Fullmetal Alchemist

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Fullmetal Alchemist
Hagaren logo.gif
Logo Fullmetal Alchemist
Genre Fantasi, Petualangan, Drama, Aksi, Shōnen, Komedi
Manga
Pengarang  Hiromu Arakawa
Penerbit  Bendera Jepang Square Enix
Penerbit lainnya

Bendera Kanada Bendera Amerika Serikat VIZ Media
Bendera Australia Bendera Singapura Chuang Yi (bahasa China dan bahasa Inggris)
Bendera Republik Tiongkok Tong Li
Bendera Hong Kong Jade Dynasty
Bendera Perancis Kurokawa
Bendera Italia Planet Manga
Bendera Spanyol Norma Editorial

Bendera Polandia Japonica Polonica Fantastica
Bendera Thailand Siam Inter Comic
Bendera Korea Selatan Daiwon CI
Bendera Malaysia Komik Remaja
Bendera Finlandia Sangatsu Manga
Bendera Swedia Bonnier Carlsen
Bendera Brasil Editora JBC
Bendera Indonesia Elex Media Komputindo
Anime
Sutradara  Seiji Mizushima
Studio Bones
Film anime
Conqueror of Shamballa
Sutradara  Seiji Mizushima
Studio Bones
Durasi 105 menit
Portal Anime dan Manga

Fullmetal Alchemist (鋼の錬金術師 Hagane no Renkinjutsushi?) adalah sebuah anime dan manga karya Hiromu Arakawa. Fullmetall Alchemist diterbitkan dalam majalah manga Monthly Shonen Gangan sejak tahun 2002 dan dalam bentuk tankobon oleh Square Enix. Di Indonesia, komik ini diterbitkan Elex Media Komputindo sejak Mei 2007.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Edward Elric dan Alphonse Elric awalnya hidup bahagia dengan orang tua mereka. Tetapi karena pekerjaan ayahnya adalah alkemist (ahli kimia), ayahnya yang bernama Van Hohenheim sering bepergian keluar rumah, sehingga Ed dan Al hanya tinggal bersama ibunya, Trisha Elric. Karena terlalu lelah mengurus rumah sendirian, Trisha jatuh sakit dan akhirnya meninggal. Ed dan Al yang saat itu masih kecil, namun sudah mewarisi bakat ayahnya sebagai alkemist mencoba menghidupkan kembali sang ibu. Namun, usaha mereka gagal. Tubuh Al dan kaki kiri Ed diambil sebagai "biaya masuk" karena transmutasi manusia adalah hal tabu dalam alkimia. Ed yang panik akhirnya memindahkan roh Al ke dalam baju zirah dengan bayaran tangan kanannya.

Di tengah keputusasaannya, Ed mendapat tawaran untuk menjadi seorang alchemist kenegaraan (State Alchemist). setelah mempertimbangkan keuntungan memperoleh berbagai hak istimewa sehingga ia bisa menyelidiki dan mencari cara untuk mengembalikan tubuh mereka, Ed menerima tawaran itu. Tangan dan kaki Ed pun diganti dengan automail. Setelah itu, Ed mengikuti tes ujian alchemist kenegaraan dan lulus sebagai alchemist kenegaraan termuda dalam sejarah dan mendapat julukan Fullmetal Alchemist. Bersama dengan Al, dimulailah petualangan Ed guna mencari cara untuk mengembalikan tubuh mereka.

