Kekkaishi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kekkaishi
Kekkaishi.png
結界師
Genre Aksi, Gaib, Komedi
Manga
Pengarang  Yellow Tanabe
Penerbit  Shogakukan
Penerbit bahasa Inggris Bendera Kanada Bendera Amerika Serikat Viz Media
Penerbit lainnya Bendera Indonesia Elex Media Komputindo
Demografi Shōnen
Majalah Weekly Shōnen Sunday
Tanggal Terbit 20032011
Volume 35
Seri anime TV
Sutradara  Kenji Kodama
Penggubah  Taku Iwasaki
Studio Sunrise
Pelisensi  Bendera Kanada Bendera Amerika Serikat Viz Media
Jaringan Nippon Television
Jaringan bahasa Inggris Bendera Amerika Serikat Cartoon Network
Jaringan lainnya Bendera Indonesia Antv
Tayang perdana 16 Oktober 200611 Februari 2008
Episode 52
Portal Anime dan Manga

Kekkaishi (結界師?) adalah serial manga dan anime karya Ierou Tanabe (Tanabe Yellow). Manga ini diterbitkan sejak 15 Maret 2004 oleh Shogakukan dan masih berlanjut hingga sekarang. Di Indonesia, manga Kekkaishi diterbitkan oleh Elex Media Komputindo di majalah Shonen Star. Pada tanggal 11 November 2009, Elex menerbitkan manganya dalam bentuk tankoubon. Anime Kekkaishi pernah ditayangkan oleh stasiun televisi antv. Di Jepang, Kekkaishi meraih predikat komik terbaik kategori komik cowok versi Penghargaan Manga Shogakukan ke-52 tahun 2007.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Cerita dimulai ketika tokoh utama Yoshimori Sumimura, anak berumur 9 tahun yang biasa-biasa saja. Tetapi dia sebenarnya pewaris generasi ke-22 dari para Kekkaishi. Kekkaishi adalah orang-orang yang bisa menciptakan kekkai atau pelindung berbentuk persegi, dan mengurung serta menghancurkan siluman yang terperangkap di dalamnya. Setiap malam, Yoshimori mencari dan membinasakan siluman ditemani anjing hantu bernama Madarao.

Selain keluarga Sumimura, adapula keluarga Yukimura yang juga Kekkaishi. Hubungan kakek Yoshimori dengan nenek Tokine kurang begitu baik. Dahulu, Kekkaishi digunakan untuk melindungi tuan tanah bernama Karasumori. Karena suatu hal, mereka akhirnya dihabisi oleh para siluman yang datang ke tanah milik mereka. Siluman-siluman itu tertarik dengan kekuatan spiritual yang dipancarkan tanah tersebut sehingga mereka mendatangi tanah itu untuk menjadi lebih kuat.

Dari keluarga Yukimura pewarisnya adalah Tokine Yukimura. Dia juga ditemani seekor anjing hantu bernama Hakubi yang genit. Kedua Kekkaishi ini berusaha melakukan tugasnya dengan baik. Suatu ketika Yoshimori lengah dan kewalahan melawan seekor siluman bercakar besar dan hampir terkena serangan. Beruntung Tokine datang, tetapi tangannya terluka dan dia sekarat. Sampai sekarang bekas lukanya masih membekas. Sejak saat itu, Yoshimori bertekad untuk menjadi Kekkaishi yang hebat agar Tokine tidak terluka lagi dan mampu menyegel kekuatan Karasumori untuk selamanya.

Semakin lama, masalah semakin rumit, ketika terungkap apa Karasumori itu sebenarnya. Belum lagi masalah kurang tidur yang dialami Yoshimori, masalah asmara dengan Tokine dan sebagainya.

Akhirnya Yoshimori bertemu dengan teman yang juga suruhan kakaknya, Masamori. Dia bernama Gen Shishio. Saat pertama kali bertemu, Shishio dan Yoshimori sering bertengkar. Tapi setelah beberapa lama akhirnya mereka pun dapat bekerjasama. Dan mereka pun harus menghadapi organisasi ayakashi bernama Kokubourou. Setelah itu mereka menghadapi ayakashi-ayakashi hebat dari sana. Akhirnya mereka berhasil melindungi Karasumori, namun Shishio gugur dalam pertarungan.

