Black Cat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Black Cat
Black Cat Manga.png
Cover of the manga Black Cat, volume 1.
Genre Adventure, Science Fiction, Fantasy, Shōnen, Comedy, Bounty Hunter
Manga
Pengarang  Kentaro Yabuki
Penerbit 

Jepang Shueisha

Singapura Chuang Yi
Bendera Amerika Serikat Shonen Jump
Bendera Kanada VIZ Media
Bendera Perancis Glenat
Bendera Italia Star Comics
Bendera Jerman Carlsen Comics
Bendera Indonesia Elex Media Komputindo
Anime
Sutradara  Shin Itagaki
Studio Gonzo
Portal Anime dan Manga

Black Cat adalah judul sebuah manga fiksi dan aksi yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo di Indonesia. Anime dari manga ini juga ditayangkan di Animax. Black Cat ditujukan bagi kalangan remaja lelaki. Manganya sendiri mendapat sambutan yang baik dari pembaca di Indonesia.[rujukan?]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Black Cat sendiri bercerita tentang sweeper bernama Train Heartnet yang berpasangan dengan Sven, rekannya yang bergaya gentleman. Dulunya, Train adalah eraser Chronos yang ditakuti karena kemampuannya dan dikenali dengan tato angka 13 romawi di pistol dan lehernya. Ditengah cerita mereka akhirnya kembali bentrok dengan Chronos Number dan Creed, mantan rekannya di Chronos Number. Mereka juga akan bertemu teman-teman baru di tengah perjalanan mereka sebagai sweeper. Train dkk sendiri memposisikan diri mereka sebagai orang netral, dan tidak memihak Creed maupun Numbers. Creed sendiri memiliki ketertarikan yang sangat besar, dan cenderung obsesif terhadap Train. Train sangat membencinya karena dulu Creed pernah membunuh Saya Minatsuki, satu-satunya orang yang dekat dan menyayangi Train.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Sweeper[sunting | sunting sumber]

  • Train Heartnet
    Train dulunya adalah salah satu dari anggota "Chrono Numbers", suatu kumpulan pembunuh yang bekerja untuk organisasi yang bernama "Chronos". Dia termasuk top level di antara numbers itu sendiri dan dijuluki "Black Cat" karena dia selalu membunuh targetnya. Di dada kirinya, ada tato angka 13 Romawi. Sebelum membunuh targetnya, dia biasa berkata, "aku datang, untuk memberi kesialan". Setelah perkenalannya dengan Minatsuki Saya, sifat Train yang pendiam dan dingin berangsur-angsur menghilang. Setelah Saya dibunuh oleh Creed, dia memutuskan untuk berhenti dari Numbers dan menjadi sweeper seperti Saya. Dia lalu bertemu dengan Sven, seorang sweeper senior dan menjadi rekannya. Dia lalu bertemu teman-temannya yang lain seperti Eve, seorang gadis muda yang mempunya nanomachines dalam tubuhnya, Rinslet, seorang mata-mata dan pencuri, dan sebagainya. Senjatanya ialah pistol ornamental yang terbuat dari bahan Orihalcon dan bernama Hades.
  • Sven Vollfied
    Sven adalah seorang sweeper yang selalu berhutang karena sulit mendapatkan "mangsa". Secara tak sengaja dia menemukan Train yang terluka karena bertarung dengan Creed dan Sephiria. Dia lalu mengajaknya menjadi sweeper bersama-sama dirinya. Eve sangat perhatian padanya, karena dia memperlakukan Eve seperti anaknya. Dia menggunakan sebuah koper berisi banyak senjata dan jebakan untuk menangkap buruannya. Dulunya dia adalah agen IBI ( International Bureau of Investigations ). Dia mempunyai rekan yang memiliki mata yang bisa melihat beberapa detik ke masa depan. Karena suatu hal, rekannya mati dan memberikan sebelah matanya kepada Sven.
  • Eve
    Eve adalah seorang anak kecil berumur belasan yang ditanamkan nanomachine dalam tubuhnya, untuk menjadi senjata biologis bagi seorang jutawan. Train dan Sven mendapat bayaran dari Rinslet untuk "menyelamatkan" Eve. Eve akhirnya mengikuti rombongan Train dan sangat dekat dengan Sven. Dia sangat haus perhatian pada Sven dan menganggap Sven sebagai ayahnya. Dia juga sangat senang membaca. Semua buku yang dibacanya bisa dihapal semua isinya oleh Eve. Sebagai prajurit dia juga sangat kuat. Nanomachine dalam tubuhnya membuatnya bisa memanipulasi fungsi dan bentuk bagian-bagian tubuhnya. Dia sempat bertarung dengan anggota Utusan Bintang bernama Leon Elliot dan setelah itu malah berteman cukup dekat. Model asli dari Eve adalah Tearju, seorang ilmuwan jenius yang menciptakan Eve.
  • Saya Minatsuki
    Saya adalah seorang sweeper sekaligus teman dekat Train sebelum Train bertemu Sven. Saya adalah orang yang paling berarti untuk Train, karena dialah yang akhirnya menyadarkan Train untuk menjadi dirinya sendiri. Menurut cerita di anime, Saya meninggal saat sedang menunggu Train di dermaga untuk menonton kembang api. Sedangkan dalam versi manga, ia meninggal di tempat festival karena dikejar-kejar Creed. Dia mengatakan pada Train untuk melupakannya saja agar Train tidak hidup di masa lalu. Namun sepertinya Train menyukai Saya. Saya sangat menyukai susu. Dia selalu minum susu. Kebiasaan ini juga sama dengan Train.
  • Rinslet Walker
    Rinslet adalah seorang mata-mata dan pencuri yang sering disewa oleh Chronos. Dia adalah orang yang menyewa Sven dan Train untuk mencari Eve. Akhirnya dia sering terseret masalah bersama kelompok Train. Dia menyukai harta karun dan Eve. Dia sering memakaikan baju yang imut-imut kepada Eve. Dalam anime, dia disewa untuk mencuri data dan bom dari utusan bintang. Dia seringkali mendapat bantuan cuma-cuma dari Train dan Sven hanya dengan senyumannya. Dia dekat dengan Jenos, no.7 dari Chronos Numbers.

