Sword Art Online

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sword Art Online
Sword Art Online light novel volume 1 cover.jpg
Genre Action, Romance, Fantasy, Harem, Sci-Fi, Comedy, Adventure, Drama
Novel ringan
Sword Art Online
Pengarang  Kawahara Reki
Ilustrator  Abec
Penerbit  ASCII Media Works
Demografi Male
Majalah Dengeki G's Magazine
Tanggal Terbit 10 April 2009 – sekarang
Volume 13
Manga
Sword Art Online: Aincrad
Pengarang  Reki Kawahara
Ilustrator  Tamako Nakamura
Penerbit  ASCII Media Works
Majalah Dengeki Bunko Magazine
Tanggal Terbit September 2010 – sekarang
Manga
Sword Art Online 4koma
Pengarang  Reki Kawahara
Ilustrator  Juusei Minami
Penerbit  ASCII Media Works
Majalah Dengeki Bunko Magazine
Tanggal Terbit September 2010 – sekarang
Seri anime TV
Sutradara  Tomohiko Ito
Penggubah  Yuki Kajiura
Studio A-1 Pictures
Jaringan Tokyo MX, tvk, TVS, TVA, RKB, HBC, MBS, AT-X, Chiba TV, BS11
Tayang perdana 7 Juli 201222 Desember 2012
Episode 25 (Daftar episode)
Portal Anime dan Manga

Sword Art Online (ソードアート・オンライン Sōdo Āto Onrain) adalah seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Reki Kawahara dan diilustrasikan oleh ABEC. Serial ini berlangsung di masa depan yang dekat dan berfokus pada berbagai dunia permainan virtual reality MMORPG . Sword Art Online mulai diterbitkan pada label ASCII Media Works ' Dengeki Bunko sejak 10 April 2009, dengan peluncuran seri spin-off di bulan Oktober 2012. Serial ini telah melahirkan lima adaptasi manga. Sebuah anime yang diproduksi oleh A-1 Pictures ditayangkan di Jepang antara Juli dan Desember 2012. Anime ini telah dilisensi di Amerika Utara oleh Aniplex of America dan versi bahasa Inggris mulai ditayangkan pada Adult Swim 's Toonami sejak 27 Juli 2013. Sebuah video game berdasarkan seri dirilis pada PlayStation Portable pada Maret 2013 [1]

Plot/Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2022, permainan Virtual Reality Massively Multiplayer Role-Playing online (VRMMORPG), Sword Art Online (SAO), diluncurkan. Dengan Nerve Gear, helm virtual reality yang merangsang panca indera pengguna melalui otak mereka, pemain dapat merasakan dan mengontrol karakter dalam game mereka dengan pikiran mereka.

Pada tanggal 6 November 2022 semua pemain log in untuk pertama kalinya, dan kemudian menemukan bahwa mereka tidak dapat log out. Mereka kemudian diberitahu oleh Kayaba Akihiko, pencipta SAO, bahwa jika mereka ingin bebas, mereka harus mencapai lantai 100 menara permainan dan mengalahkan bos terakhir. Namun, jika avatar mereka meninggal dalam game, tubuh mereka juga mati di dunia nyata. Cerita berikut Kirito, pemain terampil yang bertekad untuk mengalahkan permainan. Karena permainan berlangsung selama dua tahun, Kirito akhirnya berteman pemain wanita bernama Asuna dengan siapa akhirnya ia jatuh cinta. Setelah duo tersebut menemukan identitas avatar Kayaba di SAO, mereka menghadapi dan mengalahkan dia, membebaskan diri mereka sendiri dan pemain lain dari permainan.