Dalam petualangan mereka, mereka menemukan bahwa militer bekerja sama dengan Homunculus untuk menghancurkan Amestris. Homunculus-homunculus tersebut diperintahkan secara khusus oleh orang yang disebut dengan julukan "Ayah." Ayah ini adalah Homunculus pertama yang ada di dunia. Dalam versi manga, homunculus ini pertama tertangkap dalam sebuah botol kecil. Homunculus dapat hidup karena darah Van Hohenheim diberikan sedikit kepada Homunculus. Van Hohenheim berteman akrab dengan Homunculus ini sampai suatu hari raja di Cselk Cess meminta kepada Homunculus untuk mendapatkan hidup abadi. Setelah Homunculus memberi tahu caranya, dimulailah pembuatan lingkaran transmutasi oleh raja Cselk Cess. Ternyata Homunculus menipu raja dan semua orang di Cselk Cess menjadi kurban dalam pembuatan batu filsuf (philosopher's stone). Karena dulu Van Hohenheim menolong Homunculus, maka Homunculus memberikan hidup abadi kepada Van Hohenheim sebagai imbalan dengan menggunakan setengah batu bijak. Setengahnya lagi dipakai oleh Homunculus untuk mengubah dirinya menjadi mirip seperti Van Hohenheim. Oleh sebab itu, Ed, Al, dan teman-temannya berusaha keras untuk mencegah "Ayah" dalam menghancurkan Amestris.

Perbedaan dalam adaptasi anime pertama[sunting | sunting sumber]

Plot anime sampai pada pertengahan cerita pada intinya mengikuti manga, tetapi plotnya kemudian berbeda saat pertengahan cerita,[1] saat Ed dan Al bertemu kembali dengan gurunya. Mantan kekasih Hoheinheim, guru dari guru mereka, Dante, yang berperan sebagai karakter antagonis utama, muncul dalam anime pertama. Beberapa abad lalu, Hoheinheim dan Dante membuat metode yang sempurna untuk membuat batu filsuf, dan mereka mendapatkan keabadian semu dengan cara mentransfer jiwa dan pikiran mereka kepada tubuh lain saat mereka tua. Hohenheim pada akhirnya merasa bersalah karena mengorbankan banyak nyawa untuk membuat Batu dan meninggalkan Dante. Meskipun Dante masih bisa pindah dari tubuh satu ke tubuh lain dengan sisa batu yang ia dan Hohenheim buat, ia tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk membuat batu tersebut. Ia menggunakan homunculi untuk memaksa Edward dan Alphonse, dan beberapa Alchemist yang sama-sama putus asa, untuk membuat Batu filsuf yang utuh untuk dirinya.[2]

Saat Scar membuat batu filsuf, ia menggabungkan batu filsuf tersebut pada badan besi Alphonse, membuat Alphonse kemudian diculik.[3] Ketika Edward akan menyelamatkannya, dia dibunuh oleh homunculus Envy. Alphonse menggunakan batu filsuf utuk membangkitkan Edward tetapi kemudian ia menghilang sebagai konsekuensinya. Dante kemudian mencoba kabur, tetapi ia akhirnya dibunuh oleh Gluttony yang tidak mengenali tuannya. Setelah ia dibangkitkan, Edward mencoba mengorbankan nyawanya untuk membawa Alphonse kembali sebagai pertukarannya. Pada akhirnya Edward terjebak dalam dunia paralel, dan Alphonse mendapatkan kembali tubuh aslinya. Karena ingin kembali pada dunia aslinya di mana Alphonse berada, Edward membuat riset roket, dengan tujuan agar ia kembali ke dunia aslinya.[4]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Edward Elric
Edward Elric adalah tokoh utama cerita ini. Ia adalah seorang yang tempramental dan mudah terpancing emosi. Badannya yang pendek membuat ia dijuluki "pendek" oleh setiap orang yang melihatnya (dan dia selalu marah karena itu). Kadang-kadang, orang salah kira, apakah Al kakaknya atau adiknya, karena Al jauh lebih tinggi daripada dia. Meski begitu, ia sangat menyayangi adiknya, Al karena merupakan keluarganya satu-satunya. Ed sangat benci pada ayahnya karena menurutnya ayahnya adalah penyebab ibunya meninggal. Apalagi karena ayahnya selalu cuek dan tidak peduli. Ed merupakan salah satu dari korban transmutasi, kaki kiri dan tangan kanannya diambil demi dikembalikannya nyawa Al.
Alphonse Elric
Kebalikan dari kakaknya, Alphonse (Al) adalah orang yang sangat lembut dan pencinta kucing. Ia sering menahan agar kakaknya tidak cepat marah. Al pernah ragu pakah dia benar-benar ada atau ia cuma ciptaan Ed semata (karena hasutan Barry the Chopper). Namun akhirnya dia sadar dan yakin bahwa kakaknya benar-benar menyayanginya. Tubuh Al diambil sebagai bayaran masuk ke lingkaran transmutasi.
Winry Rockbell
Winry adalah teman Ed dan Al semasa kecil. Orang tua Winry adalah dokter yang bertugas pada saat perang Ishvall (Ishvall Massacre). Orang tua Winry terbunuh pada saat itu, dan akhirnya Winry hanya hidup berdua bersama neneknya, Pinako Rockbell. Winry adalah ahli mekanika automail-nya Ed. Dia dan neneknya adalah pembuat automail Ed. Pembunuh orang tua Winry adalah Scar.

