juri Wu Nien (pilot MBF-M1 M1 Astray, Natural, warga Orb)
      Salah satu pilot dan pilot penguji mobile suit M1 Astray di dalam kapal perang Kusanagi. Pada saat akhir perang Valentine Berdarah pertama, 26 September CE 71, ia terbunuh oleh GAT-01 Strike Dagger di Jachin Due.


Lagu[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Episode 26 dari Gundam SEED