Apostles[sunting | sunting sumber]

  • Creed Diskence
    Creed adalah seorang Chronos Numbers yang bersenjatakan pedang yang ia sebut Kotetsu. Dia sangat memuja Train, bahkan di animenya dia digambarkan sangat psycho dan sinting. Dia sangat posesif. Karena merasa "cemburu" dia lalu membunuh Saya dan membuat Train sangat murka. Creed bisa menggunakan pedang tak terlihat yang menggunakan Tao. Setelah keluar dari Chronos Numbers, dia membuat kelompok sendiri yang berisikan orang-orang yang bisa menggunakan Tao. Dia selalu menginginkan Train bergabung dengannya. Hanya yang bersangkutan sudah terlanjur murka kepadanya. Creed menggunakan segala cara untuk mendapatkan Train.
  • Charden Flamberge
    Charden adalah salah satu anggota Apostles yang dapat mengendalikan darah untuk menyerang musuhnya. Tujuan utamanya ialah membunuh semua Chronos Numbers, terutama Sephiria, pemimpin dari para Numbers. Setelah Creed mulai bertindak aneh, dia meninggalkan Apostles untuk melaksanakan tujuannya semula. Di anime dia membantu Train dkk. untuk melawan Zero Numbers.
  • Maro
    Maro adalah anggota Apostles yang akan marah jika dibilang gemuk, dan mengatakan bahwa ia hanya bertulang besar. Ia mengenakan baju tradisional yang di anime dibilang adalah baju dari benua terlarang, ia akhirnya dikalahkan Train dengan peluru bius yang ditembakan dari atas di manga. Ceritanya sedikit berbeda dengan di anime. Ia dikalahkan David, anggota Chronos yang menggunakan kartu sebagai senjata. Ia mempunyai keahlian mengendalikan gravitasi.
  • Kyoko Kirisaki
    Kyoko adalah gadis yang bersemangat dan ceria. Dia bergabung dengan Apostles karena ditawari oleh Creed untuk bisa melukai dan membunuh siapapun yang membuatnya marah. Dia memiliki kekuatan untuk menyemburkan api dan memanaskan benda-benda yang disentuhnya. Dia sedikit bodoh dan sangat tergila-gila pada Train. Dia mengejar-ngejar Train karena pernah ditolong olehnya ketika ada penjambret yang menodongnya. Kyoko mengirim sms berpuluh kali yang berisikan hal sepele dalam sehari. Dia mengirim pesan seperti "apa kabar?", "tuan Black suka warna apa?" dan sebagainya. Dia meninggalkan Apostles agar Charden tidak kesepian. Dia membantu Train dkk bersama Carden ketika melawan Zero Numbers untuk menghentikan eden.
  • Echidna Parass
    Echidna dulunya seorang aktris. Dia lalu bergabung dengan Creed agar bisa terus bersamanya. Dia bisa membuka gerbang dimensi dimanapun dia mau. Dia menggunakan pistol untuk membunuh targetnya. Di anime dia sempat muncul di pertemuan antar negara sebelum Creed membunuh mereka semua. Setelah Creed dikalahkan, dia membawanya ke tempat yang tidak diketahui dan merawat Creed.
  • Leon Elliot
    Leon mempunyai kekuatan Tao mengendalikan udara. Cowok seumuran Eve ini mempunyai rambut berponi berwarna hijau dan selalu bersama skateboard-nya. Dia memutuskan bergabung dengan Apostles agar tidak disiksa orang dewasa lagi. Menurut cerita di anime, Leon yatim piatu dan hidup bersama anak-anak yatim piatu lainnya. Mereka sering diganggu, karena itu Leon menerima kekuatan Tao agar bisa membalas mereka. Setelah pertarungannya dengan Eve, dia jadi dekat dengan Eve dan dalam special chapter Black Cat, ia "terlihat" sedang "kencan" dengan Eve.
  • Eteth
    Seekor monyet yang merupakan anggota baru Apostles yang bisa mengkopi orang yang ia kenai kemampuan Taonya.
  • Preta Ghoul
    Anggota baru Apostles yang mampu melelehkan apapun yang terkena chi nya

