Oggy and the Cockroaches

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Oggy and the Cockroaches
Oggy and the Cockroaches tittle.jpg
Title
Format Komedi, Petualangan
Pembuat Jean-Yves Raimbaud
Sutradara Olivier Jean-Marie
Negara  Perancis
Jumlah episode 400 (ditambah 4 episode spesial berdurasi 30 menit)
Produksi
Produser eksekutif

Marc du Pontavice

(Gaumont Multimedia/Xilam)
Durasi 7 menit per episode
Rumah produksi Gaumont Film Company (1999)
Xilam (1999, 2008)
Siaran
Saluran asli Cartoon Network (Musim 1,2,3(setiap hari minggu) dan 4)
Disney Channel Asia (Musim 3)
Fox (Amerika Serikat)
France 3 (Perancis)
Global TV (Indonesia)
Format gambar 480i (SDTV) (Musim 1-3)
1080i (HDTV) (Musim 4)
Siaran sejak 14 Oktober 1999 - sekarang
Kronologi
Tayangan terkait Space Goofs
Zig and Sharko
Pranala luar
http://www.oggy.com

Oggy and the Cockroaches (juga dikenal sebagai Oggy et les Cafards dalam bahasa Perancis) adalah animasi komedi buatan Perancis yang diproduksi oleh Perusahaan Film Gaumont dan Xilam.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Oggy bersama Dee-dee, Marky dan Joey

Oggy, si kucing puas dan malas. Kucing biru gemuk yang berbulu lembut ini biasanya akan menghabiskan hari-harinya menonton TV atau melakukan sesuatu - jika tidak, ia mencoba mengejar tiga kecoak dalam rumah tangga: Joey, Dee Dee, dan Marky (namanya dari anggota kelompok punk Ramones). Ketiganya terlihat senang membuat Oggy sengsara hidupnya yang melibatkan kerusakan mulai dari (dalam banyak kasus) menjarah lemari es untuk hal-hal aneh, pembajakan kereta ketika Oggy baru saja masuk ke gerbong kereta. Oggy biasanya menemukan makhluk menyertainya sampai akhir episode, seperti kepiting, kerang, kuda, anak yang sangat berteknologi maju, anak anjing, dan gurita. Namun, mereka tidak selalu membuat Oggy menang.

Kartun itu sendiri bergantung pada humor lelucon yg kasar, seperti nenek moyangnya, Tom and Jerry, hanya memperkuat tingkat keekstrimannya agar membuat penonton tertawa terbahak-bahak. Namun, lelucon yang paling mudah diakses dan menyenangkan bagi pemirsa muda.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Acara 30 menit ini biasanya berisi 4 episode. Suara-suara semua disediakan oleh Nabilah Ratna Ayu Azalia, tetapi tidak ada suara yang diucapkan terdengar, tapi suara yang berbicara hanya digunakan di Inggris. Namun dalam versi Perancis, suara-suara tertentu seperti tawa dapat digunakan pada salah satu kucing dan kemudian salah satu kecoa ketika dipercepat. Di Jerman, puisi lucu yang berkaitan dengan tindakan layar yang dijuluki atas suara asli, ditulis oleh dialog editor dari Jerman legenda Eberhard Storeck dan diucapkan oleh aktor Cindy Yuvia . Di India karakter yang disuarakan oleh beberapa artis meniru aktor film populer seperti Shahrukh Khan untuk oggy, Deol di Sunny untuk Jack, Shania Juniatha, Melody Nurramdhani Laksani, Haruka Nakagawa untuk kecoa, dan Aki Takajo untuk Bob. Suara Cindy Yuvia digunakan sebagai narator cerita. Semua karakter bahkan berbicara satu sama lain, tetapi bahasa yang digunakan adalah bahasa India. Dialog yang digunakan lebih sering didasarkan pada dialog terkenal dan populer dari aktor yang bersangkutan. Pada tahun 2012, musim keempat dengan 66 episode (ditambah 4 setengah jam Produk Spesial) saat ini sedang dalam produksi.

