Kereta api Langsam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
KA LANGSAM.png
Kereta api Langsam/ Lokal Rangkasbitung
KA LOKAL RANGKAS.jpg
KA Langsam ft CC 201 81
Info
Kelas Ekonomi
Sistem Kereta api Lokal
Status Beroperasi
Lokal Daop I Jakarta
Stasiun terminus Stasiun Angke
Stasiun Rangkasbitung
Jumlah stasiun 17
Rute pelayanan 2
Nomor KA 295 - 319
Operasional
Pemilik PT Kereta Api Indonesia
Operator PT Kereta Api Indonesia Daop I Jakarta
Dipo Tanahabang (THB) & Jatinegara (JNG) (lokomotif) Rangkasbitung (RK) (rangkaian KA)
Lokomotif CC 201

Kereta Api Langsam atau Kereta Api lokal trayek Angke-Rangkasbitung merupakan Kereta Api lokal ekonomi dengan okupansi penumpang tertinggi kedua untuk daerah Jakarta dan Banten.

Sebelumnya trayek kereta api ini adalah Pasar Senen/Jakarta Kota-Tanah Abang-Rangkasbitung namun akhirnya menjadi Angke - Rangkasbitung tanpa berhenti di stasiun Tanah Abang. Awal dari nama langsam ini adalah singkatan dari LANGsung SAMpai.Namun ada juga yang mengartikan Langsam dalam bahasa Belanda (Langzaam) yang berarti pelan/lambat.

Kereta api ini juga termasuk kereta api dengan tarif tiket termurah,hanya berkisar Rp. 2000,- sekali jalan. Hal ini terbukti dengan berangkatnya kereta api ini selalu "over crowded" alias terlalu ramai dan penuh. Pada masa lalu setiap jam padat penumpang banyak yang naik ke atas atap gerbong KA. Karena pembenahan oleh PT KAI, maka sekarang tidak ada lagi penumpang diatas atap.

Biasanya Kereta api ini membawa 6-10 gerbong K3 atau gerbong K3 yang dimodifikasi dari KRD MCW 301/MCW 302 dan 1-2 gerbong Bagasi/Barang sebagai kereta aling-aling disertai 1 KP3/KMP3 dan ditarik Lokomotif CC201 dari Dipo Jatinegara mulai pertengahan 2011. Dahulu, Kereta Api Langsam juga ditarik lokomotif BB 304 yang berasal dari Dipo Tanah Abang. Seiring beberapa lok CC 201 dipindahkan ke dipo Tanah Abang, maka KA Langsam sekarang menggunakan lok CC 201 dari dipo Tanah Abang dan Jatinegara.

Sekarang, Kereta Api Langsam telah dilengkapi fasilitas AC. (untuk rangkaian K3 biasa) Untuk rangkaian K3 eks KRD,belum dilengkapi AC karena pintu jarang tertutup rapat.

Stasiun Pemberhentian[sunting | sunting sumber]

KA Langsam berhenti di semua stasiun sepanjang perjalanan, kecuali Tanah Abang, Jurangmangu, dan Rawabuntu.

Berikut stasiun pemberhentian KA Langsam.

Jadwal Perjalanan[sunting | sunting sumber]

GAPEKA 2013, beserta jadwal kereta api lokal Daop 1 Jakarta lainnya.

LokalDaop1 2013.jpg

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]