Pulau Saronde

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pulau Saronde
Pulau Saronde
Pulau Saronde
Pulau Saronde berlokasi di Indonesia
Pulau Saronde
Pulau Saronde
Lokasi di Indonesia
Zona waktuUTC+8 (WITA)
Situs webwww.sarondeislands.com
Salah satu pantai di Pulau Saronde

Pulau Saronde adalah sebuah pulau yang terletak di Laut Sulawesi, yang secara administratif termasuk dalam wilayah Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Indonesia.[1]

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Pulau Saronde terletak di bagian Utara Provinsi Gorontalo, atau 400 km sebelah barat Kota Manado. Pulau ini dapat dicapai dalam waktu 40 menit dari Gorontalo Airpot, atau 120 km dari Kota Gorontalo. Pulau Saronde adalah salah satu pantai luas berpasir putih, dengan air yang tenang.

Kondisi alam dan geografi[sunting | sunting sumber]

Pulau Saronde memiliki luas 8 hektar, 20% terdiri dari dataran berpasir, sisanya terdiri dari bukit dan hutan. Ada ribuan burung hidup dan menggunakan hutan Saronde sebagai rumah mereka. Di bagian utara pulau Saronde, kita bisa menemukan berbagai macam batuan kuno yang mungkin timbul saat ada gempa bumi raksasa ribuan tahun yang lalu.

Kehidupan bawah laut di Saronde ini cukup kaya. Semua karang dan kehidupan laut memiliki kesamaan dengan Bunaken di Manado. Ada hiu paus penampilan sekali dalam beberapa saat.

Tujuan wisata[sunting | sunting sumber]

Pulau Saronde saat ini adalah salah satu tujuan wisata yang paling populer di Provinsi Gorontalo.[2] Ada lebih dari 16.000 wisatawan mengunjungi pulau ini pada tahun 2016, dan 1.000 diantaranya adalah wisatawan asing. Sebagian besar pengunjung datang untuk satu hari kunjungan pulang pergi. Beberapa yang tinggal dapat menginap di salah satu dari 9 cottages yang ada di pulau ini. Untuk pertemuan bisnis, pulau ini memiliki ruang pertemuan untuk menerima 40-60 para tamu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "3 Pulau Cantik Andalan Pariwisata Gorontalo". Kompas. 30 Agustus 2018. Diakses tanggal 05 Januari 2019. 
  2. ^ "Pulau Saronde - Destinasi Baru di Gorontalo Utara, Penggemar Laut dan Kuliner Harus ke Sini". Tribun. 20 Juli 2017. Diakses tanggal 05 Januari 2019.