Judul Oggy and the Cockroaches
Karakter Nama Hindi Nickelodoen India Cartoon Network India
Oggy Ayu-Chin Nabilah Shahrukh Khan
Jack Tomo-Chin Tomomi Itano Sunny deol/Sunil Shetty
Joey CiGull Cindy Gulla Arshad Warsi
Deedee Melo Melody Nurramdhani Laksani Paresh Rawal
Marky Harugon Haruka Nakagawa Sunil Shetty/Akshay Kumar
Narrator Tak Bernama Nana Patekar Nana Patekar
Bob Panda Sonya Pandharmawan -

Siaran Internasional[sunting | sunting sumber]

Oggy and the Cockroaches saat ini disiarkan di 151 negara dan teritori di seluruh dunia, membuatnya menjadi sukses

DVD[sunting | sunting sumber]

Lima DVD keluar pada tahun 2003 di Amerika Serikat, dengan 12 episode masing-masing.Sebuah DVD Boxset Prancis tersedia dari seri pertama lengkap, 78 episode dalam semua ditambah pilot dan sebuah episode dari Musim 2.

Rumah Oggy[sunting | sunting sumber]

Rumah Oggy

Dalam banyak episode, ketika Oggy jatuh ke Bumi dari ruang angkasa, biasanya menunjukkan bahwa ia jatuh di suatu tempat di Afrika. Jadi, jelas Oggy tinggal di suatu tempat di Afrika. Desain rumahnya, dan lingkungan tempat tinggalnya tampak terinspirasi oleh rumah Long Island. Rumah-rumah di lingkungan Oggy yang dibangun pada equi-arial petak berbentuk persegi panjang. Hanya rumah oggy memiliki atap ungu, sementara atap rumah lainnya adalah semua berwarna oranye kemerahan. Ada bundel yang tak berujung di tangga rumah Oggy, masing-masing yang setidaknya panjangnya satu mil. Rumahnya memiliki kamar tak berujung, yang menyesuaikan jumlah mereka, ukuran, wallpaper untuk rangkaian situasi.Tapi rumahnya hanya memiliki satu toilet. Pintu depan juga berubah posisi, dari berada di ujung lorong di luar ruang tamu langsung di ruang tamu itu sendiri. Dinding kadang-kadang terlihat dengan parodi yang tak terhitung jumlahnya dari lukisan terkenal termasuk Mona Lisa seperti yang terlihat dalam episode "Walls Have Ears". Rumah juga muncul tercermin atau membalik dalam beberapa episode dan juga memiliki kolam renang di mana Oggy terkadang memancing ikan. Di pojok halaman belakang rumahnya, rumah oggy memiliki beberapa pohon-pohon palem. Dalam beberapa episode, rumahnya juga memiliki dua lift di Episode "Oggy's Grandma".

Tapi kadang-kadang jika ada sesuatu yang terjadi langsung ke Amerika Utara atau Amerika Serikat, maka hidup Oggy di Amerika Serikat menurut beberapa episode (seperti "Oggy's Clone" dan "Safari So Good"). Namun, episode "Safari So Good" menampilkan Afrika yang terpisah dari Eropa dan Asia, bergerak cepat ke Amerika, dan dalam "Oggy's Clone" karakter hidup di Amerika Serikat, (Bagian selatan mungkin dilihat) ketika dua buah kelereng naik dan jatuh ke Amerika Serikat. Dan juga, episode "Milk Diet" menampilkan Oggy sedang bertarung dengan banteng.

Daftar Tokoh Utama[sunting | sunting sumber]

