Lockon Stratos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lockon Stratos
Tokoh Mobile Suit Gundam 00
Lockon Stratos
Penampilan
perdana
Episode 1, Celestial Being
Pengisi suaraShinichiro Miki
Biodata
AliasNeil Dylandy (nama asli)
Lyle Dylandy (nama asli saudara kembarnya, di season 2)
KerabatIbu (wafat)
Ayah(wafat)
Amy Dylandy (Adik perempuan, wafat)
KewarganegaraanIrlandia
Information
KelompokCelestial Being
PangkatGundam Meister
Mobile suitGN-002 Gundam Dynames
GN-002/DG014 Gundam Dynames Torpedo
GN-006 Cherudim Gundam
GN-006/SA Cherudim Gundam SAGA
GN-006GNHW/R Cherudim Gundam GNHW/Rifle
GN-010 Gundam Zabanya

Lockon Stratos (ロックオン・ストラトス/Rokkuon Sutoratosu) adalah salah seorang karakter fiksi di dalam serial Mobile Suit Gundam 00. Nama Lockon Stratos sendiri merupakan nama kodenya di Celestial Being, setelah sebelumnya menggunakan nama asli Neil Dylandy. Ia merupakan salah seorang Gundam Meister dan menjadi pilot GN-002 Gundam Dynames.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dilahirkan sebagai Neil Dylandy, Lockon dibesarkan di Irlandia. Ia menyaksikan kematian orang tuanya serta adik perempuannya, Amy[1] pada saat umurnya masih muda dalam sebuah serangan teroris, dan sejak saat itu ia membawa dendam mendalam terhadap teroris. Hal tersebut menjadi faktor utama dalam keinginannya untuk bergabung dengan Celestial Being, dan terus mengikuti organisasi tersebut hingga dinyatakan Missing in Action (MIA).[2]

Lockon memiliki saudara kembar bernama Lyle Dylandy, yang jarang bertegur sapa dengannya.

Lockon memiliki sebuah Haro berwarna jingga, yang membantunya mempiloti Gundam Dynames. Ia juga memiliki Haro berwarna biru, ungu, pink, dan hijau, yang bertugas merawat dan memperbaiki semua unit Gundam dan spaceship Ptolemaios.

Dalam Episode 19, Johann Trinity mengungkap Setsuna adalah salah satu anggota KPSA, sebuah organisasi yang bertanggung jawab atas kematian keluarga Lockon. Di dalam konfrontasi tersebut, Setsuna tidak membantah, bahkan Setsuna sendiri mengakui bahwa ia memang benar telah mengikuti organisasi tersebut. Lockon pada akhirnya telah mengerti, orang di balik nama KPSA ini, tak lain adalah Ali Al-Sacheez, sampai ia menaruh dendam kesumat padanya.

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Sangat mudah bergaul, itulah kesan yang ditunjukkan oleh Lockon saat ia berkomunikasi dengan para kru dan Gundam Meister lain. Karena umurnya yang paling tua di antara para meister, maka Lockon dianggap sebagai pemimpin saat melancarkan serangan dan operasi. Dari seluruh penampilannya di season 1, Lockon paling banyak menghabiskan waktu bersama Setsuna daripada meister lain. Ini karena Lockon sering ditugaskan dalam modus operandi di bumi bersama Setsuna. Ia pun menjadi "kakak" bagi Setsuna. Terbukti saat Tieria akan berangkat ke luar angkasa dengan membawa Gundam Virtue menaiki Space Elevator, Lockon membelikan Setsuna, segelas susu.

Lockon sangat tidak menyukai teroris atau semacamnya yang meneror para penduduk sipil, apalagi mengatasnamakan suatu kebenaran yang mestinya tidak perlu ditunjukkan dengan cara kekerasan. Terlebih ini menyangkut tentang masa kecilnya yang tragis, dimana seluruh keluarganya tewas akibat serangan bom yang dilancarkan oleh kelompok KPSA pimpinan Ali-Al Saachez.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Dalam suatu operasi intervensi PBB terhadap kapal Ptolemaios, Lockon terkena cedera parah akibat serangan beam-saber GN-X milik Patrick Colasour saat melindungi Gundam Virtue. Serangan tidak hanya hampir mengakibatkan hancurnya Gundam Dynames, tetapi juga melukai mata kanan Lockon. Lockon sendiri sudah diperingatkan bahwa ia harus menjalani perawatan selama 3 minggu, namun ia tetap nekat memiih untuk tetap bertarung.

