Hayate The Combat Butler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hayate The Combat Butler
Genre Parodi, komedi percintaan
Manga
Pengarang  Kenjiro Hata
Penerbit  Bendera Jepang Shogakukan
Penerbit lainnya Bendera Amerika SerikatBendera Kanada Viz Media
Bendera Vietnam NXB Kim Đồng
Bendera Korea Selatan Haksan Publishing
Bendera Singapura Chuang Yi
Bendera Republik Tiongkok Sharp Point Press
Bendera Hong Kong Comics World
Bendera Indonesia Elex Media Komputindo
Demografi Shōnen
Anime
Sutradara  Keiichiro Kawaguchi
Studio SynergySP
Permainan
Hayate no Gotoku! Boku ga Romeo de Romeo ga Boku de
Pengembang Konami
Penerbit Konami
Rating CERO semua umur
Platform Nintendo DS
Permainan
Hayate no Gotoku! Ojō-sama Produce Daisakusen Bokuiro ni Somare!
Pengembang Konami
Penerbit Konami
Rating CERO 12 tahun ke atas
Platform Nintendo DS
Anime
Studio SynergySP
Portal Anime dan Manga

Hayate the Combat Butler (ハヤテのごとく! Hayate no Gotoku!?) adalah manga berseri Jepang yang ditulis oleh Kenjiro Hata. Manga ini bercerita tentang seorang anak laki-laki yang memiliki pekerjaan baru sebagai butler (pelayan pribadi) dan terjadi banyak insiden menarik antara dirinya dengan majikannya. Shogakukan telah merilis sebanyak 34 volume dari Manga ini di Jepang. Versi bahasa Inggris telah diberi lisensi oleh Viz Media untuk didistribusikan di daerah Amerika Utara.

Anime dari manga Hayate the Combat Butler ini memiliki 52 episode yang diproduksi oleh studio SynergySP, tayang di TV Tokyo pada April 2007 hingga Maret 2008. Season 2 memiliki 25 episode, diproduksi oleh J.C. Staff yang tayang pada April hingga September 2009. SEason 3 memiliki 12 episode, diproduksi oleh Manglobe yang tayang pada Oktober hingga Desember 2012. Season 4 dari Anime ini akan dimulai pada April 2013.

Plot Cerita[sunting | sunting sumber]

Hayate Ayasaki, seorang pemuda berusia 16 tahun yang memiliki orang tua yang bisa dibilang 'biadab' karena sama sekali tidak peduli dengan Hayate. Selama ini Hayate bersekolah melalui uang hasil kerja paruh waktu di kurir pengantaran bersepeda. Namun setelah itu ia tiba-tiba dipecat oleh sang bos karena ketahuan memalsukan umur. Dan gajinya sebesar 170.000 yen (sekitar AS$1500) diberikan kepada orang tuanya yang justru senang berjudi.

Ketika Hayate pulang, ia diberikan hadiah Natal yakni utang sebesar 156.804.000 yen kepada Yakuza (mafia Jepang) dan akan membayarnya dengan menjual organ tubuh Hayate. Akhirnya Hayate berusaha kabur dari Yakuza. Maka ia pun berniat menebus utang tersebut dengan menculik seorang gadis yang berdiri di depan mesin minuman otomatis. Namun ketika Hayate berniat mengatakan bahwa ia akan menculik gadis itu justu ia malah dikira mengatakan pernyataan cinta. Maka dimulaikah kesalahpahaman ini. Dan gadis itu diculik penculik lain. Dan lalu Hayate berniat menyelamatkannya.

Diketahui nama gadis itu Nagi Sanzenin. Dan pelayannya yang sudah ia temui sebelumnya Maria. Nagi meminta Hayate menjadi kepala pelayannya sebagai tanda terima kasih. Dan kehidupan Hayate sebagai 'Combat Butler' pun dimulai.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Keluarga Sanzenin[sunting | sunting sumber]