  • Oggy , adalah kucing biru yang gemuk. Oggy biasanya menghabiskan waktunya baik menonton televisi atau melakukan pekerjaan rumah tangga. Bila tidak, dia akan mengejar kecoak. Meskipun kadang-kadang bertindak agak perempuan (atau dalam beberapa kasus, berpakaian seperti seorang pembantu, berkebun), atau laki-laki (dalam satu episode kecoak mencuri tas pakaian kotornya dan menjatuhkan trek pakaian. Oggy mengambil mereka satu-per-satu, tapi kemudian malu bergerak dari layar ketika bra yang terlihat di antara celana boxer dan kaus kaki). Meskipun kekacauan besar berkali-kali dirasakan (yang disebabkan oleh kecoa), Oggy telah mengembangkan sejenis hubungan cinta-benci dengan mereka, setelah tinggal bersama mereka untuk waktu yang lama. Dalam episode "The Outsider", Oggy sangat takut tikus. Oggy memiliki Volkswagen Beetle (mobil kodok) dan vespa (terlihat di beberapa episode). Setiap kali dia menemukan dirinya sendirian di rumahnya, ia akhirnya akan mulai kehilangan kecoa bersama dengan lelucon mereka. Dalam episode "So Lonely", ia bahkan menggunakan tape recorder dengan tawa mereka di atasnya dan memainkan jahil kecoa pada dirinya agar tidak bosan. Oggy telah menyadari bahwa tanpa kecoa, tidak menyenangkan atau tidak pernah menarik dalam hidupnya. Oggy juga memiliki handphone berpapan tombol QWERTY mirip BlackBerry dan Handphone touchscreen dengan MP3Player. Di rumahnya juga ada komputer dan laptopWindows XP
  • Joey lahir pada tanggal 15 Juni 1996. Adalah kecoa berkepala pink bertubuh ungu, dengan mata sebelah kanan merah sebelah kiri kuning (terkadang warna matanya terbalik). Adalah pemimpin dari para kecoa. Meskipun dia adalah kecoa terkecil dalam geng, tapi sebagian besar otaknya dipakai untuk berfikir. Terkadang dia terpaksa untuk pergi sendiri karena kedua temannya sering memikirkan rencana bodoh. Dia juga suka wanita (burung unta atau lebah maupun capung) dan jika ia berkonsentrasi pada satu hal, dia selalu melakukannya. Joey memiliki handphone touchscreen. Disuarakan oleh Tony Sampson dan Mitsuaki Madono.
  • Dee-Dee adalah kecoa yang selalu lapar. Berkepala oranye dan bertubuh biru dengan mata hijau. Nafsu makannya kadang-kadang mencapai daerah gila, sering mengakibatkan konsumsi hewan yang lebih besar atau hal-hal lainnya (seperti hyena dalam satu kasus dan karena efek dari jamur beracun dalam kasus lain). Kasus lainnya termasuk ikan pada wallpaper di Oggy's Clone, dan Ikan Badut di Scuba Diving. Ia dikenal menyukai pentas opera. Dia biasanya salah satu kecoa pengganggu dalam acara. kadang-kadang terlihat bahwa ketiaknya begitu berbau busuk., itu adalah racun yang bisa meleleh benda. Dee-dee memiliki handphone lipat, tapi di episode "Lets party Guys!", tampak dia juga punya handphone touchscreen. Disuarakan Oleh Matt Hill dan Nubuo Tobita.
  • Marky adalah kecoa yang memilukan dan sopan, bertubuh abu-abu dan berkepala hijau dengan mata merah muda. ia adalah kecoa yang tertinggi dari tiga kecoak dan sering benar-benar tidak peduli tentang apa yang temannya lakukan. Sementara ia awalnya digunakan untuk mencintai kenakalan dan menyebabkan kerusakan seperti kecoa lain, tapi ia telah berkembang menjadi lebih santai dalam episode kemudian, meskipun ia masih bergaul dengan Joey dan Dee Dee dan menyebabkan kekacauan umum seperti yang selalu dia dilakukan. Hobinya berkencan gadis - bahkan boneka - dan membaca buku. Dia juga memiliki bau mulut, sebagaimana terungkap dalam episode "It's a Small World". Dia juga tidak tahan dengan bau gas seperti pada episode "French Fries". Marky memiliki handphone Xpress Music berpapan tombol biasa. Dia disuarakan oleh Samuel Vincent, Isshin Chiba.
