Itazura na Kiss

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Itazura na Kiss
イタズラなKiss
(Itazura na Kiss)
GenreRomansa[1]
Manga
PengarangKaoru Tada
PenerbitShueisha
Penerbit bahasa Inggris
MajalahBessatsu Margaret
DemografiShōjo
TerbitJuni 1990Maret 1999
Volume23
Drama televisi
SutradaraMorita Mitsunori, Nemoto Minoki, Ikezoe Hiroshi
ProduserMorita Mitsunori, Sato Ryoichi, Uchiyama Seiko
SkenarioKusumoto Hiromi, Mori Harumi
MusikNakamura Yukiyo
Saluran
asli
TV Asahi
Tayang 14 Oktober 1996 16 Desember 1996
Episode9
Seri anime
SutradaraOsamu Yamazaki
MusikYasuharu Takanashi
StudioTMS Entertainment
Pelisensi
Saluran
asli
TBS
Tayang 4 April 2008 25 September 2008
Episode25
Drama televisi
Film laga hidup
  • Mischievous Kiss: The Movie - High School (2016)
  • Mischievous Kiss: The Movie - Campus (2017)
  • Mischievous Kiss: The Movie - The Proposal (2017)
  • Fall in Love at First Kiss (2019 Taiwan)
 Portal anime dan manga

Itazura na Kiss (イタズラなKiss) adalah serial manga shōjo Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kaoru Tada. Itazura na Kiss pertama kali diserialisasikan dan dipublikasikan pada 1990 oleh Shueisha melalui majalah Bessatsu Margaret. Ini menjadi sangat sukses dengan cepat dan menjadi serial manga di mana Tada menjadi terkenal di Jepang. Manga ini menjadi sangat populer di mana tiga serial TV langsung dibuat sejauh ini pada 1996, 2005, dan 2010, dengan sekuel dari drama 2005 pada akhir 2007. Pada 2013, pembuatan ulang dari serial TV langsung Jepang, yang disebut Mischievous Kiss: Love in Tokyo, dibuat. Meskipun sukses, manga tersebut tidak pernah selesai karena kematian tidak terduga dari penulis dalam kecelakaan rumah ketika dia pindah ke rumah lain bersama suami dan putranya. Namun seri manga terus diterbitkan dengan izin dari suami artisnya.[2]

