Banana Fish

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Banana Fish
バナナフィッシュ
(Banana Fisshu)
GenreLaga,[1] Kejahatan seru[2]
Manga
PengarangAkimi Yoshida
PenerbitShogakukan
Penerbit bahasa Inggris
MajalahBessatsu Shōjo Comic
Majalah bahasa Inggris
DemografiShōjo
TerbitMei 1985 (1985-05)April 1994 (1994-4)
Volume19 (Daftar volume)
Seri anime
SutradaraHiroko Utsumi
SkenarioHiroshi Seko
MusikShinichi Osawa
StudioMAPPA
PelisensiAmazon Prime Video[3]
Saluran
asli
Fuji TV (Noitamina)
Tayang 5 Juli 2018 (2018-07-05) 20 Desember 2018 (2018-12-20)
Episode24 (Daftar episode)
 Portal anime dan manga

Banana Fish (Jepang: バナナフィッシュ, Hepburn: Banana Fisshu, berasal dari cerpen J. D. Salinger "A Perfect Day for Bananafish"[4]) adalah sebuah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Akimi Yoshida. Manga tersebut diserialisasikan dalam majalah manga Bessatsu Shōjo Comic dari 1985 sampai 1994, dan diterbitkan kembali dalam sembilan belas volume tankōbon oleh Shogakukan. Banana Fish menceritakan Ash Lynx, seorang pemimpin geng remaja di Kota New York, dan Eiji Okumura, asisten fotografer dari Jepang. Walaupun Banana Fish bukan seri dengan genre boys' love (BL), kritikus menekankan bahwa penggambaran homoseksualitas dan homoerotisme dalam seri ini dipengaruhi oleh (dan karenanya juga memengaruhi) genre BL.[5] Seri ini kemudian dikenal dapat menggaet baik pembaca manga shōjo (manga untuk anak perempuan) maupun shōnen (manga untuk anak laki-laki).

Banana Fish diadaptasi menjadi anime oleh MAPPA pada tahun 2018, disiarkan dalam 24 episode di televisi oleh Noitamina. Seri ini disiarkan secara simultan untuk penonton global oleh Amazon Prime Video selama penayangannya oleh Noitamina berlangsung. Terjemahan manga seri ini dalam bahasa Inggris di Amerika Utara diterbitkan oleh Viz Media, yang mengadakan serialisasinya dalam majalah manga Pulp dan Animerica Extra.

Plot[sunting | sunting sumber]

Cerita utama Banana Fish terdiri atas enam bagian yang diterbitkan dalam 19 volume:

  • "Prolog" (volume 1)
  • "Misteri Banana Fish" (volume 1–6)
  • "Serangan Balik Ash" (volume 7–11)
  • "Kembalinya Golzine" (volume 12–14)
  • "Pertarungan Terakhir" (volume 15–18)
  • "Epilog" (volume 18–19)

Bagian 1: Prolog[sunting | sunting sumber]

Selama Perang Vietnam pada 1973, prajurit Amerika Serikat Griffin Callenreese menembaki skuadronnya sendiri dalam keadaan gila tak sadar. Ia dihentikan oleh Max Glenreed, seorang teman dan sesama prajurit, dengan tembakan pada kedua kakinya. Ketika Griffin kehilangan kesadaran, ia mengatakan "banana fish".

Bagian 2: Misteri Banana Fish[sunting | sunting sumber]

Dua belas tahun kemudian, Griffin—yang sekarang secara parah tidak sehat dari segi mental—dirawat oleh adiknya, Ash—pemimpin geng anak jalanan di Kota New York. Pada suatu malam, Ash berhadapan dengan seorang laki-laki yang terluka hingga jiwanya terancam. Pria itu memberikan vial yang berisi bahan kimia yang tak diketahui dan sebuah alamat di California; ia mengatakan "banana fish" sebelum tewas.

Ash mulai menginvestigasi arti "banana fish" tetapi kemudian dihalangi oleh Dino Golzine, kepala mafia Korsika yang melakukan grooming pada Ash sejak kanak-kanak sebagai budak seksual dan penerus di kerajaan kriminalnya. Dalam investigasinya, Ash mengumpulkan sejumlah sekutu: Shunichi Ibe, seorang fotojurnalis, dan Eiji Okumura, asisten fotojurnalis tersebut, yang melakukan perjalanan dari Jepang untuk membuat laporan tentang geng jalanan; Shorter Wong, pemimpin geng yang mengendalikan Chinatown; dan Max, yang Ash temukan dalam penjara karena ditahan atas tuduhan palsu untuk pembunuhan. Griffin ditembak dan dibunuh dalam pergumulan dengan anak buah Golzine, Ash dan kawan-kawan bertekad menyelesaikan misteri "banana fish" bersama-sama.

