The Mythical Detective Loki Ragnarok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

The Mythical Detective Loki Ragnarok( 魔探偵ロキ Matantei Loki RAGNAROK) adalah sebuah manga karya Sakura Kinoshita yang beredar sejak Agustus 1999 hingga Oktober 2004. Versi anime televisinya berdasarkan versi manga yang beredar sebanyak 26 episode dari 5 April 2003 hingga 27 September 2003 di Jepang.

Versi originalnya berdasarkan majalah Monthly Shounen Gangan dibawah nama The Mythical Detective Loki (Matantei Loki). Tapi RAGNAROK baru ditambahkan di judulnya setelah seri ini dibeli perusahaan penerbitan MAG Garden dan pindah ke majalah Comic Blade.

The Mythical Detective Loki dibuat 7 volume oleh Gangan Comics, yang mana setelah di terbit ulang oleh Blade Comics, tak punya lisensi resmi distribusi ke US. The Mythical Detective Loki Ragnarok dibuat 5 volume, yang beredar di Jepang oleh Gangan Comics dan rilis berbahasa Inggris oleh ADV Manga. Animenya telah terlisensi bahasa Inggris oleh ADV Films. Seri animenya juga diputar di Amerika Selatan dengan jaringan televisi anime, Animax, dengan nama Mythical Sleuth Loki.

Tokoh-tokoh The Mythical Detective Loki[sunting | sunting sumber]

Loki[sunting | sunting sumber]

Loki 2 versi.jpg

Disuarakan oleh: Yuriko Fuchizaki

Kiri: Loki kecil Kanan: Loki versi Dewa

Sebenarnya, Loki adalah dewa jahat dalam mitologi Eropa Utara. Namun dalam cerita ini, dikisahkan bahwa Loki adalah dewa jahat yang tampan, playboy, dan diperebutkan banyak dewi di alam dewa. Entah mengapa, Odin, Dewa dari segala dewa, mengusirnya ke alam manusia dan mengutuk Loki menjadi wujud anak kecil. Loki kecil ini kemudian ditugaskan untuk mengusir iblis di dalam hati manusia jika ingin kembali ke alam dewa. Akhirnya, Loki-pun membuat Kantor Detektif Enjaku di sebuah rumah bergaya barat yang cukup angker.

Loki hanya bisa menggunakan sebagian sihirnya saat menangkap iblis karena sebagian sihir lainnya telah disegel saat Dewa Odin mengutuknya. Kadangkala, Loki menjadi wujud aslinya secara tiba-tiba, pada saat itulah wujudnya ia gunakan untuk jalan-jalan di kota (baca: meraih perhatian gadis-gadis di kota) dan menggunakan sihir sepuas-puasnya. Namun keadaan itu tak berlangsung terlalu lama karena Loki akan kembali pada wujud anak kecil.

Dalam cerita The Mythical Detective Loki, Loki mengusir iblis dengan sihir dan barang-barang di sekitarnya. Sedangkan pada cerita The Mythical Detective Loki Ragnarok, Loki mengusir iblis dengan sebuah tongkat yang di ujung atasnya berbentuk bulan sabit, bernama Leivatin.

Loki memiliki 3 anak dari seorang kaum raksasa bernama Angrboda (nama samarannya adalah Spica), yang bernama Fenrir, Midgardsormr, dan Hel. Loki pernah melihat kemungkinan dirinya di masa depan yang menjadi Utgard Loki, penguasa alam raksasa yang cukup sombong. Loki membenci semua barang berteknologi canggih seperti mobil, televisi, dan handphone, karena Loki hidup dengan sihir rune, bahkan Loki membuat rumahnya yang dijadkan Kantor Detektif Enjaku dengan sihir.

Sepertinya loki menyukai Daidoji Mayura sejak awal kemunculannya. Loki memiliki shikigami imut bernama Etsu(nama panggilannya, Ecchan) yang didapat setelah gagal memanggil shikigami ganas. Ecchan dapat menyerap kekuatan iblis dan membantu Loki kembali ke wujud asal.

