Fushigi Yuugi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Fushigi Yuugi (bahasa Jepang: Fushigi Yūgi (ふしぎ 遊戯?); Inggris Curious Play) merupakan sebuah cerita tentang seorang gadis SMP (Miaka Yuki) yang secara tidak sengaja memasuki suatu buku bersama temannya (Yui Hongo) dan seketika menjadi bagian dari buku itu. Yui dan Miaka sempat terpisah karena segala yang mereka alami selama di buku itu, sudah diatur oleh pengarangnya.

Dibuku itu (Buku 4 Dewa Alam Semesta) terdapat 4 dewa yang melindungi 4 penjuru dunia, yakni: Suzaku, Seiryu, Genbu dan Byakko. Masing-masing dari 4 dewa tersebut harus memili seorang perawan (maiden) untuk menjadi persembahan bagi dewanya dan menyelamatkan tempatnya masing-masing. Dalam cerita ini, Miaka menjadi perawan Suzaku (maiden of Suzaku), sedangkan Yui menjadi perawan Seiryu. Atas sebuah kesalahpahaman, Yui mengira ia telah diperkosa dan menyalahkan Miaka, dan dari situ ia benci sekali dengan Miaka. Selama mereka menjadi perawan untuk dewanya masing-masing, mereka harus mengumpulkan pejuang (warriors) yang berjumlah 7 orang.

Miaka memiliki pejuang yang setia kepadanya. Mereka tidak pernah licik, sekalipun lawan mereka ada di depan mata. Pejuang Suzaku adalah:

  1. Tamahome (keahlian : bela diri/kempo, dan tenaga dalam yang sangat kuat)
  2. Hotohori (keahlian : pemain pedang yang handal, dan raja muda yang adil serta bijaksana)
  3. Nuriko / Kourin (keahlian : tenaga yang luar biasa kuat)
  4. Chichiri (keahlian : ilmu gaib dan menyamar)
  5. Tasuki / Genrou (keahlian : bela diri menggunakan kipas api)
  6. Mitsukake (keahlian : ilmu pengobatan, seorang tabib yang sangat hebat)
  7. Chiriko (keahlian : ilmu pengetahuan yang luas)

pada pertengahan cerita, Yui Hongo kembali masuk ke dalam buku itu kemudian menjadi dewi Seiryu karena kelicikan Nakago. seebagai dewi Seiryu, Yui juga mempunyai pendekar 7 bintang (warriors), mereka adalah:

  1. Nakago
  2. Soi
  3. Amiboshi
  4. Suboshi
  5. Tomo
  6. Azitare
  7. Miboshi

Pejuang Seiryu cenderung lebih licik dan semena-mena, benyak episode dalam anime ini yang menunjukkan adegan tentang ketidak pedulian 1 orang yang rela membiarkan korban yang banyak demi tercapainya tujuan pribadi. Yui sebenarnya mencintai Tamahome, tetapi pada akhirnya, ia kemudian jatuh cinta pada teman kakak Miaka. Yui adalah salah satu korban kepicikkan Jendral Nakago. Semua pejuang Seiryu selalu gugur demi melindungi ambisi Nakago.

Dalam anime ini, terjadi cinta segitiga antara Hotohori-Miaka-Tamahome. Namun demikian, Tamahome-lah yang memenangkan cinta Miaka. Banyak penghalang yang mencoba memisahkan Miaka dan Tamahome, tapi pada akhirnya kekuatan cintalah yang akan menang.