Serial CD drama dirilis pada 2005–2006 dan 25-episode adaptasi anime tayang pada 2008. Dalam sebuah wawancara, suami penulis, Shigeru Nishikawa, mengungkapkan bahwa final manga yang dimaksudkan akan dikonseptualisasikan di anime untuk pertama kalinya. Naskah tentang plot anime mengikuti rencana akhir penulis.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dalam kisah komedi romantis ini, seorang gadis SMA bernama Kotoko Aihara akhirnya memberi tahu seorang seniornya yang bernama Naoki bahwa dia mencintainya telah lama sejak dia melihatnya di hari pertama mereka di SMA. Namun, Naoki, seorang "super-ikemen" (pria tampan) yang pintar dan pandai olahraga, menolaknya begitu saja. Nasib datang ketika gempa bumi ringan menghancurkan rumah keluarga Kotoko. Sementara rumahnya dibangun kembali, Kotoko dan ayahnya tinggal di rumah sahabat masa kecil ayahnya yang putranya adalah Naoki. Naoki akhirnya jatuh cinta pada Kotoko dan mulai memiliki perasaan romantis dan protektif padanya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Kotoko Aihara (相原 琴子, Aihara Kotoko)
Pengisi suara: Nana Mizuki, Diperankan oleh: Aiko Sato, Honoka Yahagi pada remake 2013, Reina Visa pada film
Kotoko Aihara adalah siswi SMA yang bodoh dan ceroboh. Dia jatuh cinta dengan Naoki Irie yang tampan dan cerdas sejak tahun pertama mereka di SMA setelah mendengar pidatonya pada upacara pembukaan. Dia akhirnya menulis surat cinta untuk Naoki, tapi langsung ditolak. Pada hari yang sama dengan pengakuannya, rumah Kotoko yang dibangun dengan buruk hancur akibat gempa bumi ringan, dan dia dan ayahnya Shigeo diundang untuk tinggal di rumah milik teman dekat ayahnya, Shigeki. Sesampainya di rumah, dia terkejut mengetahui bahwa teman Shigeo adalah ayah dari Naoki, dan dia akan tinggal di rumah yang sama dengannya. Di awal kehidupan barunya bersama, Naoki kerap meledek Kotoko, namun keduanya akhirnya saling menghangatkan. Naoki kemudian menyadari bahwa dia jatuh cinta dengan Kotoko dan mengaku padanya, dan pasangan itu menikah di tahun kedua kuliah mereka (tahun ketiga dalam versi manga). Kotoko seterusnya dikenal sebagai Kotoko Irie. Sepulang dari bulan madunya bersama Naoki, Kotoko memutuskan untuk menjadi perawat, agar bisa menjadi istri yang cocok untuk Naoki. Setelah beberapa tahun menikah, Kotoko memiliki seorang putri dengan Naoki bernama Kotomi.
Naoki Irie (入江 直樹, Irie Naoki)
Pengisi suara: Daisuke Hirakawa, Diperankan oleh: Takashi Kashiwabara, Yuki Furukawa pada remake 2013, Kanta Sato pada film
Naoki Irie adalah pria terpintar dan paling tampan di SMAnya. Dia dikabarkan memiliki IQ 200, dan dipuji oleh teman-temannya sebagai sosok yang sempurna. Dia menerima surat cinta dari Kotoko, tapi menolaknya sebelum dia selesai mengakuinya, menjelaskan bahwa dia membenci "gadis bodoh". Ketika Kotoko dan ayahnya tinggal bersama Naoki dan ayahnya, dia memberikan banyak kesulitan kepada Kotoko dan mempertahankan sikap yang agak dingin terhadapnya, meskipun diam-diam dia mulai jatuh cinta padanya, karena dia percaya bahwa masalah yang dia timbulkan membuat kehidupan biasanya lebih menarik. Meskipun nilai Naoki memungkinkannya untuk mendaftar universitas mana pun yang dia pilih, dia akhirnya memutuskan untuk mendaftar universitas yang sama dengan Kotoko. Setelah pernikahannya dengan Kotoko, Naoki menjadi dokter.

Keluarga Irie dan Aihara[sunting | sunting sumber]

