Eyeshield 21

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Eyeshield 21
Genre Olahraga, Komedi
Manga
Pengarang  Riichiro Inagaki
Penerbit  Bendera Indonesia Elex Media
Bendera KanadaBendera Amerika Serikat Viz Media
Portal Anime dan Manga

Eyeshield 21 (アイシールド21 Aishīrudo nijūichi?) adalah judul manga dan anime karya Riichiro Inagaki dan Yuusuke Murata yang bercerita tentang seorang sekelompok murid SMA yang mengikuti kegiatan klub American football di sekolahnya. Eyeshield 21 pertama kali diterbitkan di Jepang oleh Shueisha dalam majalah Shonen Jump. Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dan Real Comics. Eyeshield 21 terbitan Elex Media Komputindo telah mencapai volume 37, Manga Eyeshield 21 telah tamat pada chapter 333.

Versi animenya diproduksi oleh NAS dan dianimasikan oleh Studio Gallop, tayang perdana di seluruh Jepang pada TV Tokyo dari 6 April 2005 dan berakhir pada 1 Maret 2008 dengan jumlah 145 episode. Anime disponsori oleh NFL Japan. Anime ini juga ditayangkan di Singapura(berlangganan), Taiwan dan Indonesia. Di Indonesia, Eyeshield 21 sendiri ditayangkan pertama kali oleh stasiun televisi swasta Global TV

Plot[sunting | sunting sumber]

Awal dari Eyeshield 21 menceritakan seputar seorang remaja laki-laki lemah bernama Sena Kobayakawa yang memasuki sekolah pilihannya, SMA Deimon, dimana juga merupakan sekolah teman masa kecilnya, Mamori Anezaki yang diterima tahun lalu. Kemampuan fisik Sena yang berada diatas rata-rata hanyalah berlari, dikarenakan saat kecil ia sering disuruh dan dikerjai teman sebayanya yang nakal untuk dibelikan ini itu dalam waktu singkat. Bakatnya itu ditemukan oleh quarterback tim American football sekolah itu, Youichi Hiruma. Ia menipu dan memaksa Sena yang polos itu hingga akhirnya bergabung dengan tim-nya yang saat itu hanya terdiri dari 2 orang, Deimon Devil Bats, dan ditempatkan pada posisi running back.

Untuk melindungi identitasnya agar tidak direkrut klub lain karena kecepatannya, Sena juga berperan sebagai sekretaris klub, dan mengikuti pertandingan sambil mengenakan helm dengan pelindung mata berwarna hijau untuk menyembunyikan identitasnya, digunakanlah nama 'Eyeshield 21'.

Tim Devil Bats lalu mengikuti pertandingan turnamen musim semi, dengan harapan menang dengan 'senjata rahasia' baru mereka. Namun pada pertandingan kedua, mereka kalah telak melawan tim Oujou White Knights, sebuah tim kuat yang fokus pada pertahanan.

Setelah pertandingan itu, Mamori yang overprotektif pada Sena dan belum mengetahui Sena adalah Eyeshield 21, akhirnya mengajukan diri menjadi manajer klub itu, untuk melindungi Sena dari ulah Hiruma sang kapten yang memang semena-mena dan licik, namun jenius.

Selang beberapa waktu, tibalah pertandingan yang tak kalah pentingnya yaitu turnamen musim gugur, dimana tim-tim yang bertanding berkesempatan bermain dalam 'Christmas Bowl', liga kejuaraan American Football seluruh SMA di Jepang. Hiruma, Kurita dan Sena perlahan-lahan membangun tim yang sesungguhnya dengan merekrut Tarou Raimon, seorang pemain baseball yang hanya ahli menangkap bola, dan 3 bersaudara Ha-Ha. Karakter lainnya perlahan-lahan bergabung dan para anggota Devil Bats sekarang juga seimbang dengan tim lawan.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Tim Deimon Devil Bats (泥門デビルバッツ?)[sunting | sunting sumber]

Sena adalah seorang murid kelas 1 SMA Deimon yang lemah dan penakut. Sejak SD, Sena sudah dijadikan budak oleh teman-temannya. Sena juga memiliki teman masa kecil bernama Mamori Anezaki (姉崎まもり, Anezaki Mamori) yang selalu menjaganya dari gangguan oleh anak lain. Meski begitu, Sena punya kaki amat lincah karena sering berlari untuk melaksanakan perintah anak-anak nakal itu sehingga membuat kaki & dirinya terbiasa berlari kesana-kemari. Lalu ketika Sena berhasil lulus tes masuk SMA Deimon, ia direkrut Hiruma yang menemukan alamat rumahnya dengan meminjamkan handphone dan mengirim banyak brosur klub Amefuto ke rumah Sena sampai membuat Sena stres. Sebenarnya yang membuat Sena tertarik dengan klub Amefuto adalah karena dia ingin menjadi syumu (manajer klub) karena kasihan dengan Kurita yang anggota klubnya hanya 2 orang. Tapi lama-lama dia akhirnya bersemangat menjadi pemain juga. Ini karena dia telah berjanji pada Shin Seijuro. Saat SD Sena sudah biasa dijadikan budak teman-temannya tapi ia selalu diselamatkan oleh Kaitani Riku, teman sekelasnya. Riku juga punya kaki yang lincah dan dialah yang mengajarkan Sena cara berlari agar tak diganggu lagi oleh teman-temannya. Tapi Sena malah memakai kemampuan larinya agar bisa lebih cepat saat disuruh-suruh dan ini membuat Riku marah. Sayang Riku hanya 2 minggu sekelas dengan Sena karena orang tuanya pindah kerja. Meski begitu, Sena berjanji pada Riku untuk selalu melatih kakinya agar menjadi cepat. Akhirnya Riku bertemu Sena lagi dalam posisi sebagai Runnerback Seibu Wild Gunmans. Sena melatih kecepatan kakinya dengan teknik lari dari Riku selama 6 tahun hingga larinya bisa mencapai kecepatan cahaya 4,2 detik. Sepertinya Sena dan Suzuna saling menyukai. Di episode 87 setelah Deimon mengalahkan Bando Spiders, Sena pingsan karena amat kelelahan. Di pelukan Suzuna.