  • Jack adalah tokoh lain dalam kartun. Dia adalah teman Oggy dan sebuah kebalikan lengkap dari Oggy; Jack berwatak cepat marah, kekerasan, arogan - target yang sempurna untuk kecoa yang pengganggu. Dia pernah membangun mesin besar seperti Roach-Catching Contraptions. Ia juga sangat tertarik dalam hal kimia. Jack adalah teman Oggy yang sangat dekat (ia sering tidur di rumah Oggy) dan juga tetangganya . Jack bisa datang ke rumah oggy tanpa mengetuk pintu dan ia sering pergi menemui oggy untuk membantunya melawan para kecoak. Dia memiliki sebuah truk monster.Nomor teleponnya adalah 2. Terkadang dia dapat menggertak Oggy. Jack tampaknya menjadi karakter terkuat dalam pertunjukan. Ia suka pamer, menantang kecoak dan perempuan - terutama Monica. Dalam episode "Don't Rock The Cradle", mereka tampaknya memiliki bayi dan meminta oggy untuk mengasuh anak mereka, hal itu menunjukkan bahwa mereka menikah. Tapi dalam hindi versi episode, Jack mengatakan bahwa Monica adalah adiknya Oggy. Jack sering menyebut Oggy sebagai "Munna" dalam versi bahasa Hindi.
  • Monica, saudari Oggy dan istri dari Jack. Dia mengunjungi rumah oggy pada beberapa episode. Dia dikenal karena sangat aktif dan suka menghadapi tantangan-tantangan fisik seperti sky diving dan bungee jumping . Dia selalu terlihat skating dengan sepatu roda Inline Skates . Dari semua karakter utama, dia memiliki paling jarang tampil, bahkan lebih jarang dari Bob. Monica jarang muncul di layar dengan kecoa atau Bob. Nomor telepon Monica adalah 444-333-222 seperti pada episode "Love and Kisses". Sejak musim 3, Monica hanya karakter sekunder. Disuarakan oleh Tara Strong dan Toko Aoyama.
  • Bob,adalah anjing bulldog cokelat yang merupakan tetangga Oggy - meskipun ia tidak disebutkan dalam lagu pembuka - adalah salah satu tokoh yang sering di tampilkan. Bob mencoba menjalani hidupnya diam-diam dan tenang mungkin, tapi tetangganya,Oggy, sangat sering menghasilkan penghancuran harta miliknya, yang ia biasanya merespon dengan pukulan. Hal ini terutama terjadi di luar layar, biasanya karena foto tersebut berubah menjadi konyol wallpaper-seperti latar belakang; satunya petunjuk penampil sedang berjuang mendapat suara dan kucing-memekik. Dalam episode "Working Cat", ia mengungkapkan gigi dan gusi yang seluruhnya terdiri dari baja. Dalam episode "Off Limits", Bob memiliki potret Elizabeth I , Henry VIII , Anne dari Cleves , dan Catherine dari Aragon di dinding rumahnya. Bob adalah orang yang tampaknya memiliki masalah hidup. Meskipun demikian, tapi dia pernah dipukuli oleh robot buatan kecoa dalam episode "Copy Cat", dan di episode "Penguin Pandemonium" oleh penguin. Ia juga dikenal memiliki Volkswagen Beetle yang terlihat pada episode "oggy dan Magic Flute" dan episode "Copy Cat". Bob hanya tidak marah pada episode "Baby Boum" dan episode "Policy Academy". Disuarakan oleh Petrus Kelamis dan Tetsu Inada.
  • Olivia, adalah seekor kucing betina putih yang sering memakai pita kuning di rambutnya. Ia adalah kucing yang penyayang terhadap lingkungan. Ia sangat menyukai Oggy. Rumahnya terlihat memiliki interior sederhana namun indah. Rumahnya sering dihinggapi burung yang menemani hidupnya. Olivia terbilang sangat cerdas, sebab, ia dapat menyelesaikan masalah yang dianggap Oggy susah, dengan sangat mudah seakan-akan menganggapnya sepeleh. Olivia sering diperebutkan oleh Oggy, Jack dan Bob. Kadaang kecoa membuat Oggy makin cemburu. Namun, itu semua berakhir karena Oggy telah menikahi Olivia di musim ke-5
  • Lady K adalah kecoa yang muncul di musim 4. Lady K merupakan kebalikan lengkap dari kecoa. Ia betina, tinggal di rumah Olivia, dan dikenal tidak mau berkomproni. Dalam episode "Shoplifting" dan "Wake Up My Lovely", ia diketahui 4x lebih jahat dari Joey, Dee-Dee dan Marky.Namun ia pernah meracuni olivia dengan sebuah apel merah. Lady K pertama kali muncul di episode "Lady K