Mayura Daidouji[sunting | sunting sumber]

Daidouji Mayura.jpg

Disuarakan oleh: Yui Horie

Gadis SMU maniak misteri dan cukup cantik. Dialah klien pertama Kantor Detektif Enjaku, bahkan mempromosikan kantor tersebut dengan menempel brosur di pinggir jalan, karena bosan tak ada juga klien yang datang. Mayura sering mendatangi kantor itu karena sudah menganggap dirinya asisten resmi loki, padahal Loki tak pernah mengangkantnya.

Meskipun cantik, namun kelakuannya yang cukup aneh membuat para laki-laki yang ingin mendekatinya menjadi segan. Kelakuan anehnya adalah, jika ia mencium sesuatu yang berbau misteri, maka dia akan bertariak 'misterii!' sambil mengenakan kacamata bulat bergambar spiral.

Mayura sering membuat Loki khawatir dan berwajah merah. Meskipun maniak misteri dan bekerja sebagai asisten Loki, Mayura tak pernah tahu bahwa Loki adalah dewa dan kasus kasus yang ditanganinya disebabkan oleh iblis. pada akhir episode, Loki yang sudah dijemput pulang ke alam dewa, menolak gara-gara memikirkan gadis ini.

Anak-anak Loki[sunting | sunting sumber]

  • Fenrir

Fenrir.jpg

Disuarakan oleh:Hirofumi Nojima

Wujud asli serigala raksasa yang haus darah berubah menjadi anjing kecil hitam saat di dunia manusia. Fenrir adalah anak sulung yang paling manja pada Loki, ayahnya.

  • Yamino Ryuunosuke (Midgardsormr)

Yamino Ryuusuke.jpg

Disuarakan oleh: Shinichirou Miki

Wujud aslinya adalah ular raksasa Midgardsormr. Namun wujud itu diubah Loki menjadi seorang pria tampan berkacamata yang sering dianggap sang detektif utama oleh para klien Kantor Detektif Enjaku. Yamino selalu memanggil ayahnya 'Tuan Loki', dan selalu khawatir pada keselamatan Loki. Yamino tinggal bersama Loki di kantor Detektif Enjaku sebagai juru masak dan tukang bersih-bersih. Di alam dewa, Midgardsomr sering disiksa oleh Dewa Petir Thor. Karena itu ia sungguh bersyukur saat Narugami, penjelmaan Dewa Thor, tak mengenali wujud manusianya.

  • Hel

Hel Loki Daughter.jpg

Disuarakan oleh:Omi Minami

Wanita penjaga neraka. Anak bungsu yang tetap disayang Loki meskipun separuh tubuhnya membusuk. Hel pernah hampir membunuh Loki dan Yamino karena perasaan iri dan cemburu.

Narugami (Thor)[sunting | sunting sumber]

Narugami Thor.jpg

Disuarakan oleh: Shoutaro Morikubo

Narugami sebenarnya adalah Dewa Petir Thor yang sering menjuluki dirinya Dewa Pembela Kebenaran. Dia terdampar di dunia manusia karena terpeleset dari alam dewa. Senjatanya hanya pedang kayu mjollnir (aslinya, mjollnir berupa palu raksasa) yang dibuatnya sendiri dan sepertinya tidak pernah menggunakan sihir. Di dunia manusia, dia hidup sebagai teman sekelas Mayura yang miskin (karena sebatang kara dan tidak memakai sihir seperti Loki) dan pekerja sambilan yang sering gonta-ganti pekerjaan karena dipecat.

Saat bertemu Loki versi kecil, Narugami mentertawakannya karena Loki yang dulu playboy dan diincar para dewi malah dikutuk menjadi anak kecil yang tak bisa bekerja sambilan. Namun Loki balas mentertawakan Narugami yang terdampar di dunia manusia karena terpeleset.

Narugami selalu dipanggil Narukami oleh Loki. Kata 'kami' pada nama 'Narukami' berasal dari kata 'kamisama' yang artinya dewa, untuk meyakinkan Loki apakah benar dia Dewa Petir Thor.