Yuuki Irie (入江 裕樹, Irie Yuuki)
Pengisi suara: Romi Park, Diperankan oleh: Ryotaro Akashi, Yuga Aizawa dan Yoshiaki Miyagi pada remake 2013, Ruiki Satō pada film
Dia adalah adik Naoki. Dia benar-benar menghormati kakaknya terutama karena ketenangannya yang kuat selama situasi dan fakta bahwa dia bisa melakukan apa saja. Pada awalnya dia secara terbuka membenci Kotoko, tetapi karena dia menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya, dia menjadi terbiasa dengannya tetapi secara terbuka menghina. Awalnya dia tidak pernah percaya kakaknya akan jatuh cinta pada Kotoko sampai dia melihat kakaknya mencium Kotoko secara diam-diam saat dia sedang tidur dan berjanji untuk tidak memberitahu siapa pun. Tetapi ketika Naoki hampir menikahi Sahoko (dalam adaptasi anime, Chris bertunangan dengan Naoki sebagai gantinya), dia menanyainya tentang apakah dia benar-benar ingin menikahinya dan membiarkan Kotoko pergi.
Noriko Irie (入江 紀子, Irie Noriko)/Machiko Irie (入江真知子, Irie Machiko)
Pengisi suara: Naoko Matsui, Diperankan oleh: Miyoko Asada, Tomomi Nishimura pada remake 2013, Hikari Ishida dan Anju Suzuki pada film
Dia adalah ibu Naoki dan Yuuki, dan akhirnya ibu mertua Kotoko. Dia sangat mencintai Kotoko, dan merupakan orang pertama yang menyarankan agar Naoki dan Kotoko berkencan.
Shigeki Irie (入江 重樹, Irie Shigeki)/Masaki Irie (入江 重樹, Irie Masaki)
Pengisi suara: Takashi Nagasako, Diperankan oleh: Yū Tokui, Koura Kazumasa pada remake 2013, Hidehiko Ishizuka pada film
Dia adalah ayah dari Naoki dan Yuuki, dan teman dekat Shigeo. Dia adalah presiden dari sebuah perusahaan game, sehingga memungkinkan keluarganya memiliki gaya hidup yang kaya. Shigeki awalnya menekan Naoki untuk menjadi penggantinya, tapi mengalah setelah melihat keinginan Naoki dalam pengobatan. Yuuki kemudian menawarkan diri untuk menjadi penggantinya.
Kotomi Irie (入江 琴美, Irie Kotomi)
Pengisi suara: Tomoko Kaneda
Dia adalah putri Naoki dan Kotoko. Dia terus-menerus memperjuangkan kasih sayang Naoki dengan Kotoko hingga ibunya kecewa, di mana Naoki lebih menyukai Kotomi daripada istrinya. Kotomi memiliki ayah yang kompleks dan memberi tahu Naoki bahwa dia ingin menikah dengannya saat dia besar nanti. Namun, Naoki menjawab bahwa dia tidak bisa karena dia sudah menjadi milik ibunya.
Shigeo Aihara (相原 重雄)
