Kungfu Komang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kungfu Komang (무술소년 꼬망) adalah manhwa komedi yang dikarang oleh In Seo Park dan Sang Choi, pengarang dari Korea. Kungfu Komang saat ini telah terbit sampai volume 34 di Indonesia, diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Kungfu Komang adalah manhwa tentang perguruan kecil yang dipimpin oleh Mulbuldosa, seorang pertapa sakti yang diturunkan dari langit. Murid pertamanya adalah Komang, tokoh utama manhwa ini. Murid keduanya adalah Ninjaring, dan kemudian cerita berlanjut hingga akhirnya perguruan ini memiliki murid-murid lainnya. Perguruan ini sangat kecil dan tidak mempunyai nama yang jelas, karena kecilnya bahkan dapat dikatakan sebagai keluarga. Mereka seringkali mengikuti turnamen bela diri maupun ujian masuk sebagai pegawai kerajaan, namun usaha mereka selalu diselipi oleh berbagai macam hal yang konyol, yang pada akhirnya seringkali membawa mereka ke kegagalan.

Kungfu Komang mempunyai unsur komedi yang komikal, dimana seringkali unsur-unsur umum yang ada dalam komik seperti balon teks dijadikan bahan humor.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Mulbuldosa[sunting | sunting sumber]

Mulbuldosa, akrab dipanggil Mulbul atau Guru oleh murid-muridnya. Dia adalah seorang pertapa sakti yang diturunkan dari langit. Dia mempunyai sifat mata keranjang dan gas buangannya sangatlah bau, bahkan menjadi salah satu ilmu kungfu andalannya. Kadang-kadang dia terlihat bodoh, namun dibalik itu, dia menyimpan berbagai kekuatan yang hebat. Sejak dari Kungfu Komang volume 20, Mulbul seringkali muncul sebagai dewa pemberi kapak emas-kapak perak di kolam-kolam.

Komang[sunting | sunting sumber]

Komang adalah murid pertama Mulbul yang sudah belajar darinya sejak lama. Komang merupakan murid Mulbul yang paling banyak menguasai ilmu kungfu darinya. Dia sering menganggap dirinya paling tampan dari yang lain.<koplo>

Ninjaring[sunting | sunting sumber]

Awalnya ia adalah seorang pengantar pizza, namun karena suatu hal dia justru bergabung ke dalam rumah Mulbuldosa. Ia adalah seorang ninja yang cerdik, dan selalu terlihat membawa dua bilah pedang dibelakang badannya. Walaupun agak sedikit bodoh,dia adalah seseorang yang sangat peduli dengan keadaan teman-temannya.

= Mekanin[sunting | sunting sumber]

Mekanin adalah robot yang merupakan teman lama Ninjaring. Ketika awal kemunculannya, dia memiliki tanda huruf V di badannya. Entah kenapa, di Kungfu Komang yang selanjutnya, huruf V itu berubah menjadi N. Tangan Mekanin seringkali lepas, alasannya karena lem di tangannya kurang kuat. Selain itu tanda kura-kura di dahinya juga berubah seiring dengan emosinya saat itu. Selain Ninjaring, Mekanin sering dijadikan bulan-bulanan dan sifatnya pun mirip dengan Ninjaring. Dia adalah murid ketiga Mulbul.

Gwedopang[sunting | sunting sumber]

Gwedopang adalah seorang pencuri yang terkenal, yang dikenal dengan ciri khasnya sebelum melakukan aksinya dia selalu memberitahu melalui kertas yang ditempel pisau bahwa dia akan mencuri barang tersebut. Suatu hari Gwedopang ingin mencuri papan baduk (igo) milik Mulbul. Dia mencoba berbagai cara, namun akhirnya ia gagal mencuri. Setelah gagal mencuri, dia menawarkan diri untuk bergabung dengan Mulbul. Gwedopang sering dicurigai jika ada barang yang hilang, dikarenakan reputasinya terdahulu. Walaupun begitu, dia selalu mengelak bahwa dia tidak mencuri lagi, walau hal itu sebenarnya masih sering dilakukannya.

Kulpang[sunting | sunting sumber]

Kulpang adalah seekor babi yang dipelihara oleh Mulbul sejak awal. Dia memakai baju dan kacamata hitam, dan menggunakan papan bicara sebagai media komunikasinya dengan orang lain. Sifatnya seringkali menyebalkan dan suka dengan uang. Kulpang sering dijadikan bulan-bulanan oleh anggota keluarga lainnya atau diancam akan dijadikan makanan jika keadaan terdesak.

Kepala Besar[sunting | sunting sumber]

Kepala besar merupakan seorang anak yang memiliki kepala yang sangat besar dan berbentuk seperti buah kenari, tidak diimbangi dengan badannya yang normal. Kepala besar bertemu pertama kali dengan Mulbul di sebuah bioskop dimana Mulbul ingin menonton film horror. Namun kepalanya mengganggu Mulbul dalam menonton film, dan hasilnya dia dimarahi. Maka sejak saat itu Kepala besar menganggap Mulbul dan lainnya sebagai musuh. Sifatnya sombong dan kadang tidak tahu diri.

Kongja[sunting | sunting sumber]

Kongja adalah seorang anak perempuan yang agak gemuk dan pemarah. Kekuatannya melebihi semua orang di perguruan itu, termasuk Mulbul. Awalnya Kongja diutus oleh ayahnya yang merupakan teman Mulbul di langit untuk membawa kembali Mulbul dari dunia manusia. Namun usaha Kongja gagal, dan dia pun ikut menetap bersama Mulbul. Walaupun begitu dia tidak menjadi murid Mulbul. Kongja sering terlihat egois, rakus, dan pelit. Jika ada yang tidak mengikuti keinginannya atau ada yang membuatnya kesal, dia akan marah dan membanting orang tersebut.

Wang Mi In[sunting | sunting sumber]

Wang Mi In, atau biasanya dipanggil Wangmi atau Wangminyo merupakan seorang wanita yang hidup di seberang rumah Mulbul sebagai penemu. Dia sering menemukan barang-barang yang aneh dan kadang tidak berguna. Mirip dengan Komang, dia kadang menganggap dirinya cantik dan kadang tidak mau kalah.

Hantu Rambut[sunting | sunting sumber]

Ketika Komang memenangkan salah satu pertandingan kungfu yang terkemuka, ratusan orang datang ke rumahnya untuk berguru kepada Mulbuldosa. Kongja memanfaatkan kesempatan ini untuk menghasilkan uang dengan mengadakan tes seleksi. Dan di antara banyaknya peserta yang ikut, yang lulus hanyalah satu orang, yaitu Hantu Rambut. Hantu Rambut, sesuai namanya, dapat mengubah rambutnya menjadi wujud apa pun, dan sesuatu yang dibentuknya itu juga memiliki sifat yang sama dengan benda aslinya. Hantu Rambut merupakan murid Mulbul yang kelima, walaupun begitu sejak volume 25 dia tidak pernah muncul lagi.

Sang Choi[sunting | sunting sumber]

Sang Choi merupakan wujud karikatur dari pengarang manhwa ini sendiri dengan nama yang sama. Dia sangat sering muncul sebagai cameo di Kungfu Komang, entah sebagai juri, tentara, orang lewat, ataupun gembel yang tidur dimana-mana. Karakter Sang Choi ini kelihatannya mewakili dirinya yang sebenarnya di dunia nyata.