Ash dan kawan-kawan berangkat ke alamat di California tersebut dan menemukan rumah besar yang ditinggali oleh seorang laki-laki yang kemudian diketahui sebagai Lee Yut-Lung, anak bungsu keluarga kriminal paling besar dengan kebangsaan Cina. Mereka kemudian berhadapan dengan orang yang sesungguhnya tinggal di sana, dokter yang memberi tahu mereka bahwa banana fish adalah obat pencuci otak yang tidak bisa terdeteksi (secara kimiawi). Golzine bermaksud untuk menjual obat tersebut ke pemerintah Amerika Serikat, yang berusaha menggunakannya untuk menjatuhkan pemerintahan komunis di Amerika Selatan. Ash dan kawan-kawan kemudian tertangkap oleh anak buah Golzine, yang menyuntikkan banana fish ke Shorter dan menyuruhnya untuk membunuh Eiji. Ketika Shorter memohon Ash untuk membunuhnya begitu ia bisa kembali sadar sebentar, Ash menembaknya secara fatal.

Bagian 3: Serangan Balik Ash[sunting | sunting sumber]

Ash dan kawan-kawan, dengan bantuan geng Ash dan Shorter, kabur dari markas Golzine. Ash menggunakan manipulasi pasar saham untuk menghancurkan nilai bisnis legal Golzine; ia juga menarik $90 juta dari akun Golzine, membuat musuhnya tampak menggelapkan uang. Golzine terpaksa meninggalkan Amerika Serikat untuk menanggapi atasannya di Prancis.

Dalam vakum kekuasaan saat perginya Golzine, Ash membuat perjanjian netralitas dengan Cain Blood, kepala geng jalanan Harlem, dan Sing Soo-Ling yang enggan, penerus Shorter untuk geng Chinatown. Ash mulai dengan sistematis menghabisi geng jalanan yang berafiliasi dengan kelompok mafia Korsika, berhasil menang tetapi terluka parah di pertarungan terakhir. Ia lalu ditempatkan dalam fasilitas psikiatri untuk ditangani, fasilitas tersebut kemudian diketahui didanai oleh Unione Corse, yang memalsukan kematian Ash sehingga mereka dapat menggunakannya sebagai subjek uji dalam observasi efek banana fish terhadap otak hidup. Ash dapat kabur dari fasilitas tersebut, bersamaan dengan kembalinya Golzine dari Eropa untuk mengendalikan kembali mafia Korsika.

Bagian 4: Kembalinya Golzine[sunting | sunting sumber]

Yut-Lung, pernah menggunakan banana fish untuk menjadikan kakaknya berada dalam kondisi vegetatif, bersekutu dengan Golzine. Yut-Lung menghabisi ko-konspirator Golzine dalam proyek Banana Fish sementara Golzine menghabisi anggota lain dari sindikat keluarga Lee sehingga kedua pria ini menjadi pemimpin de facto mafia Korsika dan Cina di New York.

Golzine dan Yut-Lung menyewa Blanca, pembunuh bayaran yang sudah pensiun dan sebelumnya melatih Ash, dan mengancam membunuh Eiji jika Ash tidak kembali kepada Golzine dan tidak mengakhiri investigasinya terhadap Banana Fish. Ash menyetujui mereka, menerima bahwa ia tidak dapat mengalahkan Blanca, dan kembali bergabung dengan Golzine sebagai penasihat dan anak angkatnya secara sah. Pada pesta yang diadakan oleh Golzine, Ash diselamatkan oleh Eiji dengan bantuan geng Sing, Cain, dan Ash.

Bagian 5: Pertarungan Terakhir[sunting | sunting sumber]

Ash mundur ke Museum Sejarah Alam Amerika sementara Eiji dan sejumlah anggota geng Ash tertangkap dalam pemburuan yang berlangsung. Ash menangkap Yut-Lung dan melepaskannya sebagai pemenuhan syarat untuk membebaskan para sandera yang telah disebutkan. Kemudian, Sing menantang Ash untuk berduel menuntaskan dendam di antara mereka.

Ash dan kawan-kawan kemudian menangkis penyerangan Eduardo Foxx, pembunuh bayaran yang disewa oleh Golzine, walau sejumlah anggota geng tertangkap. Ash dan kawan-kawan melacak para sandera dan menemukan mereka di fasilitas psikiatri di mana Ash sebelumnya ditahan. Dalam pertarungan klimaks, Foxx dan Golzine terbunuh dan semua bukti atas proyek Banana Fish musnah.