Di saat serangan tentara PBB yang lain, Lockon berangkat dengan Dynames yang dilengkapi GN Arms setelah diberitahu bahwa Ali-Al Saachez juga ikut dalam tentara PBB tersebut. Lockon menghancurkan dua kapal pembawa GNX-603T GN-X milik PBB dengan senjata GN Arms. Namun serangan mendadak Ali Al-Sacheez merusak bagian belakang GN Arms hingga GN Arms meledak dan Gundam Dynames melepaskannya. Lockon mengalihkan perhatiannya dari kapal PBB ke GNW-002 Gundam Throne Zwei yang kali ini dinaiki oleh Al-Saachez. Tetapi kemudian ia dikejutkan dengan serangan bunuh diri oleh pilot dari Union, Daryl Dodge, yang manakala tengah menaiki GN-X tersebut yang sedang menuju kearah Lockon.

Ali Al-Saachez sendiri tengah memanfaatkan keadaan Lockon yang tidak bisa melihat dengan mata kanannya itu. Throne Zwei mengeluarkan GN Fang, yang menuju ke arah Gundam Dynames. Lockon tak berkutik saat mata kanannya tidak bisa melihat, dan beberapa GN Fang menghancurkan bagian kepala dan kaki Dynames. Di saat terakhir, Lockon keluar dari kokpit, sambil membawa kendali sniper yang ia hubungkan ke bagian GN Arms Cannon, sehingga ia bisa menggunakannya untuk menembak jatuh Throne Zwei. Malangnya tembakan Lockon hanya membuat lecet Throne Zwei, dan Ali Al-Sacheez membalas dengan menembak tepat ke dalam lubang peluru GN Arms Cannon, mengakibatkan Lockon terbang bebas di angkasa.

Setsuna yang baru kembali dari bumi, beranggapan tugasnya ini adalah tugas yang luar biasa gagalnya, gagal menyelamatkan Lockon Stratos. Lockon yang sedang melayang di angkasa, menatap dan mencoba menyentuh bumi. Ia bergumam bahwa ia tidak menyukai keadaan dunia saat ini.

Lockon tewas terkena ledakan GN Arms Cannon yang tertembak oleh senjata Throne Zwei. Setsuna yang saat itu hanya bisa menyaksikan kematian Lockon, histeris. Hal ini tentu membawa duka yang dalam terhadap orang-orang Celestial Being.

Gundam Dynames kembali ke Ptolemaios, bersama Haro milik Lockon.

Karakter Lockon Stratos akan kembali di season 2. Karena Neil Dylandy (nama asli Lockon Stratos di season 1) telah dipastikan tewas, maka Lockon di season 2 akan digantikan posisinya oleh saudara kembarnya, Lyle Dylandy. Ia akan menggunakan GN-006 Cherudim Gundam.

Season 2[sunting | sunting sumber]

Lyle Dylandy belum memastikan apakah ia akan menerima ajakan Setsuna untuk bergabung di Celestial Being dan menjadi pengganti saudara kembarnya.Tetapi akhirnya ia bergabung dengan menaiki gundam cherudim.

Trivia[sunting | sunting sumber]

Nama "Lockon Stratos" berasal dari kata "Lock on" (membidik) dan "stratosphere" (lapisan kedua atmosfer bumi). Lockon Stratos dapat diartikan sebagai orang yang mampu menembak hingga melewati lapisan stratospere (episode 24).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lihat Episode 23:" "The World Stopped"
  2. ^ "Mobile Suit Gundam 00 Official Site". Sunrise. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-12-09. Diakses tanggal 2008-02-05.