Battle Angel Alita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Battle Angel Alita, (Judul Asli GUNNM — ガンム) ialah manga karya Yukito Kishiro yang terbit dari tahun 1991 hingga tahun 1995 di majalah Business Jump, Shueisha. Sembilan seri manga ini telah diadaptasi kedalam dua buah anime OVA pada tahun 1993.

Yukito Kishiro merasa tidak puas dengan penyelesaian pada serial manganya, maka Yukito Kishiro pung kemudian menerbitkan judul GUNNM: Last Order yang juga dikenal sebagai Battle Angel Alita: Last Order

Plot Cerita[sunting | sunting sumber]

Battle Angel Alita menceritakan kisah tentang Gally (Alita di versi Amerka), seorang cyborg wanita yang amnesia. Bagian kepala dan dadanya ternyata adalah pergerakan yang ditangguhkan oleh ahli medis cyber bernama Daisuke Ido ketika dia keluar untuk mencari barnag bekas. Kagum atas penemuannya, Ido secepatnya pulang dan bekerja untuk menghidupkan kembali cyborg itu. Setelah mengetahui gadis tersebut kehilangan ingatan, Ido memberinya nama Alita, kucingnya yang sudah mati.

Pembuatan ulang Alita kemudian menemukan bahwa dia memiliki pengetahuan instingtif dari ahli beladiri legendaris dari Mars Panzer Kunst, walaupun dia tidak memiliki ingatan di kehidupannya yang lalu. Alita harus belajar untuk mengenali arah, hadir, dan bertarung di ladang barang bekas, yang hidup di bawah bayang-bayang kota melayang, Tiphares. Perjalanannya mengantar Alita ke ladang tersebut dan sekitarnya, untuk mengingat kembali ingatannya di masa lalu.


Karakter[sunting | sunting sumber]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Battle Angel Alita mengambil tempat di dunia distopia yang sangat futuristik, terlihat dari judulnya dalam bahasa Jepang GUNM: Visi Masa Depan Jauh. Selain menamai Gally menjadi Alita, versi Amerika dari manga juga mengganti kota Salem dengan Tiphares. Karena Kishiro juga menggunakan nama Jeru untuk fasilitas di atas Salem, Jeru dinamai ulang menjadi Ketheres di terjemahannya. Untuk perkembangan tema yang Biblikal lebih jauh dari serial aslinya, komputer utama Salem dinamai Melchizedek, "raja dari Salem" dan "pendeta tertinggi Tuhan" [1]

Tiphares[sunting | sunting sumber]

Tiphares (Zalem atau Salem) adalah kota yang mengapung, ditopang dari angkasa dalam konstruksi pilar dan dijangkarkan ke tanah menggunakan kabel raksasa, yang juga berfungsi sebagai tabung suplai. Tabung-tabung ini sangat tahan serangan, dapat menahan serangan pedang Den. Tiphares adalah kota yang dibut untuk menampung individual-individual yang dikondisikan khusus untuk keadaan perjalanan luar angkasa. Tetapi, setelah Perang Terraforming, yang berpusat disekitar kapal perang Levathan, hubungan Tiphares ke permukaan terputus. Dengan dibuatnya LADDER, Tiphares dan penduduknya digunakan sebagai eksperimen genetika, dan sumber dari otak manusia.

The Scrapyard[sunting | sunting sumber]

Scrapyard adalah perluasan kasar dari gedung dan struktur lain berpusat disekitar barang-barang bekas yang menggunung dibawah Tiphares. Gunung sampah dulunya adalah menara yang menghubungkan Tiphares. Sekarang, pusatnya terdiri dari sampah yang dibuang dari kota terapung Tiphares. Diluar Srapyard adalah gurun pasir, dengan lokasi seperti oasis yang disebut Pabrik Ladang untuk produksi sumber daya.

Scrapyard mencerminkan etos cyberpunk, sama seperti penggambaran Kishiro dari masyarakat tanpa nilai. Banyak penduduknya menjadi cyborg bekerja untuk pabrik, beberapa adalah korban dari bedah yang tidak diinginkan di jalanan, sebagian lagi menggunakan cybernetika untuk menambah kemampuan fisik mereka. Senjata api di luar hukum, senjata tanpa proyektil dibolehkan, dan ada dalam jenis yang bermacam-macam. Perkelahian sering terjadi simultan di jalan-jalan. Kriminil yang kasar berkeliaran di gang-gang kota dan di gorong-gorong bawah tanah. Hiburan umum ialah kekerasan alamiah, Motorball, penggabungan dari balapan dengan gaya galiator adalah contoh utama. Olahraga ini diselenggarakan oleh pabrik untuk menenangkan dan mengalihkan para penduduk Scrapyard. Menariknya, ada penyiaran dari Tiphares yang mensugestikan sifat yang lebih gelap ke penduduk Tiphares. Ini menjadi lebih membuktikan di Last Order selama kekerasan yang mengikuti pengumuman publik dari Nova tentang rahasia penduduk Tiphares. Dalam titik tersebut, orang-orang Casey Roscoe bahkan berkata tentang membunuh anak-anak ditempat.