Dahulu, ia sering menyiksa Midgardsomr (sekarang Yamino), ular yang menurutnya lambang kejahatan dunia, dan kebenaran harus melawan kejahatan. Ia sudah pangling pada Yamino yang sebenarnya adalah penjelmaan dari Midgarsomr yang sering ia siksa dulu.

Reiya Ooshima (Freyja)[sunting | sunting sumber]

Reiyafrejya.jpg

Disuarakan oleh: Freyja= Asami Junko. Reiya= Rika Komatsu

Frejya adalah dewi cinta dan panen yang datang ke dunia manusia untuk membunuh Loki. Sebenarnya dulu ia menyukai Loki, namun karena Loki juga akrab pada dewi lain, Frejya menganggap Loki berseingkuh (padahal Loki sendiri tidak tahu bahwa Frejya menyukainya). Sejak saat itu ia ingin membunuh loki. Namun setelah bertemu Loki, ia malah tak bisa membunuhnya karena masih menyukainya. Dan akhirnya Frejya-pun dikutuk menjadi gadis kecil seumuran Loki versi kecil bernama Reiya.

Reiya juga menyukai Loki. Jika Frejya berdebar kencang karena Loki, ia akan langsung kembali ke wujud Frejya. Sebenarnya Frejya agak kesal pada kakaknya yang selalu berusaha mencelakakan Loki.

Freyr[sunting | sunting sumber]

Freyr.jpg

disuarakan oleh: Takehito Koyasu

Kakak Frejya. Jatuh cinta pandangan pertama pada Mayura yang dianggapnya sebagai yamato nadeshiko. Kerjaannya mencuri, menciptakan robot dan menyaingi Loki. Freyr cukup terkenal di antara penduduk sekitarnya. Mereka mengenal Freyr sebagai orang kaya yang ramah dan dermawan. Tampaknya Freyr mengalami sister complex pada Frejya, adiknya. Freyr sering berdiskusi dan disuruh-suruh Kazumi tentang cara mencelakakan Loki. Freyr menjadi pencuri karena Loki menjadi detektif. Namun saat Freyr menyukai Mayura, Freyr menyadari bahwa sebenarnya Loki juga menyukai Mayura. Sejak sat itu tujuannya menyaingi Loki jadi berubah. Berbeda dengan Loki, Freyr sangat tertarik dengan robot, listrik, dan mesin.


Higashiyama Kazumi (Heimdall)[sunting | sunting sumber]

Higazumi.jpg

Disuarakan oleh: Romi Paku

Wujud aslinya adalah Heimdall. Selain dikutuk menjadi kecil, status Kazumi sebagai Dewa Heimdall dicabut oleh Odin. Wujud dan statusnya sebagai dewa akan dikembalikan apabila ia berhasil membunuh Loki. Sejak saat itulah Kazumi selalu berambisi untuk membunuh Loki dengan bekerjasama dengan Freyr yang masih memiliki kekuatan dewa dan ilmu sihir rune yang lebih hebat dari Loki. Kazumi selalu membawa laptop yang berisi strategi-strategi dan cara-cara mencelakakan Loki. Dahulu saat menjadi dewa, Kazumi bisa melihat masa depan. Karenanya, mata kanan Kazumi diambil Odin. Kazumi-lah yang memberitahu bahwa suatu hari nanti Loki akan menjadi penguasa alam raksasa yang menentang alam dewa, bernma Utgard Loki.


3 Norn bersaudara[sunting | sunting sumber]

Norn3.jpg

Disuarakan oleh: Urd= Mariko Suzuki. Verdandi=Mamiko Noto. Skuld=Mai Nakahara

  1. Urd= (gambar tengah)si sulung yang mengetahui takdir dan masa depan. Misterus. Tampaknya berhubungan dengan Utgard Loki.
  1. Verdandi= (gambar kiri) anak tengah yang cantik jelita. Sering disebut ilmuwan gila karena suka menciptakan barang-barang dan obat yang mencurigakan.
  1. Skuld= (gambar kanan)si bungsu yang sangat menyukai loki.