Dirgantara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dirgantara ialah ruang yg ada di sekeliling dan melingkupi bumi, terdiri atas ruang udara dan antariksa. Biasanya kata ini digunakan untuk merujuk pada industri yang meneliti, merancang, membuat, dan meluncurkan, dan memelihara kendaraan yang terbang ke angkasa. Dirgantara adalah istilah yang luas, yang digunakan di bidang komersial, industri, dan militer.

Selayang pandang[sunting | sunting sumber]

Di kebanyakan negara industri, industri dirgantara adalah kerja sama antara industri swasta dan negeri. Sebagai contoh, beberapa negara memiliki program luar angkasa di bawah komando pemerintah seperti NASA di Amerika Serikat, ESA di Eropa, Canadian Space Agency di Kanada, Indian Space Research Organisation di India, Roskosmos di Rusia, Administrasi Antariksa Nasional Cina di Republik Rakyat Tiongkok, Badan Antariksawan Iran di Iran dan SUPARCO di Pakistan.

Bersama dengan program luar angkasa publik itu, banyak perusahaan yang membuat peralatan dan komponen teknis seperti satelit dan wahana antariksa. Beberapa perusahaan terkenal yang bekerja di program luar angkasa adalah Lockheed Martin, Northrop Grumman, EADS, dan Boeing. Perusahaan tersebut juga ikut serta dalam wilayah kedirgantaraan lain seperti pembuatan pesawat terbang. Banyak negara yang memiliki perusahaan transportasi, seperti Air France, Air India, dll. Di Indonesia sendiri salahsatu perusahaan pengembang industri dirgantara adalah PTDI (PT. Dirgantara Indonesia) di Bandung.

Organisasi dirgantara[sunting | sunting sumber]

  • FASI = Federasi Aerosport Indonesia = Organisasi Olahraga Dirgantara Indonesia
  • ICAO = International Civil Aviation Organization = Organisasi Penerbangan Sipil Internasional
  • IATA = International Air Transport Association = Organisasi Transportasi Udara Internasional