Bagian 6: Epilog[sunting | sunting sumber]

Max menerbitkan laporan investigasi atas lingkaran perdagangan seks anak Golzine dalam Newsweek, memulai skandal di Washington yang berdampak bagi sejumlah politisi. Sing berdamai dengan Ash dan meyakinkan Yut-Lung untuk mengakhiri usahanya dalam memburu Eiji dan Ash. Yut-Lung dan Sing setuju untuk bekerja sama mengendalikan kembali Chinatown. Ash, menyadari bahaya yang ia paparkan kepada Eiji, menghentikan kontak. Eiji dan Ibe kembali ke Jepang tetapi, sebelum keberangkatan, Eiji menitipkan surat untuk Ash lewat Sing. Dalam surat tersebut, Eiji mengatakan bahwa walau ia mengerti kalau mereka tidak bisa lagi bertemu, "jiwaku selalu bersamamu." Saat terbagi perhatiannya dengan surat itu, Ash ditikam oleh bawahan dan saudara tiri Sing, Lao Yen-Thai, yang tidak tahu bahwa Ash dan Sing sudah tidak bermusuhan. Ash menembak Lao, membunuhnya. Ia kemudian berjalan kaki ke Perpustakaan Umum New York di mana ia mati, tersenyum dan memegang erat surat dari Eiji.[6]

Tanggapan dan peninggalan[sunting | sunting sumber]

Banana Fish menerima pengakuan kritikus dan komersial, seri ini terjual sebanyak 12 juta kopi di Jepang.[7][8] Pada survei "Lima Puluh Manga Terbaik" yang diadakan oleh majalah Comic Link pada tahun 1998, Banana Fish menempati peringkat pertama.[9] Walaupun diterbitkan dan dipasarkan sebagai manga shōjo (untuk anak perempuan), Banana Fish memiliki plot yang padat, dialog yang berat, dan rangkaian aksi yang besar; seri ini pada akhirnya memiliki penggemar dari kalangan laki-laki dan perempuan dewasa yang cukup banyak.[9] Ketika diterbitkan oleh majalah Pulp di Amerika Utara, Banana Fish dipasarkan sebagai seri seinen (untuk laki-laki dewasa).[10] Frederik L. Schodt mengidentifikasi Banana Fish sebagai "salah satu dari sedikit manga dengan target anak perempuan yang laki-laki dewasa jantan dari Jepang dapat akui telah mereka baca tanpa rasa malu. Yoshida, walau mengikuti kebiasaan pada komik untuk anak perempuan dalam hal penekanannya terhadap cinta kasih antarlaki-laki homoseksual, berhasil menggaet pembaca laki-laki dewasa dengan cara menggantikan bunga-bunga dan mata yang besar dengan goresan-goresan pena yang kuat, adegan aksi, dan speed line (garis-garis yang menunjukkan gerakan cepat)".[11]

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Cabang Utama Perpustakaan Umum New York, lokasi yang banyak dihadirkan dalam Banana Fish, menjadi kunjungan pelancong yang menggemari seri ini; Perpustakaan Umum New York melaporkan peningkatan signifikan pada pendapatan toko oleh-olehnya pada tahun 2019, hal ini mereka kaitkan dengan popularitas perpustakaan karena Banana Fish.[12][13] Perusahaan pariwisata Jepang Kinki Nippon Tourist Kanto menawarkan perjalanan mengelilingi Kota New York yang secara khusus dirancang untuk penggemar seri ini, paket tersebut memuat kunjungan ke lokasi yang ada dalam Banana Fish dan narasi pemandu audio oleh pengisi suara untuk Ash dan Eiji (Yuma Uchida dan Kenji Nojima) yang melakukan akting.[14] Pada 24 Juni 2019 paket perjalanan Banana Fish dipilih oleh Asosiasi Industri Pariwisata Jepang sehingga menerima Penghargaan Kokudo-kōtsū-shō (Kementerian Wilayah, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang) pada Tour Grand Prix tahunan. Penghargaan tersebut memberi penghormatan terhadap rancangan pariwisata untuk baik perjalanan domestik maupun luar negeri yang bermanfaat bagi industri pariwisata Jepang secara keseluruhan.[15][16]

Penggambaran homoseksualitas[sunting | sunting sumber]

Walaupun Banana Fish bukan seri dengan genre yaoi (romansa antarlaki-laki, juga dikenal sebagai BL), seri ini secara signifikan memengaruhi genre yaoi melalui penggambaran homoseksualitasnya. Manga yaoi pada akhir 1980-an dan awal 1990-an mulai menggunakan tokoh utama dewasa dan mengangkat gaya realisme baik dalam hal plot maupun ilustrasi naskah karena pengaruh Banana Fish dan seri lain seperti Tomoi oleh Wakuni Akisato, meninggalkan romansa dan melodrama anak laki-laki usia sekolah yang menjadi ciri khas genre yaoi pada 1970-an dan awal 1980-an.[17]