Setelah kematian Shishio, markas Yagyo pindah ke kediaman Sumimura untuk sementara. Yoshimori berjanji kepada teman Shishio yang bernama Sen Kagemiya bahwa akan membalaskan dendam Shishio. Saat melawan pasukan Kokubourou, Yoshimori menyerahkan diri kepada Shion yang menyamar menjadi Kaguro. Saat Byaku akan memasukkan serangganya kepada Yoshimori, Yoshimori mengeluarkan aura Zekkai. Saat itu Yoshimori ditolong oleh Matsudo Heisuke, teman kakek Shige yang disangka tewas.

Akhirnya Matsudo melawan Byaku dan Byaku kalah. Lalu Yoshimori menyelamatkan Kagemiya yang disekap di istana Kokubourou. Tokine yang melawan Koshu menang dengan mudah. Tiba saatnya Yoshimori melawan Kaguro. Yoshimori yang kewalahan, menang saat Kagemiya nyaris terkena tebasan pedang Kaguro dengan menciptakan Kekkai besar menyerupai Zekkai, yang kemudian diketahui itu adalah Shinkai. Perbedaan Shinkai dengan Zekkai adalah dari warna, serta pengguna Shinkai dapat menggunakannya untuk melindungi sesuatu maupun melenyapkan sesuatu, sedangkan Zekkai hanya dapat digunakan untuk melenyapkan sesuatu. Kagemiya yang terkurung di dalamnya tidak bisa apa-apa. Masamori menggunakan Zekkai untuk menembus Shinkai Yoshimori. Masamori kewalahan, bahkan Tokine pun turun tangan dengan kemampuan yang diajarkan nenek Toki. Akhirnya Tokine dapat menembus Shinkai Yoshimori dan berusaha menyadarkan Yoshimori yang sedang pingsan agar Shinkai menjadi lemah sehingga Masamori dapat menghancurkan Shinkai tersebut. Istana Kokubourou pun runtuh.

Setelah itu, Yoshimori meminta maaf karena kecerobohannya. Akhirnya markas Yagyo kembali ke tempatnya, hari-hari kembali seperti biasanya. Karasumori pun tetap dilindungi Yoshimori dan Tokine.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Yoshimori Sumimura

Penerus Kekkaishi generasi ke-22 dari keluarga Sumimura. Dia sering dimarahi kakeknya karena ia tidak berniat menjadi Kekkaishi. Akhirnya dia serius menjadi Kekkaishi karena insiden yang terjadi kepada Tokine. Dia selalu bermalas-malasan dan sering tidur di kelas ketika jam pelajaran karena kekurangan tidur akibat semalaman berpatroli di sekitar sekolah. Kekkai miliknya tidak seberapa akurat, tapi daya hancur dan ketahanannya sangat luar biasa. Dia juga bisa membuat Kekkai dalam jumlah besar sekaligus karena energinya yang besar. Kakeknya melihat dia penuh potensi dan bakat.

Tokine Yukimura

Tetangga Yoshimori dan juga seorang pewaris Kekkaishi dari keluarga Yukimura. Dia dua tahun lebih tua dari Yoshimori. Dialah motivasi bagi Yoshimori untuk menjadi lebih kuat. Dalam hatinya, sebenarnya dia tidak mau kalah dari Yoshimori. Sering merasa cemas melihat Yoshimori beraksi. Kekkainya sangat akurat. Dia bahkan bisa membuat Kekkai berlapis yang membutuhkan konsentrasi yang besar. Kekuatan Kekkainya tidak sekuat dan sekeras Yoshimori. Jika kekuatan Kekkai miliknya dan Yoshimori digabung, maka Kekkai yang dihasilkan menjadi lentur, akurat sekaligus kokoh.

