Novel ringan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Novel ringan atau light novel (ライトノベル raito noberu?) adalah sejenis novel yang sering disertai dengan ilustrasi anime atau manga, biasanya ditujukan untuk pembaca remaja usia sekolah menengah[1]. Light novel termasuk kata dalam kategori wasei-eigo, istilah dalam bahasa Jepang yang meminjam kosakata Bahasa Inggris, namun bukan bagian dari idiom Inggris. Di Jepang novel jenis ini sering disebut ranobe (ラノベ?)[2] atau LN di Barat. Novel jenis ini biasanya panjangnya berkisar 40.000–50.000 kata (LN pendek panjangnya kurang lebih sama dengan novella), sangat jarang melebihi 200 halaman, seringkali diterbitkan dengan jadwal rapat, biasanya diterbitkan dalam ukuran bunkobon, dan seringkali disertai ilustrasi.[3] Cerita LN sering terlebih dahulu dimuat secara bersambung di majalah sebelum diterbitkan dalam bentuk buku.

Detail[sunting | sunting sumber]

Light novel adalah evolusi dari majalah roman picisan Jepang (pulp magazine). Untuk menarik minat pembaca, mulai tahun 1970-an, majalah jenis ini mulai menyisipkan ilustrasi ke dalam cerita dan menyertakan artikel mengenai film, anime, dan game populer, setelah terlebih dahulu mengadopsi gaya sampul anime dan manga. Narasi berkembang menyesuaikan minat generasi baru dan pada akhirnya penuh dengan ilustrasi dengan gaya modern. Serial yang sukses kemudian dicetak dalam bentuk buku.

Kisah dalam serial novel-novel ringan telah banyak diadaptasi menjadi manga, anime, atau film live-action. Novel ringan umumnya dimuat dalam majalah-majalah sastra seperti Faust, Gekkan Dragon Magazine, The Sneaker, dan Dengeki hp, atau jenis majalah media franchise seperti Comptiq dan Dengeki G's. Contoh klasik dari tahun 90-an adalah novel Slayers karya Hajime Kanzaka yang telah diadaptasikan menjadi serial manga dan anime dengan judul yang sama[4]

Novel ringan adalah media yang sangat populer di Jepang. Penerbit secara berkala mencari bakat baru dengan mengadakan kontes tahunan, dengan hadiah uang dan penerbitan novel. Dengeki Novel Prize adalah kontes terbesar di Jepang, dengan partisipasi peserta mencapai 2.000 judul per tahun. Novel jenis ini ditandai dengan label light novel, dicetak dalam bentuk ekonomis dengan softcover (paperback). Sebagai contoh, harga LN The Melancholy of Haruhi Suzumiya di Jepang adalah ¥514 (plus 5% PPN), sama dengan harga normal cetakan trade paperbacks; light novels dan karya sastra umum; yang dijual di Jepang. Pada tahun 2007 diperkirakan bahwa pasaran untuk LN berkisar ¥20 milyar ($166.7 juta dalam rate ¥120) dan sekitar 30 juta kopi diterbitakan per tahun. [2] Kadokawa Group Holdings, pemilik utama label Kadokawa Sneaker Books dan Dengeki Books, memiliki kepemilikan 70% hingga 80% market share. Pada tahun 2009, light novel mencapai nilai penjualan ¥30.1 milyar, atau sekitar 20% dari keseluruhan penjualan buku berbentuk bunkobon di Japan.[5]

Penerjemahan novel-novel ringan Jepang ke bahasa Inggris masih kurang, disebabkan permintaan yang rendah. Beberapa novel ringan telah diterjemahkan oleh pengguna internet dalam situs lain, tapi bulan April 2007, Seven Seas Entertainment, penerbit bahasa Inggris yang pertama mencetak novel-novel ringan dalam format asal edisi Jepangnya, yaitu pada ukuran 10.5cm x 15cm.

Gaya penulisan[sunting | sunting sumber]

Novel ringan adalah untuk hiburan, jadi gaya menulisnya berbeda dengan literatur sastra yang ditujukan untuk orang dewasa. Novel ringan biasa menggunakan gaya yang simpel dan sederhana dalam paragraf yang terdiri dari satu atau tiga kalimat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 榎本秋 (Aki Enomoto) (October 2008). ライトノベル文学論 [Light Novel Criticism] (dalam bahasa Jepang). Japan: NTT Shuppan. ISBN 978-4-7571-4199-5. 
  2. ^ a b Light Reading, Pop Culture, Trends in Japan, Web Japan .
  3. ^ Yegulalp, Serdar (July 30, 2009). "Vertical Vednesday In NYC: Lighten Up!". Advanced Media Network. Diakses 2009-08-10. 
  4. ^ "Anime Profile: The Slayers". Diakses 6 April 2013. .
  5. ^ "Publishing heavyweights see light in growing 'light novel' market". The Asahi Shimbun. Diakses 30 November 2011.