Setelah kembali ke dunia nyata, Kirito belajar bahwa Asuna dan 300 pemain SAO lainnya masih belum terbangun. Setelah mendapatkan petunjuk tentang keberadaan Asuna di VRMMORPG lain yang disebut Alfheim online (ALO), Kirito memutuskan untuk log in ke dalam permainan tersebut. Dibantu oleh adik Suguha, ia belajar bahwa para pemain terjebak dalam ALO adalah bagian dari rencana yang dibuat oleh Nobuyuki Sugo untuk melakukan eksperimen ilegal di pikiran mereka untuk menempatkan mereka di bawah kekuasaannya, termasuk Asuna, yang ia berniat untuk nikahi di dunia nyata untuk mengambil alih perusahaan keluarganya. Setelah Kirito menghentikan rencana Nobuyuki, ia akhirnya bertemu dengan Asuna di dunia nyata.

Segera setelah itu, Kirito memainkan permainan lain yang disebut Gun Gale online (GGO) untuk menyelidiki hubungan misterius antara GGO dan kematian yang terjadi di dunia nyata. Dibantu oleh pemain wanita ia bertemu dalam permainan yang disebut Sinon, ia mengidentifikasi dan mengekspos para pelaku, yang mencakup beberapa mantan anggota serikat pembunuh yang sebelumnya dia temui di SAO.

Kirito ini kemudian direkrut untuk membantu dalam pengembangan permainan state-of-the-art, UNDERWORLD (UW), yang memiliki antarmuka yang jauh lebih realistis dan kompleks daripada game sebelumnya ia bermain. Di UW, aliran waktu berlangsung seribu kali lebih cepat daripada di dunia nyata. Namun, ia akhirnya jatuh ke dalam perangkap yang ditetapkan oleh salah satu pembunuh dari GGO dan bangun dalam permainan, tidak dapat log out, dengan diri sebenarnya ditinggalkan dalam keadaan koma. Akhirnya ia mulai mempertanyakan apakah ia adalah Kirito nyata atau kecerdasan buatan model setelah dia.

Latar[sunting | sunting sumber]

Novel seri cahaya meliputi beberapa maya MMORPG, tidak eksklusif dunia eponymous Sword Art Online.

