Pantai Biluhu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pantai Biluhu Timur adalah pantai yang terletak di desa Biluhu Timur,Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Letaknya cukup terpencil dan berhadapan langsung dengan Teluk Tomini.[1]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Letak pantai Biluhu yang cukup terpencil memang menjadi suatu kendala tersendiri. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari kota Gorontalo dan belum ada angkutan umum yang secara rutin melayani trayek ke lokasi ini. Perjalanan ke Biluhu harus menempuh tanjakan berliku dan sesekali jalanan yang berlubang.

Ada 3 pilihan jalur yang bisa ditempuh jika hendak berkunjung ke Biluhu.

  • Menggunakan mobil atau sepeda motor melalui Desa Bongo di Kecamatan Batuda’a Pantai.
  • Menggunakan mobil atau sepeda motor melalui Desa Barakati yang juga masih di Kecamatan Batuda’a Pantai. Kondisi jalan yang melalui Desa Bongo rusak, beberapa titik aspal mengelupas dan berlubang. Pengunjung disarankan melalui jalur di Desa Barakati yang kondisinya lebih baik.
  • Melalui jalur laut menggunakan perahu ketinting atau menggunakan speed boat. Harga sewa perahu ketinting kapasitas 5-7 orang berkisar Rp 200.000-Rp 300.000 dengan lokasi pemberangkatan dari Desa Bongo. Perjalanan menggunakan perahu ketinting membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Jika menggunakan speed boat dengan kapasitas 15 orang, sewanya sekitar Rp 1 juta. Perjalanan menggunakan speed boat hanya 20 menit dari Pelabuhan Gorontalo.[1]

Pengembangan Infrastuktur[sunting | sunting sumber]

Pantai Biluhu berpotensi menjadi objek wisata unggulan di Gorontalo, tetapi untuk menuju kesana perlu banyak perbaikan untuk membuat nama Biluhu tenar atau sejajar dengan Taman Laut Olele yang ada di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.[1] Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi, dan Informatika (Disparbud dan Kominfo) Kabupaten Gorontalo mempunyai rencana untuk mengembangkan wisata Bahari Biluhu Timur. Saat ini, telah ada beberapa investor yang berminat untuk menanamkan investasi di Kabupaten Gorontalo dalam rangka pengembangan Wisata Biluhu Timur.

Referensi[sunting | sunting sumber]