Mobile Suit Gundam AGE

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mobile Suit Gundam AGE
機動戦士ガンダムAGE
(Kidō Senshi Gandamu AGE)
Genre Aksi, Drama, Mecha
Anime
Sutradara  Susumu Yamaguchi
Penulis  Akihiro Hino
Penggubah  Kei Yoshikawa
Studio Sunrise
Rilis 9 Oktober, 2011 – sekarang
Manga
Mobile Suit Gundam AGE: Story of the Beginning
Pengarang  Hiroshi Nakanishi
Penerbit  Shogakukan
Demografi Shōnen
Majalah Weekly Shonen Sunday
Tanggal Terbit October 2011 – sekarang
Manga
Mobile Suit Gundam AGE: First Evolution
Pengarang  Hiyon Katsuragi
Penerbit  Kadokawa
Demografi Shōnen
Majalah Gundam Ace
Tanggal Terbit December 2011 – sekarang
Manga
Mobile Suit Gundam AGE: Treasure Star
Pengarang  Masanori Yoshida
Penerbit  Shogakukan
Demografi Shōnen
Majalah CoroCoro Comic
Tanggal Terbit October 2011 – sekarang
Portal Anime dan Manga

Mobile Suit Gundam AGE (機動戦士ガンダムAGE Kidō Senshi Gandamu Eiji?) adalah serial anime fiksi ilmiah tahun 2011 dan merupakan kelanjutan ke-12 dari saga serial Gundam. Seri ini pertama kali diumumkan pada edisi bulan Juli majalah CoroCoro Comic dari Shogakukan, dan penanggung jawab ceritanya adalah Presiden dari perusahaan game Level-5, Akihiro Hino.[1]

Gundam AGE mengambil latar belakang pada masa depan di mana terjadi perang luar angkasa yang sudah berlangsung selama hampir satu abad. Ketiga tokoh utamanya merupakan tiga generasi berbeda dari keluarga yang sama, masing-masing mempiloti Gundam yang berbeda tiap generasi dan bertempur untuk mempertahankan pihak bumi dan koloni-koloni luar angkasa milik bumi lainnya dari pihak musuh yang memiliki teknologi lebih canggih dibanding milik pihak bumi.

Secara resmi diumumkan oleh Bandai pada 13 Juni 2011 saat acara Tokyo Toy Show 2011. Gundam AGE disiarkan oleh stasiun TV MBS and TBS di Jepang pada 9 Oktober 2011.[2]

Plot[sunting | sunting sumber]

Cerita dari Gundam AGE terbagi menjadi tiga kisah, masing-masing memiliki tokoh utama yang berbeda dari keluarga Asuno. Sistem penanggalan yang dipakai pada Gundam AGE adalah menggunakan tahun "Advanced Generation (A.G.)"

Flit Asuno (A.G 115)[sunting | sunting sumber]

A.G. 101, makhluk misterius yang disebut sebagai "UE", atau "Unknown Enemy" (Musuh Tak Diketahui), menyerang dan menghancurkan koloni luar angkasa Angel. Serangan ini dinamakan "The Day the Angel Fell" ("Hari Jatuhnya Angel/Malaikat"), dan menandai dimulainya "Perang Seratus Tahun".

Kisah Flit dimulai pada A.G. 108 saat UE menyerang koloni luar angkasa Ovan, di mana Flit Asuno tinggal setelah ia berhasil menyelamatkan diri dari Angel sebelum dihancurkan. Sesaat sebelum ibu dari Flit terbunuh UE, ia memberikan Flit sebuah benda bernama AGE Device, di mana di dalamnya terdapat cetak biru rancangan sebuah senjata penyelamat dari masa lalu yang dinamakan "Gundam". Dari cetak biru tersebut, Flit menghabiskan beberapa tahun kemudian dengan mempelajari engineering di markas Earth Federation (Federasi Bumi) di koloni luar angkasa Nora dan mendesain Gundam AGE-1.

Tujuh tahun kemudian, pada A.G. 115, Flit berhasil menyelesaikan Gundam AGE-1 "Normal", tepat di saat UE menyerang Nora, dan menggunakannya untuk membantu kru kapal tempur Federasi, "Diva" dalam mengevakuasi seluruh penduduk Nora sebelum koloni itu hancur. Dengan tekad yang kuat setelah UE menghancurkan kampung halamannya dua kali, Flit bersedia menjadi anggota regu pilot Mobile Suit Diva, dengan menggunakan Gundam miliknya.

Setelah mengumpulkan bala bantuan dan kekuatan militer yang cukup untuk melakukan serangan, kru Diva dan sekutu mereka melancarkan sebuah serangan yang berhasil menghancurkan benteng rahasia UE di asteroid Ambat. Di sana, mereka mengetahui bahwa "UE" sebenarnya adalah keturunan dari para anggota misi kolonisasi planet Mars yang gagal, dan akhirnya ditinggalkan begitu saja oleh pasukan Federasi Bumi. Mereka akhirnya membentuk bangsa mereka sendiri di planet tersebut, yang dinamakan "Vagan".