Madarao

Anjing hantu milik keluarga Sumimura yang hidup 500 tahun yang lalu. Dulu dia adalah seekor anjing gunung bernama Ginro yang selalu bersama temannya Kouya yang menjadi Ayakashi. Namun, sejak gunung tempat tinggalnya dijadikan pemukiman penduduk, ia mati karena kelaparan. Kagum pada Hazama Tokimori, mantan partnernya.

Hakubi

Anjing hantu milik keluarga Yukimura yang genit. Dia sering mengolok-olok Yoshimori dan Madarao. Dia lebih muda 100 tahun dari Madarao.

Toshimori Sumimura

Adik Yoshimori, dia punya bakat menjadi Kekkaishi tapi teknik Kekkainya masih buruk. Dia sangat pandai, dia bisa membaca tulisan-tulisan cara menggunakan Kekkai yang mana Yoshimori tidak dapat membacanya.

Masamori Sumimura

Kakak Yoshimori sekaligus ketua Yagyo dan juga anggota Urakai (organisasi bayangan). Walaupun bukan pewaris yang sah, teknik Kekkainya hebat. Masamori menguasai Zekkai.

Shuuji Sumimura

Ayah Masamori, Yoshimori, dan Toshimori. Dia bukan seorang Kekkaishi. Dia sangat menyayangi dan memanjakan anak-anaknya. Ia berbakat menjadi juru masak.

Shigemori Sumimura

Kakek dari Yoshimori yang kelihatannya memiliki masalah dengan Masamori dikarenakan masalah pewaris sah Kekkaishi. Dia selalu bertengkar dengan nenek Toki.

Tokiko Yukimura

Nenek dari Tokine yang pemarah. Dia selalu bertengkar dengan kakek Shige. Kalau ada masalah, ia selalu menyalahkan keluarga Sumimura.

Gen Shishio

Anak buah dari Masamori, ia merupakan salah satu petarung andalan dari Yagyo, maka dari itu Masamori memintanya untuk membantu para Kekkaishi menjaga Karasumori, sekaligus agar Shishio dapat berteman dengan Yoshimori. Dia adalah setengah ayakashi dan tidak dapat memercayai siapapun. Dia pernah lepas kendali saat berubah sepenuhnya dan hampir membunuh kakaknya sendiri. Dia dibunuh oleh ayakashi dari Kokubourou yaitu Kaguro.

Kokubourou[sunting | sunting sumber]

Hime

Sebutan untuk rubah iblis Kurosusuki, yang merupakan Dewa Tanah dari Kokubourou sendiri. Seiring dengan berjalannya waktu tubuh dari Hime semakin melemah, karena itulah para bawahannya mencari pengganti sumber kekuatan dari Hime tersebut. Memiliki pembantu sekaligus wakil dari Kokubourou yaitu Byaku. Dia lah yang memberikan kekuatan pada Yoshimori untuk mengalahkan Kaguro.

Byaku

Wakil Kokubourou dan menjadi pembantu Hime setelah dikalahkan Hime. Byaku memiliki kekuatan yang memungkinkannya mengendalikan baik kawan ataupun lawannya. Dia mengendalikan mereka dengan cacing buatannya sendiri. Dulunya dia adalah manusia.

Kaguro

Ayakashi kuat dari Kokubourou. Sama seperti Byaku, dulunya dia manusia. Dia adalah ayakashi yang membunuh Shishio. Dia sering menyamar menggunakan kulit manusia buatan Aihi untuk menghilangkan aura ayakashi-nya.

Aihi

Peneliti di Kokuborou. Dia sangat ingin meneliti manusia. Dia dapat mengubah dirinya menjadi Ayakashi berwujud monster tanaman dengan kepala seperti bunga.

Shion

Ayakashi kelas atas Kokubourou. Memiliki kekuatan yang dapat mengubah musuhnya menjadi sekutunya.(sama saat akhir kisah dia membuat Hekian menjadi sekutunya).

Hekian

Salah satu petarung terlemah di Kokubourou.Ditugaskan untuk mengumpulkan data. Dia memiliki teknik Kagenui(teknik menghentikan gerakan musuh dengan jarum yang dilemparkan ke arah bayangan musuhnya ketika Bulan Purnama)

Gagin

Pemimpin Eksekutif di Kokubourou. Ayakashi tipe api. Ia dibunuh oleh Masamori di Manga, Yoshimori di Anime.