Keterangan : Olivia dan Lady K adalah 2 karakter yang episode saat penampilan pertamanya sama dengan nama karakternya. Olivia muncul perdana di episode "Olivia", dan Lady K muncul pertama kali di episode "Lady K"

Karakter Sekunder[sunting | sunting sumber]

  • Pemburu - muncul di "A Bird Of Ill Omen" dan "Wash Day"
  • Kondektur Kereta - muncul di episode "Do not lean out of the window". Dia muncul di akhir episode setelah kereta itu keluar jalur dan sampai di halaman rumah oggy, yang kemudian dia menstapler karcis kereta Oggy.
  • Masinis - muncul di episode Do not lean out of the window, First flight dan Oggywood
  • Redneck (yang menyewa rumah Oggy) adalah seorang pria kurus ketika ia melihat tanda 'For Rent' di kebun oggy yang ditanam oleh kecoak. Dia muncul di "House for Rent".
  • Pegulat - juga muncul di "House for Rent".
  • Anak Histeris - muncul dalam "Tip for The Road" adalah seorang pria dengan rambut oranye, tipis, hampir horizontal ketika Oggy di lokasi kejadian melihat kecoa yang mereka lakukan mengikutinya dan melempar bola kecil.Tetapi ia mungkin guru sebagai dalam versi bahasa Hindi pada akhir episode, ia berteriak dan berjalan, "Saya tidak akan mengambil pelajaran mengemudi lagi saya!Tidak akan mengambil mengemudi ...! ".Juga penampilan ia dengan anak-anaknya atau keponakan di dalam mobil di "Blue Sunday".
  • Sersan Penggerutu / Polisi - kebanyakan muncul di seluruh seri - terutama "Tip for The Road" (Mereka juga muncul di "Oggy's Clone", "Hip Hop Hypnosis", "The Bait Bites Back", "Love and Kisses", "A Night at Opera", " dan lain-lain)
  • Pengawal - pengawal Oggy yang hanya muncul di "Beware Of The Bodyguard"
  • Redneck Saudara Kecoa - adalah salah satu sifat yang mencintai pria yang pandai membuat tanaman. Hanya muncul dalam "Roachy Redneck"
  • Orang-orang Marah - Muncul pertama dan terakhir: "That's the Last Straw!" dan "Hip Hop Hypnosis"
  • Orang Marah Gemuk - muncul di "Life's a Beach" ketika ia mengejar Oggy untuk mengambil bantal biru thingy (yang sebenarnya untuk itu Oggy). Ia membuat juga sebuah penampilan di "Blue Sunday" ketika Kecoa Joey menyembunyikan di mempercepat thingy ketika Jack mendorong dan membuat kecelakaan mobilnya dan juga di "The Carnival's in Town"
  • Wanita yang Makan Malam - muncul di "Jealousy", Ia ingin pesta makan malam dengan Oggy tapi jatuh cinta dengan Marky.
  • Teman Gadis Sekelas / Wanita - Muncul di "Lane Memory" pada gambar (tapi masih kecil).
  • Orang Kecil / Bos - Muncul di "Go Slow With Your Dough", Dia memiliki kumis. Dia membuat oggy untuk meletakkan koper berisi Euro ke tempat (yang untuk membakarnya) Dan "Night Watchmen" juga.
  • Nenek Oggy - Muncul hanya dalam 2 episode,yaitu:"Granny's Day" di Musim 1 dan "Oggy's Grandma" di Musim 3.
  • Alien - Muncul di Mission to Earth, mereka berencana untuk menyerang Bumi, tapi disabotase oleh Oggy dan Joey. Sebagai jenis yang berbeda, juga muncul dalam "Sea Risks" dan di "Off Limits".
  • Badui - Seorang pria haus muncul di episode "3 Wishes and You Out".
  • Sopir - Muncul sebagian besar melalui seri - pertama kali terlihat di "French Fries". Dia menyusut karena Joey menggunakan teleskop ajaib yang bisa tumbuh / menyusut apapun di "Out Inside" di Musim 3