Teknik

  • Devil Bat Ghost: teknik crossover step dengan mengerem tanpa mengurangi kecepatan. Sena mempelajari teknik ini dalam 2000 km Death March di Amerika dengan menendang batu. Efek teknik ini menimbulkan bayangan seolah-olah Sena menjadi 2 sehingga membingungkan blocker lawan dan membuat mereka salah menghitung saat yang pas untuk tackle. Kelak teknik ini berkembang sebagai dasar teknik Sena lainnya.
  • Devil Light Hurricane: disebut juga Devil Bat Tornado. Teknik ini tercipta saat pertandingan melawan Kyoshin Poseidon dengan menggabungkan Devil Bat Ghost dan gerakan spin. Menimbulkan efek putaran yang membuat teknik tackle 2 tangan (seperti Anchor Grapple-nya Kakei) tidak berguna.
  • Devil Bat Dive: Sena melompat ke atas barisan line dengan kecepatan penuh. Hiruma hanya mengijinkan Sena melakukannya 1 atau 2 kali di lapangan karena teknik ini sangat berbahaya.
  • Devil Stungun : menggunakan lengannya, Sena menangkis Trident Tackle-nya Shin dan sukses walaupun sakit bukan main dan Shin melancarkan Trident Tackle lagi dari lengan kirinya. Sena mendapat inspirasi dari pertarungan melawan Agon Kongou. Teknik ini mirip teknik Panther a.k.a. Patrick Spencer dari NASA Aliens yang mengacuhkan keselamatan bola untuk lolos dari lawan. Teknik ini juga memakai sedikit gerakan jab dari tinju. Tapi akhirnya teknik ini berhasil dipatahkan oleh Marco dari Hakushuu Dinosaurs yang menggunakan teknik Screw Bite.
  • Devil Ghost Dive : Sena memakai Devil Bat Ghost dan mendadak lompat ke atas lawan. Teknik ini tercipta saat melawan Shin Seijuurou dan digabung dengan Devil Stungun saat di udara untuk menangkis Trident Tackle sehingga Shin bisa dikalahkan Sena dengan teknik ini. Teknik ini juga dipakai saat play terakhir melawan Ojo White Knights pada Turnamen Kanto dan melawan Yamato dari Teikoku Alexanders di Christmas Bowl. Tetapi Yamato pun bisa menaklukkan teknik ini.
  • Vertical Devil Light Hurricane : Sena mengurangi jarak dengan lawan lalu mendorong sambil berputar dengan kecepatan cahaya. Dengan memakai tubuh lawan sebagai tumpuan, Sena berputar sambil menghindari semua serangan lawan. Karena jarak sangat sempit maka lawan dengan teknik Defensive Attack yang dekat (seperti Screw Bite Marco) tidak bisa merebut bola.
  • devil curve :sena berbelok sambil berlari tanpa mengurangi kecepatan seperti roping rodeo drive milik riku. sena melakukan teknik tersebut saat bermain baseball dengan teman setimnya (kuroki)
  • Multiple Devil Bat Ghost : Di chapter 287 setelah Yamato menunjukkan Ghost Steps "yang asli", Sena memutuskan menyempurnakan Devil Bat Ghost-nya dengan Crossover Step yang liar dan Cut Step sederhana yang bisa menciptakan 4 "bayangan".
  • Devil 4th Dimension : Teknik lari terkuat Sena. Diciptakan saat Christmas Bowl melawan Teikoku Alexanders. Ketika berlari dengan kecepatan cahayanya, Sena melakukan Backstep amat cepat tanpa mengubah kecepatannya atau keseimbangannya. Melakukan ini saat lawan sedang mentackle akan membuat tackle lawan meleset jauh sehingga Sena bisa lolos dari penjagaan dan bergerak leluasa. Terhadap lawan, teknik ini menimbulkan efek seolah-olah waktu berjalan mundur (Dimensi Keempat). Kelemahannya adalah setelah melakukan Backstep, ada saat dimana Sena mengubah arah larinya sekejap, sehingga ia berhenti sebentar. Pemain bertahan lawan bisa menghentikan langkah saat melihat Backstep itu dan memperhatikan arah lari Sena. Yamato memutuskan mematahkan backstep dengan menguncinya memakai teknik Caesar Charge. Dengan segenap kekuatannya Yamato mempercepat larinya mencapai kecepatan cahaya yang melampaui lari Sena dalam sekejap. Sena akhirnya bisa menutup kelemahan itu dengan menggabungkan Devil 4th Dimension dengan Devil Bat Ghost. Dia sukses membingungkan lawan pada saat sesudah melakukan backstep dan Yamato pun akhirnya takluk. Sena memakai Devil Bat Ghost dengan lari mundur yang dinamakan Reverse Devil Bat Ghost. Setelah itu Yamato menyatakan tidak ada kekuatan atau bakat yang dapat mematahkan teknik ini karena itu adalah "kecepatan yang murni".

Statistik:

  1. Rekor lari 40 yard: 4.2 detik (berkembang menjadi 4.1 detik)ketika melawan OJOU WHITE KNIGHT
  2. Bench Press: 10 kg, 40 kg di vol. 5, dan 45 kg in di. 10
  3. Posisi: Running Back
  4. Nomor Pemain: 21
  5. Kelas 1 SMA
  6. Universitas: Enma
  7. Klub Football Universitas: Enma Fire

Hiruma adalah kapten klub Amefuto ini. Dia memiliki telinga lancip dan gigi tajam yang mirip gigi setan. Dia juga selalu membawa senjata api kemana-mana. Dia licik, kejam, dan selalu memanfaatkan kelemahan orang lain demi mencapai keinginannya (walau keinginannya kebanyakan baik dan hanya berpusat pada kegiatan Amefuto saja). Hiruma memiliki buku saku yang bernama "Buku Ancaman". Sebenarnya buku itu tidak ada isinya alias kosong. Dia memakainya untuk mengancam orang yang tidak mau menurutinya. Dulu klub Devil Bats ini hanya berisikan 3 orang yaitu : Hiruma, Kurita, dan Musashi. Ketika bertanding mereka selalu minta bantuan klub olahraga lain. Lalu akhirnya Musashi keluar dari Deimon sehingga Devil Bats hanya tinggal 2 orang. Maka dari itu Hiruma dan Kurita selalu berusaha mencari pemain baru dengan cara apapun. Hiruma sangat jenius dan juga merupakan murid terpintar di SMA Deimon bersama Anezaki Mamori dan Yukimitsu Manabu. Mereka bertiga dijuluki Trio Pintar dari Deimon. Hiruma dan Agon dari klub Shinryuji Naga adalah musuh bebuyutan sejak dulu. Hiruma tampak sangat membenci Agon yang telah membuat Kurita tidak diterima di SMA Shinryuji. Dulu Hiruma, Musashi, dan Kurita ingin masuk SMA Shinryuji yang klub Amefutonya sangat kuat. Musashi dan Hiruma lulus tes masuk. Kurita yang terbodoh di antara mereka terpaksa tidak ikut tes dan memilih ikut tes masuk klub Amefuto di SMA Shinryuji karena mereka yang lulus tes ini langsung diterima menjadi murid baru di Shinryuji, meskipun jatah bagi murid yang beruntung ini cuma untuk 2 orang/tahun. Mestinya Kurita bisa lulus, tapi Agon malah memilih ikut tes olahraga ini dan lulus karena dia tak suka orang seperti Kurita sehingga Kurita pun gagal. Hiruma adalah tokoh paling misterius di serial ini karena sama sekali tidak ada keterangan apapun kecuali namanya. Dia juga kasar dan selalu memanggil nama orang dengan tambahan "sialan". Misalnya : Sena dan Monta adalah cebol sialan, Mamori adalah manajer sialan dan Kurita adalah Gendut sialan. Meski tentang keluarga Hiruma sama sekali tak diketahui, tapi sepertinya hubungan Hiruma dan ayahnya (yang belakangan diketahui bernama Yuuya Hiruma) tidak baik. Sebab saat ayahnya meneleponnya (Hiruma tidak tahu HP-nya dalam keadaan voice mail. Yang mendengar adalah Mamori) dia berkata "Apa ini Youichi? Ayah menonton pertandinganmu dan ayah mengucapkan selamat karena kamu berhasil menang... Ayah tahu kamu masih membenci Ayah dan bahkan kamu tidak mau mengangkat telepon dariku...,". Hiruma adalah Quarterback jenius dengan permainan trik dan strategi luar biasa seperti Killer Hornet, yaitu mengumpulkan semua rekan setim dengan formasi mirip huddle dan lari berpencar bersamaan sehingga tidak ada yang tahu siapa yang membawa bola. Strategi ini dipakai dalam pertandingan melawan Ojo dan Teikoku. Pass andalannya Devil Laser Bullet yang super cepat dan hanya bisa ditangkap oleh catcher-catcher kelas satu dan Hail mary pass yang sangat tinggi.

