Harsono Tjokroaminoto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Harsono Tjokroaminoto
Duta Besar Indonesia untuk Swiss ke-6
Masa jabatan
Maret 1972 – Maret 1975
Presiden Soeharto
Didahului oleh Mappa Oudang
Digantikan oleh Tjokorde Ngurah Will Sukawati
Menteri Negara Bidang Penyempurnaan dan Pembersihan Aparatur Negara ke-1
Masa jabatan
10 Juni 1968 – 11 September 1971
Presiden Soeharto
Didahului oleh Tidak Ada
Digantikan oleh Emil Salim
Wakil Perdana Menteri ke-9
Masa jabatan
12 Agustus 1955 – 24 Maret 1956
Memimpin bersama dengan Djanoe Ismadi
Presiden Soekarno
Perdana Menteri Burhanuddin Harahap
Didahului oleh Zainul Arifin
Wongsonegoro
Digantikan oleh Mohamad Roem
Idham Chalid
Informasi pribadi
Lahir 24 April 1912
Bendera Belanda Madiun, Hindia Belanda
Agama Islam

Harsono Tjokroaminoto (lahir di Madiun, 24 April 1912; umur 104 tahun[1]) adalah seorang tokoh politik Indonesia yang berhaluan nonkooperatif dengan Belanda. Harsono merupakan Menteri Negara Bidang Penyempurnaan dan Pembersihan Aparatur Negara di Indonesia[2] . Di zaman Belanda ia pernah berkarier sebagai guru Kweekschool PSII dan pengawas sekolah wilayah PSII Sulawesi Utara. Ia membantu dan memimpin berbagai surat kabar dan majalah yang berhaluan Islam-politik, pengarang beberapa brosur, terutama yang bercorak politik dan ke-Islam-an. Di zaman Jepang beberapa waktu bekerja pada Domei Jakarta, dan pernah pula meringkuk dalam sekapan Kempetai, karena ikut dalam gerakan pemuda Indonesia yang hendak merobohkan pemerintahan Jepang. Pada tahun 1946, ia menjabat sebagai wakil Menteri Negara dalam Kabinet Natsir; dan pada tahun 1955, ia menjabat sebagai wakil Perdana Menteri dalam Kabinet Burhanuddin Harahap.

Pada masa revolusi fisik, anak kedua dari pahlawan nasional Oemar Said Tjokroaminoto dan adik dari Siti Oetari, istri pertama Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno ini duduk sebagai penasihat pribadi PangIima Besar Soedirman dan ikut bergerilya bersamanya, kemudian menjadi anggota dalam Panitia RIS RI untuk mengembalikan bentuk Negara Kesatuan RI, memimpin goodwiil mission Indonesia ke negara-negara Islam dan menjadi presiden Kongres Pemuda Islam se-Dunia. Pada tahun 1972-1975 ia ditunjuk menjadi duta besar RI untuk Swiss[3]; dan pada tahun 1976-1978 ia menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Agung RI

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Profil Harsono Tjokroaminoto"
  2. ^ "Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia dari Masa ke Masa". Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia. Diakses tanggal 18 Januari 2015. 
  3. ^ "List of Indonesian Ambassadors/Head of Mission in Bern". Embassy of Republic Indonesia in Bern, Switzerland. Diakses tanggal 18 Januari 2015.