Militer Kenegaraan[sunting | sunting sumber]

Lihat lebih lengkap: Karakter Militer Kenegaraan di Fullmetal Alchemist

Roy Mustang

Roy Mustang adalah kolonel (taisha) yang juga alkemist (alchemist-orang yang bisa menggunakan kekuatan alchemy) negara. Julukannya adalah Flame Alchemist. Ia adalah salah satu alchemist terkuat di Amestris walaupun alchemy-nya kadang-kadang terhalang masalah hujan (seperti ketika ia bertemu Scar di East City) Ia masuk militer karena ia ingin melindungi negaranya dan semua orang yang ada di dalamnya. Impiannya ini mendapat ujian ketika ia terjun ke perang Ishvar, yang sering disebut sebagai ajang pembantaian. Walaupun ia dijuluki pahlawan perang Ishvar, ia dihantui tragedi di Ishvar. Sejak saat itu, ia bercita-cita menjadi Fuhrer untuk mengubah negaranya dan membawanya menuju kedamaian. Tekad kuatnya membuat banyak orang yang bersimpati dan mendukungnya, dan tidak sedikit yang setia kepadanya. Roy merupakan salah satu alchemist yang dipilih para homunculi untuk menjadi tumbal, walaupun ia baru benar-benar menjadi kandidat setelah ia melakukan transmutasi manusia dan membuka gerbang karena paksaan Pride. akibat dari hal itu, Roy mengalami "kebutaan"

Riza Hawkeye

Riza adalah Letnan Pertama (chu'i) di Militer. Ia merupakan tangan kanan Roy Mustang dan selalu berada di samping Roy Mustang. Selain itu, dia merupakan penembak jitu yang andal dan disebut "Si Mata Elang" di kemiliteran. Sebenarnya, ia adalah anak perempuan guru alchemy Roy. Setelah kematian ayahnya, ia memberikan catatan rahasia penelitian ayahnya pada Roy dan dengan begitu menjadikan Roy seorang Flame Alchemist. Ia dan Roy memiliki ikatan kepercayaan yang kuat. Begitu kuatnya sampai Roy memberinya izin untuk menembaknya jika ia menilai Roy telah meninggalkan jalan yang mereka perjuangkan, jalan untuk mengubah negara mereka. Ia selalu bersikap lembut dan akrab dengan Edward dan Alphonse. Ia juga akrab dengan Winry.

Maes Hughes

Hughes berpangkat Letnan Kolonel yang merupakan sahabat Roy Mustang. Mereka sudah bersahabat sejak masih di akademi militer dan bertemu kembali di perang Ishvar. Walaupun pekerjaannya lebih banyak di depan meja, ia seorang petarung andal yang ahli dalam menggunakan pisau. Dia merupakan maniak keluarga, dan sangat sayang pada keluarganya, yaitu istrinya, Gracia dan anak perempuannya Elicia. Ia selalu menjenguk Edward saat Edward masuk rumah sakit di Central. Winry juga dekat dengan Hughes dan keluarganya, terutama dengan anaknya, Elicia. Pekerjaan Hughes di Mahkamah Militer membuatnya selalu berurusan dengan dokumen militer. Hal inilah yang membuat ia menyadari dengan cepat rencana para Homunculi untuk menciptakan transmutation circle raksasa yang melingkupi seluruh Amestris. Pada saat itu juga ia mencurigai hubungan antara King Bradley dengan para homunculi. Hughes dibunuh oleh Envy yang mennggunakan wujud istrinya, Gracia, saat ia berusaha menyampaikan penemuannya itu pada Roy.

