Idham Chalid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Idham Chalid
Wakil Perdana Menteri Indonesia
Masa jabatan
24 Maret 1956 (1956-03-24) – 9 Juli 1959 (1959-07-9)
PresidenSoekarno
Perdana Menteri
Menjabat bersama
Daftar
Sebelum
Pendahulu
Sebelum
Masa jabatan
24 Februari 1966 (1966-02-24) – 27 Maret 1966 (1966-03-27)
Perdana MenteriSoekarno
Menjabat bersama
Daftar
Masa jabatan
31 Maret 1966 (1966-03-31) – 25 Juli 1966 (1966-07-25)
Menjabat bersama
Perdana MenteriSoekarno
BidangHubungan dengan Institusi Politik
Sebelum
Pengganti
Jabatan dihapuskan
Sebelum
Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Indonesia ke-4
Masa jabatan
10 Juni 1968 (1968-06-10) – 28 Oktober 1971 (1971-10-28)
PresidenSoeharto
Jabatan lainMenteri Sosial (ad-interim)[a]
Sebelum
Pendahulu
Adam Malik
Sebelum
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama
Masa jabatan
1956–1984
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia ke-4
Masa jabatan
28 Oktober 1971 – 30 September 1977
PresidenSoeharto
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat ke-6
Masa jabatan
28 Oktober 1971 – 1 Oktober 1977
PresidenSoeharto
Sebelum
Pengganti
Adam Malik
Sebelum
Ketua Dewan Pertimbangan Agung Republik Indonesia ke-7
Masa jabatan
1978 – 1983
PresidenSoeharto
Sebelum
Pendahulu
Wilopo
Sebelum
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia
Masa jabatan
28 Oktober 1971 – 1 Oktober 1982
Daerah pemilihanKalimantan Selatan
(1971—77)
DKI Jakarta
(1977—82)
Informasi pribadi
Lahir27 Agustus 1921
Satui, Onderafdeeling Tanah Laoet, Hindia Belanda
Meninggal11 Juli 2010(2010-07-11) (umur 88)[1]
Jakarta, Indonesia
MakamPondok Pesantren Darul Quran, Cisarua, Bogor[2]
Partai politik
Suami/istriMastura
Alma materUniversitas Al-Azhar
Pekerjaan
ProfesiUlama
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Dr. (H.C.) K. H. Idham Chalid (27 Agustus 1921 – 11 Juli 2010) adalah tokoh bangsa, tokoh agama, tokoh organisasi besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan juga deklarator sekaligus pemimpin Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Bahkan KH. Idham Chalid merupakan Ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama terlama dalam sejarah NU dari periode 1956-1984.

Beliau merupakan salah satu politisi Indonesia yang berpengaruh pada masanya. Selain pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Indonesia pada Kabinet Ali Sastroamidjojo II dan Kabinet Djuanda, Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua MPR dan Ketua DPR. Bahkan oleh Presiden Soeharto ia dipercaya menjadi Menteri Kesejahteraan Rakyat, Menteri Sosial Ad Interim dan Ketua DPA.

Pada tanggal 19 Desember 2016, atas jasa jasanya, Pemerintah Republik Indonesia, mengabadikan beliau di pecahan uang kertas rupiah baru, pecahan Rp. 5.000,-.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Idham Chalid lahir pada tanggal 27 Agustus 1921 di Satui, bagian tenggara Kalimantan Selatan. Ia merupakan anak tengah dari 8 bersaudara, 4 Laki-laki dan 4 perempuan. Ayahnya H Muhammad Chalid, penghulu asal Amuntai yang sekitar 200 kilometer dari Kota Banjarmasin. Saat usia Idham enam tahun, keluarganya hijrah ke Amuntai dan tinggal di daerah Tangga Ulin, kampung halaman leluhur ayahnya.

