Gunung Tentolomatinan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gunung Tentolomatinan
Huidu Tentolomatinan
Titik tertinggi
Ketinggian2.207 m (7.241 ft)
Geografi
LetakPerbatasan antara Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, dan Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah, Pulau Sulawesi, Indonesia

Gunung Tentolomatinan adalah nama sebuah gunung yang terletak di perbatasan antara wilayah Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah.[1] Gunung Tentolomatinan memiliki ketinggian mencapai 2.207 mdpl.[2]

Akses terdekat menuju puncak Gunung Tentolomatinan dapat diakses melalui Kecamatan Gadung, Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah.

Nama Lokal[sunting | sunting sumber]

Gunung Tentolomatinan dikenal dengan nama "Huidu Tentolomatinan". Huidu yang berarti Gunung dalam bahasa Gorontalo dan Tentolomatinan yang merujuk pada nama wilayah tempat ini.

Batas Alam[sunting | sunting sumber]

Gunung Tentolomatinan menjadi batas alam di sisi Barat Laut antara wilayah Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Tengah. Sebagian wilayah Gunung ini berada di Kecamatan Taluditi, Kabupaten Pohuwato dan sebagiannya berada di Kabupaten Buol.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ godam64. "Informasi Gunung Tentolomatinan - Profil, Lokasi, Tinggi, Dsb". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-10. Diakses tanggal 2023-05-23. 
  2. ^ "Huidu Tentolomatinan". PeakVisor (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-25. Diakses tanggal 2023-05-25.