Alex Louis Armstrong

Alex Armstrong adalah seorang Mayor yang juga seorang alchemist negara. Ia adalah anak kedua dari keluarga Armstrong. Walaupun ia seorang anggota militer yang juga alchemist negara, ia memiliki hati yang lembut dan sering tidak cocok dengan kebijakan militer yang "semena-mena dan tidak mengenal belas kasihan". Hal inilah yang membuatnya ditarik mundur dari perang Ishvar setelah menolak perintah untuk melanjutkan pembantaian warga Ishvar. Ia dekat dengan Elric Brothers dan termasuk salah seorang yang mendukung Roy Mustang. Ia memiliki seorang kakak perempuan walaupun mereka berdua sangat tidak akrab.

Olivia Milla Armstrong

Mayor Jenderal Olivia Armstrong adalah kakak perempuan dari Alex Armstrong dan satu-satunya jenderal wanita di Amestris. Berkebalikan dengan adiknya, ia orang yang dingin dan tidak mudah mempercayai seseorang. Ia bertanggung jawab atas Benteng Briggs yang menjaga perbatasan utara antara Amestris dan Drachman. Reputasinya dalam pertempuran dengan Drachman membuatnya dijuluki "Northern Cliff of Briggs". Walaupun ia selalu bersikap dingin dan keras pada bawahannya, pendirian dan kepribadiannya membuat para prajurit Briggs amat setia padanya. Ia terlibat dalam konflik dengan para homunculi sejak Elrics Brother mendatangi Briggs untuk meminta bantuannya dan juga karena Sloth, homunculus yang bertugas membuat transmutation circle raksasa, menerobos masuk ke bentengnya. Ia tidak menyukai Roy Mustang karena ia memandang Roy sebagai saingannya untuk mendapatkan posisi Fuhrer.

Jean Havoc

Havoc yang merupakan perokok ini berpangkat Letnan Dua. Dia salah satu anak buah Roy Mustang yang setia pada Roy. Dia juga sangat sial karena bila ia sudah mendapat pacar, entah kenapa Roy pasti memberinya tugas yang mengharuskan dia memutuskan pacarnya itu (seperti sewaktu ia termasuk bawahan Roy yang ikut pindah ke Central). Sewaktu ia berhasil mendapatkan pacar baru di Central, ternyata pacar barunya adalah Lust yang menyamar untuk mendapat informasi darinya. Cedera yang didapatkannya dari Lust saat ia menyertai Roy menyusup ke lorong di bawah Lab No.3 memaksa ia pensiun dini. Belakangan ia diketahui tetap mendukung Roy dengan cara mengirimkan senjata melalui Letnan Muda Ross saat terjadi pertempuran di Central.

Homunculus[sunting | sunting sumber]

King Bradley

Menjalani hidup sebagai manusia meskipun seorang homunculus, ia adalah Fuhrer alias Presiden di Amestris. Dia menjadi homunculus karena pada saat pemilihan Fuhrer, ia adalah satu-satunya orang yang tetap hidup meskipun disuntikkan Philosopher's Stone, batu legenda yang merupakan inti homunculi. Karena homunculi tidak bisa ber-[reproduksi]], ia mengadopsi anak. Anaknya sangat mengagumi Edward. Di versi anime ia tidak segan-segan mencoba membunuh anaknya untuk melakukan keinginannya.

Envy

Envy adalah homunculi yang kejam. Ia bisa mengubah dirinya menjadi orang yang berbeda. Karena dialah perang Ishvall dimulai. Dia berubah wujud menjadi salah seorang tentara dan menembak kepala seorang anak. Envy juga membebaskan Kimbley untuk mengejar Scar dan Dokter Marco yang melarikan diri.