Konon, keluarganya berasal dari kalangan bergelar atau bangsawan. Tetapi beliau mempunyai cara dan penilaian tentang keturunan dan nasab. Ajaran Islam dan didikan keras ayahnya mengajarkan beliau bahwa kemuliaan seseorang tidak terletak pada darahnya, melainkan pada amal perbuatan dan darma baktinya.

Idham Chalid memiliki 8 orang anak sebagai buah pernikahannya dengan Ibu Hj. Masturah berasal dari Kalimantan Selatan dan dimakamkan berdampingan di pesantren Darul Qur'an, Cisarua.[3][4]

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Sampul Buku mengenai otobigrafi Idham Chalid

Sejak kecil Idham dikenal sangat cerdas dan pemberani. Saat masuk SR ia langsung duduk di kelas dua dan bakat pidatonya mulai terlihat dan terasah. Keahlian berorasi itu kelak menjadi modal utama Idham Chalid dalam meniti karier di jagat politik.

Selepas SR, Idham melanjutkan pendidikannya ke Madrasah Ar-Rasyidiyyah pada tahun 1922. Idham, yang sedang tumbuh dan gandrung dengan pengetahuan, mendapatkan banyak kesempatan untuk mendalami bahasa Arab, bahasa Inggris, dan ilmu pengetahuan umum. Kemudian Idham melanjutkan pendidikannya ke Pesantren Gontor yang terletak di Ponorogo, Jawa Timur. Kesempatan belajar di Gontor juga dimanfaatkan Idham untuk memperdalam bahasa Jepang, Jerman, dan Prancis.

Tamat dari Gontor, 1943, Idham melanjutkan pendidikan di Jakarta. Di ibu kota, kefasihan Idham dalam berbahasa Jepang membuat penjajah Dai-Nipon sangat kagum. Pihak Jepang juga sering memintanya menjadi penerjemah dalam beberapa pertemuan dengan alim ulama. Dalam pertemuan-pertemuan itulah Idham mulai akrab dengan tokoh-tokoh utama NU.

Ketika Jepang kalah perang dan Sekutu masuk Indonesia, Idham Chalid bergabung ke dalam badan-badan perjuangan. Menjelang kemerdekaan, ia aktif dalam Panitia Kemerdekaan Indonesia Daerah di kota Amuntai. Setelah Proklamasi Kemerdekaan, ia bergabung dengan Persatuan Rakyat Indonesia, partai lokal, kemudian pindah ke Serikat Muslim Indonesia.

Tahun 1947 ia bergabung dengan Sentral Organisasi Pemberontak Indonesia Kalimantan, yang dipimpin Hasan Basry yang juga muridnya saat di Gontor. Usai perang kemerdekaan, Idham diangkat menjadi anggota Parlemen Sementara RI mewakili Kalimantan. Tahun 1950 ia terpilih lagi menjadi anggota DPRS mewakili Masyumi. Ketika NU memisahkan diri dari Masyumi, tahun 1952, Idham memilih bergabung dengan Partai Nahdlatul Ulama dan terlibat aktif dalam konsolidasi internal ke daerah-daerah.

Idham memulai kariernya di NU dengan aktif di GP Ansor. Tahun 1952 ia diangkat sebagai ketua PB Ma’arif, organisasi sayap NU yang bergerak di bidang pendidikan. Pada tahun yang sama ia juga diangkat menjadi sekretaris jenderal partai, dan dua tahun kemudian menjadi wakil ketua. Selama masa kampanye Pemilu 1955, Idham memegang peran penting sebagai ketua Lajnah Pemilihan Umum NU.

Sepanjang tahun 1952-1955, ia, yang juga duduk dalam Majelis Pertimbangan Politik PBNU, sering mendampingi Rais Am K.H. Abdul Wahab Hasbullah berkeliling ke seluruh cabang NU di Nusantara.

