Q.E.D

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Q.E.D seri 19

Q.E.D (キューイーディー しょうめいしゅうりょう)ialah manga karya Motohiro Katou. Manga ini diterbitkan oleh Kodansha dalam majalah bulanan GREAT pada bulan Juli 1997.

Di Indonesia manga Q.E.D diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Sampai saat ini sudah memasuki buku ke 45.

Q.E.D bergenre cerita detektif seperti Detektif Conan, Detektif Kindaichi dan Dan Detective School

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Manga ini bercerita tentang So Toma, seorang anak remaja yang memilih bersekolah di SMA di jepang walaupun sudah berkuliah di MIT. Di sekolah tersebut, Toma bertemu dengan Mizuhara, teman sekelasnya yang merupakan putri dari seorang inspektur polisi.

Toma adalah anak yang pendiam dan suka menyendiri di atap sekolahnya. Sementara Mizuhara adalah tipe gadis yang lincah, cerewet, suka menang sendiri.

Cerita dimulai ketika ayah teman mereka tewas terbunuh di kantornya. Mizuhara memaksa Toma untuk membantu memecahkan kasus tersebut dengan kejeniusannya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • So Toma

Pemuda jenius yang lulus dari MIT pada usia 15 tahun. Meski Toma sangat pintar, dia introvert dan kurang bisa memahami hubungan antar manusia. Orangnya aneh, blak-blakan dan menyukai salju. Setelah mengenal Mizuhara yang sifatnya sangat bertolak belakang, Toma mulai memahami kehidupan manusia. Mizuhara bahkan orang yang dianggap berarti bagi Toma, dan Toma tidak segan-segan mengorbankan dirinya untuk meyelamatkan Mizuhara. Toma mempunyai adik perempuan yang tidak kalah jenius.

  • Kana Mizuhara

Mizuhara adalah gadis yang ceria dan sangat berbakat olahraga. Dia selalu menjadi "senjata" Toma ketika butuh penyelidikan lapangan. Banyak teman Mizuhara yang curiga karena kedekatan Toma dengannya. Meski selalu berkelit, Mizuhara sepertinya menyukai Toma. Hal ini dibuktikan ketika ia merasa cemburu saat salah satu seniornya menyukai Toma. Mizuhara ikut klub kendo dan merupakan kendoka yang hebat.

  • Syd Green/Loki

Sahabat baik Toma yang usil, sehingga dipanggil Loki. Toma dan Loki berteman akrab ketika Toma masih kuliah di MIT. Tapi sayang, ada suatu kasus yang menyebabkan hubungan pertemanan mereka berdua agak renggang. Setelah kesalahpahaman antar Loki-Toma selesai, mereka berteman akrab kembali. Loki sengaja datang ke Jepang untuk membawa Toma kembali ke Amerika.

  • Eva

Partner Loki, kuliah di MIT jurusan Informatika. Dia menganggap hubungan persahabatan antar dua jenius bisa mengakibatkan masalah yang besar seperti Gogh dan Gauguin. Karena Eva-lah Loki menjadi salah paham pada Toma. Akhirnya Eva menyadari bahwa pola pikirnya salah dan meminta maaf pada Toma. Eva menyukai Loki.