Sakon

Wakil Eksekutif Kokubourou. Ayakashi tipe angin. Ia dibunuh Masamori di anime.

Koshu

Sama seperti Byaku, dia pembantu Hime. Ia dibunuh oleh Tokine di anime, namun dibunuh Yoshimori di manga.

Haroku

Anggota Kokubourou yang dibunuh oleh Yoshimori.

Sekia

Anggota Kokubourou yang dibunuh oleh Kaguro.

Haizen

Anggota Kokubourou yang dibunuh oleh Tokine.

Sanan

Anggota Kokubourou yang dibunuh oleh Kaguro.

Yagyou[sunting | sunting sumber]

Miki Hatori

Wakil Yagyo dan menjadi orang kepercayaan Masamori.

Kei Sazanami

Orang ke-3 di Yagyo setelah Masamori dan Hatori. Sazanami merupakan kepala bagian informasi dan mata-mata, memiliki kemampuan membaca pikiran dan hati seseorang secara sempurna tanpa dibatasi jarak.

Yukimasa

Salah satu petinggi Yagyo bagian tim tempur, Yukimasa bertarung dengan Katana besar.

Athora Hanashima

Pembimbing Shishio di Yagyo. Dia disebut penakluk monster dan beberapa anggota Yagyo mengatakan dialah yang monster. Saat kematian Shishio dia menangis paling histeris.

Kyoichi Hiba

Pengawas Shishio.

Yomi Kusaga

Seorang pengendali raksasa. Dia ingin mengambil Karasumori agar raksasanya yang bernama Yoki bertambah kuat.

Mukade

Seseorang yang dapat mengeluarkan monster berwarna hitam dari mulutnya. Sering menjadi pengantar Masamori dengan monsternya itu.

Hakudo

Ia dapat mengeluarkan sejenis sinar berbentuk sabit.

Odo

Ia memiliki kekuatan bola api.

Sen Kagemiya

Teman Shishio yang diculik oleh Shion bersama Yoshimori yang menyerahkan diri. Dia juga setengah ayakashi. Kagemiya kemudian diberi tugas untuk mengamati Karasumori dan para Kekkaishi yang menjaga tanah tersebut.

Shu Akitshu

Teman Kagemiya yang dapat mengeluarkan sayap. Dia adalah setengah ayakashi. Bersama Kagemiya, mereka diberi tugas untuk mengamati Karasumori dan para Kekkaishi yang menjaga tanah tersebut.

Dai Yaegashi

Teman Kagemiya yang dapat membuat ilusi dirinya.

Misao

Anak kecil yang memiliki kemampuan memanipulasi benda mati menjadi hidup dan membuatnya menjadi patuh.

Higurashi

Ia memiliki kemampuan untuk mengubah fisiknya dengan kekuatan mantra, diperlihatkan dia membuat sayap. Sering menjadi pengantar Hatori.

Sekolah Karasumori[sunting | sunting sumber]

Yurina Kanda

Teman sekelas Yoshimori yang dapat melihat hal-hal gaib termasuk ayakashi dan sering berkonsultasi dengan Yoshimori. Namun teman-temannya mengira dia menyukai Yoshimori.

Hiromu Tabata

Teman sekelas Yoshimori yang senang mencari informasi seputar para siswa dan guru-guru di sekolah itu. Menjuluki dirinya Bank Data.

Tomonori Ichigaya

Teman Yoshimori yang berkacamata.

Kyoko

Teman Yurina.

Ayano

Teman Yurina.

Madoka

Teman sekelas Tokine.

Tatsumi Mino

Guru bahasa Inggris yang memiliki 3 ayakashi ular bernama Joshepine, Roxanne, Simone.

Kirara Kawakami

Teman Tokine yang muncul hanya dalam anime.

Mao Shinahara

Teman sekelas Tokine yang iri terhadap kepintaran Tokine. Dia hanya muncul di anime.

