3x3 Eyes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
3x3 Eyes
3x3 eyes cover.jpg
3×3 Eyes
Genre Petualangan, Fantasi, Seinen
Manga
3×3 Eyes
Pengarang  Yuzo Takada
Penerbit  Bendera Jepang Kodansha
Penerbit lainnya Bendera Perancis Pika Édition
Bendera Jerman Carlsen Comics
Bendera Italia Star Comics
Bendera Korea Selatan Young Movie Comics
Bendera Spanyol Planeta DeAgostini Comics
Bendera Amerika Serikat Dark Horse Comics
Bendera Indonesia Level Comics
Original video animation
Sutradara  Daisuke Nishio
Studio Bendera Jepang Bandai Visual
Bendera Jepang KOERDISTAN
Rilis Juni 1991
Original video animation
Sutradara  Kazuhisa Takenouchi
Seiko Sayama
Studio Bendera Jepang Bandai Visual
Bendera Jepang Kodansha
Bendera Jepang Toei Animation
Bendera Amerika Serikat Geneon
Rilis Maret 1995
Portal Anime dan Manga

3x3 Eyes (Sazan Eyes) adalah manga karya Yuzo Takada. Manga ini terbit dari tahun 1987 hingga 2002. dan tercatat sebagai salah satu manga terpanjang di Jepang dengan menghasilkan 40 seri buku. Manga ini diterbitkan di majalah minggunan Shonen Jump. Manga ini juga diadaptasi ke dalam dua buah OVA sepanjang tiga dan empat episode.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Manga bercerita tentang Yakumo Fujii, 16 tahun, yang secara tidak sengaja bertemu dengan Pai, seorang Sanjiyan Unkara. Pai diutus oleh ayah Yakumo, Profesor Fujii untuk menemui Yakumo, agar membantu Pai meraih keinginannya. Setelah bertemu, Pai mengutarakan niatnya kepada Yakumo untuk kembali menjadi manusia, namun awalnya Yakumo tidak mempercayainya. Dalam satu insiden Yakumo kemudian terluka parah oleh cakaran Takuhi, makhluk gaib sahabat Pai yang berujud burung raksasa berkepala manusia, yang terlepas ke tengah kota. Pai yang tidak menginginkan Yakumo mati kemudian membuka mata ketiganya dan mengisap jiwa Yakumo. Karena kejadian itu maka Yakumo telah menjadi makhluk abadi yang disebut 'Wu'. Ia tidak akan mati selama Pai masih hidup dan memiliki tanda keabadian di dahinya. Yakumo kemudian bersumpah akan menemani Pai kemanapun untuk kembali menjadi manusia. Tetapi, karena kemampuan seorang Sanjiyan Unkara membuat para makhluk jahat ingin merebut kekuatannya, menyebabkan perjalanan Pai dan Yakumo sangatlah berat.

Tokoh-tokoh[sunting | sunting sumber]

Para tokoh utama[sunting | sunting sumber]

  • Pai (パイ), Pai Ayanokoji (綾小路 パイ Ayanokōji Pai), Parvati IV (パールバティー四世 pārubatī yonsei)
Adalah orang Sanjiyan Unkara terakhir yang bertahan hidup, Pai ditemukan oleh ayah Yakumo di Tibet. Yuzo Takada terkadang menyebutnya sebagai peri tiga mata dari China, tetapi dia memakai pakaian tradisional Tibet. Kepribadiannya yang pertama bernama Pai, sifatnya seperti layaknya manusia biasa, periang dan seorang wanita yang naif cenderung polos. Kepribadian keduanya adalah Parvati IV, umumnya kepribadian yang ini muncul apabila Pai sedang dalam keadaan bahaya, tidak terlindungi, ataupun karena masalah emosional. Keberadaan Sanjiyan di Pai tidak dapat dihilangkan karena biasanya mata ketiga yang berada didahinya terbuka ketika Parvati terbangun. Tokoh yang lainnya secara umum memanggilnya Sanjiyan saat Parvati terbangun. Berbeda dengan Pai, Parvati menganggap Yakumo sebagai budaknya. Parvati sendiri merupakan nama istri Shiva dalam kepercayaan Hindu.
  • Yakumo Fujii (藤井 八雲 Fujii Yakumo)
Tokoh utama pria, dia menjadi teman perjalanan Pai dikarenakan Yakumo pernah hampir mati akibat ulah Takuhi. Pai yang tidak ingin Yakumo mati mengubah Yakumo menjadi Wu, dimana Yakumo tidak akan pernah bisa mati kecuali Pai juga mati.
  • Takuhi
Burung peliharaan Parvati yang menyebabkan Yakumo menjadi Wu.
  • Jake McDonald
Seorang pemburu harta karun yang mencari rahasa hidup abada yang dimiliki oleh para Sanjiyan
  • Haan Hazrat (ハズラット・ハーン Hazuratto Hān)
Pedagang sihir yang menjual berbagai jenis sihir, dia adalah manusia keturunan Pakistan dan menggunakan berbagai macam sihir untuk melindungi dirinya dari setan. Ia juga yang menjual beberapa makhluk magis pada Yakumo.
  • Youko Ayanokouji (綾小路 葉子 Ayanokōji Yōko), Houasyou (化蛇 Hōashio)
Setan ular yang disegel di dalam tubuh Pai.
  • Kaiyanwang (鬼眼王 Kaiyanwan), Shiva
Kaiyanwang adalah Sanjiyan paling kuat. Karena ambisinya yang besar, dia akhirnya melakukan perang dengan para Sanjiyan Unkara. Dia disegel oleh Parvati IV melalui pertempuran yang berat.
  • Benares (ベナレス Benaresu)
Lihat Pengikut Kaiyanwang

Yougekisha[sunting | sunting sumber]

  • Chen Aguri
Kepala editor dan perintis Yougekisha. Dia berubah menjadi batu setelah terlalu dekat dengan dunia setan, tetapi dihidupkan kembali kemudian. Hobinya adalah mempelajari Sanjiyan Unkara untuk dapat menulis artikel yang bagus pada majalahnya.
  • Lee Ling Ling (李 鈴鈴 Ri Rinrin)
Editor di Yougekisha saat Chen Aguri menghilang. Awalnya wanita ini tidak percaya dengan hal-hal gaib tetapi petualangannya dengan Yakumo dan Pai membuatnya berubah. Sejak itu dia juga tertarik mempelajari hal yang sama dengan Chen Aguri.
  • Long Meixing (龍 美星 Ron Meishin)
Saudara perempuan Steve Long, dia bertemu dengan Pai dan Yakumo saat mencari kakaknya yang diculik. Wanita ini mempunyai ilmu beladiri yang hebat.
  • Steve Long (スティーブ 龍 Sutību Ron)
Seorang Tao dan manusia biasa, mempunyai keahlian menggunakan jimat kertas dan dapat merasakan aura setan.

Pengikut Kaiyanwang[sunting | sunting sumber]

Benares adalah Wu Kaiyanwang. Dia memimpin para setan Kaiyanwang setelah Kaiyanwang disegel oleh Parvati. 300 tahun dia mencari cara untuk membebaskan segel Kaiyanwang dari penjara segelnya. Sebelum menjadi Wu, Benares adalah monster naga yang kuat yang telah memakan berbagai macam setan suci dan dia juga disebut sebagai Kaisar Naga.
  • Ryouko
  • Choukai
Pengikut Kaiyanwang yang memimpin banyak setan.
  • Ran Pao Pao

Makhluk bertangan empat, wujud lainnya adalah seorang gadis kecil. belakangan ia memutuskan ikut dengan Pai.

Referensi[sunting | sunting sumber]