Usagi Tsukino

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sailor Moon
Karakter Sailor Moon
Sailor Moon 01.jpg
Super Sailor Moon, as depicted in the anime.
Pembuat Naoko Takeuchi
Profil
Lahir (Cancer)[2]
Nama lain Usagi Tsukino
Princess Serenity
Neo-Queen Serenity
Sailor Rabbit (PGSM)
Usia
Approximately 1,000 as Neo-Queen Serenity[1]
Affiliations Sailor Team
Abilities Attacks related to light (esp. moonlight) and love. Healing abilities.
English adaptation
Name Serena "Bunny" Tsukino
Aliases Princess Serena (DiC)

Usagi Tsukino (月野 うさぎ Tsukino Usagi?) diperkenalkan sebagai seorang pelajar putri yang hidup di Tokyo abad 20-an. Gadis ini digambarkan seseorang yang cukup antusias dalam hidupnya dan agak cengeng, hidup sebagai seorang gadis yang normal. Usagi dikenal dalam serial animasi manga Sailor Moon.

Nama panggilan Usagi adalah Serena (versi Inggris) yang berasal dari nama "Serenity", nama Usagi di kehidupan yang lalu. Sedangkan nama yang diberikan pada versi Inggris adalah Bunny yang berarti Usagi juga. Di Indonesia, Usagi berarti Kelinci.

Seorang gadis dengan tinggi 150 cm dan berdarah golongan O, yang lahir 12 Juli dengan bintang Cancer sangat merahasiakan berat badannya. Usagi pertama kali keluar pada Manga Sailormoon pertama sebagai gadis berumur 14 tahun, sejalan dengan perkembangan plot manga, dia menjadi dewasa dan berumur hingga 1000-an sebagai Neo-Ratu Serenity (Neo-Queen Serenity). Selain nama Usagi, dia juga memiliki nama alias yaitu Putri Serenity, Neo-Ratu Serenity, 'The Messiah', Sovereign of Earth, The Princess, Sailor Kelinci (PGSM), dan Ceroboh.

Perjalanan menjadi Sailor Moon[sunting | sunting sumber]

Perjalanan hidupnya yang normal berubah saat dia terlambat menuju ke sekolah. Usagi menemukan seekor [[kucing hitam|black cat] yang kemudian dia selamatkan. Dari pertemuan tersebut, perjalanan Usagi menjadi Sailor Moon dimulai.

Kemudian sang kucing mendadak mendatangi Usagi di kamarnya, sang kucing memperkenalkan dirinya bernama Luna yang mencari Princess Serenity. Kemudian memberikan alat perubahan yang membantu Usagi menjadi seorang Sailor Moon (Prajurit pelindung Cinta dan Keadilan).

Sailor Moon kemudian diminta mencari para prajurit lainnya dan putri bulan yang hilang. Pada saat menyelamatkan Naru, dia bertemu dengan pria misterius yang menamakan dirinya 'Topeng Tuxedo'. Topeng Tuxedo inilah yang sering sekali menyelamatkan sang gadis malang seraya mengoloknya.

Walau pada awalnya Usagi adalah seorang gadis cengeng, perlahan tapi pasti sejalan dengan berbagai perang yang harus dilewati olehnya dan temannya, dia menjadi seseorang yang dewasa.

  • Naoko Takeuchi (Pengarang Sailor moon) mengkonsepkan Usagi memiliki rambut berwarna silver/perak seperti konsepnya sebagai putri Bulan tetapi editor menyatakan hal tersebut terlalu tipikal. Sehingga digunakan warna pink. Sejalan dengan serial, warna yang digunakan menjadi kuning atau emas. Tetapi hal tersebut berubah saat muncul di PGSM.

