Harlem Beat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Harlem Beat
Harlem beat cover 25.jpg
Genre Shōnen, olahraga
Manga
Pengarang  Yuriko Nishiyama
Penerbit  Bendera Jepang Kodansha
Penerbit lainnya Bendera Indonesia Elex Media Komputindo
Bendera Italia Planet manga
Bendera Amerika Serikat Tokyopop
Portal Anime dan Manga

Harlem Beat adalah manga karya Yuriko Nishiyama. Manga ini di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada tahun 2001.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Manga ini bercerita tentang seorang remaja bernama Toru Naruse yang semenjak SD hingga lulus SMP selalu menjadi orang cadangan. Oleh karena itu sewaktu memasuki bangku SMU Johnan, Naruse berkeinginan untuk menjadi orang yang menonjol dengan mengikuti klub bola basket. Naruse yang sebelumnya tidak memiliki dasar di bidang basket, secara tidak sengaja bertemu dengan Syu, salah satu dari Three Men dan sekaligus pemimpin Three Men dikarenakan Syu dikenal dengan kemampuan Individu yang paling tinggi di antara Three Men yang lain, Syu adalah legenda pada Three Men's Hoop, sebuah lapangan basket three-on-three. Naruse diajarkan cara bermain basket dengan melawan Syu satu lawan satu. Pada akhirnya pun Naruse berhasil memasukkan bola basket dengan cara yang mengagumkan, yaitu dengan air walk Michael Jordan. Naruse sejak itu berhasil melewati tembok penghalang yang selalu membatasi dirinya. Mulai sejak itu dia terus berlatih keras, Lalu tidak lama setelah kejadian diatas, akhirnya Naruse membentuk tim street basket bernama Scratch bersama-sama dengan Mizuki kawan kecilnya, dan Kosuke seorang gangster daerah Shibuya serta salah satu orang yang pernah mengambil angka dari Three Men. Tidak lama setelah membentuk tim tersebut, muncul kejuaraan street basket dan akhirnya mereka ikut kejuaraan tersebut. Mulai dari kejuaraan tersebutlah Sawamura bergabung kedalam Scratch sekaligus penampilan pertama pada Harlem Beat. Waktu terus berlalu hingga akhirnya Johnan berhasil masuk kedalam tingkat nasional dimana Johnan pun menghadapi musuh yang semakin lama semakin kuat. Kejuaraan nasional saat itu dilakukan di Osaka dimana di kota tersebutlah Naruse bertemu dengan Tomomi yang akhirnya mempunyai hubungan lebih dari sekedar teman. Naruse juga bertemu dengan rival terkuatnya, Sasuke Amami yang merupakan anggota tim basket Kanakita yang berkali-kali mendapat gelar juara nasional basket SMA se-Jepang. Johnan yang pada mulanya terpuruk, kini dapat kembali berjaya.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Toru Naruse[sunting | sunting sumber]

Naruse adalah pemeran utama dalam manga ini. Sebagai pemeran utama Naruse terkesan lemah dan mudah putus asa akan tetapi semua hal itu berubah ketika dia bertemu dengan Syu, salah satu dari Three Men dan sekaligus pemimpin Three Men dikarenakan Syu dikenal dengan kemampuan Individu yang paling tinggi di antara Three Men dimana saat berhadapan dengan Syu dia berhasil memasukkan satu bola dan akhirnya membuat namanya menjadi legenda di Three Men's Hoop. Seiring berjalannya waktu Naruse menguasai bermacam-macam hal ajaib yakni :

  • High Loop Lay Up Shoot - lay up yang dilakukan pada jarak three point.
  • Jump Shoot - Jump Shoot Naruse berbeda dengan biasanya akibat otot kakinya yang kuat dia mempunyai waktu lebih lama diudara daripada umumnya.
  • Progressive Lay up - Lay up yang dilakukannya pada saat melawan Sasuke. Lay up ini dilakukan dengan melompat pada kaki yang berlawanan dengan tangannya (kaki untuk melompat yang digunakannya adalah kaki untuk melakukan Jump Shootnya sehingga dia berada diudara lebih lama) lalu memindahkan bolanya ketangan yang satunya.

Pada akhir cerita Naruse menjadi legenda baik dalam dunia Basket SMU maupun dunia street basket.

Masahiro Sawamura[sunting | sunting sumber]

Sawamura adalah orang yang cerdik (cerdas dan licik) baik dalam hal pelajaran maupun basket. Dia adalah orang yang pertama kalinya berhasil mencuri skor dari Three Men hanya dengan bersenjatakan tipuan, Selain bersenjatakan tipuan keahlian utama Sawamura adalah Three Point, dan dijuluki sebagai The Miracle Shooter didunia basket.