Hayate Ayasaki (綾崎 ハヤテ Ayasaki Hayate?)
Hayate adalah main hero dalam Hayate The Combat Butler. Yang juga kadang menjadi main heroine (tokoh utama perempuan). Ia bekerja di keluarga Sanzenin dikarenakan terlilut hutang yang cukup besar. Akhirnya hutang yang harusnya dimiliki kedua orang tuanya itu menjadi hutang pribadi karena hutangnya pada yakuza (mafia Jepang) dibayari oleh Nagi dengan mudahnya. Hayate memiliki tubuh besi. Maksudnya tahan terhadap jenis serangan apapun dari Mecha, Robot Raksasa, dll. Hayate juga jago memainkan violin. Meskipun gayanya kadang-kadang keren (jika menyangkut nona muda yang harus ia lindungi, Nagi) dan tangguh, tapi tetap saja orang-orang (bahkan yang baru mengenalnya) menyebutnya miskin. Ia banyak disukai oleh para wanita dan cocok sekali untuk memakai baju perempuan. Pada season 2 versi perempuan dari dirinya dinamakan ayasaki Harmione
Nagi Sanzen'in (三千院 ナギ Sanzen'in Nagi?)
  • Pengisi Suara: Rie Kugimiya
  • Usia: 13 tahun, 14 tahun seiring dengan perkembangan cerita
Nagi adalah satu-satunya pewaris harta keluarga Sanzenin sebelum kakeknya, Mikado Sanzenin sebelum mengubah syarat pewaris tersebut. Nagi salah memahami niat Hayate untuk menculiknya dan menganggapnya sebagai pernyataan cinta. Dan akhirnya terjadilah kesalahpahaman di antara keduanya. Nagi adalah otaku berat. Ia juga hikikomori dikarenakan kondisinya sebagai pewaris tunggal keluarga Sanzenin diincar banyak orang. Komik Nagi juga pernah dikira 'buku harian bergambar' oleh Hayate yang tidak tahu apa itu komik. Hanya Isumi yang mengerti dan menyukai komik Nagi.
Maria (マリア Maria?)
  • Pengisi Suara: Rie Tanaka
  • Usia: 17 tahun, 18 tahun seiring dengan perkembangan cerita
Bagi Nagi, Maria juga merupakan figur seorang ibu dan juga kakak baginya. Jika ada yang disegani di keluarga Sanzenin, Maria lah orangnya. Ia disegani bahkan ditakuti para bodyguard Sanzenin melebihi Nagi sendiri. Maria tidak memiliki nama belakang karena ia ditemukan di dekat tugu St. Maria di sebuah gereja pada tanggal 24 Desember. Karena itulah namanya Maria dan ia berulang tahun pada 24 Desember. Maria adalah satu-satunya orang yang akan membersihkan puing-puing setelah pertarungan Hayate maupun Nagi. seiring perkembangan waktu diperlihatkan bahwa ia menyukai hayate.
Seishirō Klaus (倉臼 征史郎 Klaus Seishirō?)
  • Pengisi Suara: Kenta Miyake
  • Usia: 58 tahun, 59 tahun seiring dengan perkembangan cerita
Klaus adalah kepala pelayan keluarga Sanzenin yang tidak begitu senang dengan keberadaan Hayate. Dan sesekali ia muncul hanya untuk membuat Hayate dipecat dengan alasan-alasan aneh (yang tentu saja di tolak mentah-mentah oleh Nagi).
Tama (タマ Tama?)

Harimau putih yang (anehnya) ditemukan di Afrika oleh Nagi. Kepada Hayate terungkap bahwa kucing (Harimau) ini bisa berbicara selayaknya manusia dan tampaknya hanya hayate yang menyadari hal itu. ia dapat meniru suara nagi.( hal ini diperlihatkan di anime )

Akane Himegami (姫神 茜 Himegami Akane?)

Himegami adalah kepala pelayan Nagi sebelum hayate. Maria memanggilnya dengan -kun,dengan mungkin umurnya dekat dengan Hayate dan Maria, ia muncul di episode 34 dengan muka ditutup bayangan dan di episode 38 dengan memakai topeng. Ia menyebut dirinya sebagai dewi atau semacam itu. dia memiliki keahlian bertarung yang mengesankan.

Keluarga Aizawa[sunting | sunting sumber]

Sakuya Aizawa (愛沢 咲夜 Aizawa Sakuya?)
  • Pengisi Suara: Kana Ueda
  • Usia: 14 tahun, 15 tahun seiring dengan perkembangan cerita
Sakuya adalah sepupu dekat Nagi, yang memiliki jiwa sebagai pelawak. Jika ada orang yang main-main dengan lawakan, nyawalah taruhannya. Sama dengan Nagi, Sakuya adalah orang yang tak mau kalah. Gadis yang berlogat kansai ini percaya bahwa Hayate bisa menjadi pelawak yang baik meskipun sudah Nagi tekankan bahwa dia itu PELAYAN.
Gilbert Kent (ギルバート・ケント Girubāto Kento?)
Gilbert adalah kakak tiri Sakuya. Meskipun ia tidak terlihat seperti orang Jepang karena warna rambutnya coklat keriting, tapi Sakuya menganggap mereka berdua mirip. Gilbert adalah orang yang mengincar warisan Sanzenin. Ada aktor Amerika yang bernama Kent Gilbert yang bermain sebagai Konda 88333 dalam serial Macross.

Keluarga Tachibana[sunting | sunting sumber]

Wataru Tachibana (橘 ワタル Tachibana Wataru?)
  • Pengisi Suara: Marina Inoue
  • Usia: 13 tahun, 14 tahun seiring dengan perkembangan cerita
Wataru adalah tunangan resmi Nagi, meskipun keduanya tak memiliki perasaan satu sama lain. Nagi menyukai Hayate, dan Wataru menyukai Isumi. Wataru memiliki toko video rental yang bahkan Nagi adalah anggota disana. Jika Wataru biasanya mengatakan "aku" dengan "ore", maka jika di depan Isumi ia menggunakan "boku". seiring jalannya waktu diperlihatkn bahwa ia juga menyukai Saki.
Saki Kijima (貴嶋 サキ Kijima Saki?)
Pelayan Wataru sekaligus yang mengurus segala kebutuhan Wataru juga membantunya menjalani usaha video rental. Ketakutan terbesarnya adalah jika tahu Wataru menonton video orang dewasa. Ia memiliki nenek bernama Rei Kijima (貴嶋 レイ Kijima Rei?) yang mengenal Enkyō Tachibana (橘 円京 Tachibana Enkyō?), kepala di keluarga Tachibana.