Julia Roppongi

Siswa SMA kelas 1D yang memiliki daya ketertarikan yang singkat kepada Yoshimori.

Ayakashi dan roh[sunting | sunting sumber]

Tuan Uro

Dewa Tanah yang sangat menyukai donat. Saat rumahnya rusak Yoshimori memperbaikinya.

Mamezo

Pembantu Tuan Uro yang suka mengatur.

Koku'unsai

Dewa Tanah Gunung Aiba, sangat menyukai wanita dan sifatnya yang mesum sering merepotkan para pengikutnya

Shidou

Kepala pelayan Koku'unsai yang menjadi teman baik Yoshimori.

Tanyu

Dewa Tanah berwujud Angsa, karena tanahnya tidak stabil, ketika Masamori bertarung melawan Mudou ia bermaksud untuk menghancurkan tanah dewanya dan membangunnya lagi.

Kouya

Teman lama Madarao. Madarao hampir kalah darinya. Lalu dia menang dengan bantuan Yoshimori.

Kurohime

Roh pembantu milik Masamori, berbentuk ikan mas koki berwarna hitam.

Hanataro, Uhosuke, Nagao

Mereka adalah anak buah Kouya.

Masahiko Tsukijigaoka

Hantu patisier yang membantu Yoshimori membuat kue.

Lain-Lain[sunting | sunting sumber]

Hazama Tokimori

Pencipta teknik Kekkai.

Matsudo Heisuke

Teman dari Kakek Shige. Dia memiliki ayakashi peliharaan bernama Kagami yang dulunya adalah istri Shiranuma (sekarang Byaku).

Kagami

Peliharaan Matsudo yang berhasil mengalahkan Byaku tetapi tidak membunuhnya.

Risa Kagami

Mantan istri Byaku. Dia mati karena ingin mendapat kecantikan abadi saat menjadi percobaan Shiranuma.

Sumiko Sumimura

Ibu Yoshimori yang tiba-tiba menghilang 10 tahun yang lalu dan keberadaannya tidak diketahui.

Urakai[sunting | sunting sumber]

Mudou

Mantan kursi ke-7 sekaligus mantan ketua Yagyo, dia dilenyapkan Masamori lewat bantuan Tanyu.

Ichirou Ougi

Anggota kursi ke-8.

Okuni

Anggota kursi ke-9.

Kozo Tanno

Kepala divisi penyelidikan Urakai.

Teknik Kekkai[sunting | sunting sumber]

Hoi

Mengangkat dan menahan target di tempat.

Jouso

Menentukan tempat menciptakan Kekkai.

Ketsu

Menciptakan Kekkai.

Metsu

Memusnahkan benda di dalam Kekkai.

Tenketsu

Membawa ayakashi ke dimenshi lain untuk mencegahnya mengalami regenerasi.

Nenshi

Sebuah benang yang dapat mengikat roh.

Sekkai

Kemampuan untuk melepaskan Kekkai asing.

Kai

Kemampuan untuk melepaskan Kekkai.

Zekkai

merupakan elemen tingkat ahli dari jurus Kekkai Hazama-Ryu yang menghasilkan aura gelap yang mengelilingi dan melindungi penggunanya.

Shikigami

Boneka yang terbuat dari kertas milik Kekkaishi. Kokubourou pernah menggunakannya.

Utsusemi

Serangan bertipe gelap tidak akan mempan terhadap Kekkaishi. Kemampuan ini tergantung akan konsenterasi Kekkaishi.

Shinkai

adalah tingkat tertinggi dari jurus Kekkai Hazama-Ryu yang menghasilkan aura bola cahaya besar. Zekkai dan Shinkai pada dasarnya berbeda, dibandingkan dengan Zekkai yang hanya melenyapkan sesuatu, Shinkai dapat netral terhadap sesuatu. Namun, Shinkai mengonsumsi tenaga jauh lebih banyak daripada Zekkai, sehingga jika menggunakan itu akan menjadi pertaruhan hidup. Hanya dua Kekkaishi yang diketahui berhasil menggunakan jurus ini, yaitu Tokimori Hazama dan Yoshimori Sumimura.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]