Statistik:

  1. Rekor lari 40 yard: 5.1 detik (vol. 1 & vol. 23)
  2. Bench Press: 75 kg
  3. Posisi: Quarterback
  4. Nomor Pemain : 1
  5. Kelas 2 SMA
  6. Universitas: Saikyoudai.
  7. Klub Football Universitas: Saikyoudai Wizards

Kurita adalah teman Hiruma sejak SMP. Dia adalah pemain terbesar dan terberat di Deimon Devil Bats. Ayahnya adalah seorang pengawas aliran Budha Morenshu. Karena menurut ayahnya biksu masa depan harus tumbuh menjadi orang yang kuat, Kurita diberi makan yang berlebihan. Berbeda dari Hiruma, Kurita sangat baik dan ramah. Saking baiknya di serial anime dia tak pernah memakai kekuatan aslinya sampai membuat Onihei kesal padanya dan mengajarkan bahwa sebagai seorang Line dia tak boleh kasihan pada lawannya. Kurita juga sering pesimis dan penakut bila akan bertanding. Namun bila sudah di lapangan dia akan berubah sebagai Lineman yang hebat. Kurita akhirnya terpilih sebagai Lineman terbaik Turnamen Musim Gugur dan Sena sebagai Running Back terbaik. Kelak Kurita dan juga Gaou menjadi duet Lineman terkuat Jepang

Statistik:

  1. Rekor lari 40 yard: 6.5 detik
  2. Bench Press: 160 kg, saat kekuatan tersembunyinya bangkit waktu melawan Gaou, melebihi 210 kg
  3. Posisi: Center / Defensive Tackle
  4. Nomor Pemain: 77
  5. Kelas 2 SMA
  6. Universitas: Enma
  7. Klub Football Universitas: Enma Fire

Anezaki Mamori adalah teman masa kecil Sena. Dia selalu menjaga Sena dari kenakalan teman-temannya. Dia paling sering ribut dengan Hiruma. Manajer Devil Bats ini juga sangat suka ngemil kue sus sehingga sering diejek Hiruma soal makannya yang banyak (Khusus untuk makan kue sus, dia mendapat peringkat pertama tokoh di serial Eyeshield 21). Mamori merupakan cewek blasteran Amerika-Jepang dan neneknya adalah orang Amerika karena itu rambutnya cokelat dan matanya biru. Awalnya Mamori tak tahu kalau Sena adalah Eyeshield 21 maka dia selalu melarang Sena melakukan latihan spartan dengan anggota lainnya. Mamori sangat "over protected" terhadap Sena karena merasa Sena itu lemah. Tapi setelah tahu bahwa Sena adalah Eyeshield 21, akhirnya ia menyesal dan tidak terlalu mengekang Sena lagi untuk melakukan yang diinginkannya. Mamori juga menjadi anggota komite disiplin SMA Deimon. Sangat pandai sehingga dia populer di kalangan anak laki-laki SMA Deimon. Kalimat favoritnya ialah "Sena wo ijime naide!!" (Jangan ganggu Sena!). Mamori bisa dibilang cewek sempurna seandainya dia juga pandai dalam seni rupa karena gambar karyanya ternyata sejelek gambar karya anak TK. Sejak tahu Sena adalah Eyeshield 21, Mamori memotong rambut dan menyatakan ia ingin mengubah sudut pandangnya selama ini.

Senjata Rahasia :

  1. Kode Rahasia ( Snap Count ) : Mamori mempelajari kode rahasia mengirim pesan dan taktik dari bangku pemain. Biasanya dia memakai ini bersama Hiruma supaya lawan tak mengerti strategi yang disampaikannya.

Statistik :

  1. Bench Press : 20 kg
  2. Posisi : Manager tim
  3. Kelas : 2 SMA
  4. Universitas : Saikyoudai
  5. Klub Football Universitas : Saikyoudai Wizard