Satu-satunya hukum adalah hukum Factory: Peraturan ditujukan untuk melindungi warga Tiphares keinginan akan makanan dan sumber daya dasar ditunjang oleh factory dibawah. Contohnya, perjalanan udara dengan jarak mendekati Tiphares (termasuk manusia dan binatang hidup) sangat dilarang. Semua yang mencoba menembus larangan ini akan ditembak jatuh oleh sistem pertahanan kota. Karena alasan inilah tidak ada burung di Scrapyard. Sekumpulan pemburu bayaran bernama "hunter warriors" adalah penegak hukum dari factory di Scrapyard, karena tidak adanya polisi yang nyata disana.

Latar geografis[sunting | sunting sumber]

Latar cerita sepertinya mengambil tempat di Amerika Serikat. Di peta yang ditunjukkan di volume 8, lokasi dan formasi geologis sangat berkolerasi dengan dekat ke beberapa kota. Menurut peta ini, tempat Scrapyard/Tiphares ada di Kansas City, Missouri, dan Necropolis adalah Colorado Springs, Colorado. Farm yang mengelilingi Tiphares juga menyerupai kota nyata, Farm 21 dan Farm 22 adalah Sweetwater, Texas dan Garden City, Kansas. Radio KAOS ada di Dallas/Fort Worth. Kampung halaman pantai Figure, Alhambra, adalah tempat asli di Kalifornia Selatan, dan penginapan Granite Destny Nova dibangun di atas pangkalan militer, diasumsikan adalah NORAD fasilitas teknis utama di Gunung Cheyenne, Colorado.[2]

Periode waktu[sunting | sunting sumber]

Walaupun waktu yang akurat dari ALita masih misteri, belakangan diketahui kalau latar waktu Alita adalah 591 tahun setelah peluncuran Sputnik 1, pada tahun 1957. Faktanya, penanggalan yang digunakan para karakter di cerita ini adalah ES (Era Sputnik). Sekarang setelah hampir empatbelas tahun Daisuke Ido menemukan Alita di novel grafis pertama, berarti manga Battle Angel ALita mengambil tempat di sekitar tahun ES 577 dan ES 591 atau 2533 dan 2547 masehi.[3]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga Alita pertamakali diterbitkan Shuieisha di majalah Business Jump. Diserialisasikan dari tahu 1990 sampai 1995 dalam 9 volume. Di Amerika, Viz menerbitkan serial ini di komik 25 halaman, memakai format yang sama dengan yang di Jepang.

Num Nama Jepang Nama Inggris
1 Gunnm: Rusty Angel Battle Angel Alita
2 Gunnm: Iron Maiden Tears of an Angel
3 Gunnm: Killing Angel Killing Angel
4 Gunnm: Ars Magna Angel of Victory
5 Gunnm: Lost Sheep Angel of Redemption
6 Gunnm: Rainmaker Angel of Death
7 Gunnm: Panzer Bride Angel of Chaos
8 Gunnm: War Chronicle Fallen Angel
9 Gunnm: Conquest Angel's Ascension
  • Pada tanggal 4 April 1997 novel GUNNM diterbitkan oleh JUMP j-BOOKS, bagian dari penerbit Shueisha.
  • Pada tanggal 23 Desember 1998 GUNM Complete Collection, sebuah edisi sepisal bahasa Jepang, dirilis sebanyak 6 volume dalam format B5 yang lebih besar. Berisi cerita asli, tetapi dengan akhir cerita yang berbeda untuk kontinuitas cerita ke sekuel GUNNM: Last Order. Juga termasuk sketsa kasar, garis waktu dan 3 cerita pendek diterbitkan lebih awal sebagai GUNNM: Gaiden

OVA[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

James Cameron berencana membuat film aksi langsung yang diadaptasikan dari tiga volume awal dari serial manga Alita. Cameron memiliki rencana untuk membuatnya menjadi trilogi jika film pertamanya sukses. Alita akan menjadi karakter dari gambar buatan komputer diperankan oleh seorang aktris. Pembuatan filmnya akan dibuat dengan sistem digital 3d terbaru yang digunakan Cameron dalam Avatar.

Battle Angel sekarang dalam masa pra-produksi dan direncanakan untuk rilis tahun 2009.

Permainan Video[sunting | sunting sumber]

GUNNM: Martian Memory, sebuah Permainan Peran Aksi dalam permainan video untuk konsol Playstation oleh Banpresto.

Karya yang Berhubungan[sunting | sunting sumber]

  • GUNNM: Last Order, juga dikenal sebagai Battle Angel Alita: Last Order, sebuah penerusan cerita yang diterbitkan bulanan oleh Ultra Jump.
  • GUNNM: Gaiden, sebuah koleksi dari cerita sampingan GUNNM.
  • Haisha, juga dikenal sebagai Ashen Victor di Amerika Serikat, sebuah prekuel satu dekade sebelum permulaan cerita GUNNM. Utamanya menceritakan kisah tentang pemain Motorball dan evolusi dari permainan tersebut hingga menjadi apa yang ada di cerita utamanya.

Referensi dan ranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Genesis 14:18, Melchizek dinamai ulang menjadi "David" di versi Amerika pertama dari Battle Angel Alita. Terbitan selanjutnya memakai nama aslinya
  2. ^ http://www.nick15.com/kudos.html
  3. ^ http://www.nick15.com/kudos.html