Usagi dan Keluarganya[sunting | sunting sumber]

Usagi hidup di Azabu Juban (yang merupakan distrik nyata di Tokyo) dengan kedua orangtuanya Ikuko Tsukino dan Kenji Tsukino bersama dengan sang adik, Shingo Tsukino. Nama yang digunakan adalah nama yang sama dengan nama keluarga Naoko. Di luar itu, keluarga Mina Amec juga mirip dengan Usagi. Dalam serial, hanya keluarga Usagi yang memiliki 2 anak, sedangkan yang lainnya adalah anak tunggal.

Usagi merupakan pelajar yang payah dan kadang-kadang dianggap dungu. Hal tersebut ditunjukkan dengan jelas pada anime dan PGSM. Hal tersebut ditunjukkan dengan kemalasannya yang suka bermain-main game dan membaca manga terutama terbitan RunRun (yang menerbitkan Sailor V dalam kehidupan nyata) dibandingkan belajar.

Hubungan dengan Temannya[sunting | sunting sumber]

Berteman dengan Ami juga disengaja agar nilainya dapat naik walau berujung dia bermain-main. Hal tersebut diperparah dengan adanya Minako yang merupakan kembaran tak indentik dari dirinya. Bersama-sama Minako yang malas serta makanan dan suasana yang sering diberikan Makoto membuat Usagi menjadi-jadi. Rei di anime juga selalu meledek Usagi, tetapi tetap ada rasa setia bahkan menghibur Usagi. Walau demikian dia dapat lulus dan mendapat SMU yang bagus bersama para temannya yang setia.

Hubungan dengan Pasangannya[sunting | sunting sumber]

Pacar Usagi adalah Mamoru Chiba, pertemuan pertama mereka adalah saat Usagi menuju ke rumah Naru (Sailor Moon 1). Kemudian pertemuan-pertemuan berikutnya terjadi pada keadaan yang tak mengenakkan, Usagi menjadi membenci pria yang sok dewasa ini. Mamoru sering mengejek Usagi dengan sebutan odango-atama (Kepala onde-onde). Berjalan dengan waktu, Sailor Moon mengetahui Mamoru adalah Topeng Tuxedo dan merupakan titisan Endymoon. Terbawa pada takdir yang sama, Usagi dan Mamoru menjadi kekasih hingga Mamoru melamar dia pada sebuah kesempatan yang indah.

Rini atau dipanggil dengan Usagi Tsukino SL (Small Lady) hadir dari masa depan dan menemuinya untuk mengambil Silver Crystal. Dari anak inilah diketahui masa depan Usagi dan Mamoru yang indah dan memiliki anak yaitu Rini. Juga takdir Usagi yang menjadi penguasa Bumi bersama dengan raja Endimon pada abad 30.

Suka dan Benci[sunting | sunting sumber]

Usagi sangat suka pada makanan manis dan sering sekali tampak memakannya. Salah satu makanan favorit ini sering dibuat Makoto. Walau dia adalah Usagi (kelinci), dia membenci makan wortel tetapi terlihat memakan wortel dalam anime. Dia sangat suka pada kelinci yang merupakan maskot dia saat ke mana-mana. Dalam salah satu cerita dia adalah anggota dari Klub Menggambar Manga di sekolahnya. Impian terbesarnya adalah menjadi pengantin cantik.

Usagi sangat membenci hantu (walau yang dihadapi olehnya lebih berbahaya daripada hantu yang ditakutinya) dan dokter gigi. Sebaliknya, Rei adalah pendeta yang sangat ahli dalam menangani para hantu sehingga Usagi lebih takut padanya terutama saat pertama kali bertemu. Seperti halnya para gadis yang kurang rajin, dia agak lemah pada pelajaran Matematika dan bahasa Inggris.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Takeuchi, Naoko (November 6, 1993, July 5, 1995). "Act 19". Bishoujo Senshi Sailor Moon Volume 5. Kodansha. ISBN 4-06-178764-0. 
  2. ^ Takeuchi, Naoko (June 6, 1995). "Back of volume". Bishoujo Senshi Sailor Moon Volume 10. Kodansha. ISBN 4-06-178806-X.