Suzuna adalah kapten tim cheerleader Deimon Devil Bats. Orangnya ceria, berisik, dan sangat manis. Meskipun sering diejek karena kalah seksi dari anggota pemandu sorak Deimon lainnya, namun Suzuna sangat lincah dan pandai main rollerblade yang selalu dipakainya ke mana-mana. Di anime dia diperkenalkan pada episode 22 yaitu pada awal episode. Namun di komik dia baru diperkenalkan pada volume 10 saat Sena tersesat di Amerika. Suzuna sangat benci dipanggil dengan marganya (Taki) sebab tak mau disamakan dengan kakaknya. Karena itu dia selalu melarang Sena memanggilnya Taki-san (-san merupakan akhiran tanda hormat). Meski awalnya Sena malu-malu memanggilnya Suzuna tapi akhirnya Sena terbiasa juga. Suzuna mempunyai kebiasaan memberikan nama panggilan aneh kepada teman-temannya, seperti pada Monta (=MonMon), Mamori (=Mamo-nee), Ishimaru (=Tetchan) , Juumonji (=Monji) , Kuroki (=Kuro) , Togano (=Toga) , Kurita (=Kuri-tan), Doburoku (=Buro-chan), Butaberos (=Buro-chan), dan Hiruma (=Yo-nii) sehingga Monta dan Sena selalu khawatir pada keselamatan diri Suzuna (Karena Yo-nii dari nama Yoichi artinya "elf-bro" a.k.a "kak peri") Suzuna tidak pernah pacaran tapi sangat tertarik pada masalah cinta orang lain, terutama Mamori. Biasanya bila mendengar hal-hal seperti itu, "antena" di rambutnya akan naik. Suzuna sering ribut dengan Monta karena Monta sangat sebal dengan sifat Suzuna yang blak-blakan. Suzuna punya kakak yang bodoh bernama Taki Natsuhiko, Tight End di Devil Bats dan salah satu anggota Deimon yang tingkat idiotnya sampai 99 persen dan tinggal 1 persen kepandaiannya yaitu cuma di bidang Amefuto. Namun sehari-hari Suzuna akrab dengan Sena dan tampaknya Sena juga menyukai Suzuna. Di episode 87 setelah Sena berhasil mengalahkan Bando Spider, dia pingsan di pelukan Suzuna. Universitas: Enma

Raimon, biasa dipanggil Monta adalah pemain no. 80 di Deimon Devil Bats dengan posisi Wide Receiver. Awalnya dia anggota klub baseball tapi karena keahliannya hanya pada catching, dia cuma bisa masuk di tim ketiga. Setelah dibujuk Sena dan tipuan Hiruma (Karena tahu Monta menyukai Mamori, Hiruma bilang bahwa Eyeshield 21 adalah penjahat yang cuma mamanfaatkan Mamori dan minta Monta masuk klub untuk menolong Mamori) akhirnya Monta bersedia bergabung. Monta sangat kesal dipanggil 'Monta' tapi setelah diberitahu Hiruma bahwa nama itu diambil dari nama Joe Montana/ MontN Magic, pemain American Football legendaris, dia akhirnya tak keberatan. Bahkan marah bila ada yang memanggilnya dengan sebutan Raimon/Monyet. Monta sangat menyukai Mamori dan selalu berusaha menarik perhatiannya walaupun selalu berakhir tragis. Bahkan tak jarang dia selalu mendapat luka hanya gara-gara mengejar/mendapat perhatian Mamori. Dia pernah salah mengira Suzuna dan Sena sedang berciuman di komik bonus peringatan 100th Down. Padahal saat itu Mamori sedang dipaksa Suzuna memakai seragam Eyeshield 21. Kemampuan andalannya adalah Devil Backfire(Berkembang menjadi Devil Backfire Neo yang Monta dapat dari mimpinya saat World Cup),teknik menangkap bola dari belakang kepala dengan tidak melihat datangnya bola sama sekali. Monta menciptakan teknik ini dalam pertandingan melawan Ojo di semifinal Turnamen Kanto. Dia menjadi salah satu Receiver terbaik Jepang bersama Sakuraba, Tetsuma, Taka, dan Ikkyu. Merupakan fans berat Honjou Taka (Catcer Baseball yang sangat hebat) sama seperti Sakuraba Haruto. Anehnya Monta mengira cowok idaman Mamori adalah yang seperti dirinya. Namun ternyata Mamori bertujuan mengatakan hal itu karena ingin memelihara kucing sejenis itu.

Statistik:

  1. Rekor Lari 40 yard: 5.0 detik
  2. Bench Press: 40 kg (50kg di komik vol.36)
  3. Posisi: Wide Receiver
  4. Nomor Pemain: 80
  5. Kelas 1 SMA
  6. Universitas: Enma
  7. Klub Football Universitas: Enma Fire

Musashi yang wajahnya tua ini adalah kicker hebat yang dijuluki "60 Yard-Magnum" meski ini cuma akal-akalan Hiruma. Musashi terpaksa keluar dari klub dan SMA Deimon karena harus meneruskan usaha kontraktor keluarganya karena ayahnya sakit keras. Namun pada pertandingan melawan Seibu Wild Gunmen, akhirnya ia kembali masuk Deimon Devil Bats. Sebenarnya Musashi masih ingin main Football dengan Hiruma dan Kurita namun ia terpaksa berhenti. Ia kembali main setelah dipukul ayahnya yang membentaknya agar mau jujur pada diri sendiri. Walau nama aslinya Gen, ia tetap dipanggil Musashi, karena kanji Takekura bisa dibaca Musashi. Di detik-detik terakhir melawan Teikoku dalam Christmas Bowl, Musashi membuktikan julukannya dengan sukses menendang bola dari jarak 60 yard.

Statistik:

  1. Rekor Lari 40 yard: 5.6 seconds
  2. Bench Press: 90 kg
  3. Posisi: Kicker
  4. Nomor Pemain: 11
  5. Kelas 2 SMA
  6. Klub Football Semipro: Takekura Construction Babels

Baru muncul di volume 10, kakak Suzuna yang sangat bodoh tetapi pintar dalam segala hal yang berhubungan dengan Football ini sangat gemar mengucapkan "AHA-HA~" dan menyebut dirinya jenius, namun selalu kalah dari receiver yang lebih hebat. Sena bertemu dengannya saat tes masuk klub San Antonio Armadillos di Amerika. Natsuhiko memang tak lulus dan justru Senalah yang sukses, tapi ia telah pergi sebelum namanya diumumkan. Natsuhiko juga tak suka mengalah dan sangat dibenci Trio Ha-Ha dan Monta karena sering sok akrab dengan Mamori. Dia sering tersesat, karena terlalu pede kalau naik bis, sampai entah ke Nagano atau daerah lain yang jauh. Tetapi ia memiliki kehebatan yang tidak dimiliki pemain lainnya yaitu kelenturan tubuh.

Statistik:

  1. Rekor Lari 40 yard: 5.1 sec
  2. Bench Press: 90 kg
  3. Posisi: Tight-End
  4. Nomor Pemain: 37
  5. Kelas 2 SMA
  6. teknik andalan: prince gentle block (cuma blok biasa)

Yukimitsu sangat pintar dan rajin. Dia juga giat berlatih di klub karena ia yang paling lambat (no.2 setelah Kurita) di klub. Sebenarnya dia gagal pada tes masuk klub. Tapi, karena Hiruma terkesan padanya yang sudah susah payah setengah mati sehingga akhirnya ia "diluluskan". Dia sudah kelas dua sama dengan Hiruma, Kurita, dan Musashi namun tetap masuk klub Football karena tak mau menyia-nyiakan masa mudanya hanya dengan belajar. Sejak kecil Yukimitsu selalu dipaksa ibunya belajar dan tak boleh ikut klub apapun. Setelah melihat penampilan Eyeshield 21, dia terkagum-kagum dan bertekad masuk klub Football. Ia menyesal baru masuk klub sekarang, hingga gagal ikut tim reguler saat Turnamen Musim Gugur. Ia baru masuk pada "Turnamen Kanto" saat melawan Shinryuji Naga dan berhasil mencetak satu Touchdown melawan Agon dengan posisi Receiver. Walaupun fisiknya payah tapi kemampuannya membaca permainan dan posisi lawan (hasil dari menonton rekaman pertandingan sebelumnya) juga semangatnya yang luar biasa, membuat semua yang meremehkannya (Agon dan Ikkyu) harus membayar mahal.

