Bus rel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bus rel Uerdingen masih beroperasi di Jerman.

Bus rel (railbus) adalah variasi dari kereta rel, yang dalam pembuatannya menggunakan bahan yang lebih ringan, menggunakan prinsip-prinsip yang dipakai dalam pembuatan bus (terutama dalam konstruksi dan tata ruang), dan dirancang untuk digunakan pada jalur rel yang kurang padat. Kendaraan ini dapat bergerak sendiri-sendiri ataupun dirangkaikan. Bus rel dapat pula menggunakan ban, bukan boogie sebagaimana lazimnya kereta api, namun bergerak di jalur yang tertentu (seperti rel).

Bus rel biasa digunakan di negara dengan tradisi panjang transportasi umum, seperti Jerman dan Inggris. Nama yang digunakan bermacam-macam, seperti rail motor (di Australia) atau Autorail (di Prancis). Di Rusia, beberapa perusahaan transportasi rel menggunakan Metrowagonmash yang memakan mesin bus Mercedes. Bus rel juga beroperasi di Selandia Baru dan India.

Di Indonesia bus rel baru digunakan sejak 19 Februari 2009, dinamakan "Bus rel Kertalaya" yang melayani jalur Kertapati-Indralaya di Sumatera Selatan. Bus rel ini buatan Indonesia dan dibuat oleh PT Inka. Belum lama ini PT Inka telah membikin lagi railbus dari stasiun Purwosari tujuan stasiun Wonogiri. Direncanakan akan dioperasikan Juli mendatang ini.