'Lust

Lust yang mati dibunuh Roy Mustang ini adalah homunculi yang sangat cantik. Ia menyamar menjadi perempuan bernama Solaris dan memacari Jean Havoc untuk mengetahui rahasia militer. Namun Havoc bukan tipe orang yang mencampur urusan pribadi dengan pekerjaan. Di anime diketahui bahwa Lust adalah pacar kakak Scar yang meninggal saat perang.

'Wrath

Homunculus yang hanya muncul di anime. Ia merupakan anak dari Guru Ed dan Al, Izumi Curtis. Izumi yang gagal mentransmutasikan anaknya sehingga anaknya menjadi homunculi. Dia meminta Alphonse untuk mentransmutasikan dirinya sebagai biaya masuk agar Al bisa bertemu dengan Ed lagi dalam movie Conqueror of Shambala. Homunculus ini muncul di manga Fullmetal Alchemist sebagai King Bradley.

Pride

Dalam manga Fullmetal Alchemist, Pride adalah anak adopsi dari King Bradley yaitu Selim Bradley. Semua tidak mengira bahwa Selim Bradley adalah Homunculus sampai ketika Lt. Hawkeye datang ke rumah King Bradley untuk menyampaikan suratnya dan ia bertemu dengan Selim saat berjalan pulang. Selim mengaku bahwa dirinya adalah Homunculus pertama yang disebut Pride.

Gluttony

Homunculus yang muncul selalu bersama dengan Lust saat Lust masih hidup. Ia adalah Homunculus gendut yang hanya memikirkan makan saja. Walaupun ia memiliki muka yang culun, tetapi jangan meremehkan Homunculus yang satu ini. Jika Gluttony marah ia dapat membuka perutnya untuk menelan segala yang ada di sekitar dia.

Greed

Greed adalah satu-satunya Homunculus yang berkhianat. Ia lebih memilih untuk hidup sendiri tanpa teman-teman Homunculusnya. Yang selalu Greed katakan adalah "Aku ingin segalanya yang ada di dunia ini." Dalam versi manga-nya setelah Greed mati oleh "Ayah" (Ketua dari semua Homunculus yang biasa dipanggil Ayah), Greed dibentuk lagi, tetapi dengan mengambil tubuh Lin (Pangeran dari negeri Xing).

Sloth

Dalam versi manga, Sloth adalah Homunculus yang diciptakan untuk menggali pertambangan yang membentuk lingkaran transmutasi, sehingga seluruh negeri Amestris dikelilingi lingkaran transmutasi. Lingkaran transmutasi ini direncanakan oleh "Ayah" untuk membuat batu bijak dengan kurban semua orang yang ada di Amestris.

Haoem

Dia adalah Homunculus pertama kali yang ada di dunia. Dalam versi manga, homunculus ini pertama tertangkap dalam sebuah botol. Homunculus dapat hidup karena darahnya Van Hohenheim diberikan sedikit kepada Homunculus. Van Hohenheim berteman akrab dengan Homunculus ini sampai suatu hari raja di Cselk Cess meminta kepada Homunculus untuk mendapatkan hidup abadi. Setelah Homunculus memberi tahu caranya, dimulailah pembuatan lingkaran transmutasi oleh raja Cselk Cess. Ternyata Homunculus menipu raja dan semua orang di Cselk Cess menjadi kurban dalam pembuatan batu bijak. Karena dulu Van Hohenheim menolong Homunculus, maka Homunculus memberikan hidup abadi kepada Van Hohenheim sebagai imbalan dengan menggunakan setengah batu bijak. Setengahnya lagi dipakai oleh Homunculus untuk mengubah dirinya menjadi mirip seperti Van Hohenheim.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Equivalent Change". Newtype USA (A.D. Vision). January 2006. 
  2. ^ "A Rotted Heart". Director: Seiji Mizushima. Fullmetal Alchemist. Cartoon Network. February 4, 2006. No. 45.
  3. ^ "Theory of Avarice". Director: Seiji Mizushima. Fullmetal Alchemist. Cartoon Network. November 12, 2005. No. 35.
  4. ^ "Laws and Promises". Director: Seiji Mizushima. Fullmetal Alchemist. Cartoon Network. March 18, 2006. No. 51.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]