Asemu Asuno (A.G 140-151)[sunting | sunting sumber]

Selama 25 tahun setelah Pertempuran Ambat, perang antara Federasi dan Vagan semakin berkecamuk dengan tidak adanya tanda-tanda akan berakhir dikarenakan masing-masing pihak tidak ada yang menyetujui diadakannya perjanjian perdamaian. Flit yang sudah menikah dan memiliki 2 orang anak, sekarang adalah komandan pasukan Bumi dan bertekad untuk menghancurkan Vagan. Ia memutuskan sudah saatnya untuk anak laki-lakinya; Asemu, untuk meneruskan jejaknya menjadi pilot Gundam dan memberinya AGE Device pada ulang tahunnya yang ke-17. Setelah berhasil mempertahankan koloninya dari serangan Vagan dengan AGE-1, Asemu mendaftar ke militer dan seperti ayahnya, ia bergabung dengan regu pilot Mobile Suit Diva, menggunakan unit penerus dari AGE-1, Gundam AGE-2.

Di bawah perintah Flit, pasukan Federasi, dengan Asemu serta kru Diva sebagai ujung tombaknya, berhasil menghentikan beberapa usaha Vagan untuk memajukan langkah mereka dalam menginvasi bumi. Flit juga berhasil untuk mengungkap konspirasi besar meliputi pihak-pihak korup yang bersekongkol dengan Vagan, dan memulai pergantian kekuasaan besar-besaran di bumi.

Sepuluh tahun kemudian, sesaat setelah kelahiran anaknya; Kio, Asemu pergi untuk melaksanakan misi terakhirnya yang berakhir dengan hilangnya dirinya, meskipun AGE Device miliknya sudah dipercayakan dan diberikan kepada Kio.

Kio Asuno (A.G 164)[sunting | sunting sumber]

Setelah mengirimkan banyak agen rahasia di seluruh dunia, Vagan meluncurkan serangan tiba-tiba yang akhirnya membawa perang berkobar di bumi. Untuk mengatasi invasi tersebut, Flit mengaktifkan ciptaan terakhirnya, Gundam AGE-3 dan mempercayakannya kepada Kio. Sama seperti ayah dan kakeknya, Kio bergabung dengan Diva yang telah diaktifkan kembali sebagai bagian dari regu pilot Mobile Suit dalam rangka menghadapi Vagan.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pengembangan dari Mobile Suit Gundam AGE dimulai ketika Akihiro Hino dan Level-5 diminta oleh Sunrise untuk membuat sebuah video game Gundam. Tertarik bekerja dengan franchise Gundam, Hino menulis skenario untuk anime yang kemudian dibaca oleh Bandai dan menyetujui untuk dibuat sebuah anime berdasarkan skenario miliknya.[3] Skripnya kemudian diizinkan dan diumumkan dalam edisi CoroCoro Comic bulan Juli.

Staf di balik Gundam AGE sama dengan anggota staf yang menciptakan seri sebelumnya, Mobile Suit Gundam 00 (terkecuali Seiji Mizushima). Susumu Yamaguchi (Mobile Suit Gundam 0083: Stardust Memory, Sersan Keroro) bertanggung jawab sebagai sutradara seri ini. Michinori Chiba and Takuzō Nagano masing-masing bertanggung jawab sebagai desain karakter sementara Kanetake Ebikawa, Junya Ishigaki, and Kenji Teraoka bertanggung jawab sebagai desain mekanik.[4]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Mobile Suit Gundam AGE ditayangkan perdana pada 9 Oktober 2011 di saluran stasiun televisi terestrial Mainichi Broadcasting System (MBS) dan Tokyo Broadcasting System (TBS) setiap hari Minggu pukul 17:00.

Musik[sunting | sunting sumber]

Musik dalam serial ini disusun oleh Kei Yoshikawa, dikenal setelah menyusun beberapa musik untuk anime Basquash!.

Lagu opening pertama, Asu e (明日へ Untuk Hari Esok?) oleh Galileo Galilei dan penutupnya, Kimi no Naka no Eiyū (君の中の英雄 Pahlawan di Dalam Dirimu?) oleh Minami Kuribayashi digunakan dari episode 1-15. Dari episode 16-28, sharp# oleh NEGOTO dan My World oleh SPYAIR digunakan sebagai lagu pembuka dan penutup. Mulai dari episode 29, lagu openingnya adalah REAL oleh ViViD, dan lagu penutupnya adalah White Justice oleh Faylan.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Dua manga adaptasi Gundam AGE telah diterbitkan. Mobile Suit Gundam AGE: Story of the Beginning (機動戦士ガンダムAGE 〜始まりの物語〜 Kidō Senshi Gandamu Eiji: Hajimari no Monogatari?) oleh Hiroshi Nakanishi diterbitkan dalam majalah Weekly Shonen Sunday oleh Shogakukan. Cerita 2 bagian ini mengadaptasi cerita permulaan Gundam AGE dan menonjolkan perbedaan AGE System dari versi animenya. Dalam Mobile Suit Gundam AGE: Story of the Beginning, AGE-1 tak menggunakan AGE Builder, namun mampu menganalisis peralatan di sekitar yang sesuai untuk digunakan dalam situasi pertempuran yang dihadapi. Adaptasi yang lainnya diterbitkan dalam majalah komik Gundam Ace oleh Kadokawa, berjudul Mobile Suit Gundam AGE: First Evolution, yang digambar oleh Hiyon Katsuragi dan diserialkan dalam edisi Desember 2011.