Chronos Numbers[sunting | sunting sumber]

  • Sephiria Arks (I)
    Sephiria adalah pemimpin Chronos Numbers no.I. Perempuan cantik yang kelihatannya lemah ini mempunyai teknik tinggi dalam pedang. Nama pedangnya adalah Christ. Dia juga tegas, dan sebisa mungkin menghindari pembunuhan yang tidak perlu, karena sebenarnya ia juga tidak suka membunuh orang.
  • Belze Rochefort (II)
    Chronos Number II, dia adalah orang yang terlihat sering bersama Sephiria. Dia dan Sephiria merupakan anggota yang sangat setia, terbukti ketika sebagian besar Chronos berkhianat, yang tetap tinggal hanyalah dia, Sephiria, Jenos, Xiao Lee, dan Anubis. Senjatanya bernama Gungnir yang merupakan tombak terbuat dari Orichalcon.
  • Nizer Bruckheimer (V)
    Nizer adalah Chronos Number V, yang merupakan anggota Cerberus, pembunuh terkenal di Chronos Numbers. Dia mempunyai dendam pribadi terhadap Creed, karena Creed membunuh partnernya yang bernama Ash, yaitu Chronos Number X. Dalam anime, Ash dibunuh Creed ketika Nizer dan Ash ditugaskan untuk membunuh Creed. Senjatanya bernama Dioskuroi, berupa tonfa.
  • Anubis (VI)
    Chronos Number VI yang berwujud serigala hitam. Ia hanya muncul di anime ketika menyelamatkan Sephiria dan Belze dari serangan Apotsels. Meskipun serigala, ia juga bisa berbicara seperti manusia. Ia membantu Train dan Sven mencapai Eden.
  • Jenos Hazard (VII)
    Ia adalah Chronos Number VII yang sering muncul. Anggota Cerberus ini sifatnya genit dan menjuluki dirinya Pangeran Chronos Numbers, mungkin karena memang dia yang paling tampan. Senjatanya adalah benang Orichalcon dalam sarung tangan bernama "Excellion". Dia Chronos Numbers yang paling baik pada Train dkk. Di anime, dia lebih terlihat dekat dengan Rinslet daripada di manga. Rinslet juga kelihatan suka padanya. Ia meminta Rinslet memeluknya dengan hangat kalau dia sudah pulang bertempur dari Eden.
  • Lin Xiao Lee (X)
    Lin adalah Chronos Number yang masuk menggantikan Ash si no X. Dia jago menyamar sehingga julukannya "Magician". Senjatanya adalah Orichalcon bernama Seiren, yang merupakan kain. Dia mengagumi Train yang masih tetap dihargai meski mengkhianai Chronos. Dia menyamar mengumpulkan para sweeper hebat untuk menangkap Creed, namun diketahui oleh Train. Dia kelihatan lebih ambisius di anime, meski di manga ia tampak biasa-biasa saja.
  • Belga J. Heard(XI)
    Beluga juga merupakan anggota Cerberus merupakan Chronos Number XI. Dia mati ketika bertarung dengan Creed dalam upayanya menyelamatkan Jenos dan Nizer. Senjatanya adalah bazooka bernama "Verethragna".
  • Mason Ordrosso(XII)
    Di anime, Mason yang merupakan Chronos Number XII ini berkhianat dan bergabung dengan Dokter untuk menciptakan Eden. Namun di manga, ia muncul baru di chapter terakhir bersama Belze mengamati sisa-sisa pertempuran. Mason adalah anggota yang paling tua dalam Chronos Numbers.

Eden[sunting | sunting sumber]

Plot dalam anime dan manga Black Cat lumayan jauh berbeda. Pertarungan terakhir di anime menceritakan Eve yang diculik Doktor untuk membuat Eden. Eden diciptakan untuk membuat kedamaian dunia dengan memasangkan nano-machine pada seluruh orang di dunia. Eve tinggal di Eden bersama Adam, yang sebenarnya sistem untuk mengontrol Eve. Eden sebenarnya adalah karya orisinil Dr. Tearju Lunatique, namun dicuri oleh Doktor karena dulu Tearju memutuskan untuk tidak melanjutkan Eden. Segala cara dilakukan Train dkk. untuk menghentikan Eden dengan menarik perhatian Eve, karena Eve merupakan otak dari Eden. Disini diketahui kalau Train dan Sven dibiarkan membawa Eve sementara untuk mengembangkan imajinasi dan pengetahuan Eve demi Eden.

Lagu Tema[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]