Pengisi suara: Bin Shimada, Diperankan oleh: Takashi Naitou, Yoji Tanaka pada remake 2013, Takanori Jinnai pada film
Dia adalah ayah Kotoko. Dia adalah koki dan pemilik restoran. Saat rumah Shigeo dan Kotoko runtuh akibat gempa bumi, teman dekatnya Shigeki langsung mengajak mereka untuk tinggal dirumahnya. Shigeo kemudian menjadikan Kinosuke sebagai muridnya.
Etsuko Aihara (相原 悦子, Aihara Etsuko)
Dia adalah ibu Kotoko yang telah meninggal. Dia meninggal karena sakit ketika Kotoko masih kelas 1 SD. Lahir di prefektur Akita. Meski nama gadisnya tidak diketahui, dalam karya tersebut, papan nama rumah orang tuanya adalah "Nonosaki". Sejak kecil rekornya lebih cepat menghitung dari belakang, tidak punya kestabilan maupun motorik. Ketika SMP dia menyergap pria yang disukainya agar tidak mati kedinginan. Dalam penampilan dan kepribadian mirip dengan Kotoko. Lalu, dia dikatakan adalah "Miss Akita Komachi", tapi sebenarnya adalah "Miss Tonburi".
Chibi (チビ, Chibi)
Anjing peliharaan keluarga Irie. Seekor anak anjing St. Bernard yang diberikan kepada Yuki. Berkelamin laki-laki, ia memiliki kepribadian riang. Awalnya, Kotoko yang membenci anjing, mendengar bahwa dia tidak akan besar, tetapi dia terkejut mengetahui tentang menjadi besar (dari pendapat Noriko bahwa nama Chibi juga berarti tidak akan tumbuh). Menjadi partner untuk mengatasi ketidaksukaan Kotoko terhadap anjing, dan lambat laun menjadi teman yang baik. Setelah anjing itu tumbuh, ada nyonya Doberman dan anak-anak (setengah-setengah dari penampilan Doberman dan St. Bernard) di daerah sekitar. Di anime, dia tampil sebagai anjing penjaga di pension tempat pekerjaan paruh waktu Naoki sebelumnya.
Rika Irie (入江 理加, Irie Rika)
Dia adalah sepupu Naoki dan Yuuki. Dia pindah ke Amerika lima tahun lalu. Ketika dia kembali, dia mencoba untuk memisahkan Naoki dan Kotoko tetapi akhirnya gagal. Dia juga ternyata adalah ciuman pertama Naoki, tapi itu bertentangan dengan keinginannya. Dia muncul di episode khusus adaptasi Korea di YouTube.
Keluarga Isshiki (一色家, Isshikike)
Rumah orang tua Noriko Irie. Menetap di Kota Tara, Prefektur Saga. Termasuk kakeknya, paman, bibi, sepupu, dan leluhur Naoki semuanya memiliki wajah yang sama. Kikunosuke (Pengisi suara: Katsuhisa Hōki) sepuluh tahun lalu saat ini pun masih menjaga keturunannya, dan hanya Kotoko dan Kotomi yang dapat melihat Kikunosuke, dan dia membantu Kotoko dengan sesuatu.

