Setsuna F. Seiei

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Setsuna F Seiei
Karakter Mobile Suit Gundam 00
Setsuna F Seiei.JPG
Setsuna Fanron Seiei
Penampilan pertama Episode 1, Celestial Being
Pengisi suara Mamoru Miyano
Yuka Nishigaki (saat anak-anak)
Profil
Lahir 7 April 2291
Nama lain Soran Ibrahim (nama asli)
Kamal Majrif
Usia 16 tahun (season 1)
21 tahun (season 2)
Kebangsaan Republik Kurdi
Keluarga Ibu (wafat)
Ayah(wafat)
Informasi
Kelompok Celestial Being
Pangkat Gundam Meister
Mobile suit GN-001 Gundam Exia
GN-001/hsA01 Gundam Avalanche Exia
GN-001RI Gundam Exia Repair I
GN-001RII Gundam Exia Repair II
GN-0000 00 Gundam
GN-0000/7S 00 Gundam Seven Sword
GN-0000/7SG 00 Gundam Seven Sword/Gun
GN-0000+GNR-010 Gundam 00 Raiser
GNT-0000 Gundam 00 Qan[T]

Setsuna F. Seiei (刹那・F・セイエイ Setsuna Efu Seiei?) adalah karakter fiksi serial Mobile Suit Gundam 00 yang menjadi pilot mobile suit GN-001 Gundam Exia. Suara dalam versi bahasa Jepangnya diisi oleh Mamoru Miyano (saat menjadi Setsuna F. Seiei) dan Yuka Nishigaki (saat umurnya masih lebih muda dan terlibat perang dengan Kerajaan Azadistan).

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama Setsuna F. Seiei sebenarnya bukanlah merupakan nama asli, akan tetapi hanya sebuah nama kode untuk misi-misinya di dalam organisasi Celestial Being. Ia memberitahukan kepada Marina Ismail bahwa namanya adalah Kamal Majrif, pada episode 8, pada pertemuan pertama kali mereka. Akan tetapi, saat ia menaiki Gundam Exia sebagai Gundam Meister, ia memberitahukan nama kodenya.

Nama asli Setsuna adalah Soran Ibrahim, karena pada episode 7, meskipun hanya sekilas, seorang wanita yang diyakini merupakan ibunya sendiri memanggil dirinya dengan nama tersebut, sebelum akhirnya ditembak olehnya. Selanjutnya, pada episode 19, nama sebenarnya pun dikonfirmasikan oleh Johann Trinity, pilot dari Throne Eins, sebelum akhirnya Trinity bersaudara kabur dari pertarungan dengan Exia, Virtue (waktu itu telah menjadi Nadleeh) dan Dynames. Nama Soran Ibrahim mungkin diambil dari nama seorang aktor berdarah Kurdi, Soran Ebrahim, yang bermain dalam film Turtles Can Fly.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Setsuna saat menjadi pasukan anak-anak, di bawah bendera KPSA.

Setsuna dilahirkan di Republik Kurdi. Saat perang pecah antara Republik Kurdi dan Kerajaan Azadistan, ia direkrut oleh Ali Al-Saachez ke sebuah organisasi teroris yang dikenal dengan sebutan KPSA. Beberapa waktu kemudian, untuk menunjukkan keteguhan hatinya di jalan Tuhan dan tujuan KPSA, ia dipaksa untuk membunuh orang tuanya. Akhirnya, akibat kejadian ini, Setsuna menaruh dendam yang sangat mendalam terhadap Ali. Kini pun, ia tidak percaya akan keberadaan Tuhan.

Berapa lama Setsuna bergabung dengan kelompok KPSA bersama Ali, memang belum diketahui. Akan tetapi, Setsuna memang menjadi bagian dari organisasi KPSA dan bertanggung jawab untuk kematian orang tua dan adik perempuan dari Lockon Stratos. Pada usia 12 tahun, ia pun direkrut oleh Celestial Being sebagai Gundam Meister, dan ia pun mendapatkan nama Setsuna F. Seiei sejak hari itu.

Apa yang dilakukan oleh Setsuna pada waktu empat tahun di antara akhir perang dan keikutsertaannya ke dalam organisasi Celestial Being, belum diketahui.

