Mobile Suit Gundam 00

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mobile Suit Gundam 00
Gundam 00 DVD Volume 1.jpg
Genre Drama, Mecha, Science fiction
Anime
Season 1
Sutradara  Seiji Mizushima
Penulis  Yōsuke Kuroda
Studio Sunrise
Pelisensi  Bendera Jepang Bandai Visual
Bendera KanadaBendera Amerika Serikat Bandai Entertainment
Anime
Season 2
Studio Sunrise
Pelisensi  Bendera Jepang Bandai Visual
Permainan
Mobile Suit Gundam 00
Pengembang Beck
Genre Action, Anime Robot
Rating CERO A
Platform Nintendo DS
Rilis 27 Maret 2008
Permainan
Mobile Suit Gundam 00: Gundam Meisters
Pengembang Yuke's
Genre Action, Anime Robot
Rating A (CERO)
Platform Sony PlayStation 2
Rilis 16 Oktober 2008
Portal Anime dan Manga

Mobile Suit Gundam 00 (機動戦士ガンダム00 Kidō Senshi Gandamu Daburuō) merupakan sebuah anime serial televisi terbaru dari seri Gundam yang telah lama beredar. Serial ini mulai diluncurkan pada tanggal 6 Oktober 2007 di stasiun televisi MBS dan TBS, pada hari Sabtu pukul 18:00 (waktu Jepang), menggantikan Terra e.... Anime ini disutradarai oleh Seiji Mizushima dan ditulis oleh by Yōsuke Kuroda, sementara karakter dalam anime tersebut didesain oleh Yun Kōga.

Serial ini pertama kali diumumkan oleh Sunrise dengan sebuah trailer berdurasi 15 detik, yang mengudara pada saat Terra e... ditayangkan pada tanggal 2 Juni 2007. Season kedua ditayangkan mulai tanggal 5 Oktober 2008, setelah berakhirnya season kedua Code Geass.

Mobile Suit Gundam 00 adalah anime Gundam pertama yang memiliki animasi dalam format definisi tinggi (high-definition), dan serial Gundam pertama yang menggunakan kronologisasi timeline dunia nyata, Anno Domini.

Plot[sunting | sunting sumber]

Serial ini mengambil waktu pada tahun 2307 Anno Domini (AD), dan menggunakan kalender Gregorian. Selama waktu itu, bahan bakar fosil telah habis digunakan dan distribusi bahan bakar menjadi tidak lagi seimbang. Manusia yang hidup saat itu harus menggantungkan dirinya pada sekumpulan sistem pembangkit tenaga yang mengorbit di atas Bumi, dan ditopang oleh tiga elevator orbit, yang setiap elevator menandakan salah satu dari tiga kekuatan besar di planet Bumi, yakni:

  • Union of Solar Energy and Free Nations (世界経済連合 sekaikeizairengō, disingkat menjadi ユニオン Union, diterjemahkan seccara literal menjadi World Economy Union/Perserikatan Ekonomi Dunia) terdiri atas Organisasi negara-negara di Benua Amerika, Australasia, dan Jepang, yang mengontrol elevator yang terletak di Amerika Selatan.
  • Human Reform League (人類革新連盟 Jinrui Kakushin Renmei, disingkat menjadi 人革連 Jinkakuren, diterjemahkan secara literal menjadi Human Reform Alliance/Aliansi Perubahan Manusia), yang terdiri atas China, India, Rusia (sebelah timur Pegunungan Ural), Mongolia, ASEAN, Papua Nugini, Semenanjung Korea, Indonesia, Taiwan dan Sri Lanka, mengontrol elevator yang dibangun di atas Samudra Pasifik.
  • Advanced European Union (AEU), yang terdiri dari negara-negara anggota Uni Eropa, mengatur elevator yang dibangun di tengah-tengah Benua Afrika.

Pada akhirnya, negara-negara Timur Tengah yang mengklaim negaranya sebagai "The Promised Land of God"(atau lebih tepatnya negara penghasil minyak) mulai terkena imbas yang sangat memperburuk situasi di sana. Berkat adanya sumber energi yang berasal dari elevator orbit tersebut, maka para negara penghasil minyak khususnya negara Timur Tengah mulai diembargo, sehingga mereka mulai melawan para reformis yang melawan hukum "The Promised Land of God".

