Samurai X

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rurouni Kenshin
Berkas:Kenshin samurai x.jpg
Rurouni Kenshin
るろうに剣心 -明治剣客浪漫譚-
(Rurōni Kenshin -Meiji Kenkaku Rōmantan-)
GenreChanbara
Manga
PengarangNobuhiro Watsuki
PenerbitShueisha
Penerbit bahasa InggrisAustralia Selandia Baru Madman Entertainment
Kanada Amerika Serikat Viz Media
Britania Raya Gollancz Manga
MajalahWeekly Shōnen Jump
DemografiShōnen
Terbit2 September 19944 November 1999
Volume28 (Daftar volume)
Seri anime
SutradaraKazuhiro Furuhashi
StudioStudio Gallop (episodes 1-66)
Studio Deen (episodes 66 onwards)
SPE Visual Works
Saluran
asli
Fuji TV, Animax
Saluran bahasa InggrisAustralia Sci Fi
Kanada Amerika Serikat Cartoon Network
Britania Raya Channel 'S'
Tayang 10 Januari 1996 8 September 1998
Episode95 (Daftar episode)
Film anime
Samurai X: The Motion Picture
SutradaraHatsuki Tsuji
ProduserJunichiro Hisaita
Ryuzo Shirakawa
SkenarioShinichi Tsuji
Yukiyoshi Ohashi
MusikTarō Iwashiro
StudioStudio Gallop
Tayang20 Desember 1997
Durasi90 menit
Original video animation
 Portal anime dan manga

Rurouni Kenshin: Meiji Swordsman Romantic Story (Jepang: るろうに剣心 -明治剣客浪漫譚-, Hepburn: Rurōni Kenshin -Meiji Kenkaku Roman Tan-) adalah seri manga karya Nobuhiro Watsuki yang berlatar belakang awal dari era Meiji di Jepang. Manga ini terbit di majalah mingguan Shonen Jump dan telah dibukukan menjadi 28 seri buku. Di Indonesia manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada tahun 2002 dengan judul Samurai X.

Nama Samurai X pertama kali digunakan oleh ADV Films dalam merilis anime Rurouni Kenshin di Amerika. Nama ini diambil dari tanda codet berbentuk X di wajah Kenshin.

Samurai X juga mendapatkan adaptasi live actionya dengan judul, Rurouni Kenshin: The Begining, Rurouni Kenshin, Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno, Rurouni Kenshin: The Legend Ends dan Rurouni Kenshin: The Final.

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Film "Samurai X" atau nama aslinya "Rurounin Kenshin/Perjalanan Kenshin Si Jago Pedang" versi animasi ditayangkan pertama kalinya di SCTV yang bekerjasama dengan Animax. Anime ini ditayangkan pada hari Senin-Jumat pukul 15.00-15.30 WIB setelah acara Sinema Senin Siang (Senin), Kuis Kata Demi Kata (Selasa-Kamis) dan sinetron Bukan Basa Basi (Jumat). Mulai tayang pada Senin, 6 Maret 2000 s.d. Kamis, 13 Juli 2000. Didistribusikan oleh perusahaan film "Columbia Pictures/Sony Pictures Television" dan NHK Jepang. Beberapa tahun kemudian ANTV, RCTI, Trans TV, TV7 menayang ulang kembali serial ini hingga akhir 2005. Kemudian Global TV hingga pertengahan tahun 2008. SCTV menayangkan anime ini setiap Senin s.d. Jumat pukul 15:00 - 16:00 wib mulai 6 Maret 2000 hingga berakhir Juni 2001 yang ditutup dengan penayangan kartun Jackie Chan Adventure dan Sakura Wars sebelum akhirnya tidak menayangkan kembali program khusus kartun tersebut. SCTV menayangkan anime ini hingga tamat dari musim pertama hingga ketiga. musim pertama "Kembalinya Sang Pengembara", musim kedua "Suksesor Batosai", dan diakhiri musim ketiga "Ketentuan Akhir". Soundtrack Film juga ditampilkan secara utuh. Berbeda dengan kanal TV indonesia lainnya yang hanya menayangkan musim pertama sampai kedua saja dan tidak berurutan alur episodenya dan soundtrack-nya juga hanya ditampilkan sepotong saja.

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Lagu pembuka[sunting | sunting sumber]

Lagu penutup[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]