Keluarga Katsura[sunting | sunting sumber]

Hinagiku Katsura (桂 ヒナギク Katsura Hinagiku?)
  • Pengisi Suara: Shizuka Ito
  • Usia: 15 tahun, 16 tahun seiring dengan perkembangan cerita
Hinagiku adalah ketua OSIS perguruan Hakuo, dan ketua klub Kendo dan satu-satunya orang yang disegani di sekolah itu. Meskipun di luar dia terlihat keren, tapi sebenarnya ia takut akan ketinggian dan kegelapan. Dan tentu saja tidak akan diakuinya. Sama seperti Nagi dan Sakuya, Hinagiku adalah tipe gadis yang tak mau kalah. Ia menyukai Hayate dan merupakan tipe tsundere
Yukiji Katsura (桂 雪路 Katsura Yukiji?)
Kakak Hinagiku yang satu ini adalah guru di Hakuo. Berbalik dari adiknya, Yukiji justru senang minum sake dan menggunakan hampir seluruh gajinya untuk minum sake. Ia juga tinggal di ruang piket Hakuo agar tidak usah keluar uang untuk menyewa kamar kos. Hinagiku sangat sayang padanya.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Isumi Saginomiya (鷺ノ宮 伊澄 Saginomiya Isumi?)
  • Pengisi Suara: Miyu Matsuki
  • Usia: 13 tahun, 14 tahun seiring dengan perkembangan cerita
Isumi adalah sahabat Nagi dan satu-satunya yang dapat mengerti, bahkan menyukai komik buatan Nagi. Isumi juga sangat peka terhadap perasaan Nagi pada Hayate. Sayangnya ia tidak tahu kalau Wataru menyukainya bahkan mengira Wataru menyukai Nagi. Isumi juga dapat memberantas roh jahat, dan hanya nagi yang tidak mengetahuinya. Ini karna trauma yang dialami nagi ketika mengetahui adanya hantu dan semacamnya yang disebabkan oleh Isumi. Isumi selalu berbicara dengan lembut dan pelan. Saking pelannya, ia tak bisa menjelaskan keadaan yang sesungguhnya bila terjadi kesalahpahaman. Ia juga sering tersesat karna mencari roh jahat.
Ayumu Nishizawa (西沢 歩 Nishizawa Ayumu?)
  • Pengisi Suara: Mikako Takahashi
  • Usia: 16 tahun, 17 tahun seiring dengan perkembangan cerita
Teman sekelas Hayate di sekolahnya yang dulu. Ayumu juga sejak dulu menyukainya. Ia dan Nagi beranggapan rival satu sama lain. Dan anehnya Ayumu menjadi hamster dan Nagi menjadi naga. Kemampuan menyanyi Ayumu sangat jelek bahkan kalah dari Nagi yang belum pernah ke karaoke(Nagi mempunyai banyak guru privat).
Risa Asakaze (朝風 理沙 Asakaze Risa?)
salah satu dari ketua komite kedisiplinan. Miki dan Izumi juga ketua komite kedisiplinan.
Miki Hanabishi (花菱 美希 Hanabishi Miki?)
Salah satu anggota OSIS juga teman Hinagiku.

Keluarga Azumamiya[sunting | sunting sumber]

Kōtarō Azumamiya (東宮 康太郎 Azumamiya Kōtarō?)
Pengisi Suara: Rina Sato
Usia: 16 tahun
Anggota klub kendo yang paling lemah. Ia menyukai Hinagiku dan sering terkena serangan Kaede Nonohara, pelayannya, karena ia kurang tegas.
Kaede Nonohara (野々原 楓 Nonohara Kaede?)
Pelayan Kotaro. Meskipun begitu ia tak akan membiarkan Kotaro menyuruhnya seenaknya tanpa berusaha dulu. Ia lebih kuat dibandingkan Hayate.

Keluarga Ookochi[sunting | sunting sumber]

Taiga Ookouchi (大河内 タイガ Ōkōchi Taiga?)
Majikan dari Himuro. Ia dengan setia mau melayani Himuro dan sangat menyayanginya. Lebih kelihatan seperti pelayan daripada majikan Himuro.
Himuro Saeki (冴木 ヒムロ Saeki Himuro?)
Pelayan nomor 1 dan kedatangannya sering disebar-sebarkan kelopak bunga mawar oleh Taiga. Sama seperti Klaus, ia sering memegang setangkai bunga mawar. Ia adalah pelayan yang mata duitan. Ia sangat menyayangi majikannya walau Ia lebih terlihat sebagai Majikan Taiga.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Animanga-stub