Statistik:

  1. Rekor Lari 40 yard: 5.6 detik
  2. Bench Press: Tidak diketahui
  3. Posisi: Wide Receiver
  4. Nomor Pemain: 16
  5. Kelas 2 SMA
  6. Universitas: Shuuei
  7. Klub Football Universitas: Shuuei Doctor Fishes

3 Bersaudara Ha Ha terdiri dari: Juumonji Kazuki 十文字 一輝, Kuroki Koji 黒木 浩二, dan Toganou Shouzou 戸叶 庄三 Toganō Shōzō. Kenapa mereka disebut 3 Bersaudara Ha Ha? Sebab kalau ada apa-apa mereka pasti bilang: Toganou: 'HA?'; Juumonji: 'HAA?'; Kuroki: 'HAAAH?!'. Mereka dijuluki begitu oleh Hiruma meski sama sekali tak ada hubungan saudara. Mereka sudah berteman sejak SMP. Dari dulu mereka adalah berandalan namun akhirnya mereka merasa diakui setelah bermain American Football di Devil Bats dan mulai serius. Posisi mereka bertiga adalah Lineman. Awalnya mereka selalu mengganggu Sena, tetapi setelah diancam Hiruma dan tahu Sena adalah Eyeshield 21, mereka akhirnya berteman baik dengan Sena. Juumonji adalah yang paling normal di antara mereka bertiga dan dijuluki "kakak" oleh dua sahabatnya itu. Toganou sangat suka membaca manga serta membawanya kemana-mana. Sedangkan Kuroki sangat pandai main game.

Statistik: 1.Rekor Lari 40 yard:

 #Juumonji: 5.5 detik
 #Kuroki: 5.1 detik
 #Togano: 5.5 detik

2.Posisi: Lineman

 #Juumonji: Offensive Tackle / Defensive End 
 #Kuroki: Offensive Tackle / Linebacker
 #Togano:Offensive Guard / Defensive End

3.Bench press: 65 kg, 85 kg, 70 kg 4.Nomor Pemain:

 #Juumonji: 51 
 #Kuroki: 52
 #Togano: 53

5.Kelas 1 SMA

6.teknik andalan : furyoo sappo (penakluk berandalan,saat melawan line sphink)

7.Universitas:

 #Saikyoudai (Jumonji)
 #Takekkura Constructions Babels (Togano)
 #Takekkura Constructions Babels (Kuroki)

Cowok pendek tapi kuat dan berhidung merah ini adalah murid Kurita. Ayahnya pekerja bongkar-muat rumah. Walaupun kuat, Komusubi sering minder dengan tubuh pendeknya. Apalagi saat ia akan melawan Mizumachi dari Kyoshin Poseidon. Tapi ia berhasil membuktikan kalau perbedaan tinggi badan bukan masalah. Kata-katanya sering tidak dimengerti karena ia selalu menggunakan bahasa 'powerful' yang hanya bisa di mengerti orang-orang kuat seperti Kurita, Guru Olahraga di SMU Deimon, Ayahnya, Mizumachi, Cerberus (anjing Hiruma yang ganasnya minta ampuuuunn) dan para Lineman kuat lainnya.

Statistik:

  1. lari 40 yard: 5.2 detik
  2. bench press : 110 kg
  3. posisi : "Offensive Guard / Defensive Tackle"
  4. nomor pemain : 55
  5. teknik andalan : rip (teknik yang memanfaatkan tubuhnya yang pendek, diciptakannya sendiri saat melawan Mizumachi dari Poseidon)

Karakter ini jarang sekali muncul karena keberadaannya selalu tidak dianggap karena bagi murid lain ia tidak mencolok. Ishimaru ikut klub american football sebagai pembantu dari klub atletik .

Statistik:

  1. Lari 40 yard : 4,9 detik
  2. Posisi : "Running Back"
  3. Nomor Pemain : 30ASU

Ojo White Knights[sunting | sunting sumber]

Murid kelas dua SMU Ojou ini adalah rival dari sena. Shin adalah salah satu tokoh terkuat dalam cerita ini, karena sifatnya yang selalu bekerja keras dan kemampuan alaminya sebagai jenius american football. Kemampuan andalannya adalah Spear Tackle, tusukan 1 lengan yang sangat kuat yang dapat menghentikan semua lawan, dan banyak pemain yang menolak membawa bola lagi karena tackle yang sangat kuat tersebut. Dan yang mengalahkan shin dan spear tackle-nya adalah Sena. Lalu Shin menyatakan bahwa Sena adalah lawan yang tangguh. Hal ini dinyatakan shin pada wawancara sebelum turnamen kanto dimulai. Sebelum pertandingan Deimon vs Ojo di semifinal turnamen kanto, Shin meminta Riku mengajarkannya metode Rodeo Drive. Meskipun pada awalnya Riku menolak, akhirnya ia mengajarkan teknik itu karena ingin melihat Shin dengan kemampuan yang sudah sempurna. Lalu Shin menggabungkan teknik Rodeo Drive dan Spear Tackle-nya sendiri. Dan menjadi teknik baru andalan Shin, Trident Tackle.kelemahan Shin yang sesungguhnya adalah Shin tidak bisa menggunakan barang elektronik!(Dijelaskan dikomik volume 10,80th Down)

Statistik:

    1.Rekor Lari 40 yard: 4.4 detik, belakangan menjadi 4.2 detik Menyamai kecepatan Sena
    2.Bench Press: 140 kg
    3.Posisi: Linebacker, Runningback(dalam formasi ballista)
    4.Nomor Pemain: 40
    5.Kelas 2 SMA
    6.Universitas: Ojo Silver Knights 

Ia adalah idola dengan ciri khas dan berwajah ganteng, ia bekerja di Jaripro Productions sebagai model. Waktu kecil, Sakuraba sering menonton olahraga setiap waktu dan bermimpi menjadi atlet profesional. Ketika memasuki SMA, ia bergabung dengan Ojo White Knights sebagai Wide Receiver setelah menerima banyak perhatian dari para senior terhadap tinggi badannya. Pelatih Ojo, Shoji Gunpei lebih tertarik kepada Shin. Shin kemudian melampaui Sakuraba, dan menjadi ace tim. Sakuraba sedikit iri dengan kemampuan dan kesuksesan Shin, dan kecewa karena dirinya tidak bisa seperti itu padahal ia mempunyai bakat yaitu tinggi badan. Dia menjadi kurang tertarik pada olahraga. Suatu hari, Miracle Ito dari Jaripro Productions memberitahunya bahwa ia bisa menjadi model yang sukses. Merasa ingin disorot oleh spotlight sekali saja, ia memutuskan untuk menjadi model. Sekarang, dia menyadari bahwa orang-orang salah mengerti;karena kepopulerannya, orang-orang mengira Sakuraba adalah ace tim dan melupakan ace yang sesungguhnya, yaitu Shin. Sebenarnya, kemampuan Sakuraba dalam american football melebihi rata-rata, terutama kemampuan menangkap.