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Setsuna percaya bahwa perang hanya dapat dihentikan dengan konfrontasi secara langsung, dan akhirnya ia memiliki toleransi yang sangat sedikit terhadap para diplomat dan politisi, percaya bahwa "pembicaraan perdamaian" mereka hanya memperpanjang konflik dan akan menambah semakin banyak korban. Pertemuan pertama kali dirinya dengan Gundam terjadi pada saat dirinya masih kecil, yang mengakibatkan dirinya mengidolakan Gundam, seolah-olah Gundam merupakan sebuah kekuatan dewa. Ia sering bertindak secara reaktif dan beraksi berdasarkan perasaan dirinya, yang membuatnya setia pada Celestial Being. Pasca-trauma psikologis yang dialaminya di Azadistan dan dendam pribadinya dengan Ali Al-Saachez tetap berada di lubuk hatinya yang terdalam dan menjadi faktor yang memotivasi dirinya dan bahkan meningkatkan potensi pertarungannya dengan mobile suit Gundam yang ia naiki, Gundam Exia.

Meskipun dirinya cenderung sering sendirian dan memiliki memiliki kesetiaan terhadap organisasi, karakternya justru lebih terbuka terhadap siapa pun yang berada di luar organisasi Celestial Being, sebagian besar dikarenakan temperamen dan arogansi dirinya. Tieria Erde, pilot Gundam Nadleeh dan Gundam Virtue, telah menunjukkan ketidaksukaannya terhadap sikap Setsuna, dengan memiliki kepercayaan bahwa aksinya yang tergesa-gesa dapat membocorkan kode kerahasiaan antara anggota Celestial Being. Marina Ismail, Putri Azadistan, merupakan salah satu orang yang mengenal identitas Setsuna. Dalam hatinya dirinya menganggap perasaannya terhadap Gundam, meskipun memiliki risiko mengakibatkan kematian dirinya, seolah-olah perbuatan yang dilakukannya itu merupakan syahid.

Akhir Season 1[sunting | sunting sumber]

Setelah Exia menghancurkan Alvaaron (mobile suit milik duta besar PBB saat itu, Alejandro Corner) tiba-tiba muncul GN-Flag(nickname untuk Union Flag yang dimiliki Graham Aker, dengan tambahan GN Drive Tau) datang menyerang Setsuna yang masih mengambil napas. Graham yang saat itu telah bertatapan dengan Setsuna untuk kedua kalinya, ia menyatakan "kecintaannya" pada Gundam, dan ia semakin iri dengan hubungan batin antara mesin dan manusia, seperti Exia dan Setsuna. Tak lupa ia berniat membalaskan dendan kawan-kawan seperjuangannya, para pilot Union Flag, yang telah tewas. Terjadi pertarungan adu pedang antara beam-saber GN-Flag dengan GN Sword Exia hingga kepala mobile suit mereka berdua juga ikut terpotong. Tak lama setelah itu mereka berhadapan dan terjadilah tusuk-menusuk yang mengakibatkan GN-Flag dan Exia meledak.

Dikabarkan, Setsuna F Seiei akan muncul kembali di season 2, mengingat perannya sebagai karakter utama sekaligus protagonis. Ia akan mempiloti GN-001 Gundam Exia dan GN-000 00 Gundam, satu-satunya Gundam generasi keempat yang ada di serial ini. Terlihat di trailer keempat Season 2 dari acara ini, ia membawa Gundam Exia yang memiliki bagian mouthplate yang rusak dan memiliki sebuah jubah di bahu kirinya.

Season 2[sunting | sunting sumber]

Ia bertahan di sebuah koloni luar angkasa dengan para pekerja buruh yang sedang disiksa oleh para mesin android Automatom milik A-Laws. Ia menyelamatkan beberapa orang pekerja dan salah satunya adalah Saji Crossroad. Tak lama Setsuna kembali menerbangkan Exia yang telah lama rusak, melawan sejumlah GN-XIII dan Ahead milik A-Laws. Namun ia diselamatkan oleh Tieria Erde yang menerbangkan pesawat barunya, Seravee Gundam. Setelah sebuah obrolan tentang Gundam baru dengan Tieria, Saji kemudian mulai berselisih dengan Setsuna dan mengutarakan kebenciannya terhadap Celestial Being.

Setsuna sekali lagi bergabung dengan Celestial Being dan pergi ke bumi untuk mengajak Lyle Dylandy (Nyle Dylandy adalah Lockon Stratos dari season 1, saudara dari Lyle Dylandy), untuk menjadi Lockon Stratos yang baru dan bergabung di Celestial Being. Setelah Lockon bergabung, mulailah misi pertama mereka yaitu menyelamatkan Allelujah Haptism. Dan setelah berhasil mereka akan mendapatkan Gundam lamanya yang telah diupgrade untuk memulai misi baru yaitu kebenaran dari "Aeolia Schenberg Plan" dengan mencari Veda. Belakangan diketahui bahwa Setsuna adalah seorang "Genuine Innovator". dalam season ini dia menerbangkan gundam baru yaitu 00 gundam.namun dalam Gundam 00 awakening of trailblazer,dia menaiki gundam 00 qant(t)/quanta