Dalam Pemilu 1955, NU berhasil meraih peringkat ketiga setelah PNI dan Masyumi. Karena perolehan suara yang cukup besar dalam Pemilu 1955, pada pembentukan kabinet tahun berikutnya, Kabinet Ali Sastroamidjojo II, NU mendapat jatah lima menteri, termasuk satu kursi wakil perdana menteri, yang oleh PBNU diserahkan kepada Idham Chalid. Pada Muktamar NU ke-21 di Medan bulan Desember tahun yang sama, Idham terpilih menjadi ketua umum PBNU. Saat dipercaya menjadi orang nomor satu NU ia masih berusia 34 tahun. Jabatan tersebut dijabatya hingga tahun 1984 dan menjadikannya orang terlama yang menjadi ketua umum PBNU selama 28 tahun.

Kabinet Ali Sastroamijoyo hanya bertahan setahun, berganti dengan Kabinet Djuanda. Namun Idham Chalid tetap bertahan di posisi wakil perdana menteri sampai Dekret Presiden tahun 1959. Idham kemudian ditarik menjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung, dan setahun kemudian menjadi wakil ketua MPRS.

Pertengahan tahun 1966 Orde Lama tumbang dan tampillah Orde Baru. Namun posisi Idham di pemerintahan tidak ikut tumbang. Dalam Kabinet Ampera I, Kabinet Ampera II dan Kabinet Pembangunan I yang dibentuk Soeharto, ia dipercaya menjabat Menteri Kesejahteraan Rakyat sampai tanggal 28 Oktober 1971[5][6]. Kemudian, di akhir tahun 1970 dia juga merangkap jabatan sebagai Menteri Sosial untuk melanjutkan tugas dari mendiang Albert Mangaratua Tambunan yang telah meninggal dunia pada 12 Desember 1970 sampai dengan 11 September 1971.

Nahdlatul Ulama di bawah kepemimpinan Idham kembali mengulang sukses dalam Pemilu 1971. Namun setelah itu pemerintah melebur seluruh partai menjadi hanya tiga partai: Golkar, PDI, dan PPP dan NU tergabung di dalam PPP.

Idham Chalid menjabat presiden PPP, yang dijabatnya sampai tahun 1989. Ia juga terpilih menjadi ketua MPR/DPR RI periode 1971-1977. Jabatan terakhir yang diemban Idham Chalid adalah ketua Dewan Pertimbangan Agung sampai tahun 1983.

Dalam bidang pendidikan, Idham mendirikan Universitas Nahdlatul Ulama/ UNNU (Sekarang Universitas Islam Nusantara) pada 30 November 1950 bersama K.H Subhan Z.E. (Alm.), K.H. Achsien (Alm.), K.H. Habib Utsman Al-Aydarus (Alm.), dan lain-lain dengan K.H.E.Z Muttaqien (Alm.).

Pahlawan nasional[sunting | sunting sumber]

KH Dr Idham Chalid merupakan salah seorang tokoh yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mewakili pemerintah di Istana Negara, bersama dengan 6 tokoh lain, berdasarkan Keppres Nomor 113/TK/Tahun 2011 tanggal 7 November 2011.[7][8] Ia merupakan putera Banjar ketiga yang diangkat sebagai Pahlawan Nasional setelah Pangeran Antasari dan Hasan Basry.[9][10]

Pecahan uang 5000 Rupiah

Mantan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) dan Ketua MPR/DPR tersebut mendapat gelar Pahlawan Nasional karena dianggap berjasa luar biasa bagi kepentingan bangsa dan negara. Sebagai Ketua NU yang menjabat cukup lama, beliau bisa menentramkan kegelisahan warga NU. Selain untuk agama dan negara, beliau juga aktif dalam dunia pendidikan dan mewariskan dua yayasan pendidikan agama Islam Darul Maarif di Jakarta Selatan dan Darul Qur'an di Cisarua-Bogor, yang sekaligus juga menjadi tempat peristirahatan terakhirnya. Komitmennya dalam bidang pendidikan adalah dengan membuka yayasan pendidikan non-profit untuk orang yang susah atau tidak mampu.