Sakuraba selalu ditekan oleh perasaan melakukan hal yang luar biasa dan benar-benar menjadi ace tim yang hanya menurut asumsi orang-orang. Kecelakaan yang terjadi pada saat pertandingan turnamen musim semi Deimon vs Ojo mengubah semua itu: Sena, sebagai Eyeshield 21 dengan tidak sengaja menabrak Sakuraba ketika sedang berlari. Alasan Sakuraba tertabrak, walaupun dia tidak bermain pada saat itu, tetapi dia masuk ke lapangan untuk mengambil stiker jatuh yang diberikan JariPro untuk promosi. Di rumah sakit,setelah bertemu Sena, Monta, dan fans beratnya-Torakichi, yang sangat mengagumi overhead catch Sakuraba pada pertandingan melawan Deimon tahun lalu, akhirnya Sakuraba memutuskan untuk tidak berpikir pesimis dan berusaha mengejar Shin. Sebelum turnamen musim gugur, Sakuraba sempat keluar dari JariPro dan fokus ke american football setelah ia mendengar Takami berbicara bahwa Sakuraba adalah partner yang sangat ditunggunya selama ini, seseorang yang mengerti dan bisa memanfaatkan tinggi badannya. Sebelum upacara pembukaan turnamen musim gugur, Sakuraba memotong cepak rambutnya untuk menunjukkan bahwa ia benar-benar serius dalam american football sekarang. Ia selalu membawa wristband dengan nama Torakichi dan teman-temannya tertulis disitu, dan berjanji membawanya ke Christmas Bowl.

Kemampuannya sebagai Wide Receiver berkembang pesat dan sekarang Sakuraba benar-benar bisa dibilang ace Ojo bersama Shin. Dia juga disebutkan Shoji sebagai pemain dengan "kekuatan hati terkuat" di Ojo, dan Sakuraba termasuk dalam big five jepang dalam pertarugan antar receiver (bersama Monta, Ikkyu, Tetsuma dan Taka).Sekarang, Sakuraba bergabung dengan Shin dalam defense untuk menghentikan Monta dari Devil Bats.

Statistik:

    1.Rekor Lari 40 yard: 4.86 detik
    2.Bench Press: 70 kg
    3.Tinggi: 186 cm
    4.Posisi: Wide Receiver
    5.Nomor Pemain: 18
    6.Kelas 2 SMA
    7.Universitas: Ojo Silver Knights  

Teknik: Everest Pass : Merupakan teknik kombinasi Sakuraba dan Takami. Tnggi Sakuraba menguntungkan dalam posisi receiver, dan Takami juga tinggi. Takami melempar bola dengan sudut yang sangat tinggi, sampai titik dimana tempat Sakuraba melompat dengan ketinggian yang sama dan menangkapnya. Bola yang dilempar Takami sangat tinggi sehingga lawan tidak berkutik sampai bola itu ditangkap Sakuraba. Teknik ini mempunyai kelemahan sejak Sakuraba masih bergantung pada melihat bola yang datang dan untuk menangkapnya. Mencegah Sakuraba melihat bola adalah salah satu cara mematahkan Everest Pass, namun tidak ada Cornerback yang bisa melakukan hal itu karena lompatan Sakuraba sangat tinggi, tetapi hal ini memungkinkan bagi Monta, karena Monta bisa menangkap bola dari belakang kepalanya tanpa melihat(Devil Backfire). Sakuraba yang ingin meniru Devil Backfire akhirnya digagalkan oleh Monta yang menangkap bola dari belakang hanya dengan 1 tangan(sebelumnya 2 tangan)

Ketika Ichiro Takami bergabung dengan Ojo White Knights, mimpinya adalah menjadi Quarterback dalam tim. Tetapi cedera kaki yang dialaminya waktu kecil membuatnya tidak bisa berlari cepat seperti Otawara. Setelah pelatih memberitahunya mungkin ia tidak bisa menjadi Quarterback karena kekurangan ini, Takami memilih latihan lebih keras dan berlatih memperhitungkan pass kepada pemain lain. Setelah 4 tahun dalam tim, dia masuk tim inti dan menjadi Quarterback Ojo White Knights. Kemampuannya adalah menganalisis dan mengetahui strategi lawan dengan perhitungan yang cepat. Pass dari Takami dilakukan dengan presisi dan akurasi yang tepat, meskipun tidak dalam level yang sama dengan pass Hiruma dan Kid. Baru-baru ini telah terungkap bahwa Takami menunggu seseorang seperti Sakuraba menjadi Wide Receiver, karena mereka berdua sama-sama tinggi dan sama-sama bisa menutupi kelemahan mereka satu sama lain (Takami yang lamban dan Sakuraba dengan perasaan tidak percaya dirinya) berdua, mereka menciptakan "Everest Pass"

Statistik:

   1.Rekor Lari 40 yard: 5.7 detik
   2.Bench Press: 85 kg
   3.Tinggi: 192 cm
   4.Posisi: Quarterback
   5.Nomor Pemain: 3
   6.Kelas 3 SMA
   7.Universitas: Shuuei Doctor Fishes

Lineman dengan badan yang besar di White Knights, dengan muka yg besar, otot dan ego. Otawara adalah orang yang sangat idiot (anehnya, ia tahu dan mengakui bahwa ia bodoh), yang selalu mengatakan apa yang ada di pikirannya. Otawara juga selalu tidak menyadari kalau dia lupa memakai celana, bahkan ketika Takami memberitahunya tentang hal itu, ia sama sekali tidak merasa malu. Diluar American Football, Otawara adalah juara sumo lokal, tetapi dikalahkan Komusubi karena ia didiskualifikasi karena lupa memakai mawashi(celana khusus sumo).