SMA dan Universitas[sunting | sunting sumber]

Kinnosuke Ikezawa (池澤 金之助, Ikezawa Kinnosuke)/Kinnosuke Nakamura (中村金之助, Nakamura Kinnosuke)
Pengisi suara: Shuuhei Sakaguchi, Diperankan oleh: Shinsuke Aoki, Yuki Yamada pada remake 2013, Shimon Okura pada film
Dia adalah pria yang menyukai Kotoko sejak SMA dan tidak menyerah sampai Naoki mengaku terlibat secara emosional dengannya. Setelah setahun, ia bertemu Christine dan menikahinya, sehingga mengakhiri pengabdiannya pada Kotoko. Namun, dia dan Kotoko mempertahankan persahabatan mereka.
Satomi Ishikawa (石川 理美, Ishikawa Satomi)/Satomi Hayashi (林理美, Hayashi Satomi)
Pengisi suara: Risa Hayamizu, Diperankan oleh: Tomomi Miyauchi, Kasumi Yamaya pada remake 2013, Nonoka Yamaguchi pada film
Dia adalah salah satu sahabat Kotoko. Dia menikah setelah dia hamil dan memiliki seorang putri bernama Kiseki, yang tampaknya sangat dekat dengan Yuuki.
Jinko Komori (小森 じん子, Komori Jinko)
Pengisi suara: Kinoko Yamada, Diperankan oleh: Sakura Uehara, Nanami Fujimoto pada remake 2013, Atsuki Tomori pada film
Dia merupakan salah satu sahabat Kotoko yang sekelas dengan Kotoko di Kelas F, ia akhirnya kuliah di universitas yang sama dengan Kotoko juga.
Watanabe (渡辺, Watanabe)/Junichi Watanabe (渡辺純, Junichi Watanabe)
Diperankan oleh: Ken Izawa, Sara Kaai pada remake 2013, Takuya Ide pada film
Teman Naoki dari SMA Tonan. Lulus Fakultas Hukum Universitas Waseda dan bertujuan menjadi pengacara. Ketika Kotoko meninggalkan rumah, dia kebetulan bertemu dan memberi nasehat.
Gintaro (銀太郎, Gintaro)
Diperankan oleh: Keisuke Shibasaki
Dozo (銅蔵, Dōzo)
Diperankan oleh: Takahiro Iida
Yuuko Matsumoto (松本 裕子, Matsumoto Yuuko)/Reiko Matsumoto (松本麗子, Matsumoto Reiko)
Pengisi suara: Akiko Kimura, Diperankan oleh: Maju Ozawa, Kanna Mori pada remake 2013, Ayane pada film
Dia adalah salah satu dari banyak cobaan cinta Naoki. Dia sudah tertarik padanya sejak sebelum kuliah, tapi memutuskan untuk menyerah setelah Kotoko dan Naoki menikah. Setelah lulus, dia mulai bekerja di sebuah perusahaan komputer.
Ayako Matsumoto (松本 綾子, Matsumoto Ayako)
Pengisi suara: Saori Seto, Diperankan oleh: Ayamu, Sarii Ikegami pada film
Dia adalah adik perempuan Reiko. Dia menyukai Naoki pada awalnya, tapi akhirnya jatuh cinta pada pengagum Kotoko; Takedo.
Sudou (須藤, Sudō)
Pengisi suara: Akio Ohtsuka, Diperankan oleh: Masaki Kaji, Tetsuya Makita pada film
Dia adalah senpai Kotoko dan Naoki di perguruan tinggi dan kapten tenis sekolah. Dia menyukai Reiko sejak bertemu dengannya, tetapi belum berhasil memenangkan hatinya. Di anime, bagaimanapun, dia terbukti telah menikahinya di Episode 24. Kotoko menggambarkan dia sebagai seseorang yang memiliki kepribadian ganda. Dia sangat baik ketika dia tidak memegang raket tenis, tapi begitu dia memegangnya, dia menjadi kejam dan kompetitif (terutama untuk Naoki, tapi dia selalu kalah darinya).
Takedo Nakagawa (中川 武人, Nakagawa Takedo)
Diperankan oleh: Akiyoshi Utsumi
Dia adalah salah satu dari sedikit pengagum Kotoko. Dia bertemu dengannya di perguruan tinggi dan mencoba untuk berkencan dengannya, tetapi akhirnya jatuh cinta pada Ayako, adik perempuan Reiko.
Seiko Izumi (和泉聖子, Izumi Seiko)
Diperankan oleh: Yoko Hoshi
Sugawara (菅原, Sugawara)/Kan Sugawara (菅原寛, Sugawara Kan)/Guru Shibukawa (渋川教諭, Shibukawa Kyōyu)
Diperankan oleh: Toshiya Toyama, Takashi Daisatou pada remake 2013
Guru yang bertugas di Kelas F ketika Kotoko masuk di SMA Tonan.
Guru Tomita (富田教諭, Tomita Kyōyu)
Diperankan oleh: Aoi Tatsumi
Wakil Kepala Sekolah (教頭, Kyōtō)
Diperankan oleh: Ayata Toshiki
Christine Robbins (クリスティーヌ・ロビンス, Kurisutīnu robinsu)
Pengisi suara: Yūko Gotō, Diperankan oleh: Noemie Nakai
Dia adalah seorang pelajar pertukaran dari Britania Raya yang pergi ke Jepang untuk mencari pacar orang Jepang. Dia jatuh cinta pada Kinnosuke, dan berhasil memenangkan hatinya dan menikahinya. Dia kemudian dikenal sebagai Christine Ikezawa dan memiliki beberapa anak dengan Kinnosuke setelah pernikahan mereka. Dalam adaptasi anime, dia adalah putri dari bank yang terlibat dengan perusahaan ayah Naoki. Sahoko tidak muncul dan Chris adalah orang yang dikencani Naoki dengan santai.

Jurusan Keperawatan[sunting | sunting sumber]