  • Bebek-bebek - Muncul dalam 2 episode (dua episode memiliki warna bulu yang berbeda untuk mereka) ini menjadi yang pertama Pendudukan, Duck Soup kedua.
  • Penyihir - Muncul di "Inside Out" dan "Oggy and the Magic Broom"
  • Pemburu Kanguru - Muncul hanya dalam episode "Cartoon Lesson".
  • Kanguru - Muncul di episode "Night Watchmen" dan "Cartoon Lesson" (Dia adalah binatang kartun dalam "Cartoon Lesson")
  • Tetangga - muncul di episode "Cat Neightborg".
  • Lebah - Pertama penampilan - "Oggy Diet"; Penampilan Kedua - "Honeymoon"; Penampilan ketiga - "The Cicada and The Cockroach"
  • Pemakan Kecoa - muncul di "Castaway Cat". Dia dan anjingnya menculik kecoa sementara Oggy dan Jack berada di sisi lain dari pulau itu.
  • Si Gendut / Pemilik Scuba Diving - muncul di "Scuba Diving", kecoa telah menggambar wajahnya; membuatnya marah pada Oggy dan Jack.
  • Pilot - muncul tetapi terikat dalam episode "Rock 'n Roll Altitude". Diikat oleh kecoak.
  • Jack Tua - muncul pertama di "The Time Machine", ketika Jack mengejar kecoa tua yang mengambil gigi Jack. Kedua "Oggy Van Winkle".
  • Kecoa Tua - juga muncul di episode The Time Machine dan Oggy Van Winkle
  • Oggy Tua - muncul di episode "Oggy Van Winkle".
  • Bayi Oggy - muncul juga di episode The Time Machine dan Oggy van Winkle
  • Bayi kecoa - muncul juga di episode Oggy Van Winkle
  • Ikan Besar Oggy - sebuah ikan yang mirip dengan Oggy - terlihat di "Hide dan Sick"
  • Penjaga - muncul di "Crazy Shop" adalah orang yang gemuk dengan seragam yang menendang keluar Oggy.
  • Landak - adalah hewan dalam episode "The Garden of Horrors" dan episode "Saving Private Dee Dee" yang mengadopsi Dee Dee.
  • Ular Beracun - adalah ular kobra yang menggigit Oggy di episode "7 minutes and counting".
  • Ular Python (Boa Constrictor) - Muncul di episode "Warning! Boa on the Run" adalah ular yang merupakan mesin pemakan seperti Dee Dee.
  • Sam - Seorang petani yang muncul dan dibunuh oleh Jack dalam "The Dictator".
  • Para Siput - hanya ada satu siput, sampai oggy mendapat siput perempuan baginya. hanya muncul di "Oggy Goes Snailing".
  • Kepiting Oggy - adalah kepiting yang mengusir kecoa dari 'Rumah Oggy' di episode "Oggy's Crab".
  • Orang yang bekerja di Aziza Express - muncul di episode "Boxing Fever" dan "Olivia".
  • Guru Mengemudi - orang tuli dan buta yang mengajar Oggy mengemudi.Dia muncul dalam episode "Tip for The Road", tetapi ada seorang pria duduk di kursi belakang mobil yang dapat menjadi guru yang sesungguhnya.
  • Aktor Hollywood - adalah aktor Hollywood yang muncul di episode "Oggywood".
  • Pit - adalah anjing yang menghajar Dee Dee ketika tsunami datang di episode "Olivia".
  • Dokter - muncul di episode "A Dog Day Afternoon", "Sleeples Night", dan beberapa episode lainnya.
  • Suster - muncul di episode "Face Off" dan "Emergency Room"
  • Dokter Bedah - muncul di episode "Face Off"

Film[sunting | sunting sumber]

Sebuah film berjudul 'Oggy and the Cockroaches: Le film telah dirilis bulan Juni 2013 dan akan ditayangkan perdana di Perancis Tanggal 7 Agustus 2013 ini. Film ini berlatarkan zaman purba, dimana saat Oggy menemukan api, dan lainnya. [1].

Daftar Episode[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]