Biar begitu, Otawara adalah kapten Ojo di bagian defense dan memimpin tim dalam huddle. Kekuatan dan keputusan yang sederhana dan cepat dalam mengambil keputusan menjadi hal yang sempurna untuk menjadi line, dalam offense dan defense. Saat Otawara dipenuhi semangat, ia dapat merobohkan 2 lineman pemula sekaligus. Kemampuan Otawara bukan hanya kekuatan, dalam kecepatan ia luar biasa, karena meski berbadan besar, ia bisa lari dengan kecepatan rata-rata backs Deimon.

Statistik:

   1.Rekor Lari 40 yard: 5.4 detik, waktu turnamen kanto ia mencapai kecepatan rata-rata back Deimon
   2.Bench Press:145 kg 
   3.Posisi: Center / Defensive Tackle
   4.Nomor Pemain: 60
   5.Kelas 3 SMA
   6.Universitas: Ojo Silver Knights

Terkenal sebagai berandalan yang sangat kuat, "Prison Chain Ikari". Berambut silver dan salah satu anggota di White Knights. Selalu di ikat rantai karena kelakuannya yang brutal. Dia juga sama sekali tidak menghormati "Golden Generation" yang disebut-sebut generasi terkuat dalam sejarah SMA Ojo. Selalu didiskualifikasi sebelum pertandingan dimulai karena menyerang orang yang menghina salah satu rekannya. Walaupun begitu, dia punya rasa hormat terhadap Shoji, pelatih White Knights. Akhirnya Ikari diizinkan untuk bermain di pertandingan semifinal Kanto, melawan Devil Bats. Ikari langsung meloloskan dirinya dengan cara menghancurkan ikatan rantai itu (tanpa bantuan atau kunci sama sekali) demi bermain di pertandingan itu.

Pada saat kickoff play dimulai, pada saat Sena dan Shin berhadapan, tanpa alasan yang jelas Ikari langsung memotong Trident Tackle Shin dan menghentikan Sena. Pada saat play sudah berhenti karena Sena keluar sideline, Ikari masih melaju untuk men-tackle Sena dengan seluruh kekuatan. Juumonji langsung menghalangi dan memblock Ikari. Jika tidak ada Juumonji saat itu, Sena mungkin tinggal sejarah.

Kekuatan Ikari saat menyerang block Juumonji mengingatkan Juumonji. Ia mengetahui Ikari sebelumnya, dengan julukan "Prison Chain Ikari". Di masa SMP, Ikari adalah seorang berandalan yang brutal dan penyendiri, tidak ada yang berani mendekatinya. Ikari bersumpah tidak akan memicu pertarungan lagi di SMA, yang belakangan adalah bohong. Ikari mencatat rekor diskors paling banyak di SMA Ojo-sejak ia mendengar Golden Generation lulus dan memasuki Universitas Ojo Silver Knights dan Ojo White Knights menjadi tim yang lemah, Ikari memutuskan bergabung dengan White Knights.

Dalam pertandingan Deimon vs Ojo di semifinal Kanto, ia selalu berhadapan dengan Juumonji, yang sama-sama mempunyai fighting style yang brutal, dan keduanya menjadi rival, dan Juumonji memenangkan pertarungan mati-matian antar Line tersebut pada saat terakhir. Statistik:

   1.Rekor Lari 40 yard: tidak diketahui
   2.Bench Press:120 kg 
   3.Posisi: Defensive Tackle
   4.Nomor Pemain: 66
   5.Kelas 3 SMA

Anggota Ojo White Knights yang Lain[sunting | sunting sumber]

  • Hikaru Itadaki
    • Posisi: Tight End
    • Nomor Pemain: 16
  • Shun Kankazi
    • Posisi: Wide Receiver
    • Nomor Pemain : 83
  • Keisuke Nekoyama
    • Posisi : Running Back
    • Nomor Pemain : 32
  • Shoichi Mayumura
    • Posisi : Running Back
    • Nomor Pemain : 38
  • Reiji Kagamido
    • Posisi : Offensive Lineman
    • Nomor Pemain: 52
  • Atsuo Iwabana
    • Posisi : Offensive Lineman
    • Nomor Pemain : 62
  • Yoshinori Agota
    • Posisi : Offensive Lineman
    • Nomor Pemain : 78
  • Eiji Suzuki
    • Posisi : Offensive Lineman
    • Nomor Pemain : 57
  • Kyohei Yakumaru
    • Posisi : Linebacker
    • Nomor Pemain : 35
  • Takaya Gushiken
    • Posisi : Linebacker
    • Nomor Pemain : 51
  • Rintaro Tsuyashima
    • Posisi : Cornerback
    • Nomor Pemain : 22
    • Bench Press : 75 kg
  • Hiroyuki Iguchi
    • Posisi : Cornerback
    • Nomor Pemain : 25
  • Tadashi Tsurime
    • Posisi : Safety
    • Nomor Pemain : 15
  • Sota Nakawaki
    • Posisi: Safety
    • Nomor Pemain : 33
    • Bench Press : 90 kg
  • Naoki Uemura
    • Posisi : Defensive Lineman
    • Nomor Pemain : 92
  • Yorihiro Watanabe
    • Posisi : Defensive Lineman
    • Nomor Pemain : 70


Seibu Wild Gunmans[sunting | sunting sumber]

Tim yang diperkuat dengan teknik kerjasama Kid dan Tetsuma membuat tim ini menjadi tim terkuat di Tokyo (menyingkirkan Ojo karena Ojo kalah melawan Shinryuuji). Berikut ini adalah daftar anggota tim:

Kid (Shien Mushanokoji) Quarterback dengan lemparan super cepat bagaikan dewa, disebut shotgun dan hanya bisa ditangkap oleh Tetsuma (meskipun akhirnya Monta dapat memotong operan tersebut saat pertandingan Deimon vs Seibu). Dia disebut-sebut sebagai Kapten Seibu meskipun sebenarnya bukan. Universitas: Takekura Constructions Babels

Jo Tetsuma Receiver "berat" andalan Seibu ini bagaikan kereta api berat yang tidak bisa dihentikan (meskipun akhirnya Monta menghentikan dan mengalahkannya). Orang ini selalu menuruti setiap perintah yang diberikan terutama oleh Kid. Universitas: Takekura Constructions Babels

Kaitani Riku : Pelari tercepat di Seibu. Dialah yang mengajari Sena cara berlari yang efektif. Teknik andalannya, Rodeo Drive, yaitu teknik berlari seperti kuda yang memiliki tingkat kesulitan praktik yang tinggi dan sulit untuk dihentikan. Riku adalah pemuda yang terkesan easy-going, namun tidak ragu menunjukkan semangat bertarungnya di lapangan pertandingan. Riku dikenal sebagai Bangsawan Teknik, karena memiliki skill yang diakui hebat. Dia, bersama dengan Sena dan Mamori dari Deimon sudah bersahabat semenjak sd dulu. Dan bahkan mereka mengganggap satu sama lainnya sebagai saudara sendiri (kakak dan adik; Mamori sebagai kakak terbesar, dan Sena yang terkecil). Setelah lulus sma, Riku memilih masuk universitas Enma dan menolak masuk universitas Saikyou (yang walau nilai ujiannya mencukupi), lantaran ingin terus mengasah kemampuannya, sekaligus melawan lawan-lawan kuat lainnya. Di Enma, Riku memiliki rekan-rekan tim seperti Sena, Kurita dan Raimon dari Deimon, Unsui dari Shinryuuji, Kotaro dari Bando, dan Mizumachi dari Kyoshin.