Atas jasa-jasanya selama hidup, Ketua Umum PBNU dari 1956 hingga 1984, KH Idham Chalid menghiasi mata uang Rupiah pecahan 5.000 yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan ditetapkan atas Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Selama hidupnya, ia telah menerima berbagai tanda kehormatan dari dalam maupun luar negeri, diantaranya;[11]

Dalam Negeri[sunting | sunting sumber]

Luar Negeri[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Idham Chalid menjabat sebagai Menteri Sosial (ad-interim) terhitung sejak 12 Desember 1970 hingga 11 September 1971.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mantan Ketua PBNU Meninggal". Liputan6.com. 2010-07-11. Diakses tanggal 2021-09-30. 
  2. ^ Rahmawati, Laily (2017-11-10). Marboen, Ade P, ed. "Makam KH Idham Chalid jadi tujuan wisata sejarah". ANTARA News. Diakses tanggal 2021-09-30. 
  3. ^ "Banser Bogor Kawal Pemakaman Jenazah Nyai Masturah Idham Khalid". www.nu.or.id. 2017-07-14. Diakses tanggal 2021-04-27. 
  4. ^ Fanani, Aubrey Kandelila (2017-07-13). Sidik, Jafar M, ed. "Istri KH Idham Chalid tutup usia". ANTARA News. Diakses tanggal 2021-04-27. 
  5. ^ Keputusan Presiden Nomor 75 Tahun 1971 tertanggal 28 Oktober 1971[pranala nonaktif permanen], diakses 5 Desember 2020.
  6. ^ Idham Chalid diberhentikan dengan hormat dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat karena telah menjadi anggota DPR-RI periode 1971-1977.
  7. ^ Radar Banjarmasin - Idham Chalid Pahlawan Nasional
  8. ^ Radar Banjarmasin - KH Idham Chalid, Pahlawan Nasional Ketiga dari Banua
  9. ^ Puar: "KH Idham Chalid Bisa Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional," Diarsipkan 2014-03-11 di Wayback Machine. - suaramerdeka
  10. ^ Tokoh Kalsel Bangga Idham Chalid Pahlawan Nasional - situs resmi NU
  11. ^ Lembaga Pemilihan Umum 1973, hlm. 194.
  12. ^ "Daftar WNI yang Menerima Tanda Kehormatan Republik Indonesia Tahun 1959–sekarang" (PDF). Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. 7 Januari 2020. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2021-07-29. Diakses tanggal 12 Agustus 2021. 
  13. ^ "Daftar WNI yang Mendapat Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera tahun 1959 s.d. 2003" (PDF). Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. 7 Januari 2020. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2022-08-05. Diakses tanggal 3 September 2021. 
  14. ^ "Menteri Penerangan Maladi terima bintang Yugoslavia". Mimbar Penerangan. Departemen Penerangan Republik Indonesia. 11 (12): 765. Desember 1960. Diakses tanggal 11 Januari 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Abdul Harris Nasution
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat
1971–1977
Diteruskan oleh:
Adam Malik
Didahului oleh:
Achmad Sjaichu
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat
1971–1977
Didahului oleh:
Albert Mangaratua Tambunan
Menteri Sosial Indonesia
1970–1971
Diteruskan oleh:
Mohammad Syafa'at Mintaredja
Didahului oleh:
Adam Malik
Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Indonesia
1966–1973
Diteruskan oleh:
Surono Reksodimedjo
Didahului oleh:
Mohamad Roem
Wakil Perdana Menteri Indonesia
1956–1959
Diteruskan oleh:
J. Leimena
Jabatan pemerintahan
Didahului oleh:
Wilopo
Ketua Dewan Pertimbangan Agung Republik Indonesia
1978–1983
Diteruskan oleh:
M Panggabean
Jabatan organisasi Islam
Didahului oleh:
K.H. Muhammad Dahlan
Ketua Umum Tanfidziyah PBNU
1956–1984
Diteruskan oleh:
K.H. Abdurrahman Wahid