Tomoko Ogura (小倉 智子, Ogura Tomoko)
Pengisi suara: Mako Katagai, Diperankan oleh: Risako Ito
Dia adalah teman sekelas Kotoko di sekolah perawat. Dia manis dan baik hati dan lembut seperti malaikat, tapi juga tergila-gila melihat darah, yang membuatnya agak menakutkan.
Marina Shinagawa (品川 真理奈, Shinagawa Marina)
Pengisi suara: Marina Inoue, Diperankan oleh: Juria Kawakami
Dia adalah teman sekelas Kotoko di sekolah perawat. Dia pergi belajar keperawatan untuk menikah dengan seorang dokter. Akhirnya, dia terlibat dengan Funetsu, meskipun dia terus berusaha untuk dekat dengan pria lain.
Keita Kamogari (鴨狩 啓太, Kamogari Keita)
Pengisi suara: Nobutoshi Canna, Diperankan oleh: Arata Horii
Dia adalah salah satu teman sekelas Kotoko di sekolah perawat. Dia sangat bersemangat tentang keperawatan dan karena itu bisa menjadi sangat galak jika keadaan tidak berjalan dengan baik. Naoki cemburu karena hubungan Keita dan Kotoko. Keita pernah menyukai Kotoko, tetapi setelah dia menyadari betapa Kotoko dan Naoki saling mencintai, dia menyerah. Akhirnya, dia bertemu dengan Akiko yang cacat selama pelatihan dan jatuh cinta padanya.
Kikyou Motoki (桔梗 幹, Motoki Kikyou)
Pengisi suara: Mitsuki Saiga, Diperankan oleh: Mirai Suzuki
Dia adalah teman sekelas Kotoko di sekolah perawat. Ia terlahir sebagai laki-laki, tapi lebih memilih menjadi perempuan. Dari semua cowok yang Kotoko kenal, dia yang paling girly. Dia adalah ketua klub penggemar Naoki.

Jurusan Kedokteran[sunting | sunting sumber]