Sword Art Online ( ソード アート · オンライン Sodo Ato Onrain?)
Dunia game virtual pertama, serta latar dari bagian pertama cerita, yang dikenal sebagai SAO untuk pendeknya. Dunia SAO merupakan sebuah kastil raksasa yang disebut floating Aincrad, dengan 100 lantai di dalamnya. Setiap lantai memiliki latar bertema abad pertengahan dan penjara dengan atasan, yang harus dikalahkan sebelum pemain bisa maju ke lantai berikutnya yang lebih tinggi. Seperti kebanyakan RPG s, SAO menerapkan sistem tingkat berbasis. Namun, permainan diubah dengan cara di mana pemain tidak dapat log out, dan jika pemain mati dalam game, tubuh asli mereka akan mati juga.
Alfheim online ( アルヴヘイム · オンライン Aruvuheimu Onrain?)
Latar untuk bagian kedua dari cerita, yang dikenal sebagai ALO untuk pendeknya. Semua pemain dalam permainan memiliki sayap dan mampu untuk terbang. ALO adalah dunia yang besar, dibagi menjadi beberapa 'tanah air' yang memisahkan setiap ras peri nya. Di pusat Alfheim adalah pohon yang sangat besar yang disebut Pohon Dunia, dan tujuan dari permainan ini adalah untuk mencapai puncak. ALO menerapkan sistem berbasis keterampilan dengan pemain meningkatkan statistik mereka dengan mengembangkan baik kemampuan tempur mereka dan keterampilan non-tempur. Aincrad, benteng dari pertandingan pertama, yang kemudian dapat diakses oleh pemain ALO juga.
Gun Gale online ( ガンゲイル · オンライン Gan Geiru Onrain?)
Latar untuk bagian ketiga cerita, yang dikenal sebagai GGO untuk pendeknya. GGO adalah dunia game virtual dengan fokus utama pada senjata api, meskipun senjata jarak dekat seperti lightsabers dan pisau juga ada. Dari semua game, GGO adalah permainan yang paling kompetitif karena uang yang diperoleh di dalam game bisa ditukar untuk mata uang yang dapat digunakan di dunia nyata.
Underworld
Latar untuk bagian keempat cerita, yang dikenal sebagai UW untuk pendeknya. Menurut Kirito, Underworld adalah permaian dengan grafis yang paling realistis dari semua VRMMOs sampai saat itu. Aliran waktu di UW jauh lebih cepat daripada di dunia nyata. Meski begitu, tampaknya bahkan Kirito disesatkan untuk tingkat aktual aliran waktu UW, sehingga masih belum diketahui. Namun, dalam "Hanya ada satu cara utama" cerita sampingan, tingkat dikatakan 1.000 kali lebih cepat daripada dunia nyata, seperti Accel World.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Kirito (キリト?)
Nama asli: Kazuto Kirigaya (桐ヶ谷 和人 Kirigaya Kazuto?)
Suara oleh: Yoshitsugu Matsuoka
Kirito adalah protagonis dalam cerita ini. Dia adalah pemain "solo" dan juga beater (singkatan untuk beta-tester dan cheater), pemain yang tidak bergabung dalam guild maupun party dan selalu bekerja sendiri. Kirito adalah salah satu dari top-player di SAO yang mampu menyelesaikan stage Bos sendiri. Kirito adalah pengguna satu pedang "Elucidator" dan selalu mengenakan jubah berwarna hitam dan diberikan julukan "The Black Swordsman" (黒の剣士 Kuro no Kenshi?). Kirito memiliki skill "Dual Blades" yang hanya Ia aktifkan kalau keadaan darurat saja agar tidak membuat kehebohan karena Ia memiliki skill yang unik.
Asuna (アスナ?)
Nama asli: Asuna Yuuki (結城 明日奈 Yūki Asuna?)
Suara oleh: Haruka Tomatsu
Asuna adalah heroine dalam cerita ini. Ia adalah teman Kirito dan wakil ketua dari guild "Knight of Blood", guild yang tak terlalu besar yang memiliki sekitar 30 player, dan juga disebut guild terkuat di Aincrad. Ia adalah salah satu dari sedikitnya player perempuan di SAO, dan lebih dari itu Ia sangatlah cantik, Ia telah menerima berbagai undangan dan pernyataan cinta. Ia adalah player berbakat yang diberi julukan "Flash" (閃光 Senkō?) untuk skill pedangnya yang luar biasa. KoB telah memberikannya 2 bodyguard untuknya, 1 telah dikalahkan oleh Kirito.

Namanya di SAO sama seperti namanya di dunia nyata. Nantinya Ia jatuh cinta pada Kirito dan mereka menikah di SAO. Di kehidupan nyata, Ia hidup di bawah tekanan yang sangat berat, Ia dipaksa untuk ikut dalam ekspektasi kedua orang tuanya. Ia hidup dalam jalan yang telah ditentukan oleh kedua orang tuanya dan tidak pernah keluar dari jalan tersebut. Tapi setelah pergi ke SAO dan bertemu dengan Kirito, Ia mulai memperlihatkan emosinya kembali dan menyadari bahwa inilah hidup. Ia adalah gadis dengan kemauan yang sangat kuat, mampu mengorbankan jam tidurnya untuk menaikkan levelnya. Asuna sangat mencintai Kirito serta Kirito-lah yang menjadi alasan bagi Asuna untuk tetap melanjutkan SAO.

Anime[sunting | sunting sumber]

Serial Sword Art Online telah diadaptasi ke dalam sebuah serial anime dengan judul yang sama yang diumumkan pada Dengeki Bunko Autumn 2011, bersamaan dengan Novel Ringan Reki Kawahara lainnya, Accel World.

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Accel World, Sword Art Online Light Novels Get Games". Anime News Network. October 2, 2011. Diakses October 2, 2011. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]