Sebanyak dua manga sampingan juga sudah diumumkan. Yang pertama berjudul Mobile Suit Gundam AGE: Treasure Star. Ditulis dan digambar oleh Masanori Yoshida dan diserialkan dalam CoroCoro Comic, bercerita tentang sekelompok petualang mengelilingi luar angkasa di dalam kapal yang bernama "Treasure Star". Manga sampingan yang kedua berjudul Mobile Suit Gundam AGE: Memories of Sid saat ini diserialkan dalam Shōnen Sunday Super. Digambar oleh Hiroshi Nakanishi, ceritanya berlangsung sesaat sebelum kisah generasi ketiga (Kio), menjelaskan hilangnya Asemu secara tiba-tiba dalam misi terakhirnya: ia memalsukan kematiannya dan bergabung dengan kelompok perompak luar angkasa bernama "Visidian".

Model dan mainan[sunting | sunting sumber]

Selama acara pengumuman, Bandai menampilkan beberapa model dan mainan pertama dari Gundam AGE dalam display di Tokyo Toy Show 2011. Beberapa di antaranya adalah model ukuran besar 1/48 dari Gundam AGE-1 "Normal"[5] dan beberapa model tipe High Grade (HG) skala 1/144 dari Mobile Suit lainnya dari Gundam AGE. Versi HG dari Gundam AGE-1 "Normal" pertama kali diluncurkan pada September 2011 sementara Genoace, Genoace Custom, Baqto, Zedas, Garfan, Gundam AGE-1 "Titus" and Gundam AGE-1 "Spallow" akan diluncurkan pada tanggal yang berbeda. Disamping model HG, Bandai juga merilis GB (Gage-ing Builder) grade models dari AGE-1 "Normal", AGE-1 "Titus", AGE-1 "Sparrow", Genoace dan Garfan yang diluncurkan antara September dan Desember 2011. Mainan GB Skala 1/100 GB dari tipe yang sama juga akan dirilis di sekitar waktu yang sama. Bandai juga merencanakan akan meluncurkan tipe Master Grade (MG) dari Gundam AGE-1 "Normal", dalam waktu yang akan ditentukan. Kemunculan Gundam AGE dalam jajaran Robot Spirits juga mengkonfirmasi perilisan resmi dari Gundam AGE-1 "Normal" pada Desember 2011. Keduanya, Genoace Custom dan Gundam AGE-1 "Normal" juga dikonfirmasi akan diluncurkan sebagai bagian dari jajaran FW Gundam Converge pada November 2011.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Mobile Suit Gundam: Tri Age adalah permainan kartu Data Carddass dan juga merupakan permainan arkade yang dikembangkan masing-masing oleh Level-5 dan Bandai-Namco. Permainan ini menggunakan kartu juga sensor di dalam model kit Gage-ing Builder. Beberapa karakter dan unit dari serial Gundam AGE ini juga akan muncul dalam permainan SD Gundam G Generation 3D.

Mobile Suit Gundam AGE adalah RPG oleh Level-5 untuk platform PlayStation Portable. Permainan ini akan dirilis pada musim panas 2012.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Anime News Network: Level 5 to Help Create Gundam AGE Anime This Fall (Updated)". Diakses June 10, 2011. 
  2. ^ "機動戦士ガンダムAGE 公式サイト". Sunrise-anime.jp. Diakses 2012-02-18. 
  3. ^ Gantayat, Anoop (June 15, 2011). "How Level-5 got its hands on the Gundam license". Andriasang. Diakses June 16, 2011. 
  4. ^ "Sgt. Frog's Susumu Yamaguchi to Direct Gundam AGE (Updated) - News". Anime News Network. 2012-02-14. Diakses 2012-02-18. 
  5. ^ "P(Review) Mega Size Model 1/48 Gundam AGE-1 Normal, No.13 Wallpaper Size Images". gunjap. 2012-02-14. Diakses 2012-02-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh:
Model Suit Gunpla Builders Beginning G
Serial Gundam Saga
2011-2012
Diteruskan oleh:
N/A
Didahului oleh:
None
Advanced Generation
A.G 115,140-42,164
Diteruskan oleh:
None