Buffalo Ushijima Kapten Seibu yang sebenarnya. Seorang yang menghentikan lawannya melalui teknik "Dual Horn". Nama aslinya adalah Baharo Ushijima.

Musik[sunting | sunting sumber]

Lagu pembuka/Opening Song

  • BREAKTHROUGH

oleh Coming Century (ep. 1-35)

  • INNOCENCE

oleh 20th Century (ep. 36-64)

  • Dang Dang

oleh ZZ (ep. 65-103)

  • Blaze Line

oleh BACK-ON (ep. 104-126)

  • Honno no Runningback (炎のランニングバック)

oleh SHORT LEG SUMMER (ep. 127-145)

Lagu penutup/Ending Song

  • BE FREE

oleh Rikken'z (ep. 1-13)

  • Blaze Away

oleh TRAX (ep. 14-35)

  • GOAL

oleh Beni Arashiro (ep. 36-64)

  • Run to Win!

oleh Aya Hirano (ep. 65-100)

  • a day dreaming...

oleh BACK-ON (ep. 101-105)

  • flower

oleh BACK-ON (ep. 116-126)

  • Song of Power

oleh SHORT LEG SUMMER (ep. 127-144)

  • Dang Dang

oleh ZZ (ep. 145)

Insert Song

  • Be Survivor

oleh ZZ (ep. 15, 18, 27, dan 28)

  • Midnight Sunshine

oleh Ojo White Knights (ep.37)

  • Chain of power

oleh Deimon Devil Bats (ep. 44, 88, 99, dan 107)

  • max wind

oleh Raimon Taro (Yamaguchi Kappei) (ep.65)

  • GO for it!!

oleh Suzuna Taki (Shoko Nakagawa) (ep.65 dan 104)

  • Light

oleh Ma-Kiss (ep. 113 dan 116)

Tim-tim Lain[sunting | sunting sumber]

Seibu Wild Gunmans Merupakan tim dengan gaya menyerang shotgun, yaitu formasi yang menggunakan banyak receiver sekaligus. Sangat efektif karena lemparan supercepat dari Kid sang quarter back. Beberapa anggota mereka yang cukup berpengaruh, yakni Kid/Shien Mushanokouji (quarterback), Riku Kaitani (runningback), dan Jo Tetsuma (receiver). Riku adalah orang yang mengajari Sena cara menggunakan Rocket Dash dan merupakan teman kecil Sena (atau dia menyebutnya, kakak besar Sena).

Shinryuji Naga Merupakan tim terkuat wilayah Kanto ,bahkan dijuluki sebagai dewa (sebelum dikalahkan Deimon Devil Bats) yang langganan ikut Christmas Bowl. dengan Agon dan Ikkyu sebagai pemain andalan, dan formasi Dragon Fly yang sulit ditebak. Pemain yang berpengaruh : Agon Kongou,Ikkyu Hosokawa dan Unsui Kongo

Hakushuu Dinosaurs Tim yang lolos ke Turnamen Kanto dengan cara menghancurkan semua quarter back lawan. Dengan Gaou Rikiya sebagai line yang sangat kuat. Pemain yang berpengaruh : Gaou dan Reiji Marco.dan Kisaragi sebagai wide Receiver.pernah mematahkan tulang tangan hiruma dan Shien(Manajer:Maruko Himuro)

Taiyo Sphinx Merupakan tim terberat di Jepang, dengan barisan line yang kuat dan Banba sebagai pusatnya, serta Harao sebagai quarter back. Tim ini pernah bertanding dan menghasilkan nilai seri dengan Deimon Devil Bats dalam penentuan tim yang akan melawan Amerika (NASA Aliens).

Teikoku Alexanders Tim terkuat di Jepang, langganan juara Christmas Bowl. Dengan Yamato Takeru (Eyeshield 21 yang sebenarnya) dan Taka (anak dari Honjou Taka sang receiver baseball legendaris) sebagai bintangnya.dan mempunyai Quarterback perempuan bernama Koizumi Karin

Zokugaku Chameleons Tim yang terdiri dari para anak berandalan dan geng motor. Ketuanya adalah Rui Habashira. Mereka juga pernah bertanding dengan Devil Bats dan mengalami kekalahan, hingga Rui dan para anak buahnya justru dijadikan budak oleh Hiruma. Meski pada akhirnya mereka dibebaskan demi latihan untuk Turnamen Musim Gugur.(Manajer : Megu Tsuyumine)

Kyoshin Poseidon Tim yang memiliki line dengan tinggi badan raksasa. Dipimpin oleh Kakei, dan memiliki pemain tinggi-jenius, Mizumachi. Mereka mempunyai gaya serangan yang seperti ombak, sehingga maskot mereka adalah gambar Dewa Neptunus sang penguasa lautan. Teknik andalan Kakei : Anchor Grapple.(Manajer:Shibuya Maki)

Bando Spider Tim dengan kick game terkuat di jepang. Di tim ini ada Kotaro Sasaki sebagai kicker dengan akurasi yang luar biasa,tapi hal yang sering Kotaro lakukan adalah Menyisir rambutnya dan menyisipkan kata Smart pada suatu kata.(meskipun agak lemah dalam hal tenaga tendangan) dan Hayato Akaba (ia juga diketahui sebagai eyeshield 21 yang asli) yang merupakan tight end yang jenius namun Akaba selalu membawa gitarnya kemana-mana termasuk saat sekolah.(Manajer:Sawai Juri)

NASA Aliens Tim dari Amerika yang pernah melawan Deimon. Pemain di tim ini juga sangat hebat. Ada Panther yang mempunyai tubuh tanpa bobot, Homer Fitzgerald yang memiliki shuttle pass, juga Jeremy Watt yang sangat menyukai Jepang dan bertugas sebagai penerjemah dalam tim. (Pelatih : Apollo)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]