Legenda Naga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Legenda Naga (龍狼伝; Ryuroden) adalah sebuah manga karya Yoshito Yamahara yang diterbitkan oleh Kodansha di Jepang sejak tahun 1993. Di Indonesia, Legenda Naga diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Saat ini, Legenda Naga telah diterbitkan dalam 37 nomor dan masih akan berlanjut.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Dua siswa SMP, Shiro dan Masumi dibawa naga pada saat hendak berdarmawisata ke Cina. Saat pesawat yang mereka tumpangi dilewati oleh dewa naga, keduanya terbawa ke Zaman Tiga Kerajaan. Di sana mereka dianggap sebagai "anak naga". Shiro membawa titel "guru naga" dan Masumi "putri naga". Cerita kemudian menjelaskan bahwa dewa naga memilih kedua anak ini untuk melakukan sesuatu pada zaman itu.

Disadur sebagai cerita fiksi dari sejarah terkenal negara Cina yaitu sejarah roman klasik "sam kok" dan cerita tentang 5 jendral harimau dan juga penerapan strategi perang zaman dulu.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Shiro
Shiro adalah seorang pelajar SMP biasa. Dia terseret ke zaman tiga kerajaan dan harus memilih memihak pihak mana. Dia dilatih ilmu pertapa oleh Zuo Ci untuk membawa ketertiban pada zaman yang sudah kacau dan menyimpang dari sejarah. Dia makin kuat seiring berjalannya cerita. Dia sangat ingin mengalahkan Cnya tidak diketahui dari mana. Chung Ta memiliki 5 orang jendral yang disebut 5 Dewa Harimau dan juga pasukan Taring Harimau yang tidak takut mati. Tujuan utama dari anak naga adalah mencegah kehancuran abadi yang akan diciptakan oleh Chung Ta.
Masumi
Masumi adalah kekasih Shiro. Masumi adalah tokoh utama kedua setelah Shiro. Masumi dan Shiro awalnya tiba di tempat yang sama saat pertama kali datang ke China. Akan tetapi, sebuah kejadian membuat mereka terpisah. Masumi menjadi bumbu kisah romantis dalam komik ini karena seringkali Shiro harus merelakan Masumi untuk tetap berada dalam tawanan musuh demi kebaikan. Kalau Shiro bergelar "Dewa Naga" yang menunjukkan kegagahan dan kekuatan (bahkan penghancuran seperti saat membantai Pasukan Taring Harimau), maka Masumi bergelar "Dewi Naga" yang menunjukkan kelembutan dan pemulihan.