Dengan sumber energi yang tidak terbatas yang hanya dapat menguntungkan tiga kekuatan besar di atas, terjadilah perang berkepanjangan di seantero Bumi, hanya untuk memperoleh bahan bakar dan energi yang akhirnya mengarah pada pembentukan sebuah organisasi militer pribadi, yang disebut dengan Celestial Being (ソレスタルビーイング, Soresutaru Biingu), yang dibentuk untuk "menghapus" segala macam bentuk perang di muka bumi dengan menggunakan mobile suit humanoid yang bernama GUNDAM.

Empat orang pilot mobile suit, yang disebut sebagai Gundam Meister (ガンダムマイスター Gandamu Maisutā atau tepatnya Master of Gundam), yang bekerja pada Celestial Being. Pemeran utamanya adalah Setsuna F. Seiei (刹那・F・セイエイ), seorang remaja pendiam berusia 16 tahun yang dibesarkan di Timur Tengah yang menjadi Gundam Meister selama dua tahun. Ia menaiki GN-001 Gundam Exia, sebuah mobile suit yang berkemampuan bertarung di dalam pertarungan jarak dekat. Para Gundam Meister nantinya akan berhadapan dengan para musuh yang merupakan pilot berpengalaman, seorang diantaranya adalah Ali-Al Saachez, seorang tentara bayaran yang bertanggung jawab atas kematian keluarga Setsuna F Seiei dan Lockon Stratos.

Kesan[sunting | sunting sumber]

Setelah pertama kali diluncurkan pratayang Gundam 00 pada tanggal 1 September 2007, Anime News Network memberi komentar "striking parallels" antara seri ini dan seri sebelumnya, Mobile Suit Gundam Wing (1995). Ini juga merupakan serial Gundam pertama yang menerapkan cerita pasca insiden 9/11, mengingat dalam serial ini terdapat lumayan banyak kasus teroris dan banyak memiliki rasa politik yang "tebal".

Staf-staf Produksi[sunting | sunting sumber]

  • Planning: Sunrise
  • Konsep Orisinal: Hajime Yatate, Yoshiyuki Tomino
  • Series composition and script: Yōsuke Kuroda
  • Desain karakter orisinal: Yun Kōga
  • Desain animasi karakter: Michinori Chiba
  • Desain mecha: Kanetake Ebikawa, Takayuki Yanase, Kunio Okawara, Seiichi Nakatani
  • Desain konsep mecha: Hitoshi Fukuchi, Kenji Teraoka, Nobuto Sue
  • Desain animasi mecha: Seiichi Nakatani
  • Penata Suara: Masafumi Mima
  • Penata Musik: Kenji Kawai
  • Setting cooperation: Isaku Okabe
  • Produser eksekutif: Seiji Takeda (Mainichi Broadcasting System), Yasuo Miyakawa (Sunrise)
  • Produser: Hirō Maruyama (Mainichi Broadcasting System), Hirōmi Iketani (Sunrise), Shin Sasaki (Sunrise)
  • Sutradara: Seiji Mizushima
  • Production cooperation: Sotsu
  • Rumah Produksi: Sunrise, Mainichi Broadcasting System

Para Pemeran[sunting | sunting sumber]

Lagu Tema[sunting | sunting sumber]

Opening/OP:

  1. "Daybreak's Bell" oleh L'Arc-en-Ciel (episode 1-13)
  2. "Ash Like Snow" oleh the brilliant green (episode 14-25)
  3. "Hakanaku Mo Towa No Kanashi" oleh UVERworld season 2 (episode 01-13)
  4. "Namida no mukou" olehStereo Pony season 2 (episode 14-25)

Ending/ED:

  1. "Wana" (罠 diterjemahkan secara literal menjadi "The Trap"/Jebakan) oleh The Back Horn (episode 1-13)
  2. "Friends" oleh Stephanie (episode 14-24)
  3. "Daybreak's Bell" oleh L'Arc-en-Ciel (episode 25)
  4. "Prototype" oleh Ishikawa Chiaki (episode 01-13)
  5. "Trust You" oleh Yuna Ito season 2 (episode 14-25)

Insert Song

  1. "LOVE TODAY" oleh Taja (episode 19 dan 24)
  2. "Unlimited Sky"oleh [[Tommy Heavenly6]] (episode 7,18,22)
  3. "Tomorrow" oleh Tsunematsu Ayumi