Walaupun hubungan antara kedua tokoh utama, Ash dan Eiji, tidak pernah digambarkan secara romantis atau seksual dengan gamblang,[18] Schodt memuji seri ini atas penggambaran positif hubungan sesama jenis.[11]

Hubungan intim antarlaki-laki dalam Banana Fish secara eksklusif terbatas pada tindak kekerasan seksual dan pemerkosaan tetapi para kritikus memuji penggambaran pemerkosaannya yang secara universal bersifat negatif dan traumatis, hal ini berbeda dari tema yang umum termuat pada fantasi pemerkosaan dalam manga yaoi.[10] Banana Fish sering dikategorikan sebagai seri BL[10] dan pada 2019 menerima penghargaan Anime Terbaik dalam Penghargaan BL Chil Chil.[19]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Komatsu, Mikikazu (16 February 2019). "TV Anime BANANA FISH Wins "Anime Fan Award" at Tokyo Anime Award Festival 2019". Crunchyroll. Diakses tanggal 30 January 2020. 
  2. ^ Jensen, Paul; Beckett, James; Martin, Theron; Creamer, Nick; Silverman, Rebecca (July 6, 2018). "The Summer 2018 Anime Preview Guide: Banana Fish". Anime News Network. Diakses tanggal August 9, 2018. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Cast
  4. ^ B., Naja (July 14, 2018). "Manga Review: Banana Fish". Manga Tokyo. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 3, 2020. Diakses tanggal August 22, 2018. 
  5. ^ "Banana Fish ‒ Episode 4". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-07. 
  6. ^ Oshiyama, Michiko; 押山美知子. (2007). Shōjo manga jendā hyōshōron : "dansō no shōjo" no zōkei to aidentiti. Tōkyō: Sairyūsha. hlm. 120–139. ISBN 978-4-7791-1244-7. OCLC 166355923. Fujimoto: "Why did Ash die?" Yoshida: "I was conflicted about that. I had two endings in mind, one where he dies and another where he doesn't, but I'd decided a long time ago that he would die, so I felt I couldn't change that." 
  7. ^ "Roundup of Newly Revealed Print Counts for Manga, Light Novel Series (September) - Updated". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-07. 
  8. ^ Inc, Natasha. "「BANANA FISH」「漫画家本Special 吉田秋生本」特集 - コミックナタリー 特集・インタビュー". コミックナタリー (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2022-01-07. 
  9. ^ a b "New Smithson! - Shaenon K. Garrity — LiveJournal". web.archive.org. 2020-01-03. Archived from the original on 2020-01-03. Diakses tanggal 2022-01-07. 
  10. ^ a b c "Jason Thompson's House of 1000 Manga - Banana Fish". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-07. 
  11. ^ a b Frederik L. Schodt (1999). Dreamland Japan. Internet Archive. Stone Bridge Press. ISBN 978-1-880656-23-5. 
  12. ^ Archive, View Author; feed, Get author RSS; Archive, View Author; feed, Get author RSS (2019-11-12). "'Banana Fish' anime series leads obsessed Japanese tourists to NYPL". New York Post (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-07. 
  13. ^ "Banana Fish Causes Spike in Sales at New York Public Library's Gift Shop". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-07. 
  14. ^ "Banana Fish Comes Home to New York for Sightseeing Tour". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-07. 
  15. ^ "Banana Fish, Idolish7 Win Awards for Encouraging Tourism". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-07. 
  16. ^ Inc, Aniplex. "TVアニメ「BANANA FISH」公式サイト". TVアニメ「BANANA FISH」公式サイト. Diakses tanggal 2022-01-07. 
  17. ^ Boys' love manga and beyond : history, culture, and community in Japan. Mark J. McLelland, Kazumi Nagaike, Katsuhiko Suganuma, James Welker. Jackson. 2015. hlm. 51. ISBN 978-1-62846-120-6. OCLC 885378169. 
  18. ^ Yoshida, Akimi; 吉田秋生 ([2004-2007]). Banana fish (edisi ke-Shôjo edition). San Francisco, CA. hlm. 162–163. ISBN 1-56931-972-3. OCLC 182980677. Akira: "Was this Ash person Okumura-san's... uh... well, lover?" Sing: "He was more than that. Which doesn't mean their relationship was sexual, because it wasn't. But they did love each other... maybe the way lovers do." 
  19. ^ "Liquor & Cigarette, Blue Morning, Banana Fish Top 2019 BL Awards". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-07. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]