Funatsu (船津, Funatsu)/Seiichi Funatsu (船津 誠一, Funatsu Seiichi)
Diperankan oleh: Toshi Takeuchi
Dia adalah saingan Naoki di sekolah kedokteran. Dia selalu berusaha untuk mengalahkannya, tetapi tidak pernah berhasil karena Naoki yang selalu lebih pintar. Ia mengaku tidak suka berkencan, namun akhirnya jatuh cinta dengan teman sekelas Kotoko, Marina.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Nobuhiro Kimura (木村ノブヒロ, Kimura Nobuhiro)
Dia menjadi teman Yuuki ketika dia pergi ke rumah sakit. Anak laki-laki ini memiliki masalah ginjal dan tidak dapat tinggal bersama orang tuanya. Bertahun-tahun kemudian, dia tampil kembali sebagai aktor muda dan terkenal. Orangtuanya telah bercerai, keduanya menikah lagi. Dia pindah setelah ayahnya punya bayi dengan istri barunya. Dia tampaknya sudah menyerah pada hidup, sampai Kotoko dan Naoki memberinya harapan lagi. Kotoko memberinya harapan dan dia berubah menjadi orang yang lebih baik.
Sahoko Oizumi (大泉 沙穂子, Ōizumi Sahoko)
Diperankan oleh: Riho Takada
Dia adalah cucu dari seorang CEO lama dari sebuah perusahaan yang sukses. Dia diatur untuk menikahi Naoki untuk membantu memperbaiki masalah perusahaan ayahnya. Tetapi ketika dia mengerti bahwa dia mencintai Kotoko, dia menyerah. Dalam adaptasi animenya, dia tidak muncul sama sekali dan Chris lah yang mengencani Naoki.
Konomi Sagawa (佐川 好美, Sagawa Yoshimi)
Diperankan oleh: Ayu Matsuura dan Karin Ono
Dia memiliki kepribadian yang sama dengan Kotoko; keduanya sama naif dan peduli. Dia menyukai Yuuki sejak SMP, tapi dia menolak untuk menjadi temannya. Setelah beberapa saat, Yuuki berubah pikiran.
Narasaki Junpei (ナラサキ 淳平, Narasaki Junpei)/Nobu Narazaki (奈良崎 ノブ, Narazaki Nobu)
Diperankan oleh: Shûto Miyazaki
Dia adalah pacar Jinko Komori. Debut CD dari indie dengan rock'n'roller. Dia bercirikan berambut berantakan dan kacamata hitam. Modelnya adalah NARASAKI dari COALTAR OF THE DEEPERS.
Ryo Takamiya (高宮 良, Takamiya Ryō)
Diperankan oleh: Atsushi Shiramata
Dia adalah pacar kaya Satomi dan kemudian menjadi suami. Karena ia adalah anak yang sangat penurut, ia mengalami kesulitan menentang ibunya yang menentang pernikahannya dengan Satomi, namun setelah mendapat sedikit dukungan dari Kotoko, ia memutuskan untuk mengikuti kata hatinya.
Akiko (秋子, Akiko)
Pengisi suara: Saori Seto
Dia adalah pasien cacat yang harus dirawat Keita saat magang. Selama waktu itu, keduanya jatuh cinta satu sama lain. Karena dia kehilangan kepercayaan pada dirinya sendiri, dia berhenti mencoba berjalan. Namun, setelah ketakutan yang tak terduga dari Kotoko, dia bisa berjalan lagi.
Toyo Yoshida (吉田トヨ, Yoshida Toyo)
Dia adalah seorang wanita berusia 80 tahun yang pilih-pilih dan memberikan masalah perawat terutama terhadap Kotoko. Dia dirawat oleh Kotoko, dan akhirnya menyadari bahwa Kotoko adalah seorang pekerja keras dan tidak terlalu merepotkan.
Albert (アルバート, Arubāto)
Tunangan Chris. Saya datang ke Jepang untuk membawa Chris kembali. Suasananya sangat mirip dengan Naoki.
Mary Robbins (マリー・ロビンス, Marī robinsu)
Pengisi suara: Urara Takano
Ibu Chris. Seorang putri bangsawan dan mantan aktris Hollywood. Sekilas melihat Kinnosuke, berkata, "pria yang baik dan seksi". Segera setelah dia mengakui Kinnosuke dengan dua orang dan orang tua Kinnosuke, mengadakan pernikahan di Inggris.
Ayahnya Chris (クリスの父)
Ayah Chris. Menantu dari keluarga Robins. Karena tubuhnya yang montok, Kinnosuke salah mengira dia sebagai "kigurumi". Dia menderita diabetes. Dia tinggal bersama Kinnosuke dan saat ini menjalani perawatan diet.
Aki Sawaki (沢木亜希, Sawaki Aki)
Diperankan oleh: Yuka Takaoka
Sonoko Yada (矢田その子, Yada Sonoko)
Diperankan oleh: Yukie Nakama
Riki Takeda (武田リキ, Takeda Riki)
Diperankan oleh: Yasuhisa Nakamura
Masa Yamaguchi (山口マサ, Yamaguchi Masa)
Diperankan oleh: Nobuaki Takahashi
Odawara (小田原, Odawara)
Diperankan oleh: Tanaka Sogen
Sayuri Hosoi (細井小百合, Hosoi Sayuri)
Diperankan oleh: Atsuko Hirata
Manager Shimizu (清水主任, Shimizu Shunin)
Diperankan oleh: Ayumi Orii
Dokter Nishigaki (西垣医師, Nishigaki Ishi)
Diperankan oleh: Yuki Kimisawa
Dokter Daijamori (大蛇森医師, Daijamori Ishi)
Diperankan oleh: Ryu Nakatani

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Drama TV[sunting | sunting sumber]

Itazura na Kiss[sunting | sunting sumber]

Pada 1996, Itazura na Kiss adalah adaptasi pertama ke dalam Drama televisi Jepang dengan judul yang sama, yang tayang dari 14 Oktober sampai 16 Desember 1996 dengan 9 episode setiap Senin pukul 20:00 - 20:54 di TV Asahi.[3] Lagu tema serial ini adalah "STEADY" oleh SPEED.

No. Tanggal Tayang Judul Penulis Sutradara
Vol. 1 14 Oktober 1996 Takdir dari Ciuman yang Bertabrakan! (運命の激突キス!) Hiromi Kusumoto Mitsunori Morita
Vol. 2 28 Oktober 1996 Cinta dan Tangis dari Pelari Terakhir (恋と涙の最終ランナー)
Vol. 3 4 November 1996 Malam Pertama Berdua (初めて二人きりの夜に…) Harumi Mori Miki Nemoto
Vol. 4 11 November 1996 Ciuman yang Tidak Dirasakan (感じないKiss) Hiromi Kusumoto Hiroshi Ikezoe
Vol. 5 18 November 1996 Ciuman Dingin dan Panas (氷と炎のKiss) Miki Nemoto
Vol. 6 25 November 1996 Sudah Tidak Ingin Terpisah (もう離れたくない) Harumi Mori Hiroshi Ikezoe
Vol. 7 2 Desember 1996 Takdir Malam Natal (運命のクリスマス・イブ) Hiromi Kusumoto Mitsunori Morita
Vol. 8 9 Desember 1996 Tolong Bawa Aku ke Universitas Tokyo (私を東大に連れてって) Harumi Mori Hiroshi Ikezoe
Terakhir 16 Desember 1996 Ciuman Selamat Tinggal (さよならKiss) Hiromi Kusumoto Mitsunori Morita

Mischievous Kiss: Love in Tokyo[sunting | sunting sumber]

Pada 2013, remake Jepang lainnya ditayangkan di Fuji TV dengan judul Mischievous Kiss: Love in Tokyo. Film ini dibintangi oleh Miki Honoka sebagai Aihara Kotoko dan Furukawa Yuki sebagai Irie Naoki. Pada akhir 2014 ditayangkan sekuel Mischievous Kiss 2: Love in Tokyo dengan kedua aktor utama mengulangi peran mereka. Musim kedua berakhir pada Maret 2015.

Anime[sunting | sunting sumber]

Itazura na Kiss diadaptasi menjadi anime 25 episode oleh TMS Entertainment dan ditayangkan di TBS dari tanggal 4 April 2008 hingga 25 September 2008. Tema pembukanya adalah "Kimi, Meguru, Boku" oleh Motohiro Hata, dan tema penutup utamanya adalah "Kataomoi Fighter" oleh GO!GO!7188 dan "Jikan yo Tomare (Stop Time)" oleh Azu featuring Seamo. Discotek Media melisensikan anime tersebut dan menerbitkannya dalam bentuk DVD pada akhir 2014.[4]

Film[sunting | sunting sumber]

Itazura na Kiss: The Movie dirilis pada 25 November 2016 dalam "Part 1 High School Part".[5] Sekuel "Part 2 Campus Part" dirilis pada Januari 2017, dan "Part 3 Proposal Part" dirilis pada 25 November 2017.[6] Lagu tema masing-masing film secara berurutan adalah Happiness「Always」,[7] Sayaka Shionoya「BELIEVING」, dan H△G「Itazura na Kiss to Love Song.」.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ItaKiss: Complete Anime Series Collection Sub.DVD". Anime News Network. Diakses tanggal 2019-10-02. 
  2. ^ "DMP ACQUIRES 'ITAZURA NA KISS'". 
  3. ^ "Itazura na Kiss". IMDb. Diakses tanggal 14 May 2020. 
  4. ^ "Discotek Adds Itazura na Kiss Romantic Anime". Anime News Network. 2014-06-16. 
  5. ^ "Happiness「イタズラなKiss THE MOVIE」で初の映画主題歌". 音楽ナタリー. 2016-05-28. Diakses tanggal 2016-05-30. 
  6. ^ "「イタズラなKiss」シリーズ第3弾はプロポーズ編、2017年春に公開". 映画ナタリー. 2016-11-06. Diakses tanggal 2016-11-07. 
  7. ^ "Happiness、映画『イタキス』主題歌「キュンキュンが止まらない」". ORICON STYLE. 2016-05-30. Diakses tanggal 2016-05-30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]